skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 Atau Folio

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 atau folio di Microsoft Word

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 – Saat kita menggunakan Microsoft Word untuk mengetik sebuah document baru, biasanya kita akan memilih dan menggunakan ukuran kertas tertentu. Di Indonesia ada beberapa jenis kertas yang sering digunakan, mulai dari F4 dan A4. Saya tidak begitu suka menggunakan kertas F4 ini karena bentuknya yang terlalu panjang dan kurang cantik untuk di lihat saat kita serahkan kepada Guru atau majikan kita saat presentasi.

Sayangnya, ukuran kertas HVS atau F4 di Microsoft Word tidak muncul secara otomatis, jadi kita harus melakukan pengaturan secara manual. Selain itu beberapa orang banyak yang menganggap ukuran kertas HVS atau F4 sama dengan ukuran kertas A4 atau legal. Padahal itu adalah ukuran yang sangat berbeda jauh, makannya pada saat kita print, biasanya ada teks atau kalimat yang terpotong.

Dari masalah itu, maka SUBMITClimb akan mencoba membuatkan panduan singakt tentang “Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 atau folio di Microsoft Word” untuk memudahkan kalian membuat ukuran kertas F4 di Microsoft Word yang kalian gunakan.

Baca juga: Cara Merubah Satuan Inchi ke CM di Microsoft Word

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 atau folio di Microsoft Word

Panduan yang saya buat ini juga bisa kalian gunakan di semua versi Microsoft Word yang kalian gunakan. Jadi jangan terlalu bingung jika tampilan softwarenya agak sedikit berbeda dengan versi atau yang kita gunakan saat ini.

1 Buka software Microsoft Word

2 Setelah itu silahkan pilih File dan kilik New, dan pilih Blank Document.

3 Sekarang kamu harus menuju ke Menu Layout dan silahkan cari menu Size, klik itu. Nanti akan muncul menu silahkan klik More Paper Size.

Menu Layout dan Size Word

4 Nanti kalian akan melihat menu seperti yang ada di bawah ini. Di sana ada Pop Up menu Page Setup, di dalam itu nanti Anda akan melihat ada menu Paper Size, kemudian kalian pilih Custom Size, dan silahkan masukkan ukuran F4 kemudian klik OK

 
Mengatur Ukuran Kertas F4 custom

Note: Pada bagian kotak atau kolom ‘Widht’, Silahkan kalian isi dengan angka 21,59 cm dan pada bagian ‘Height’ isi dengan 33 cm. Kalian juga bisa mengisinya dengan cara seperti ini 8.5’ pada bagian kolom ‘Width’ dan 13’ untuk mengisi kolom ‘Height’.

Sudah begitu saja caranya kalian membuat ukuran kertas F4 atau HVS. Tidak terlalu sulit bukan setelah kalian melihat panduan ini?

Macam-macam Ukuran Berat Kertas

Setiap kertas yang kita gunakan mempunyai gramasi yang berbeda-beda. Ini bergantung dari si penggunanya sendiri. Kalau saya lebih senang menggunakan kertas yang gramasinya tebal.

Semakin bagus keras yang kita gunakan semakin bagus juga saat kita print dan selain itu kertas yang tebal terlihat lebih bagus saat sudah menjadi sebuah buku, proposal atau laporan.

Setiap kertas di buat oleh perusahaan yang berbeda-beda dan mempunyai ketebalan gramasi (GSM) yang berbeda juga. Banyak toko biasanya menggunakan kertas yang mempunya gramasi 70. Alasannya karena kertas dengan ukuran itu jauh lebih murah dari pada gramasi yang lain.

Jika kalian ingin mengeprint atau mencetak, gunakan gramasi yang tebal 80 GSM atau yang 120 GSM.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top