skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mengatasi Folder Already Exists Error Di WordPress

Cara Mengatasi Folder Already Exists Error di WordPress

Sebagai pemilik website dengan dengan menggunakan CMS WordPress, kita akan sering melakukan update dan menginstall plugin di website kita. Kadang-kadang, kita juga akan menghapus (uninstall) plugin karena alasan tertentu. Jika kita di kemudian hari akan menginstal lagi plugin yang sama, meskipun jarang sekali terjadi, biasanya ada plugin yang sudah pernah kita instal dan kita uninstal meninggalkan sisa folder. Saat akan kita instal kembali sering terjadi error dengan tulisan “Folder Already Exists Error in WordPress”.

Pesan Error yang muncul dengan tulisan Folder Already Exists Error di WordPress bisa dikatakan sebagai masalah yang serius dan juga tidak terlalu serius. Jika kita tidak mengatasi masalah ini, maka plugin itu tidak akan bisa kita instal ke dalam WordPress kita.

Saya yakin, ada dua kemungkinan jika saat ini Anda mengunjungi dan membaca artikel panduan yang saya buat ini:

  1. Anda sedang mengalami masalah ini dan ingin menyelesaikan masalah ini atau
  2. Anda sedang mencari sumber penulisan untuk menulis konten dengan topik yang sama

Tidak masalah apa tujuan Anda, melalui panduan ini saya akan membantu Anda tentang Cara Mengatasi Folder Already Exists Error di WordPress saat menginstal sebuah plugin.

Apa yang Menjadi Penyebab Destination folder already exists di WordPress?

Jawaban dari pertanyaan di atas sebenarnya sudah saya jawab di bagian pembuka artikel ini. Jadi kesalahan ini di sebabkan karena, ada sisa folder yang tertinggal dari plugin yang pernah kita instal. Sebenarnya, jika sebuah plugin yang kita instal kemudian kita uninstal masih meninggalkan bekas, mereka masuk dalam kategori orang yang kerjanya tidak maksimal dan bisa saya katakan mereka agak jahat.

Selain itu, kesalahan itu juga bisa terjadi saat kita mencoba menginstal theme atau template website untuk WordPress. Saat kita akan menginstal theme atau template tertentu, WordPress akan mengekstrak file dengan format ZIP dari plugin atau theme Anda ke dalam sebuah folder yang biasanya di namai sesuai dengan nama file itu sendiri.

Seperti yang saya katakan di atas, jika folder dengan nama yang sama sudah ada, maka WordPress biasanya akan secara otomatis memberikan instruksi untuk membatalkan perintah sebelumnya, yaitu meng-instal plugin atau tema (themes) dengan pesan error seperti ini:

Destination folder already exists. /home/user/example.com/wp-content/plugins/wpbaliweb/

Plugin install failed.

Untuk mereka yang baru pertama kali mengalami hal ini, ada yang bingung bagaimana caranya untuk mengatasi masalah ini?

Jangan panik, karena untuk mengatasi masalah ini gampang sekali. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal ini. Silahkan kalian mengunjungi halaman themes atau cPanel website kalian, untuk memastikan apakah folder dengan nama yang sama sudah tersedia atau belum.

Jika ternyata belum di instal, ada dua kemungkinan masalah ini bisa terjadi:

1 Saat menghapus theme atau plugin sebelumnya tidak berhasil atau plugin atau themes itu meninggalkan jejak.

2 Saat melakukan instalasi sebelumnya (di waktu yang lalu) ada ganguan dan akhirnya menyisakan folder tujuan menjadi kosong atau tidak terisi.

 

Dari dua hal yang saya sebutkan di atas, kita bisa melihat rupanya ada sebuah folder dengan nama yang sama dengan plugin atau themes (tema) yang akan kita coba instal saat ini. karena folder yang sudah ada ini mempunyai nama yang sama dengan plugin atau theme yang akan instal, makannya WordPress secara otomatis menghentikan untuk melakukan instalasi.

Nah, karena masalah ini, mari kita sama-sama belajar bagaimana caranya kita mengatasi error ini karena folder yang akan kita instal mempunya nama yang sama di WordPress.

Cara Mengatasi Destination folder already exists di WordPress

Pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus terhubung ke website WordPress Anda dengan menggunakan FTP client atau langsung menuju ke cPanel File Manager.

Setelah Anda terhubung, Anda perlu pergi ke halaman /wp-content/plugins/ or /wp-content/themes/ folder (ini bergantung dari masalah yang sedang Anda alami, jika masalahnya plugin maka pergi ke folder plugin atau sebaliknya).

Sekarang, lihat dan cari folder yang mempunyai nama yang sama dengan masalah yang Anda alami saat akan melakukan instalasi sebelumnya. Coba Anda hapus folder itu dan instal kembali.

Sekarang coba Anda pergi lagi ke website WordPress Anda di admin area dan cobalah untuk meng-instal ulang plugin atau themenya.

Sekarang saya yakin Anda sudah berhasil menginstal plugin atau themes website Anda tanpa ada lagi kesalahan.

Jadi itu saja cara mengatasi masalah Folder Already Exists Error di WordPress. Jika Anda masih mempunyai pertanyaan bisa menuliskannya di kolom komentar atau melalui akun social media kami. Jika Anda ingin melihat lebih banyak apa saja yang masalah umum yang paling sering terjadi dengan WordPress dan cara mengatasinya bisa membacanya di halaman ini.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Mengatasi Folder Already Exists Error di WordPress ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Baca artikel lainnya:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top