skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Ini Dia Bahaya Menggunakan Nulled Plugin Dan Nulled Themes

Ini dia Bahaya Menggunakan Nulled Plugin dan Nulled Themes

Bahaya Menggunakan Nulled Plugin dan Nulled Themes – Saat Anda membuat website dengan menggunakan sistem CMS WordPress, Themes dan Plugin adalah dua hal yang menurut saya sangat penting dalam mengembangkan website Anda. Dengan pemilihan dan penggunaan plugin yang tepat website Anda bisa tampil lebih cantik, cepat dan terlihat profesional. Bagi Anda yang baru akan membuat website dengan menggunakan WordPress plugin dan themes yang bagus-bagus biasanya plugin dan themes yang berbayar atau premium.

Untuk membeli plugin dan themes (template website) premium harganya sangat beragam. Untuk themes premium yang populer harga jualnya bisa mencapai $60 atau lebih dari itu. Untuk plugin sendiri harganya juga sangat beragam, sebagai contoh misalnya plugin Yoast Premium untuk satu website saya harganya $89. Harga itu biasanya hanya untuk satu themes saja dan hanya bisa digunakan untuk satu website saja. Jika Anda ingin menggunakan untuk website lain, maka Anda harus membeli lagi themes itu atau lisensi tambahan untuk website lainnya – Lumayan ya harganya!

Karena harus membayar biaya yang cukup mahal ini beberapa orang mencari-cari cara untuk bisa menggunakan fitur themes dan plugin premium dengan berbagai cara. Beberapa orang ada yang menggunakan nulled themes dan nulled plugin.

Apa Itu Nulled Plugin dan Nulled Themes?

Nulled Plugin dan Nulled Themes bisa saya katakan adalah plugin dan themes bajakan dari plugin dan themes WordPress yang berbayar (Premium). Plugin dan Themes ini di edit agar bisa digunakan secara gratis di banyak website dan lisensinya bisa dianggap valid oleh website developer aslinya. Plugin dan Themes nulled ini sama dengan plugin dan themes asli dari website resminya, hanya beberapa kode atau scriptnya saja yang di rubah, khususnya pada bagian lisensinya saja, sehingga bisa digunakan dengan bebas.

Apakah Membuat dan Menggunakan Nulled Plugin dan Themes diperbolehkan?

Jawaban saya bergantung. Jika plugin dan Themes WordPress premium yang lisensinya di buat Nulled sudah mempunyai lisensi GPL, mereka sebenarnya boleh mendistribusikan themes dan plugin hasil Nulled mereka.

Lalu Apa itu GPL?

GPL ini sebenarnya singkatan dari General Public License. Lisensi jenis ini bisa digunakan di berbagai macam software-software gratis yang ada di Internet. GPL dikeluarkan oleh Richard Stallman dari Software Foundation untuk sebuah GNU Project.

Lisensi jenis ini, boleh memodifikasi sebuah software untuk di modifikasi, digunakan dan dibagikan secara gratis oleh siapa saja termasuk saya dan Anda.

WordPress sendiri adalah sebuah software gratis atau open source yang bebas digunakan oleh siapa saja bahkan Anda bisa memodifikasinya untuk hal baru.

Dari penjelasan ini kita sudah bisa memahami kalau lisensi GPL, bisa di modifikasi dan tidak salah untuk digunakan dan dibagikan. Jika yang mengedit plugin dan themes ini adalah orang-orang yang tidak punya niat jahat atau tersembunyi plugin dan themes nulled aman untuk kita gunakan.

Sayangnya, kebanyakan orang yang bisa membuat nulled plugin dan themes adalah orang-orang yang punya niat tersembunyi dengan membagikan plugin ini secara gratis. Jika Anda menggunakan plugin atau themes nulled dari orang yang punya niat jahat maka ini bisa mengancam keamanan dari Website dan juga hosting yang Anda gunakan. Bukan hanya itu saja, dalam beberapa kasus, menggunakan plugin dan juga themes nulled bisa membuat website Anda di hack oleh orang lain.

Memang tidak semua software atau plugin dan themes nulled membahayakan keamanan website kita. Meskipun begitu, sangat sulit bagi kita untuk mengetahui apakah itu aman atau tidak, karena kita tidak bisa melihat secara langsung, apa yang akan terjadi dan mengancam website kita dengan mata kita.

Contoh Cara Membuat Nulled Software yang Aman

Sebagai contoh misalnya kita akan menggunakan fitur Premium extensions dari vidIQ Vision. vidIQ adalah sebuah Extension di Google chrome untuk membantu SEO on page dan riset saat akan mengembangkan sebuah channel YouTube.

Kita sebenarnya bisa menggunakan extension vidIQ ini secara gratis. Biasanya, karena lebih menyukai menggunakan fitur-fitur yang ada di versi Pro, kebanyakan orang akhirnya ingin dan mencari – cari cara bagaimana supaya mereka bisa mendapatkan fitur versi Pro-nya tanpa harus berlangganan atau berbayar).

Di sini saya akan mencontohkan bukan Themes atau Plugin ya, tapi salah satu extension yang ada di chrome. Meskipun bukan plugin dan themes, saya rasa ini bisa memberikan gambaran kepada Anda bahwa tidak semua software yang di buat nulled tidak aman untuk digunakan, ini bergantung dari masing-masing orangnya. Silahkan lihat panduannya dalam video ini.

Bahaya Menggunakan Nulled Plugin dan Nulled Themes WordPress

Melalui artikel ini, saya mencoba memberikan informasi yang paling sering terjadi jika Anda menggunakan plugin dan themes nulled di website Anda.

1. Berbahaya untuk Keamanan Website Anda

Jika theme dan plugin nulled WordPress dibuat oleh orang-orang yang mempunyai niat jahat, ini bisa menjadi sebuah ancaman keamanan yang serius bagi website Anda. Siapa tahu plugin dan theme itu di sisipkan script-script jahat atau malware.

Jika memang di sisipkan kode-kode jahat, biasanya kode-kode ini sulit untuk diditeksi dan untuk memperbaikinya membutuhkan biaya atau mungkin menimbulkan stress tersendiri.

Percayalah, jika ini sampai terjadi Anda akan sangat menyesal dan sakit sekali rasanya. Lebih parahnya lagi, kalau sampai membuat rangking website Anda di mesin pencari turun peringkat atau malah di hapus dari index Google. Saran saya, meskipun mahal gunakan plugin yang berbayar atau jika benar-benar tidak punya dana gunakan saja plugin versi gratisnya saja. Plugin Gratis biasanya juga sangat bagus dan malah ada juga yang lebih bagus dari plugin yang berbayar contohnya seperti plugin Litespeed Cache melawan WP Rocket, Lihat perbedaannya di sini.

 

2. Keamanan Privasi Terancam

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, biasanya nulled themes dan plugin untuk WordPress ada yang di sisipi dengan kode-kode yang bisa membahayakan. Bisa saja kode-kode ini digunakan untuk mencaritahu segala hal yang diinginkan oleh si pembuat nulled plugin atau themes WordPress. Misalnya saja untuk mendapatkan berbagai macam informasi seperti Username, Alamat email dan mungkin password yang Anda gunakan. Kita tidak pernah bisa tahu, karena kode-kode ini samar dan kegiatan yang mereka lakukan tidak bisa di lihat dengan mata kita secara langsung.

Coba bayangkan jika website Anda adalah sebuah toko online yang menyimpan berbagai macam data-data penting pelanggan Anda, ini tentu akan membahayakan data-data mereka. Hacking yang di lakukan dengan cara seperti ini, sangat sulit untuk diketahui oleh orang biasa dan juga oleh mereka yang jago koding pada awalnya. Kenpa begitu? Karena website Anda biasanya masih berjalan secara normal.

3. Update Manual atau Malah Tidak Bisa Update

Semua plugin dan juga themes WordPress selalu mengupdate versi terbarunya. Jika Anda menggunakan plugin dan juga Thema WordPress nulled, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan update terbarunya. Jika ada update terbaru, biasanya akan sangat lama sekali.

Dari pengalaman saya, untuk bisa mendapatkan update yang terbaru biasanya kita harus mengupdatenya secara manual. Saya punya plugin yang saya edit menjadi nulled. Contohnya adalah plugin WP Roket untuk mempercepat loading website. Plugin ini selalu saya update setiap waktu. Jika Anda menginginkan plugin ini, Anda bisa mengunduh versi terbarunya di sini (plugin ini selalu saya update).

Bayangkan jika Anda menggunakan plugin dan themes nulled, ketika ada update versi terbarunya, Anda tidak bisa mendapatkan update terbarunya. Jadi kebanyakan kasus saat Anda menggunakan plugin dan themes nulled adalah ada di masalah updatenya.

4. Tidak Mendapatkan Fitur Terbaru

Beberapa orang yang membuat nulled plugin dan themes ada yang berlangganan plugin aslinya dan kemudian membuatnya menjadi nulled. Tetapi beberapa orang hanya membeli premium plugin atau themes satu kali dan tidak melanjutkan berlangganan. Coba bayangkan jika dia menggunakan plugin versi lama tetapi merubahnya menjadi version terbaru? Sudah pasti fitur terbaru tidak bisa Anda nikmati meskipun di sana tertulis versi terkini.

Percaya atau tidak, fitur dari plugin dan themes premium terbaru biasanya jauh lebih baik dan selelu membuat website menjadi lebih optimal dan baik. Jadi coba pikirkan jika Anda menggunakan plugin dan themes bajakan (nulled).

5. Tidak Mendapatkan Support

Plugin dan Themes berbayar biasanya mempunyai support yang cukup baik, meskipun kadang ada yang support juga sangat lambat karena di kelola sendiri. Jika Anda menggunakan plugin dan themes nulled, kalau terjadi masalah Anda tidak bisa mendapatkan support untuk mengatasi masalah yang Anda alami.

Jadi saran saya, sebaiknya Anda menggunakan plugin dan juga themes yang berbayar supaya kalau ada apa-apa Anda bisa bertanya-tanya dan mendapatkan support dari developernya.

6. Ilegal

Di atas saya sudah sempat menyinggung masalah lisensi GPL. Meskipun kebanyakan plugin dan themes premium masuk dalam lisensi GPL, tetapi kalau kita mau lihat lebih detail lagi, sebenarnya ada beberapa kode-kode yang dilindungi atau ber-copyrights. Jadi sebaiknya Anda berhati-hati, saat menggunakan plugin dan themes nulled, karena biasanya mereka menggunakan lisensi ganda (mixed license).

7. Anda Tidak Menghargai Developer

Mungkin kita senang saat bisa menggunakan themes atau plugin premium secara gratis. Tetapi pernahkan Anda membayangkan seperti ini, katakanlah Anda swa toko dan jualan bubur Ayam di pinggir jalan. Kemudian ada orang yang datang dan memesan bubur Anda tetapi setelah makan dia langsung pergi begitu saja tidak mau membayar bubur yang Anda jual.

Bagaimana perasaan Anda jika mengalami hal itu?

Saya yakin Anda mungkin akan marah, mungkin akan kesal atau merasakan perasaan lainnya. Jika itu yang Anda rasakan, maka si developer mungkin juga akan merasakan perasaan yang sama seperti yang Anda rasakan.

Ingat, mereka yang membuat plugin, membuat themes pasti sudah banyak mencurahkan waktu dan tenaganya untuk bisa membuat plugin dan themes sehebat itu. Dia pasti ingin mendapatkan uang untuk mencukupkan kebutuhan hidup keluarganya dan ingin menyenangkan anak-anaknya.

Jadi, usahakan sebisa mungkin untuk tidak menggunakan plugin dan themes bajakan. Selain bisa membahayakan website Anda, Anda juga tidak menghargai si developer yang membuatnya.

Saran saya

Memang plugin dan Themes Premium sangat bagus dan seringkali menggoda kita untuk menggunakan versi bajakannya. Jika Anda sudah bisa menghasilkan dari Internet, cobalah untuk menggunakan plugin dan themes yang berbayar.

Selain itu, ada banyak plugin dan juga Themes Gratis yang fiturnya sangat bagus dan bisa Anda gunakan tanpa harus mengeluarkan uang. Jika Anda mau sedikit teliti mencari plugin dan themes gratisan yang Anda di internet ini, Anda bisa mendapatkan yang terbaik tanpa harus membayar.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Bahaya Menggunakan Nulled Plugin dan Nulled Themes ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link
tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online
dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan
online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem
pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top