skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Daftar Website Stock Video Footage Gratis Untuk Youtube

Daftar Website stock video footage Gratis Untuk Youtube

Mencari dan menemukan stock footage video yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri, karena untuk mencarinya membutuhkan waktu dan kadang membuat stres juga apalagi kalau kita sedang dikejar waktu. Karena alasan itu maka saya biasanya mengumpulkan bebeapa daftar website stock video footage Gratis Untuk Youtube ke dalam catatan online atau ke file yang ada di dalam komputer saya.

Memang kebanyakan dari kita mungkin akan lebih senang untuk mengambil kamera kemudian bermain-main dengan kamera untuk mendapatkan beberapa gambar yang menarik dan bagus. Beberapa mungkin ada yang membuat beberapa video yang bagus untuk di satukan menjadi sebuah klip yang menarik dan mampu meningkatkan tampilan video-video Anda. Tetapi yang menjadi masalah adalah seringkali kita tidak mempunyai waktu untuk membuat dan mengambil sebuah gambar sendiri pada saat itu, atau upaya yang Anda lakukan untuk mengambil satu atau beberapa gambar tidak sepadan dengan waktu dan uang yang Anda keluarkan.

Salah satu terbaik menurut saya untuk mengatasi masalah seperti itu adalah dengan menggunakan dan memanfaatkan stock footage video gratis yang sudah banyak tersedia secara gratis dan beberapa ada yang berbayar yang di buat oleh berapa videografer dari seluruh dunia di website-website tertentu.

Dengan cara seperti ini Anda dan saya bisa menghemat banyak waktu dan juga biaya. Daftar website ini bisa membantu Anda untuk menemukan stock footage video gratis yang cocok dengan projek video YouTube Anda di kemudian hari, bisa juga untuk postingan di media sosial atau proyek-proyek lain di masa depan.

Semua daftar website ini mempunyai peraturan dan tata cara penggunaan yang hampir sama, mereka memberi Anda banyak pilihan stock footage video gratis untuk YouTube. Di dalam daftar ini saya akan memberikan beberapa penjelasan singkat yang mungkin bisa membantu Anda, tetapi saya sangat menyarankan Anda untuk melihat dan mengunjungi secara langsung beberapa daftar website stock footage video gratis ini, sehingga Anda bisa menemukan video-video yang bagus dan cocok untuk Anda.

Website stock video footage Gratis

Tidak usah tunggu terlalu lama, mari kita melihat satu persatu daftar websitenya.

1. Coverr

Coverr adalah salah satu daftar website yang paling saya suka dan sering saya kunjungi. Website ini sepenuhnya gratis untuk Anda gunakan, artinya Anda tidak harus memberikan atribusi saat menggunakan stock footage gratis dari website Coverr ini, yang paling kerennya lagi adalah Anda tidak perlu mendaftar atau join di website ini hanya untuk mengunduh videonya – Mantab banget kan.

Di website ini, Anda bisa menemukan banyak sekali pilihan video yang bagus-bagus dengan kualitas yang cukup tinggi, topiknya mulai dari bisnis, travel dan lain sebagainya. Semua ini bebas royalti (free copyright – kebanyakan mempunyai ukuran 1080p HD dan ada juga yang dalam ukuran 4K).

2. Pexels

Website yang satu ini mungkin banyak yang sudah tahu karena kebanyakan blogger, desainer dan influencer kadang-kadang mengambil dan menggunakan beberapa foto dari website Pexels.

Video-video yang ada di website ini menurut saya bagus-bagus dan koleksinya juga sangat banyak. * hal menarik lain dari website ini adalah Anda dan saya tidak harus memberikan atribusi ke pembuatnya atau ke website ini jika Anda ingin menggunakan foto atau video-video dari website ini.

Ini adalah salah satu website favorit saya yang paling sering saya kunjungi untuk mencari dan menggunakan foto atau video ke dalam proyek saya. Fitur yang mungkin menarik bagi Anda dari website ini adalah untuk mencari video dengan kualitas tertentu misalnya 4K. jujur, saya jarang sekali menggunakan ukuran 4k dalam video saya tapi kalau Anda membutuhkan footage dalam ukuran 4K Anda bisa mencoba dan menggunakan fitur ini di Pexels.

3. Pixabay

Website Pixabay sama seperti Pexels dalam hal mencari gambar (foto) atau video secara gratis untuk proyek video YouTube Anda.

Salah satu hal yang mungkin juga Anda cari dan bermanfaat untuk Anda adalah di sini Anda bisa menemukan banyak pilihan vector graphic jika ada sesuatu yang ingin Anda masukkan ke dalam thumbnails video atau ke dalam video Anda, gambar vector ini juga ada yang berbentuk transparan yang bisa Anda masukkan ke dalam video Anda.

4. YouTube Creative Commons

Salah satu tempat yang tepat dan juga bagus untuk mendapatkan video yang berkualitas adalah di YouTube itu sendiri. Mungkin sampai di sini beberapa dari antara teman-teman banyak yang bingung kok bisa dari YouTube, bukannya YouTube sendiri melarang untuk menggunakan video orang lain?

Memang banyak orang yang tidak tahu tentang hal ini, banyak juga yang tidak mengetahui pilihan (option) untuk mengizinkan si pembuat video menyetel video mereka ke dalam pilihan creative commons.

Saat Anda sedang membutuhkan video dan ingin mencarinya dari YouTube cobalah untuk memfilter ke pilihan creative commons agar video yang di tampilkan sesuai dengan opsi yang sudah Anda setel.

Tapi saya sangat menyarankan Anda untuk tetap memberikan link back (menautkan link kembali) ke si pembuat video asli. Dan pastikan juga Anda menghubungi si pemilik video asli untuk menyetujui dengan video yang akan Anda gunakan itu.

Cara seperti ini biasanya memang memakan waktu tetapi ini adalah cara yang baik menurut saya, istilahnya kita permisi sekaligus kenalan dengan si pembuat konten, siapa tahu hal ini juga bisa memberikan manfaat bagi Anda bahwa mereka bisa membagikan video yang Anda buat ke followernya karena di dalam video Anda ada salah satu klip video yang mereka buat. Win-win lah bagi kedua belah pihak.

5. Videvo

Website stock video footage yang satu ini ada dua pilihan berbayar dan gratis. Di sini Anda bisa menemukan banyak sekali koleksi stock video footage gratis dan juga yang berbayar. Saat Anda menggunakan pilihan yang gratis Anda harus memberikan link back atau atribusi ke si kreator konten.

Saat Anda menggunakan stock video footage gratis dari website semacam ini, PASTIKAN untuk selalu membaca licence term mereka, baik yang dari website Videvo maupun dari website si pembuat konten itu sendiri jika ada, karena biasanya setiap lisensi berbeda-beda cara menggunakannya kita tentu tidak mau ada masalah dengan video yang kita buat di kemudian hari bukan?

Jadi dari pada menyesal di kemudian hari lebih baik di awal sebelum menggunakan stock video footage Anda benar-benar membaca apa yang boleh dan tidak boleh (licence term).

Di Videvo sendiri Anda bisa menemukan banyak gambar gerak (motion graphic) musik dan mungkin sound effects yang bisa Anda gunakan dalam video YouTube Anda.

6 Splitshire.com

Website lain yang juga sering saya kunjungi adalah Splitshare.com. DI website ini Anda bisa menemukan banyak sekali koleksi pilihan video berkualitas tinggi seperti 4K. video yang ada di sini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa harus memberikan atribusi kepada pembuat kontennya, meskipun tidak harus alangkah baiknya jika kita menghargai mereka dengan memberikan atribusi ke pembuat kontennya. Untuk bisa mengunduh video yang ada di sini Anda tidak harus melalui proses mendaftar terlebih dahulu.

Website ini menurut saya sangat istimewa bagi konten kreator yang ingin mendapatkan gambar secara gratis karena mereka mempunya kualitas video dan foto yang cukup baik.

7. Mixkit

Ini adalah website yang paling banyak pengunjungnya kalau menurut pendapat saya, seperti Coverr, Mixkit.co tidak mengharuskan Anda untuk mendaftar menjadi member untuk bisa mengunduh gambar dan beberapa stock video footage yang ada di website ini. Selain itu Anda juga tidak harus memberikan atribusi kepada pembuat konten.

Di situs web ini Anda dan saya tidak hanya bisa mengunduh stock video footage saja, tetapi Anda juga bisa mengunduh berbagai macam musik dan juga efek suara secara gratis yang bisa Anda gunakan ke dalam video YouTube Anda.

Kalau boleh jujur, saya paling banyak mengunduh dan menggunakan semua hasil karya digital yang ada di website ini ke dalam beberapa channel YouTube utama yang saya kelola.

Tidak usah khawatir soal kualitasnya, karena semua video yang ada di sini mempunyai kualitas yang sangat baik yaitu 1080 HD. Kualitas ini menurut saya jauh lebih daripada cukup untuk YouTube dan juga media sosial.

8. Distill

Namanya Distill tapi nama domainnya menggunakan wedistill.io. Di website ini Anda dan saya bisa mendapatkan 10 video HD gratis setiap 10 hari yang bisa Anda gunakan untuk proyek video Anda (komersil &pribadi).

 

Hal yang akan kita sukai bersama saaat mengunduh file dari internet adalah tidak perlu memberikan atribusi ke konten kreatornya, meskipun tidak harus alangkah jauh lebih baik jika kita menghargai mereka dengan memberikan link back ke pembuat konten.

Satu hal yang menurut saya kurang dari website ini adalah kita tidak bisa mengetahui resolusi video yang mau kita gunakan sebelum mengunduh videonya (semoga ke depannya mereka memperbaiki hal ini).

9. Dareful

Dareful adalah website penyedia stock video footage dengan kualitas 4K. memang mungkin koleksinya masih belum begiut banyak tapi website ini bisa kita manfaatkan untuk pembuatan video YouTube kita.

Memang kalau saya lihat koleksinya kebanyakan gambar yang diambil dengan menggunakan drone. Jadi kalau kalian membutuhkan stock video yang diambil dari udara bisa mencoba menggunakan video yang ada dari website ini.

10. Vidsplay

Dari website Vidsplay Anda bisa mendapatkan video lebih dari 300 klip video. Jumlah itu terus bertambah dari waktu ke waktu karena setiap minggunya mereka selalu menambahkan video baru. Ukuran video yang tersedia 1080p HD dan beberapa video ada yang mempuyai resolusi 4K.

11. Free Nature Stock

Website yang satu ini sedikit berbeda dengan website lainnya. Menurut saya tanpa saya jelaskan Anda sudah tahu kalau isi dari website ini tentang apa. Di sini Anda bisa menemukan stock video bertema alam yang bisa Anda unduh secara gratis dengan resolusi 1080P, ada juga dengan resolusi 4K.

Nature video yang ada di website ini mempunyai durasi 10 detik dan beberapa ada yang mencapai 1 menitan. Ini cocok untuk Anda yang ingin membuat video dengan memasukkan unsur atau gambar-gambar alam.

Semua file yang ada di website ini sepenuhnya bisa Anda gunakan secara gratis tanpa harus memberikan atribusi atau mungkin bergabung dengan email. Website ini dikelola oleh satu orang saja yang bernama Adrian Pelletier.

12. Motion Places

Nah website lain yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan stock video footage gratis adalah Motion Places, video yang ada di sini berasal dari seluruh dunia.

Jika saat ini Anda sedang ingin membuat B-rool dari kota-kota terkenal yang ada di dunia dan saat ini Anda tidak bisa datang ke negara itu untuk mengambil gambarnya, Anda bisa menggunakan dan memanfaatkan website ini.

Resolusi video yang ada di website ini mempunyai kualitas yang sangat tinggi 1080 HD yang bisa Anda gunakan ke dalam beberapa proyek video Anda.

13. Mazwai

Dari website Mazwai ini Anda dan saya bisa mengunduh beberapa video untuk kebutuhan video YouTube Anda dengan kualitas HD & 4K. kebanyakan klip video yang ada di sini sangat bagus-bagus karena di seleksi oleh tim in house mereka sendiri. Jadi tidak usah diragukan lagi kalau Anda bisa mendapatkan stock video footage dengan kualitas yang sangat bagus.

14. FOCA Stock

FOCA Stock adalah website yang baru saja saya kunjungi beberapa bulan belakangan ini. Kalau saya perhatikan website ini seperti kurang begitu terkenal di Indonesia. Mereka mempunyai jumlah video yang bisa saya katakan masih terbatas, tetapi meskipun begitu mereka menawarkan beberapa tool menarik lainnya yang mungkin sangat berguna.

Anda juga bisa menggunakan free editor yang mereka miliki untuk mengedit beberapa graphic dan mereka juga mempunyai beberapa template yang bisa membantu mempercepat pekerjaan Anda.

15. Pikwizard

Di sini Anda dan saya akan menemukan berbagai macam jenis video-video dengan berbagai macam kategori yang cocok dengan proyek video Anda. Sekali lagi saya ingin mengingatkan kepada Anda setiap kali Anda mengunduh gambar atau video dari website lain pastikan untuk melihat dan mengecek lisensi dari setiap materi video yang ingin Anda gunakan karena setiap video dan materi yang ada mempunyai lisensi yang sama.

Memang di sini konten gratis dan premiumnya dijadikan satu jadi bisa membingungkan Anda saat mencari gambar atau video gratis yang ada di website Pikiwizard.

Website Stock footage kesukaan saya adalah

Jika Anda bertanya kepada saya, website apa saja yang saya sukai dan sering saya kunjungi maka saya akan memberitahukannya kepada Anda ke dalam daftar yang ada di bawah ini. Daftar website ini ada yang berbayar dan ada juga yang gratis.

Canva Pro

Sebelum saya sudah menyebutkan Canva tetapi yang versi gratis, sedangkan yang kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda kalau mereka juga mempunyai pilihan paket yang berbayar sekitar $10 untuk setiap bulannya. Jika Anda ingin langsung mengambil paket satu tahun harganya sekitar ($120). Ini adalah biaya yang sangat kecil menurut saya karena Anda akan mendapatkan jutaan konten yang bagus-bagus di dalam website ini.

Ada banyak template yang bisa Anda gunakan dari website ini baik itu untuk video, font, stock foto dan lainnya. Selain itu dengan Canva Anda juga bisa menghapus background foto dengan mudah tanpa ribet dan menggunakannya ke dalam proyek Anda.

Envanto Elements

Envanto Elements bagi beberapa orang mungkin tidak asing lagi, tapi bagi sebagian lagi seperti Anda mungkin baru pertama kali ini mendengarnya. Evanto ini adalah website di mana kita bisa membeli template dan semua elemen grafis dari ribuan designer yang ada di dunia ini. Kalau menurut saya, harganya sangat terjangkau dan tidaklah terlalu mahal. Apa saja yang bisa Anda beli dari website ini?

  • Stock Video (over a million clips)
  • Video Templates
  • Music
  • Sound Effects
  • Logo Graphics
  • Infographics
  • Mockups
  • Social Media Templates
  • Presentation Templates
  • Photos
  • Fonts
  • WordPress Themes
  • Website Plugins
  • Expert Ebooks & Courses
  • Dan masih banyak lainnya

Semua stock footage yang ada di website ini bisa Anda dapatkan dengan harga $16.50 setiap bulannya. Gunakan dan bayar langganan saat Anda perlu saja, ini akan membantu menghemat uang Anda.

Sebenarnya masih banyak daftar website stock video footage Gratis Untuk Youtube yang bisa Anda cari di internet, saking banyaknya kita mungkin harus menyeleksi dan mencobanya satu persatu. Saya sudah mengumpulkan beberapa daftar website ini yang selalu saya tambahkan dan update ke halaman evernote dan excel yang saya buat ini. Anda bisa melihat dan mengunjungi catatan saya ini agar bisa melihat daftar website baru yang saya tambahkan setiap waktu.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Daftar Website stock video footage Gratis Untuk Youtube ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Artikel menarik lainnya:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top