skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Daftar Tool Riset Keyword Untuk Youtube Yang Banyak Digunakan

Daftar Tool Riset keyword untuk Youtube Yang Banyak Digunakan

Tool Riset keyword untuk Youtube

Melakukan riset keyword untuk web blog, Toko online dan juga Video YouTube sangat penting sekali, jika hal ini Anda lakukan maka Anda bisa mengoptimalkan website dan juga video Anda di mesin pencari dan juga di YouTube. Memang sangat disayangkan jika Anda tidak melakukan riset keyword dengan baik dan menggunakan keyword yang menurut saya tidak tepat sasaran, atau mungkin keyword yang Anda pilih memang sudah tepat tetapi Anda tidak memperhatikan tingkat persaingan dari keyword itu yang sangat tinggi.

Pembahasan ini akan saya fokuskan untuk Riset kata kunci Video.

Apa sih Riset kata kunci Video?

Riset kata kunci video adalah melakukan penelitian untuk menemukan kata dan frase yang banyak digunakan orang untuk mencari sebuah video atau mencari konten-konten video secara online. Karena YouTube adalah website video yang paling terkenal dan populer di seluruh dunia, maka sebagian riset kata kuncuk untuk video biasanya difokuskan untuk pencarian video di YouTube.

Mengapa Harus Melakukan Riset Keyword untuk Channel YouTube?

Semua pasti tahu kalau YouTube adalah mesin pencari terbesar ke dua di dunia.

Ini mengartikan Anda, saya dan jutaan orang lainnya akan menggunakan YouTube setiap harinya untuk mencari informasi tentang apapun, mulai dari video tentang Makeup, Bisnis, Olahraga dan tentang banyak hal lainnya.

Dengan kata lain: kemungkinan seseorang yang menjadi target audiens Anda sedang menggunakan Google atau YouTube untuk mencari salah satu video yang Anda upload.

Jika Anda bisa mengidentifikasi kata kunci (keyword) yang mereka gunakan untuk mencari (dan mengoptimalkan video-video yang Anda buat dengan kata kunci yang mirip atau hampir mendekati dengan kata kunci yang mereka gunakan), video Anda kemungkinan besar bisa ditemukan dan muncul di hasil pencarian mereka dan mudah-mudahan dibagian paling atas mesin pencari.

Mengidentifikasi keyword dan Mengoptimasi di kata kunci itu

Jadi singkatnya seperti ini: ketika Anda mengoptimalkan video Anda dengan keyword yang mirip atau di sekitar kata kunci yang digunakan orang, video Anda mempunyai kesempatan dan harapan untuk bisa muncul di pencarian terdepan dan berharap bisa mendapatkan lebih banyak views, comment dan juga subscribers.

Bagaimana Cara Menemukan Keyword untuk Video YouTube?

Berikut ini Beberapa Tool Riset keyword untuk Youtube yang saya gunakan secara pribadi.

#Pertama. Gunakan YouTube Autocomplete

Bukan hanya di mesin pencari YouTube saja, ketika Anda menggunakan mesin pencari Google anda akan mendapatkan keyword suggests dari Google, demikian juga saat Anda menggunakan mesin pencari YouTube Anda akan mendapatkan keyword yang di sarankan untuk Anda.

YouTube Autocomplete

Fitur ini namanya Autocomplete.

Hal yang bagus dari fitur Autocomplete adalah hanya menyarankan kata kunci yang populer saja. Dengan kata lain YouTube memberitahu anda “ini lho istilah yang banyak digunakan oleh orang untuk mencari dan menemukan video di YouTube”.

(Ini mengartikan autocomplete suggestion ini akan menghasilkan kata kunci yang bagus untuk mengoptimalkan video yang akan Anda buat dan upload)

Sebagai contoh, misalnya saya ingin membuat sebuah video tentang cara menghilangkan logo di video

Ketika Anda mengetikkan “cara menghilangkan logo di video” Anda bisa melihat bahwa YouTube memberikan saran (suggest) 4-5 kata kunci lain yang terkait dengan istilah itu.

cara menghilangkan logo di video

Bahkan tidak hanya memberikan suggest ide topik-topik video yang sangat berpotensi, tetapi ini juga adalah kata kunci yang sangat bagus.

Mengapa begitu?

Alasan pertama saya. saat Anda baru saja membaca, semua keyword ini pasti populer (jika tidak tentu YouTube tidak akan menampilkan dan menyarankan keyword-keyword ini).

Selain itu, Autocomplete suggestions biasanya cukup panjang (lebih dari 5 kata) dan kata kunci itu masuk dalam kata kunci “long tail keyword”, penggunaan kata kunci long tail biasanya tidak terlalu kompetitif… ini tentu akan mempermudah untuk merangking dengan menggunakan keyword-keyword seperti itu.

Jika Anda ingin meningkatkan penggunaan YouTube autocomplete, cobalah kunjungi Keywordtool.io

keywordtool io

Untuk menggunakan keywordtool sangat mudah, Anda cukup memasukkan kata kunci yang ingin Anda bidik dan setelah itu Anda akan menemukan variasi kata kunci dari keywordtool.io secara otomatis. Untuk melihat angka-angka dari hasil pencarian Anda diharuskan untuk membayr biaya berlangganan setiap bulannya.

hasil pencarian keywordtool

#Kedua. Melihat Video Terbaik Pesaing Anda

Selain melakukan riset keyword saya biasanya melihat kata kunci mana yang digunakan oleh pesaing saya dan bekerja dengan baik.

Cara melakukannya juga sangat mudah, kita tidak perlu menggunakan bantuan alat apapun:

Ini yang biasanya saya lakukan:

Pertama. Kunjungi channel pesaing Anda. Coba untuk menghindari channel yang kira-kira itu banyak berpotensi melakukan pelanggaran. Silahkan berfokus pada apa yang kita-kira bisa Anda capai dan sesuai dengan kemampuan Anda.

Setelah Anda menemukan channel pesaing Anda, silahkan klik channel mereka, kemudian klik tab “videos”:

klik menu video

Setelah itu silahkan sortir atau filter berdasarkan “Most Popular”.

most popular sort

Hasilnya akan menunjukkan kepada Anda video paling populer dan yang paling banyak dilihat dari di video pesaing Anda.

hasil pencarian most popular

Langkah terakhir, lihat kata kunci yang digunakan di bagian Title Video dan deskripsi video.

cek title dan deskripsi video

Dan lihat! Anda sudah bisa menemukan dan memiliki beberapa keyword yang sudah terbukti dapat Anda optimalkan di video yang akan Anda buat.

#Ketiga. Melihat Tags yang digunakan oleh Pesaing Anda

Anda juga bisa menggali lebih dalam selain judul dan juga deskripsi video, yaitu melihat tag video yang Anda gunakan.

Sayangnya YouTube tidak menampilkan tags secara umum, jadi Anda perlu melihatnya dari halaman HTML.

Melakukannya cukup mudah, silahkan klik kanan di halaman kemudian klik “view page source..”

view page source youtube

 

Nanti akan muncul tampilannya seperti ini, pasti yang belum pernah melakukan ini akan bingung ini kode apa dan aku musti ngapain. Jangan bingung yang kita butuhkan hanya perlu melakukan langkah seperti yang akan saya tunjukkan di bawah ini.

view page code

Seperti yang saya bilang tadi, Anda tidak perlu pusing dan belajar HTML untuk melakukan cara ini.

Silahkan Anda lakukan pencarian dengan menekan (“ctrl + I untuk pengguna Windows dan and “⌘ + f” untuk pengguna Mac) kemudian silahkan ketikkan “keywords”:

mencari keyword di page source

Nanti setelah Anda mengetikkan keyword Anda akan menemukan tags video itu:

hasil temuan keyword YouTube

TubeBuddy

Selain menggunakan cara itu Anda juga bisa menggunakan bantuan Ekstensi Chrome TubeBuddy dan juga vidIQ Vision. Di sini saya akan menunjukkan menggunakan TubeBuddy lebih dahulu, setelah Anda menginstall ekstensi ini di chrome.

Tubebuddy Tags

Seperti yang sudah saya katakan di atas Anda juga bisa menggunakan Ekstensi chrome vidIQ Vision. Ini gratis, jadi silahkan mendownloadnya. Untuk mendapatkan versi developer Anda bisa menggunakan trik yang saya tunjukkan di dalam video yang ada di Facebook SUBMITClimb dan di channel SUBMITClimb.

vidIQ Keyword Tool

vidIQ adalah salah satu tool terfavorit untuk masalah keyword research video YouTube. Untuk bisa menggunakannya Anda perlu mendaftar melalui situs resmi vidIQ dan menginstall ekstensinya di chrome. Untuk pilihan Free version hasil pencariannya sangat terbatas sekali, jadi untuk bisa melakukan riset keyword yang maksimal dari website resminya Anda bisa menggunakan yang versi berbayar.

Menggunakan bantuan vidIQ sebenarnya akan mempermudah Anda menganalisa sebuah kata kunci. Selain itu yang membuat vidIQ spesial adalah Anda bisa mendapatkan data yang lengkap saat menggunakan vidiq seperti kata kunci, search volume dan seberapa besar tingkat persaingannya.

Untuk ekstensi vidIQ di chrome tampilan dan fungsinya hampir sama dengan Tubebuddy, jadi silahkan pilih mau pakai Tubebuddy atau vidIQ. Untuk ektensi vidIQ versi developer yang harus di install di chrome Anda bisa mendapatkan vidIQ versi Boost dengan sedikit trik. Saya akan menunjukkan cara ini di Facebook Group SUBMITClimb TV, Jadi pastikan Anda bergabung di sana untuk melihat informasi video-video yang tidak bisa saya share di channel YouTube SUBMITClimb.

vidiq ekstensi

#Keempat. Gunakan YouTube Analytics

YouTube Analytics Anda adalah tambang emas untuk riset keyword. Ini karena YouTube Analytics akan menunjukkan kepada Anda kata kunci exact yang digunakan oleh orang untuk menemukan video Anda.

YouTube Analytics SUBMITClimb

Untuk menemukan report ini Anda harus mengunjungi YouTube Studio, kemudian pergi ke menu “Analytics”

Biasanya kita akan menemukan keyword yang sudah Anda optimalkan. Jika itu yang Anda temukan, itu membuktikan apa yang anda upayakan untuk SEO Video Anda membuahkan hasil.

Selain itu nanti Anda juga menemukan beberapa kata kunci (keyword) yang tidak Anda optimalkan.

Mengapa melihat YouTube analytics penting?

Seperti yang saya katakan di atas selain menemukan beberapa keyword yang Anda optimalkan Anda juga akan menemukan keyword-keyword yang tidak Anda optimalkan. ini berarti, YouTube sudah memberi peringkat video Anda di hasil penarian dengan istilah itu… Tanpa Anda sengaja untuk mengoptimalkannya

Dari sini apa yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan sebuah video?

Menurut YouTube, jika Anda menambahkan kata kunci “yang hillang” ke judul dan deskripsi video Anda, Anda bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi untuk istilah itu.

#Kelima. Gunakan Hasil Pencarian Google Untuk Kata Kunci Video

Untuk mendapatkan hasil pencarian video yang Anda buat bisa muncul di mesin pencari YouTube pasti sangat penting. Tetapi ada hal yang juga tidak kalah penting adalah membuat video Anda memiliki peringkat dan bisa ditemukan di mesin pencari Google.

Bagaimana kita bisa melakukan hal ini?

Untuk melakukan hal ini Anda harus menemukan “kata kunci hasil pencarian Video)

Perlu Anda tahu, Google tidak akan menampilkan video di hasil pencariannya untuk setiap kata kunci.

hasil pencarian cara membuka situs vimeo

Kata kunci yang memiliki hasil pencarian video disebut dengan “Kata Kunci Hasil Pencarian video”

Biasanya untuk kata kunci hasil pencarian video banyak ditemukan pada topik-topik seperti: Olahraga, Tutorial, hal-hal yang lucu… atau topik lain dimana hasil pencarian untuk video masuk akal untuk di tampilkan di mesin pencari Google.

Jadi pastikan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan kata kunci apa, cari tahu kata kunci itu di mesin pencari Google terlebih dahulu.

karya seni bali result

Saat Anda melakukan riset kata kunci dan menemukan video YouTube di hasil pencarian Google, Anda sudah menemukan kata kunci hasil pencarian Google.

cara merubah suara menjadi teks

Apa artinya ini? Ini artinya ketika Anda mengoptimalkan video Anda di sekitar kata kunci hasil pencarian video itu, Anda akan memiliki peluang untuk menentukan peringkat video Anda di mesin pencari Google dan Mesin pencari YouTube.

Pelajari Lebih Lanjut

Tool Untuk Meningkatkan jumlah penonton YouTube

Cara Meningkatkan View YouTube Menggunakan Title dan YouTube Tags

Pelajari Segala Macam Tutorial dalam bentuk video di Channel YouTube Submitclimb. Anda cukup klik subscribe dan klik juga gambar loncengnya.

Contoh salah satu videonya seperti ini: Setelah menonton video ini, silahkan Anda mengunjungi channel submitclimb untuk melihat video-video lainnya dan jika Anda suka dengan video-video yang saya buat bantu dan hargai saya dengan subbscribe channel submitclimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top