skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Menentukan Sebuah Niche Website Di Blog Google AdSense

Cara Menentukan Sebuah Niche Website di Blog Google AdSense

Cara Menentukan Sebuah Niche Website – Baik ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang “Cara Mencari Niche Website yang Tepat”. Saya yakin sampai di sini Anda sudah memiliki beberapa daftar catatan pilihan niche yang sudah Anda tulis. Dari semua daftar yang sudah Anda catat saat ini Anda tidak akan langsung membuat semua daftar itu ke dalam website yang akan Anda buat. Kita hanya akan menggunakan yang paling cocok dan terbaik untuk Anda.

Memang di tahap inilah kita akan langsung mengambil keputusan Niche mana yang akan kita gunakan untuk website Anda.

Jadi langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah kita akan menyaring semua daftar itu untuk bisa memilih yang paling baik dan cocok. Caranya bisa dengan mempertimbangkan beberapa hal yang akan saya bahas dibagian ini.

Coba Anda renungkan dan jawab beberapa pertanyaan ini:

1. Apakah Anda sangat senang dan bersemangat dengan niche yang Anda pilih itu?

Tidak semua hal yang kita senangi akan membuat kita begitu sangat ingin menulis dan menuangkannya ke dalam blog yang akan kita buat. Banyak yang membuat kita bisa tertarik dengan topik-topik tertentu tetapi tidak semua topik akan membuat kita mau dan bersemangat untuk menulis.

Kira-kira apa yang saya katakan ini benar apa tidak atau Anda malah bingung?

Jadi begini:

Katakanlah Anda dan saya suka berenang.

Kita mungkin akan pergi ke kolam renang umum, sungai atau pantai untuk berenang.

Tetapi kalau Anda dan saya di suruh untuk menulis tentang renang?

Kita menjadi kurang begitu tertarik atau sulit untuk menulisnya.

Jadi apa yang kita sukai atau minat kita akan sesuatu belum tentu bisa membuat kita begitu bersemangat untuk menuangkannya ke dalam bentuk tulisan seperti yang ada di website ini.

Mari kita sama-sama mencoba memikirkan tentang hal ini saat akan memilih dan menentukan niche:

  • Kira-kira kalau Anda di suruh menulis sebuah topik tentang niche yang Anda pilih itu dalam waktu yang lama apakaha Anda mau dan sanggup untuk menulisnya?
  • Apakah Anda suka membaca buku-buku tentang niche yang akan Anda pilih itu?

Jawaban dari pertanyaan di atas akan menentukan niche yang paling baik dan cocok untuk Anda. jika Anda menjawab tidak atau kurang suka, maka niche yang Adna pilih itu tidak cocok untuk Anda.

2. Apakah niche yang Anda pilih itu bisa dijadikan untuk bisnis jangka panjang?

Saya yakin semua orang yang sekarang ini membuat sebuah blog atau website ingin mendapatkan penghasilan dari website yang dibuatnya. Mungkin kalau dulu orang membuat blog hanya untuk membuat catatan tentang perjalanan kehidupannya sehari-hari atau hanya untuk gaya-gayaan saja kalau Anda sudah bisa membuat sebuah blog atau website pribadi meskipun itu blog gratisan.

Sayangnya tidak semua niche yang kita pilih bisa untuk menghasilkan uang.

Ada hal yang mungkin salah dalam pikiran banyak orang tentang hal yang satu ini, ada yang mengatakan kalau jumlah pengunjung di sebuah website tertentu banyak maka penghasilannya juga banyak.

Menurut saya hal itu tidak selalu benar, mengapa?

Karena ada sebuah website yang bisa mendapatkan jumlah pengunjung yang sangat banyak tetapi potensi untuk penghasilannya sangat kecil sekali.

Ada juga website yang jumlah pengunjungnya sangat sedikit tapi potensi penghasilannya bisa melebihi website yang jumlah pengunjungnya banyak.

Jadi mulai hari ini jangan penah berpikir seperti itu lagi, karena jumlah pengunjung tidak bisa di jadikan sebagai indikator besar atau kecil penghasilan dari sebuah website.

Lalu mungkin akan timbul pertanyaan dari Anda, kira-kira apa yang harus kita perhatikan saat membuat sebuah topik tertentu?

  1. Apakah artikel yang Anda buat itu benar-benar memberikan manfaat untuk orang banyak?
  2. Apakah mungkin ada orang yang mau untuk mengeluarkan uangnya untuk topik yang berhubungan dengan topik yang Anda buat itu?
  3. Perhatikan, apakah ada produk, jasa atau event yang bisa Anda buat untuk menghubungkan dengan topik itu?

3. Apakah topik yang Anda pilih itu bisa dikembangkan dan bisa dibahas lebih banyak?

Namanya blog pasti harus di update dari waktu ke waktu dengan konten-konten yang baru. Coba Anda jawab pertanyaan ini apakah sebuah topik atau niche yang Anda akan pilih itu hanya bisa di bahas dengan sedikit topik saja atau masih bisa dikembangkan lagi?

Jika jawabannya hanya sedikit maka sudah pasti blog dengan niche itu akan sulit untuk dikembangkan dan saran saya kalau sudah seperti ini sebaiknya tidak usah dipilih.

Coba sekarang Anda melakukan beberapa hal sederhana ini.

Dari beberapa niche yang sudah Anda catat sebelumnya, coba Anda buat sekitar 10 -15 judul artikel yang bisa Anda tulis dan masukkan ke dalam blog Anda. jika memang Anda bisa menemukan dan membuat judul baru dengan niche yang Anda pilih itu maka niche itu cocok dan bisa Anda gunakan.

Tetapi kalau sebaliknya, berarti hanya ada dua kemungkinan saja:

  • Anda tidak menguasai tentang niche itu atau tidak paham tentang niche itu
  • Niche yang Anda pilih memang sangat sempit.

Seandainya Anda menemukan niche yang terlalu sempit seperti ini maka jangan digunakan, karena potensi untuk penghasilannya juga akan sangat kecil. Jadi Anda mungkin akan membuang waktu Anda. kita tentu tidak ingin membuang waktu kerja kita bukan, apalagi di zaman yang serba susah seperti ini waktu dan uang menjadi sangat penting sekali, jadi pastikan jangan pilih dan buang waktu Anda dengan memilih niche yang sempit dan tidak bisa dikembangkan lagi.

Membuat Diferensiasi Niche yang dipilih

Mengapa saya memasukkan sub topik ini ke dalam panduan ini? karena biasanya kita melupakan tentang bagian ini dan mungkin bisa jadi mengabaikannya.

Setelah mencari niche apa yang mau Anda gunakan ada bagian penting lain yang juga harus kita pikirkan, yaitu diferensiasi niche itu sendiri.

Mengapa diferensiasi penting dan Apa itu Diferensiasi?

Mungkin dari kata itu saja sudah banyak yang tahu artinya. Tetapi saya ingin menjelaskan secara singkat untuk membantu Anda yang sama sekali belum mengetahui tentang hal ini.

Jadi bisa saya katakan Diferensiasi adalah sebuah cara atau strategi untuk membuat berbeda bisnis yang sedang Anda jalankan. Tujuannya untuk membuat menonjol bisnis Anda dan membuat orang lain untuk mau memilih Anda daripada orang lain.

Bagi banyak orang sebuah blog bukan sebuah bisnis, tapi sebenarnya blog juga masuk dalam bisnis.

Karena persaingan dalam dunia bisnis itu sangat besar, maka penting untuk membuat blog atau bisnis yang akan kita bangun berbeda dari bisnis yang lain.

Lalau bagaimana cara melakukannya?

Pertama – Coba Anda jelaskan Niche yang Anda pilih

Kira-kira apa sih tujuan dari blog yang ingin Anda buat itu?

Sebetulnya saya sangat malas untuk membuat panduan dengan membuat akun Google Adsense baru, karena saya sudah punya akun Google AdSense. Saya sebenarnya ingin meminjam website yang ingin Anda buat sebagai contoh, tetapi karena saya bingung harus minta dan ngomong kemana jadi terpaksa saya akan membuat contoh sendiri.

ok sebagai contoh misalnya saya akan mengangkat niche tentang “Kehamilan”

kira-kira kalimat yang akan saya buat mungkin akan seperti ini:

“BLog ini berisi informasi tentang kehamilan dan Parenting”

Kira-kira seperti itulah cara saya menjelaskan tentang isi blog yang akan saya bangun. Mungkin ada teman-teman yang ingin membuat blog yang berisi berita terbaru atau mungkin tren terbaru maka kalimatnya juga bisa di sesuaikan contohnya menjadi seperti ini:

“Memberikan informasi terkini tentang kehamilan dan Parenting”.

Jadi bisa saya katakan, Anda harus pikirkan dulu tujuan dari website yang akan Anda buat kemudian anda buat menjadi sebuah rangkaian kalimat yang menarik.

Kedua – Siapakah orang-orang yang akan terbantu dengan blog yang Anda buat itu

Semua diantara kita pasti pernah ke sebuah toko buku, salah satu toko buku yang paling terkenal di Negara kita adalah Gramedia.

Kira-kira menurut Anda Apa tujuan orang-orang yang pergi membeli buku entah itu di Gramedia atau di toko buku lainnya

Sebenarnya apa sih yang sedang mereka butuhkan?

 

Ya, mereka sedang membutuhkan sebuah informasi dan juga bantuan dalam bentuk bacaan (buku). Mereka ingin mencari jawaban, mereka ingin hidup mereka menjadi lebih baik dan mudah setelah membaca buku yang sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan mereka.

Nah sebuah blog juga mempunyai fungsi yang sama seperti sebuah buku yang di jual di toko dalam contoh di atas.

Makannya kita-kira siapa orang-orang yang akan Anda bantu dengan blog yang Anda buat itu?

Saya akan menggunakan contoh yang sama seperti contoh yang sudah saya buat dibagian pertama tadi. Kira-kira nanti kalimat yang akan saya buat untuk blog kehamilan itu adalah:

“Orang-orang yang sedang hamil dan akan melahirkan anak pertama”.

Jadi nanti isi berita atau topik yang ada di dalam blog itu seperti ini:

“Orang-orang yang sedang hamil pertama dan ingin mendapatkan informasi terkini seputar kehamilan dan juga parenting”

Jadi untuk bagian ini harus sangat SPESIFIK sekali.

Jadi bukan hanya sekedar “orang-orang yang Cuma ingin tahu tentang kehamilan saja”. Kita akan mencari dan memberikan informasi yang lebih dalam lagi tentang tujuan sebenarnya mengapa mereka ingin mengunjungi website Anda dan membaca semua informasi yang ada di website Anda.

Ketiga – Mengapa Harus Menuju ke Website Anda

Di bagian kedua kita sudah mulai membuat sempit niche yang akan kita pilih agar bisa mendapatkan target yang sangat fokus dan tepat sasaran.

Tetapi menutut saya semua hal yang sudah kita dapatkan di bagian pertama saja tidak akan cukup karena Kita bisa menemukan topik apapun dengan sangat mudah di website – website lain, jadi kalau Anda membahas topik yang sama dengan website yang di bahas di website yang lain orang kemungkinan besar tidaka akan mau mengunjungi website Anda.

Nah hal inilah yang akan kita bahas di bagian ini…

Menarik tidak topik ini?

Menurut saya ini adalah bagian yang paling menarik.

Coba pikirkan apa kira-kira yang akan membuat orang lain mau mengunjungi blog yang Anda buat?

Tadi kan kita akan membuat sebuah blog tentang kehamilan dan parenting.

Kira-kira isi dan juga kalimat yang akan kita buat mungkin seperti ini:

“Informasi lengkap mulai dari 9 bulan kehamilan, perubahan pada tubuh, memilih tempat bersalin, cara menyusui, memandikan bayi dan membesarkan anak”

Coba Anda bayangkan Anda adalah seorang Ibu baru yang baru pertama kali memiliki anak.

Jika seandainya ada sebuah website atau blog yang mempunyai informasi yang sangat lengkap mulai dari sebelum hamil sampai 9 bulan masa kehamilan sampai tips membesarkan anak… pasti informasi seperti ini sangat membantu sekali bukan?

Coba Anda perhatikan website-website yang ada saat ini, kebanyakan adalah sebuah website yang informasinya hanya diberikan secara sepotong-sepotong saja.

Nah sampai di sini saya harap Anda sudah bisa paham dan sampai kepada salah satu bagian penting dalam membuat sebuah blog yang sukses dan berbeda dari blog yang sudah ada.

Coba Anda luangkan waktu yang cukup untuk tahap ini. karena ini adalah bagian yang juga sangat penting menurut saya.

Keempat – Mengapa Mereka harus Percaya kepada Anda

Siapa dibalik orang yang mempunyai website itu?

Biasanya kebanyakan orang apalagi khususnya orang Indonesia akan mudah sekali percaya jika orang yang mempunyai atau yang mengelola website itu adalah orang yang terkenal, Guru atau ahli di sana. Padahal menurut saya hal seperti itu tidak selalu benar, karena banyak juga orang-orang yang terkenal yang bisa saja menyesatkan atau malah pengetahuannya juga sangat terbatas (Namanya juga manusia tidak sempurna).

Tetapi karena kebiasaan orang-orang banyak seperti itu kita ikutin dan manfaatkan saja. Maka untuk mencapai tujuan ini Anda harus bisa menjelaskan mengapa Anda adalah orang yang bisa dipercaya dan tepat untuk mereka meskipun Anda bukan orang yang terkenal, sukur-sukur kalau Anda adalah orang yang terkenal maka bagian ini akan sangat mudah sekali.

Sebagai contoh:

“Saya juga seorang Ibu sama seperti Anda, saya sering mengikuti informasi terkini dan memprakteknya, saya juga sering di undang sebagai pembicara”.

Kira-kira seperti itulah kata-kata yang bisa kita buat untuk meyakinkan orang lain. Bagaimana, ada bagian yang membuat orang semakin yakin bukan?

Tapi tadi saya mengatakan Anda tidak perlu menjadi seorang yang ahli atau guru dulu supaya bisa membagikan sebuah pengetahuan kepada orang lain?

Tenang saja, itu memang betul. Mungkin kalimatnya bisa dibuat seperti ini

“Saya sama seperti Anda yang baru pertama kali mempunyai anak dan juga masih terus dalam proses belajar sampai hari ini, saya senang berbagi dari apa yang sudah saya pelajari dan ketahui kepada Anda dan saya berharap informasi ini akan menjadi bermanfaat buat Anda”.

Kata-kata jujur seperti ini akan mudah di terima, di hargai dan sangat masuk juga kan?

Kelima – Tetap Pertahankan untuk membuat Blog Sesuai dengan Niche Anda

Anda sudah melakukan semua tahap mulai dari tahap 1 sampai tahap 4 untuk menentukan niche website yang akan Anda bangun.

Dan kalimat yang sudah kita buat untuk blog baru tadi adalah 

BLog ini berisi informasi tentang kehamilan dan Parenting untuk Ibu – Ibu muda yang baru pertama kali hamil yang Memberikan informasi terkini tentang kehamilan dan Parenting, agar mereka bisa memperoleh informasi dan bisa langsung menerapkan caranya dan tidak menjadi terlalu khawatir.

Jadi itu adalah kalimat yang akan menunjukkan tentang isi blog yang akan Anda bangun nantinya.

Pastikan untuk selalu memegang apa yang sudah Anda buat itu pada saat:

  1. Membuat konten di website
  2. Saat Anda mempromosikan blog Anda
  3. Saat memperkenalkan tentang diri Anda

Jadi saat Anda nanti mulai membangun sebuah website atau blog pastikan untuk tidak keluar dari niche dan topik yang sudah Anda buat. Jadi kalau blog Anda membahas topik tentang kesehatan pastikan untuk tidak membuat artikel tentang panduan membetulkan mobil atau lainnya yang tidak ada hubungannya dengan niche atau topik yang sudah Anda pilih. Ini akan membuat blog Anda menjadi berbeda dengan blog yang lainnya.

Buat Anda yang sedang mencari-cari ide untuk mentukan niche apa yang harus dipilih untuk blog Anda, saya mempunyai Daftar Utama Niche yang Profitable dalam bentuk PDF yang bisa Anda download secara gratis di sini.

Ini adalah Artikel Berseri Panduan Terlegkap tentang Belajar Google AdSense Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Menentukan Sebuah Niche Website ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link
tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online
dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan
online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem
pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top