skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Pelajaran Tentang Bisnis Online: Pelajari Sebelum Memulai Bisnis Online

Pelajaran Tentang Bisnis Online: Pelajari sebelum Memulai Bisnis Online

Bisnis online sangat menjanjikan dan semakin ramai, ini pendapat banyak orang. Banyak Orang yang mencoba mencari tahu dan ingin belajar tentang caranya memulai bisnis online di Google, sayangnya semua informasi yang ditemui kebanyakan adalah website-website yang seringkali menawarkan untuk mengikuti kursus secara online dan ujung-ujungnya kita di ajak untuk mempromosikan produk-produk mereka juga.

Ada juga website yang menawarkan kita untuk mencari orang menjadi anggota dibawah kita, mungkin bisa saya katakan ini semacam bisnis MLM, hanya saja dalam bentuk online.

Jadi Anda musti hati-hati saat mencari informasi di Internet jangan sampai Anda nafsu ingin belajar bisnis online tapi salah tempat untuk belajarnya. Karena model kerja online yang seperti yang saya sebutkan itu bukan sebuah bisnis seperti yang Anda pikirkan dan online marketing lakukan. Percaya atau tidak model bisnis seperti itu adalah sebuah bisnis mempermainkan orang lain supaya kita atau orang yang kita rekrut memberikan uang atau bekerja untuk kita atau untuk mereka yang merekrut.

Melalui artikel ini saya akan sedikit menjelaskan kepada Anda tentang bisnis online yang saya dan banyak orang lakukan. Ini adalah bisnis online yang sebenarnya.

Bisnis Online Banyak Macamnya.

Seperti yang Anda tahu untuk bekerja di kantoran ada banyak sekali bidang kerja, untuk membuka usaha offline saja ada banyak usaha yang bisa kita jalankan dan jual, entah itu dalam bentuk barang atau jasa.

Jadi bisnis online itu banyak macamnya bukan hanya satu jenis saja. Saya mencoba mengelompokkan beberapa bisnis online yang paling umum dilakukan oleh orang luar dan sekarang sudah mulai di lakukan oleh orang Indonesia.

  • Ide Bisnis
  • Membuat dan Menjual Produk digital
  • Jualan Online
  • Membuat sebuah website atau blog
  • CPA Marketing

Dari lima macam bisnis yang saya sebutkan di atas silahkan Anda memilih salah satu saja. Jangan ambil semuanya. Pelajari salah satu dulu sampai habis dan benar-benar paham. Saya tahu betul ketika kita di hadapkan kepada beberapa pilihan yang akan membuat kita maju dan mendapatkan hal baru biasanya kita tidak sabar dan selalu ingin mempelajari semua sekaligus. Ini adalah cara yang salah dan akan membuat Anda tidak akan mendapatkan manfaat apa apa dalam menjalankan bisnis online.

Jika Anda bingung untuk memilih yang mana itu sangat wajar sekali. Saya dulu juga begitu, kalau begitu sekarang kita lanjutkan dulu membaca artikel yang saya tulis ini.

Pahami Cara Kerja Bisnis Online

Perlu Anda ketahui, bisnis online itu sebenarnya sama dengan bisnis offline.

Maksud saya begini… Prinsip menjalankan sebuah bisnis online itu sama saja dengan menjalankan bisnis offline, kita sama – sama harus menyiapkan barang atau jasa lalu kita mencoba menjual dan menawarkan kepada orang lain.

Lalu cara kerjanya juga pasti akan sama dengan cara kerja di bisnis offline.

Jadi jangan pernah menganggap kalau bisnis online itu sangat beda dan luar biasa… TIDAK… bisnis online dan bisnis offline prinsip dan juga cara kerjanya sama, memang ada yang membedakan, tetapi itu sedikit sekali.

Jadi jangan sampai Anda tergiur lalu menjadi buta karena ada orang yang menawarkan jika Anda bekerja secara online, enak, bisa dapat uang banyak dalam waktu sekejap. No… no… no… itu sama sekali tidak benar. Itu sudah pasti bohong dan bisa jadi sebuah penipuan.

Untuk menghasilkan uang di bisnis offline saja sangat sulit apalagi di bisnis online.

Tadi saya di atas sempat mengatakan ada perbedaan antara bisnis offline dan bisnis online. Apa saja itu?

Coba kita lihat dari bisnis offline dulu, kalau di bisnis offline kita harus mencari tanah untuk di sewa, membuka toko atau kantor, membuka warung makan atau usaha lainnya. Sedangkan di bisnis online kita harus bisa menjalankan bisnis itu secara online, kita harus punya akun sosial media dan juga sebuah website.

Lalu barang yang dijual apa saja?

Sebenarnya untuk produk yang akan dijual menurut saya sama saja, di bisnis offline kita menjual produk fisik, di bisnis online juga sama kita bisa menjual produk fisik juga tetapi kelebihan menjalankan bisnis online kita bisa menjual produk fisik dan juga produk digital contohnya seperti menjual file atau karya kita dari komputer.

Selalu ingat hal ini

  • Bisnis online bukan sebuah bisnis baru, karena cara kerjanya sama dengan offline
  • Waspada dengan tawaran atau iming-iming mendapatkan hasil dalam jumlah banyak dalam satu jam, satu hari atau satu bulan. Memang itu bisa saja mungkin tetapi tidak mungkin di hasilkan dalam waktu 1 hari atau 1 bulan oleh orang yang baru belajar bisnis ini, mereka butuh yang namnya proses dan kerja keras.

Bagus Yang Mana Online apa Offline?

Sekarang saya yakin Anda sudah paham setelah saya menjelaskan persamaan Antara bisnis online dan offline, sekarang saya mau kasih tahu yang lain lagi sama Anda.

Meskipun cara menjalankannya sama dengan offline, bukan berarti semuanya sama dan semua orang bisa menjalankan bisnis online apalagi suka menjalankannya, coba pertimbangkan beberapa hal yang akan saya sebutkan ini.

Kenapa saya bisa mengatakan bahwa tidak semua orang bisa menjalankan bisnis online dan menyukainya? Tentu ada alasannya dan alasan ini saya katakan dari pengalaman saya dan juga dari pengamatan saya ketika melihat orang – orang lain yang menjalankan bisnis online dan akhirnya berhenti di tengah jalan.

Apa sih enaknya menjalankan bisnis online?

  • Jangkauan pasarnya sangat luas sekali, kita sendiri yang menentukan mau lokal, internasional atau keduanya.
  • Bisa di mulai dari modal yang terbilang rendah ketimbang bisnis offline.
  • Bebas waktu kerja dan tempat kerja.
  • Pendapatan bisa dibilang besar (Jika tahu caranya)
  • Sistem bisa berjalan secara otomatis ketika semua sudah berjalan dengan baik

Apa saja kekurangan dari bisnis online?

  • Proses awal dan jualannya bisa saya katakan sama dengan bisnis offline, Anda cari produk atau jasa yang mau di jual, memasarkan produk atau jasa dan kemudian menjual produk atau jasa Anda.
  • Setidaknya harus bisa menggunakan komputer, menggunakan email dan internet. Buat yang belum pernah ini bisa jadi kendala tersendiri karena harus belajar dasar-dasarnya.
  • Biasanya di tengah jalan banyak orang yang menyerah dan akhirnya kembali menjalankan bisnis offline atau bekerja kantoran.
  • Pekerja online juga harus bekerja seperti pekerja offline, serius, fokus dan disiplin. Karena kerja online bukan pekerjaan yang bisa di tinggal tidur atau liburan, memang ada waktu lebih banyak ketimbang kita membuka bisnis offline tetapi bukan berarti sama sekali tidak bekerja.
  • Tidak semua bisnis online bisa menjadi passive income.

Coba kalian renungkan hal-hal yang sudah saya sebutkan di atas itu dengan baik-baik. Ok sekarang kita lanjutkan lagi pembahasan kita. Jika Anda terjun di bisnis online akan ada kata-kata baru yang mungkin asing atau belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Istilah asing ini bukan sesuatu yang menakutkan jadi saran saya pahami dan cari tahu istilah asing yang baru Anda dengar itu jangan malah langsung menyerah karena Anda tidak mengerti bahasa atau artinya.

Karena menurut saya kunci sukses dalam menjalankan bisnis online adalah pantang menyerah, fokus dan tekun. Jika nanti Anda menemukan istilah yang kurang Anda pahami jangan dulu menyerah atau terburu-buru bertanya, coba Anda cari tahu di Google dengan demikian Anda bisa mengerti dan paham artinya.

Macam-macam bisnis online yang paling banyak di jalankan.

Di atas sudah saya sebutkan ada sekitar 5 macam bisnis online yang bisa dijalankan secara online. Memang ini belum semua bisnis online saya sebutkan karena ada begitu banyak sekali bisnis online yang bisa di jalankan jadi saya menyebutkan yang mungkin paling banyak dilakukan oleh orang termasuk saya sendiri.

 

Saya mencoba untuk menjelaskan satu persatu dari apa yang saya ketahui. Mungkin penjelasan saya kurang bagus karena saya bukan seorang pengajar yang baik. Jadi saya mohon maaf dulu sama Anda.

#1. Bisnis Online: Jualan Produk atau Jasa secara online

Tidak usah saya jelaskan mungkin banyak yang sudah tahu kalau bisnis online yang satu ini memang yang paling mudah untuk di jalankan dan saya yakin pasti akan cocok dengan semua orang. Karena semua orang bisa punya produk dan keahlian masing-masing untuk menjual jasa mereka secara online.

Memang ada perbedaan ketika menjual produk atau jasa dengan bisnis offline, Anda akan menggunakan sebuah website untuk bisa menjual produk atau jasa Anda. Website yang saya maksud di sini bisa menggunakan website Anda sendiri atau website orang lain yang sering di sebut dengan pasar online (marketplace) contohnya seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan masih banyak yang lain. Anda juga bisa menjual menggunakan social media seperti facebook dan Instagram. Pelajari juga Apakah Bisa Media Sosial untuk Jualan Online.

Model bisnis ini cocok untuk orang yang:

  • Punya keahlian, Desainer, Akunting, Tukang, Penterjemah dll.
  • Yang sudah punya bisnis offline tetapi ingin memasarkan lebih luas lagi lewat dunia online.
  • Orang yang tidak punya modal besar dan tidak memiliki modal.
  • Mereka yang butuh penghasilan atau pekerjaan.

#2 Menjadi Publisher atau Blogger

Mungkin Anda sering melihat atau mengunjungi salah satu website di internet yang menyajikan informasi secara gratis kepaa orang-orang. Anda mungkin heran dengan semua website itu dan mungkin bertanya-tanya apa untungnya membuat website dan membagikan informasi kepada banyak orang secara gratis “KURANG KERJAAN”.

Mungkin orang-orang seperti itu terlihat kurang kerjaan dan malas. Tahukah Anda kalau mereka itu menghasilkan uang dari website yang mereka bangun melalui iklan yang muncul di website mereka?

Salah satu perusahaan periklanan terbesar Google yang diberi nama AdSense, mereka menghasilkan uang dari mengikuti program Google AdSense itu.

Anda pasti BINGUNG…

Jadi begini:

Anda sekarang kan sedang ada di website SUBMITClimb.com sedang membaca artikel ini, nah saya harus membuat sebuah website terlebih dahulu untuk bisa mengikuti program Google AdSense ini, setelah saya membangun sebuah website kemudian menyajikan informasi penting seperti yang sedang Anda baca ini supaya orang mau mengunjungi website ini dan membaca artikel ini.

Setelah website saya ini ada pengunjungnya dan ada orang yang setia membaca artikel yang ada di website ini secara rutin kemudian saya mulai mendaftar ke Google AdSense. (berharap bisa di terima)

Seandainya kita bisa diterima oleh Google maka kita akan di kasih sebuah kode yang akan kita copy dan kita paste ke website kita.

Setelah kita meletakkan kode itu di website kita (perlu menunggu jadi sabar) baru iklannya akan muncul secara otomatis sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengunjung website kita.

Memang biaya yang akan kita dapatkan tidak banyak, tetapi jika Anda tekun Anda bisa juga menghasilkan uang banyak. Kalau saya tidak salah ingat, karena saya selalu tidak dipusingkan dengan masalah bayaran karena saya selalu bersukur dengan apa yang saya dapatkan untuk hari ini entah itu besar atau kecil.

Jika ada orang yang mengunjungi website kita dan dia dengan tidak sengaja maupun dengan sengaja meng-klik iklan karena tertarik dengan iklan yang tayang di halaman website kita, kita akan mendapatkan komisi mulai dari $0,01 sampai $5 (bisa lebih juga) per klik.

Mungkin ini cocok buat Anda yang:

  • Ingin mendapatkan penghasilan semi pasif
  • Ingin menjalankan bisnis sampingan (side job) yang mungkin bisa berpotensi besar)
  • Senang menulis
  • Tidak butuh penghasilan rutin dan cepat tiap hari dan bulannya.

Mungkin ada yang bilang wah susah ya kalau harus buat sebuah website dulu… saya akan jawab semua pekerjaan susah dan gampang. Tapi tahukah Anda untuk bisa menghasilkan uang dari mengikuti program Google AdSense ini kita tidak membutuhkan sebuah website yang rumit cukup dengan sebuah blog saja kita sudah bisa mengikuti program Google AdSense.

Syarat untuk menjadi seorang publisher (blogger) yang sukses Anda harus senang menulis, kalau Anda sendiri tidak senang menulis maka apa yang akan Anda sampaikan dan isi di halaman website Anda?

#3 Membuat Aplikasi berbayar atau keanggotaan berbayar

Model bisnis seperti ini sudah sangat populer di luar negeri, mungkin pada saat artikel ini saya buat di Indonesia sudah ada tetapi belum sebanyak dan sepopuler di luar. Enaknya dalam menjalankan bisnis ini adalah pelanggan diharuskan untuk membayar bulanan atau tahunan untuk tetap bisa mendapatkan produk dari si penjual.

Bisa saya katakan ini seperti sekolah dan kuliah yang mengharuskan kita membayar biaya tertentu setiap bulan atau semesternya.

Apa saja yang bisa di jalankan dalam bisnis seperti ini?

  1. Forum dengan keanggotaan berbayar untuk bisa mengakses halaman tertentu atau untuk bisa memposting dagangan. (contoh)
  2. Website yang memiliki konten-konten premium.
  3. Software atau aplikasi berbayar.
  4. Kursus dan konsultasi
  5. Majalah digital atau E-book
  6. Produk berlangganan.

Memang tidak semua orang bisa menjalankan bisnis yang satu ini, karena hanya mereka yang:

  • Punya keahlian untuk membuat produk sendiri
  • Orang yang butuh penghasilan rutin setiap bulannya.

#4 Bisnis Online: Affiliate Marketing/CPA

Affiliate marketing kira-kira seperti ini kita mempromosikan produk – produk orang lain melalui website yang kita miliki, kemudian kalau ada penjualan kita akan mendapatkan komisi. Sering kali bisnis ini disebut juga dengan referral marketing atau CPA marketing.

Bisnis affiliate marketing ini bisa saya katakan adalah bisnis yang paling ramai di ikuti oleh marketing online luar dan juga indonesia, hanya saja belakangan ini banyak marketing online Indonesia yang mulai menyerah mengikuti program yang satu ini. Bisnis ini paling banyak di ikuti selain program iklan Google AdSense.

Mengapa program affiliate ini bajyak sekali diikuti oleh blogger? Jawabannya sangat sederhana karena penghasilan komisinya jauh lebih besar dari pada program iklan google AdSense. Selain itu mereka tidak perlu membuat produk untuk jualan secara online, tinggal mempromosikan produk orang lain mereka dapat komisi.

Siapa saja yang bisa menjalankan bisnis ini:

  • Orang yang ingin mendapatkan semi pasif income
  • Orang yang tidak membutuhkan uang terlalu cepat tiap bulan.
  • Tidak mempunyai modal untuk memulai bisnis. (bukan berarti tanpa modal sama sekali untuk membangun bisnis ini)

Saya dan para online marketing lainnya memulai dan menjalankan bisnis affiliate marketing ini dengan menggunakan sebuah web blog, jadi jika Anda ingin memulai bisnis ini sebaiknya Anda belajar lebih dahulu membuat web blog. Bisa belajar dengan membuat blog gratisan dulu, karena blog yang berbayar juga sama cara membuatnya.

#5 Membangun sebuah startup

Apaan tuh Startup?

Dulu saya juga tidak mengerti tentang kata ini, jadi startup itu begini

Startup adalah sebuah bisnis dibangun dengan model dan sistem yang benar-benar baru, tidak meniru dari bisnis yang sudah ada sekarang ini.

Jadi bisa di bilang bentuknya benar-benar baru dan belum pernah ada di pasaran.

Lalu timbul pertanyaan kalau Anda membangun sebuah bisnis menjual kaos cetakan dengan DTG print, bisa saya katakan ini bukan bisnis Startup tetapi bisnis yang umum dan yang sudah ada.

Jadi bisnis Startup itu bisnis yang belum pernah ada sama sekali…

Model bisnis seperti ini cocok untuk orang:

  • Senang tantangan
  • Suka berinovasi
  • Ingin membantu dunia dan mengubah dunia ke arah yang lebih baik.

Membangun sebuah startup membutuhkan seorang yang mau menjadi investor yang mau mendanai Anda. Karena bisnis startup biasanya tidak akan mendatangkan penghasilan pada awal merintis.

Jadi itu beberapa macam bisnis online yang paling banyak di jalankan oleh orang-orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top