skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Tujuan Anda Mencari Remote Work

Apa tujuan Anda mencari remote work

Apa tujuan Anda mencari remote work – Melalui artikel ini saya ingin membantu Anda untuk melihat beberapa alasan umum mengapa orang-orang ingin bekerja jarak jauh sehingga Anda bisa mempunyai tujuan yang benar mengapa Anda ingin bekerja dan mencari pekerjaan jarak jauh. Pertama-tama tolong izinkan saya untuk menggeneralisasi saja. Mengapa seseorang mungkin menginginkan pekerjaan jarak jauh ini?

Karena ini adalah artikel berseri, silahkan membaca artikel sebelumnya di halaman ini.

Nah dari sudut pandangan saya sendiri, saya melihat ada tiga hal atau kategori yang mungkin diinginkan oleh orang-orang yang ingin bekerja dari rumah (remote work).

  1. Fleksibilitas keluarga
  2. Keseimbangan kehidupan dan bekerja
  3. Kebebesan yang bertanggung jawab (freedom)

Sekarang mari kita bahas satu persatu dari ketiga kategori itu.

Awal saya bekerja saya belum mempunyai anak, jadi bekerja dari rumah (work from home) itu tidak begitu sangat diinginkan, tidak banyak gangguan dan mempunyai tantangan. Tetapi setelah saya mempunyai anak pertama, saya merasakan kalau bekerja dari rumah itu sangat penting sekali. Selain bisa menjaga anak kita masih bekerja dengan baik.

Beberapa tetangga rumah saya juga merasakan hal yang sama. Mereka menjadi bingung setelah punya anak, siapa yang akan menjaga kalau ke dua orang tuanya bekerja? Mau tidak mau salah satu harus bisa dan mengalah untuk tetap berada di rumah. Jika salah satu harus berhenti bekerja lalu timbul ke khawatiran baru lagi yaitu biaya untuk hidup pasti akan berkurang?

Akhirnya karena menghadapi situasi seperti ini beberapa orang tua akhirnya mau tidak mau menitipkan anak-anak mereka kepada tempat-tempat penitipan anak. Banyak diantara teman-teman saya yang mempunyai anak sangat menginginkan untuk bisa bekerja dari jarak jauh (bekerja remote) sehingga mereka bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarga mereka. Satu hal yang sering saya dengar dari para orang tua adalah pagi hari adalah waktu yang penuh dengan perjuangan karena mereka harus memandikan anak, membuat sarapan dan bersiap untuk sekolah, karena mereka mempunyai pekerjaan remote (jarak jauh) mereka mempunyai banyak waktu untuk bisa mengantar anak-anak mereka ke sekolah dan setelah itu mereka bisa mulai untuk bekerja dari rumah atau mereka bisa menyesuaikan jadwal mereka untuk bekerja, mengantar anak sekolah dan menjemput anak sekolah.

Anak-anak bukanlah satu-satunya orang yang harus kita awasi dan rawat. Beberapa orang ada yang mempunyai orang tua yang sudah lanjut usia dan harus di rawat. Sebagai contoh katakanlah saya atau Anda akan mengadakan rapat atau presentasi penting di tempat kerja pada hari ini, di waktu yang bersamaan orang tua Anda juga mempunyai janji temu dengan dokter yang sangat penting. Dengan memiliki pekerjaan jarak jauh Anda bisa memastikan untuk mengantar orang tua Anda dan sekaligus bisa mengikuti rapat kerja secara online. Mempunyai pekerjaan jarak jauh (remote job) Anda masih bisa mempunyai pekerjaan dan karir tanpa harus berkorban banyak hanya karena Anda tidak bisa masuk kantor setiap hari.

Dari beberapa orang yang saya perhatikan dan lihat dari internet dan media sosial banyak yang mengalami tekanan kerja dan sangat ingin mempunyai keseimbangan hidup dan bekerja lebih baik. Pekerjaan jarak jauh adalah sebuah impian dan ini adalah cara bekerja dan kehidupan para profesional. Pekerjaan ini tidak menentukan hidup Anda, tetapi Anda sendiri yang akan menentukan pekerjaan Anda. Anda bisa menyesuaikan pekerjaan dan juga kebutuhan hidup Anda. Apapun situasi yang Anda alami saat ini, pekerjaan remote ini benar-benar mengarah kepada kebebasan. Kebebasan untuk memilih bagaimana Anda ingin menjalani hidup Anda.

Tetapi pekerjaan ini tidak akan membantu Anda sama sekali jika Anda tidak tahu bagaimana cara menjalankannya dan memanfaatkannya dengan benar. Banyak orang yang mengambil keuntungan dari pekerjaan jarak jauh dan akhirnya bisa menyesuaikan jadwal pekerjaan mereka sekaligus mempelajari keterampilan yang baru untuk mendapatkan sertifikasi yang mereka butuhkan untuk karir mereka. Beberapa lagi ada yang harus untuk kembali ke bangku sekolah atau kuliah hanya untuk mendapatkan gelar, sementara yang lain mungkin lebih banyak meluangkan waktu mereka untuk menjadi Ayah atau Ibu. Apa pun yang ingin Anda lakukan dengan waktu kosong dari pekerjaan jarak jauh Anda semuanya terserah kepada Anda tetapi yang paling penting di sini adalah untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan Anda untuk lebih produktif.

 

Nah saat wawancara kerja remote dengan perusahaan yang sedang mencari karyawan jarak jauh. Calon bos Anda kemungkinan akan mengajukan pertanyaan kepada Anda tentang mengapa Anda ingin mendapatkan pekerjaan ini (pekerjaan yang sama seperti pekerjaan Anda di kantor tradisional). Pastikan Anda untuk tidak menjawab, Anda hanya ingin mendapatkan waktu lebih banyak dengan keluarga atau mengurus anak-anak Anda, meskipun itu masalahnya. Anda juga tidak boleh mengatakan kalau Anda benci bepergian jauh atau Anda hanya ingin bekerja sendiri tanpa ada gangguan dari orang-orang kantor. Cukup katakan Anda hanya ingin lebih produktif dan menjadi pekerja yang bahagia dari tempat yang saya sukai.

Jelaskan juga tentang apa yang membuat Anda bisa menjadi karyawan yang bahagia dengan mengatakan mengapa pengaturan jarak jauh (remote job) bisa membuat Anda menjadi lebih produktif. Dengan jawaban-jawaban yang masuk akal mereka bisa mempertimbangkan Anda untuk di jadikan aset yang paling berharga dalam perusahaan mereka.

Untuk bisa sukses dalam pekerjaan ini adalah Anda harus jujur kepada diri sendiri, tekun dan giat dalam bekerja. Dengan terus melakukan hal itu, ini akan membantu perusahaan untuk terus mempekerjakan Anda sebagai karyawan jarak jauh dan menjadi aset mereka yang sangat berharga.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Apa tujuan Anda mencari remote work ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Baca juga artikel lain:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top