skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Elemen Penting Copywriting Agar Iklan Menarik Dan Menjual

Elemen Penting Copywriting Agar Iklan Menarik dan Menjual

Elemen Penting Copywriting – Dalam dunia pemasaran dan periklanan, ilmu copywriting menjadi bagian yang sangat penting karena bisa menentukan terjadinya tingkat penjualan. Saat ini, kita memang bisa mendapatkan referensi yang banyak tentang ilmu copywriting dari internet, mengingat internet sudah bisa di akses oleh siapa saja di seluruh Indonesia. Meskipun kita bisa mendapatkan ribuan referensi tentang ilmu copywriting secara gratis dari internet. Sayangnya, kemudahan itu bisa membuat orang-orang yang baru ingin belajar menulis copywriting menjadi bingung bagaimana dan dari mana mereka harus memulia copywriting?

Nah, untuk membuat Anda mengatasi kebingungan itu saya membuatkan panduan ini dalam bentuk eBook (kini bisa di baca dalam bentuk artikel di website SUBMITCLimb), supaya Anda bisa tahu harus memulai dari mana dan melihat contoh-contoh sederhana penulisan copywriting yang baik.

Panduan dalam bentuk eBook ini akan membantu Anda mengetahui elemen copywriting apa saja yang bisa Anda gunakan saat akan menulis copywriting.

Copywriting Bukan Sekedar Tulisan

Meskipun terlihat biasa saja, sebenarnya copywriting bukan sebuah tulisan yang di buat secara asal-asalan atau sekedar unik dan nyleneh saja. jika Anda sempat mempunyai pemikiran seperti itu, mulai saat ini Anda harus merubah pemikiran itu.

Seperti yang saya katakan di atas. Copywriting bukan sekedar tulisan yang asal di buat begitu saja. Butuh pemikiran yang mendalam untuk membuat sebuah kalimat copywriting yang baik. Anda juga perlu memasukkan beberapa poin-poin penting atau elemen penting yang bisa membantu copywriting Anda menjadi lebih enak di baca, menarik, dan yang paling penting mencapai tujuan utama kita yaitu, penjualan.

Elemen Copywriting

Untuk menulis copywriting dengan cepat Anda bisa menggunakan pendekatan beberapa elemen yang biasanya digunakan untuk penulisan copywriting

  1. Headline
  2. Pengantar
  3. Detail Manfaat
  4. Alasan
  5. Call to action dan
  6. Nota bene

Pasti banyak yang bingung ya?

Baik, saya akan saya coba jelaskan satu persatu secara singkat tapi nanti saya akan buatkan juga penjelasannya secara deatil di panduan yang khusus yang sudah saya buatkan untuk Anda di halaman ini.

1. Headline

Headline adalah sebuah kalimat awal yang ada di dalam sebuah copywriting Anda. karena di tempatkan di bagian awal jadi bisa kita artikan headline ini pasti sangat penting sekali.

Kalau dari hasil riset yang selama ini sudah dilakukan, katanya dari 10 orang yang membaca iklan Anda kemungkinan hanya tersisa 2 orang saja yang mau membaca iklan Anda sampai habis.

Wah sedikit banget ya?

Dari sini kita bisa melihat kalau headline sangat berperan penting untuk membuat orang mau membaca terus atau tidak setelah mereka benar-benar membaca headline iklan yang Anda buat.

Jadi headline benar-benar mampu membuat orang untuk melihat, membuka dan membaca sampai habis karena mereka menjadi penasaran dengan headline yang Anda buat itu.

Siapa yang suaka lihat iklan?

Saya rasa tidak begitu banyak, orang yang suka untuk melihat iklan bukan?

Jadi, kalau headline yang dibuat biasa saja, tidak menarik dan membuat penasaran orang maka, bisa saya pastikan iklan yang Anda buat itu tidak akan di lihat atau di baca sampai habis oleh orang yang melihatnya.

Kalau tidak ada yang melihat iklan Anda, maka tidak ada penjualan yang akan terjadi. Itulah mengapa, Anda harus benar-benar memikirkan headline iklan yang akan Anda buat.

Usahakan untuk menghindari headline yang biasa-bisa seperti ini:

  • DI cari pembeli sebanyak-banyaknya
  • Ayo Beli Produk ini
  • Diskon 50%
  • Dan kata-kata biasa lainnya yang sering digunakan orang dalam promosi mereka

Saya tidak mengatakan kata-kata atau kalimat itu tidak menjual dan tidak bagus ya. Anda bisa menggunakan kalimat itu, dengan syarat membuat beberapa kalimat promosi lain jadi Anda bisa melihat hasilnya secara langsung dan setelah itu bisa memilih iklan dengan kalimat mana yang akan Anda terus jalankan.

Pengingatnya adalah saat akan membuat copywriting silahkan Anda perhatikan dan pikirkan dengan benar headline seperti apa yang akan Anda gunakan untuk menarik perhatian orang dan yang bisa mendatangkan penjualan.

Semakin orang penasaran setelah mereka membaca headline yang Anda buat, semakin bagus headline itu.

2. Pengantar

Saya sering melihat banyak yang jago dalam pembuatan headline dan membuat orang mau melihat dan mengklik iklan yang mereka buat. Tapi setelah berhasil membuat headline, kebanyakan dari mereka langsung terburu-buru menjual produk atau langsung menawarkan produk yang akan mereka jual.

Sekali tidak salah langsung menawarkan produk kepada orang, tapi kalau Anda mau membuat lebih menarik lagi dan membuat mereka lebih yakin dulu mengapa harus terburu-buru langsung menawarkan produk setelah headline?

Sebelum Anda masuk ke dalam penawaran produk ada baiknya Anda membuat pengantar terlebih dahulu.

Apa saja sih kalimat pengantar yang harus Anda buat?

Bisa macam-macam tidak harus mengikuti pola tertentu. Tapi memang biasanya banyak yang menggunakan pengantar dalam bentuk cerita, fakta, pertanyaan, hasil riset, memberitahu latar belakang atau juga bisa dalam bentuk sapaan lainnya.

Anda bisa pilih salah satu atau bisa juga menggabungkan beberapa dari pilihan itu kemudian menyambungnya dengan headline produk atau layanan Anda.

Pengantar ini akan membantu kita lebih dekat dengan calon pelanggan kita. Biasanya kalau sudah dekat, kenal dan nyaman kita akan lebih mudah untuk menawarkan produk atau layanan tertentu kepada mereka.

Memang membutuhkan waktu dan agak sulit dalam membuat bagian ini. Tapi meskipun sulit dan penuh tantangan. Jika, Anda membuat bagian ini dengan baik, ini akan lebih memudahkan Anda dalam menawarkan sesuatu kepada orang-orang.

Ingat ya, Anda saja tidak suka di juali apalagi orang lain yang belum mereka kenal. Jadi sebisa mungkin kita melakukan pendekatan terlebih dahulu baru kita bisa menawarkan sesuatu kepada mereka. Tapi pendekatan yang Anda lakukan juga tidak boleh asal-asalan. Jika Anda salah melakukan pendekatan, maka hasilnya juga tidak akan baik nantinya.

3. Menjelaskan Detail Manfaat

Ini tempat atau bagian di mana Anda bisa mulai memberitahu calon pelanggan Anda tentang detail produk atau layanan Anda. beritahu mereka apa saja manfaat menggunakan produk atau layanan Anda.

Untuk manfaat saya biasanya membuatnya dalam bentuk poin-poin agar lebih mudah di lihat dan di baca oleh orang.

Di bagian ini Anda menceritakan semua manfaatnya atau manfaat yang paling unggul apa saja. jadi bukan memasukkan tentang fitur ya. Meskipun fitur juga mempunyai manfaat tapo kebanyakan orang tidak begitu paham tentang fitur. Jadi ceritakan saja manfaat dari produk Anda.

Kalau Anda jualan produk susu kedelai seperti saya, maka Anda tidak perlu menjelaskan tentang komposisi dan terbuat dari bahan apa saja. Jika ingin di masukkan, silahkan pilih satu atau dua saja dan itupun yang benar-benar bisa membuat mereka tertarik dan yang paling penting mereka tahu dan paham artinya. Contohnya misalnya tidak menggunakan pengawet.

Biasanya sih kebanyakan pembeli:

  • Hanya ingin tahu produk yang Anda buat atau yang Anda tawarkan itu mempunyai manfaat apa buat mereka. Mereka tidak begitu perduli dengan komposisi ataupun cara membuat produk itu.
  • Mengapa orang mau membeli kaos atau baju tertentu, biasanya karena mereka melihat desain, ukuran atau mungkin karena memang bahannya yang sangat nyaman di badan ketika di kenakan.
  • Orang yang membeli makanan biasanya karena tertari dengan rasanya yang enak.
  • Ketika orang menjadi reseller Anda, bisa jadi karena mereka melihat peluan dari produk yang akan mereka jual kembali itu menguntungkan dan mudah untuk di jual.
  • Dll

Jadi inti dari bagian ini adalah beritahu mereka manfaat dari produk atau layanan yang sedang Anda tawarkan kepada mereka. Karena kalau mereka paham betul dengan produk atau manfaat produk Anda untuk mereka, kemungkinan besar produk Anda akan laris untuk di jual.

Oh iya, Anda juga bisa memberitahu kepada calon pelanggan Anda tentang perbedaan yang mencolok antara produk Anda dengan produk pesaing Anda. beritahu hal-hal yang paling menonjol dan yang menjadi kelebihan Anda.

 

4. Masuk ke Penawaran

Setelah membuat bagian satu, dua dan tiga sekarang kita masuk ke bagian penawaran produk kepada para calon pelanggan Anda. di bgaian ini Anda harus menggiring atau menggerakkan mereka untuk lebih tertari dengan produk Anda.

Orang mau membeli sesuatu bukan sekedar karena butuh barang itu, tapi biasanya karena mereka tertarik dengan penawaran yang Anda buat. Jadi, cobalah untuk membuat penawaran yang benar-benar menarik dan yang sulit untuk di tolak oleh mereka.

Penawaran bisa berupa:

  • Bonus spesial
  • Potongan harga khusus
  • Kemudahan
  • Dll

Untuk Bonus – Jika Anda memberikan bonus untuk setiap pembelian produk atau layanan Anda. Pastikan Anda tidak memberikan bonus-bonus yang kurang kualitasnya. Saya sering banget menemukan bonus yang diberikan sudah basi atau manfaatnya tidak begitu bagus. Malah kalau boleh jujur, kebanyakan bonus yang diberikan sudah ada dan bisa di temukan di website-website gratisan seperti SUBMITCLimb.com dan website lainnya.

Kenapa harus memberikan bonus yang berkualitas dan memberikan manfaat bagi mereka?

Karena kalau Anda memberikan bonus yang basi atau biasa saja apalagi yang bisa di temukan di internet secara gratis, efek jangka panjangnya jika Anda menjual produk baru dan memberikan bonus mereka akan malas membeli dari Anda karena sebelumnya mereka mendapatkan bonus yang kualitasnya tidak bagus dari Anda.

Jika bonus yang Anda berikan bagus, berkualitas dan jumlahnya banyak. Saya yakin hal ini semakin membuat mereka lebih tertarik untuk membeli dari Anda.

Potongan Harga – Siapa yang saat beli sesuatu senang mendapatkan potongan harga? Saya yakin semua yang membaca panduan ini akan menjawab ya, saya mau! Sama saya juga mau kok. Mendapatkan sesuatu dengan harga yang jauh lebih murah, pasti akan membuat kita lebih senang, termasuk para calon pembeli Anda.

Beritahu mereka, berapa yang bisa mereka hemat jika mereka membeli dari Anda setelah dipotong diskon. Buat produk Anda itu terlihat lebih murah daripada produk pesaing Anda, maka copywriting Anda bisa membuat mereka lebih mempunyai ambisi untuk membeli.

Kalau Anda tidak mau memberikan bonus atau potongan harga Anda, apa yang bisa Anda berikan kepada mereka?

Gampang…

Kemudahan – Anda bisa memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi, pengiriman atau mungkin kemudahan lainnya.

Biasanya, kemudahan juga menjadi salah satu hal yang membuat orang terpancing untuk mau membeli sesuatu dari Anda.

5. Berikan Alasan

Produk yang Anda jual sudah bagus, harag atau penawarannya juga menarik. Langkah selanjutnya anda hanya perlu memberitahu mereka alasannya, mengapa para calon pelanggan Anda ini harus mau membeli dari Anda saat ini juga atau tanpa harus menunda lagi.

Jadi di bagian ini tugas Anda harus bisa meyakinkan mereka dengan menjelaskan segala hal, agar mereka lebih yakin untuk mau melakukan sesuatu dari Anda (yakin ingin membeli).

Tapi cara meyakinkan calon pelanggan ini dengan cara bagaimana?

Memang ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meyakinkan para calon pelanggan, tapi biasanya banyak orang menggunakan 3 cara ini:

Pertama – Testimoni. Kita bisa menampilkan testimoni dari orang-orang yang sudah pernah menggunakan produk atau layanan Anda sebelumnya. Biasanya dengan adanya testimoni dari para pengguna sebelumnya akan membantu orang-orang lain lebih yakin untuk membeli.

Kedua – Garansi. Dengan memberikan garansi Anda bisa mengikis keragu-raguan dari orang-orang yang membaca iklan Anda. biasanya kecenderungan orang-orang takut jika terjadi sesuatu saat mereka membeli sesuatu, jadi dengan memberikan garansi ini bisa membuat mereka menjadi merasa lebih aman.

Ketiga – Berikan Batasan. Beritahu calon pelanggan Anda kalau mereka ingin membeli produk atau layanan Anda ada batas waktunya dari jam atau hari tertentu. Mengapa Anda harus memberikan batasan waktu? Supaya mereka tidak menunda untuk membeli dari Anda. Anda bisa berikan batasan waktu untuk membeli atau batasan jumlah produk.

Itu adalah beberapa tips untuk lebih meyakinkan para calon pelanggan Anda. silahkan Anda pilih salah satu dari ketiga cara di atas atau Anda bisa menggabungkan beberapa yang cocok dengan produk dan layanan Anda.

6. Call to Acton

Call to action dalam copywriting juga menjadi bagian yang paling penting, karena tanpa CTA (call to action) orang-orang yang melihat iklan Anda tidak akan melakukan apa-apa. Jadi kalau Anda mau barang dagangan Anda laku di jual, arahkan calon pelanggan Anda ini untuk membeli atau melakukan sesuatu di tempat yang Anda inginkan.

Call to action bisa berupa:

  • Membalas pesan
  • Menghubungi nomor tertentu untuk melakukan pembeli atau lainnya
  • Menekan link pembelian
  • Melakukan pendaftaran atau
  • Melakukan tindakan apapun yang Anda inginkan.

7. Nota Bene

Nota bene adalah catatan yang biasanya di tulis di bagian bawah. Fungsinya untuk lebih meyakinkan para pembaca agar bisa mengambil keputusan sesegera mungkin. Di bagain ini Anda bisa menambahkan catatan tentang batasan atau hal lainnya agar mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tidak menunda-nunda.

Jadi itu beberapa Elemen Penting Copywriting yang bisa Anda gunakan saat Anda membuat copywriting untuk produk dan layanan Anda.

Kalau boleh saya ulang sedikit lagi, saat Anda membuat copywriting, mulailah dari headline yang baik dan yang mampu memancing penasaran para calon pelanggan Anda. setelah itu masuk ke bagian pengantar dan jelaskan detail manfaat produk atau layanan Anda. kemudian Anda masuk ke alasan mengapa para calon pelanggan ini harus membeli dari Anda saat ini juga tanpa harus menunda. Kemudian copywritingnya Anda tutup dengan membuat catatan untuk meyakinkan para pembaca iklan Anda agar lebih yakin saat akan mengambil keputusan.

Mungkin, pada awal-awal Anda membuat copywriting untuk iklan produk dan layanan Anda bisa jadi iklan yang Anda buat tidak begitu menghasilkan. Ini bisa di sebabkan oleh banyak faktor, dan semua faktor itu perlu Anda perhatikan. Jika ada yang harus diperbaiki maka Anda perbaiki, jika ada bagian yang tidak perlu diperbaiki maka jangan diperbaiki. Cukup bagian yang kurang baik saja yang harus Anda perbaiki dan tingkatkan.

Agar copywriting Anda menjadi lebih baik dari waktu ke waktu maka Anda perlu latihan menulis copywriting secara rutin. Selain itu Anda juga bisa membaca dan belajar dari buku-buku tercetak, kursus online atau dari sumber yang lainnya.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel dengan judul Elemen Penting Copywriting agar Iklan Menarik dan Menjual ini, jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Baca juga artikel lain:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top