skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Tips Cara Membuat Orang Mau Beli Produk Kita Dan Tertarik

Tips Cara Membuat Orang Mau Beli Produk kita dan Tertarik

Cara Membuat Orang Mau Beli Produk kita – Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti mempunyai keinginan bisnis yang Anda kelola bisa berjalan dengan baik dan mengalami pertumbuhan, khususnya dalam hal penjualan. Agar produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa di beli, tentu harus ada pelanggan atau konsumen yang membeli dan menggunakannya.

Selain masalah itu, Anda juga dihadapkan dengan masalah dan tantangan lain, misalnya adalah ketika ada calon konsumen yang datang ke toko online Anda tetapi mereka ragu-ragu untuk membeli produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.

Mengapa orang Ragu untuk Membeli Produk Kita?

Memang tidak mudah untuk membuat orang mau membeli produk atau jasa yang kita tawarkan karena ini bergantung dari beberapa faktor.

Calon pelanggan yang ragu-ragu dan mungkin punya perasaan takut sewaktu ingin membeli, apalagi jika itu harus dilakukan secara online adalah hal yang sangat wajar. Di sinilah tugas kita sebagai pemilik bisnis untuk membuat meraka mau membeli dan yakin kalau barang dan jasa yang kita jual itu baik, transaksi aman dan pasti di kirim.

Memasarkan produk atau jasa secara online tidak bisa dilakukan dengan cara-cara yang sembarangan. Jika kita salah dalam memasarkan produk atau jasa kita kepada orang, bisa jadi bukannya ingin membeli mereka malah ragu dan membeli di tempat lain.

Mengapa orang Ragu untuk Membeli

Kata-kata yang kita masukkan ke dalam toko online kita juga harus dibuat semenarik dan sebaik mungkin agar tidak menjadi senjata yang bisa membunuh diri kita sendiri. Kenapa hal ini penting? Karena kita tahu, persaingan bisnis saat ini sangat tinggi, tidak seperti zaman tahun 1997.

Sekarang ini hampir semua orang bisa berjualan dari tempat mereka tinggal tanpa harus ke luar dari rumah, tanpa harus mencari lahan untuk membuka toko bahkan untuk memulainya mereka juga tidak perlu mencari karyawan dan tidak perlu modal yang banyak mereka sudah bisa berjualan. Internet telah mengubah segalanya.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana agar calon konsumen mau, yakin dan membeli produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan kepada mereka?

Cara Membuat Orang Mau Beli Produk kita

1. Membuat Logo & Nama Produk

Produk yang akan Anda jual harus mempunyai nama dan juga logo. Coba bayangkan jika produk yang Anda jual tidak mempunyai logo dan nama, pasti sulit sekali bukan, bagi orang lain untuk mencari dan menemukan produk Anda?

Membuat logo dan nama bisnis, menurut saya adalah hal yang sangat wajib meskipun beberapa orang ada yang mengatakan bagian ini tidaklah terlalu penting. Jika Anda membuat nama dan logo untuk perusahaan Anda, ini berarti Anda sudah membuat sebuah ciri dan karakter khusus untuk bisnis yang Anda jalankan.

Buat Logo Bisnis Anda

Percaya atau tidak nama dan logo sebuah produk bisa membuat orang tertarik untuk membeli, apalagi jika nama dan logo produk itu di desain dengan sangat profesional. Coba Anda renungkan, kenapa banyak orang mau minum kopi di Starbucks, Pizza, Mc D dan lainnya? Selain karena memang rasanya yang enak mereka merasa bangga kalau bisa membawa barang atau shopping bag dengan merk tertentu.

Jika Anda ingin membuat orang lain percaya, nyaman dan mau membeli produk dan jasa yang Anda tawarkan, mulai hari ini cobalah untuk memikirkan nama logo dan produk yang ingin Anda buat.

2. Produk dan Jasa yang Anda tawarkan Harus Berkualitas

Ini hal ke dua yang paling penting jika Anda ingin menjalankan bisnis dan meningkatkan minat belanja dari para calon konsumen Anda. Produk atau Jasa yang Anda tawarkan harus enak, berkualitas dan bersih.

Siapa sih yang tidak ingin dagangannya laris manis seperti kacang? Saya secara pribadi mau dan saya yakin Anda semua yang membaca artikel ini pasti juga ingin setiap produk yang Anda jual di beli oleh sebanyak mungkin orang.

Salah satu cara yang paling manjur adalah produk atau jasa yang Anda jual harus benar-benar enak dan berkualitas. Katakanlah Anda ingin jualan makanan, maka pastikan terlebih dahulu produk atau makanan yang akan Anda jual mempunyai rasa yang enak dan membuat orang ingin menambah atau ngangenin.

Pernahkan kalian makan di suatu tempat, makanannya terasa enak banget bahkan pengen balik lagi untuk nyam-nyam di sana saking enaknya? Atau mungkin Anda menggunakan membeli suatu produk tertentu di mana produknya bagus, awet dan pelayanannya juga mantab? Pasti Anda akan merasa senang dan puas bukan?

Makannya, pastikan semuanya produk yang Anda jual mempunyai kualitas yang baik mulai dari rasa, kemasan dan sebagainya. Ini akan membantu semua calon konsumen Anda untuk mau membeli dari Anda dan kembali lagi. Selalu lakukan pengembangan dengan produk yang Anda jual untuk semakin menyempurnakannya.

3. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah di Mengerti Orang Banyak

Tidak semua konsumen mempunyai pendidikan yang sama, karena faktor ini maka tingkat pengetahuan seseorang akan penjelasan sebuah produk tidak bisa kita samakan. Memang kalau kita bandingkan dengan tingkat pendidikan zaman sekarang dengan orang tua kita pasti sangat berbeda sekali. Bisa jadi ada banyak orang yang langsung bisa memahami sebuah penjelasan produk yang sangat detail hanya dari sebuah website atau akun social media, tetapi meskipun banyak orang yang bisa langsung paham, masih banyak juga orang-orang yang tidak bisa langsung memahaminya.

Nah karena hal ini, maka Anda harus benar-benar mampu membuat pesan yang sederhana dan yang mudah dipahami oleh semua kalangan orang termasuk mereka yang pendidikannya masih kurang dari orang-orang zaman sekarang.

Sekarang ini kan zamannya social media, banyak orang suka dengan YouTube dan membuat video YouTube. Kalau Anda ingin menjual dan memasarkan produk kamera mirorless kepada orang-orang sebaiknya gunakan istilah-istilah dalam bahasa Indonesia atau yang mudah untuk di pahami oleh banyak orang.

 

Dalam dunia foto itu ada istilah aperture” dan eksposure. Daripada menggunakan kata seperti itu, saran saya sebaiknya gunakan saja kata dalam bahasa Indonesia seperti lubang lensa dan pencahayaan. Bagaimana, bukankah kata-kata ini langsung bisa di pahami oleh mereka yang ahli di bidang photography dan yang tidak ahli?

4. Jangan Takut Untuk Promosi Berbayar dan Gratis

Banyak orang ingin menghasilkan uang dari bisnis yang di jalankannya tapi takut untuk berpromosi. Coba sekarang Anda lihat di Internet, apakah ada perusahaan – perusahaan besar yang tidak melakukan promosi? 

Saya yakin jawabannya pasti semua melakukan promosi, entah iklan online maupun yang lainnya. Bicara soal promosi memang ada banyak cara dan juga tehnik yang bisa Anda lakukan pada zaman internet seperti sekarang ini.

Tanpa promosi produk Anda mungkin sulit untuk di kenal dengan cepat oleh orang-orang. Jadi cobalah untuk menyisihkan uang untuk melakukan promosi.

5. Gunakan dan Manfaatkan Relasi

Bisnis apapun yang ada di dunia saat ini, bisa besar dan memperluas jaringannya dengan cara memanfaatkan relasi mereka untuk menyampaikan dan memperkenalkan produk atau Jasa mereka kepada para calon konsumen.

Dengan mempunyai banyak kenalan dan relasi, bisnis apapun bisa terbentuk dan berkembang dengan pesat, karena setiap konsumen baru bisa merasa lebih percaya diri dan mau membeli produk Anda. Mereka merasa mengenal Anda meskipun tidak benar-benar kenal.

6. Tonjolkan Keunggulan Produk Anda

Meskipun setiap produk yang di jual di pasaran tidak semuanya bisa unik, Anda harus berupaya untuk mencari dan mebuat produk yang Anda buat itu mempunya keunggulan daripada produk-produk lainnya.

Meskipun produk yang Anda jual mempunyai kesamaan dengan yang di jual oleh orang lain Anda bisa menggali dan mengupayakan hal lain untuk menarik pelanggan mau membeli dari Anda. Misalnya saja dalam hal pelayanan, pemberian garansi atau mungkin pelayanan dalam hal pengiriman barang dan pelayanan customer service selama 24 jam penuh.

Percayalah, jika Anda memberikan lebih dari orang lain, maka semua calon konsumen Anda akan mau dan mulai membeli dari Anda.

7. Menawarkan ke Semua Orang termasuk ke Orang yang Tepat

Untuk bisa menjual produk atau jasa dengan cepat kita bisa menawarkan ke semua orang, termasuk ke orang yang tepat. Anda pasti ingin menjual produk secepat mungkin kepada sebanyak orang, tetapi Anda juga perlu mencari siapa saja sih orang yang tepat dan yang membutuhkan produk Anda.

Cobalah untuk mencaritahu siapa saja sih target pasar Anda, mau di jual ke siapa, jenis kelaminnya apa, usianya berapa, tingkat ekonominya seperti apa?

Dengan melakukan riset seperti ini, Anda bisa menjual kepada orang yang tepat sekaligus memperkenalkan produk Anda kepada orang-orang lain juga.

8. Tawarkan dan Biarkan Konsumen Mencoba Produk Anda secara Gratis

Cara yang banyak digunakan oleh orang-orang yang menjalankan bisnis digital adalah dengan memberikan versi Free Trialnya. Ketika mereka sudah mencoba dan merasakan manfaat dari produk yang suda digunakan, mereka kemungkinan akan mempertimbangkan, apakah mereka ingin meningkatkan ke versi yang berbayar atau tidak?

Nah cara ini bisa Anda gunakan dan terapkan di bisnis lainnya. Katakanlah Anda mempunyai produk baru yang ingin Anda jual dan kenalkan kepada orang lain. Anda bisa memasukkan satu sampel produk baru Anda kepada orang-orang yang membeli produk lama Anda.

Sebagai contoh saya dan istri suka minum Kopi Good Day Cappucino sachet. Kami tidak pernah membeli satuan. Kami selalu membeli satu plastik yang isi 10 Sachet. Baru – baru ini kami mendapati gratis 1 kopi sachet Goof Day White di dalam kemasan isi 10 Scahet ini. Meskipun menurut kami rasa kopi gratisnya kurang enak, cara mereka mengenalkan dan mempromosikan produk kopi lainnya milik mereka cukup mengena.

9. Berikan Diskon yang menarik

Cara yang paling membuat orang untuk tertarik membeli adalah dengan memberikan diskon yang cukup menarik bagi mereka. Sebagai contoh, saya suka dengan WordPress website dan segala hal yang berhubungan dengan WordPress membuat saya tertarik. Biasanya kalau ada diskon khusus, saya akan membeli produk mereka, meskipun awalnya saya tidak begitu tertarik untuk membeli.

Itu adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk lebih meyakinkan orang untuk mau mencoba dan membeli produk dari Anda. Ini hanya beberapa tips saja, jika kita terapkan mungkin tidak semua orang bisa membuat bisnis mereka menjadi langsung besar, tetapi setidaknya dengan mengikuti beberapa tips ini kita bisa punya harapan untuk mengembangkan bisnis yang kita jalankan.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Membuat Orang Mau Beli Produk kita ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Baca artikel lainnya:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top