skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Peluang Usaha Online Dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Online dengan Modal Kecil

Mungkin saat ini Anda baru lulus sekolah atau lulus kuliah kemudian bingung ingin kerja apa? Atau mungkin saat ini Anda adalah seorang pekerja kantoran yang mendapat gaji setiap bulan.

Entah Anda yang baru mencari kerja atau sudah bekerja masalah pendapatan selalu menjadi bahan pembicaraan yang tidak ada habisnya. Ingin memiliki penghasilan yang terus bertambah setiap bulannya tapi sulit atau tidak enak untuk minta kenaikan gaji sama bos.

Menjadi pekerja dari sebuah perusahaan tertentu berarti Anda harus siap, tunduk dan taat sama peraturan kantor. Untuk meminta libur dan pindah hari kerja saja mungkin sulit. Apalagi mau minta kenaikan gaji, pasti akan sangat sulit.

Menjadi karyawan dari suatu perusahaan adalah hal yang baik dan bagus, Anda harus bersukur masih bisa bekerja karena ada begitu banyak orang yang sampai hari ini masih kesulitan untuk mendaptkan pekerjaan.

Menjadi karyawan dari suatu perusahaan adalah sebuah kebanggaan dan ada banyak keuntungannya misalnya Anda tidak perlu memikirkan yang namanya takut bangkrut, pusing memikirkan bayar gaji karyawan, tidak di kejar-kejar utang.

Ada beberapa Orang yang memiliki cita-cita menjadi selft-employed – menjadi karyawan sekaligus pengusaha. Di sini orang seperti ini akan menjalankan usaha mereka seperti usaha lainnya hanya saja dia melakukannya sendiri. Contohnya untuk memudahkan Anda misalnya Anda berdagang nasi untuk sarapan pagi di pasar Jimbaran atau di pinggir jalan, Anda akan belanja sendiri, kemudian memasak sendiri, membuka warung sendiri dan menjual sendiri, pokoknya semuanya dilakukan sendiri oleh Anda.

Coba bayangkan jika orang-orang seperti ini sakit?

Menurut Anda apa yang akan terjadi?

Sudah di pastikan bisnis mereka tidak akan bisa berjalan sampai mereka sembuh bukan?

Kemudian ada orang yang punya cita-cita ingin menjadi business owner. Posisi ini sangat bagus hanya saja tidak semua orang bisa memiliki kesempatan karena terbentur masalah dana. Posisi menjdai business owner Anda tidak perlu capek uang akan datang kepada Anda meskipun Anda duduk-duduk santai dan menikmati jalan-jalan bersama keluarga Anda.

Sayangnya cita-cita ini seperti yang sudah saya katakan di atas, tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Penyebabnya bisa juga disebabkan karena:

  • Tidak tahu apa yang mau dijual
  • Tidak punya cukup modal, banyak yang punya pikiran membuka usaha itu harus menggunakan modal yang cukup besar.
  • Fokus mengurus keluarga, karena sudah terlanjur menikah duluan.

Jika itu yang Anda alami teruslah membaca artikel ini siapa tahu Anda bisa mendapatkan solusi untuk bisa membuka usaha yang bisa Anda lakukan secara online, bisa sambil bekerja di kantor, tidak menyita waktu dan mungkin hanya membutuhkan sedikit modal saja untuk memulainya.

Dengan menjalankan bisnis online seperti ini Anda bisa memiliki harapan untuk mendapatkan penghasilan puluhan juta bahkan milyaran rupiah.

Ide Memulai Bisnis

Saya sebenarnya sudah pernah membuat artikel tentang ide bisnis di sini dan di sini Anda bisa membaca juga di sana. Sebenarnya ada begitu banyak bisnis yang bisa kita jalankan secara online (lebih dari 30 ide bisnis), saya tidak akan menyebutkan semuanya karena saya tahu Anda akan malas untuk membaca semua itu di sini saya akan membahasnya di lain waktu.

Beberapa ide bisnis yang paling banyak dilakukan dan mudah untuk memulainya:

  1. Membuat web blog. Jika Anda senang untuk menulis seperti saya Anda bisa membuat web blog sederhana.
  2. Berjualan Online. Ini bisa dilakukan tanpa harus membuat website toko online, kalau sudah tahu produk apa yang ingin Anda jual Anda bisa segera berjualan secara online.

Anda bisa membaca kedua peluang usaha itu dengan mengklik salah satu judul. Anda juga bisa melihat beberapa ide bisnis yang lain yang akan saya jelaskan di bawah ini.

1# Menjual Produk secara Online Dengan Membuat Website Sendiri.

Ini adalah ide bisnis yang paling banyak dilakukan, alasannya karena memang mudah dilakukan oleh siapa saja dan penghasilan yang bisa di dapat juga bisa saya katakan tidak sedikit.

Waktu saya pertama kenal internet banyak sekali orang yang tidak tahu tentang bisnis ini, tetapi sekarang hampir semua orang sudah mulai menggunakan internet untuk berjualan secara online.

Bagi orang yang sama sekali belum pernah menggunakan internet atau sudah bisa menggunakan internet tetapi belum pernah mencoba untuk berjualan secara online bisa jadi memiliki ketakutan tersendiri.

Padahal kalau mereka diajar dasar-dasarnya saya yakin Anda tidak perlu merasa takut.

Untuk berjualan secara online memang ada banyak cara, saya akan menunjukkan kepada Anda cara yang paling banyak digunakan dan terbukti mudah bagi pemula sekalipun.

  • WebPraktis. Di website resminya Anda bisa membuat toko online hanya dengan Rp.680.000/tahun pertama.
  • Shopify. Mudah untuk digunakan, fiturnya sangat lengkap harganya mulai dari $14 untuk setiap bulannya.
  • Jarvis Store. Anda bisa menggunakan secara gratis hanya untuk 20 produk saja, sisanya Anda harus membayar.
  • Instagram. Sebetulnya ini adalah termasuk dalam social media yang menanpilkan gambar dan video, tetapi bisa Anda gunakan untuk berjualan juga. Baca Jualan Menggunakan Instagram dan Cara Menghasilkan Uang dari Instagram
  • WordPress + WooComerce. Sekitar $35 untuk setiap tahunnya ini untuk menyewa domain dan hosting. Memang dibutuhkan sedikit keahlian untuk membuatnya, tetapi seorang pemula yang belum pernah bisa dengan cepat belajar membuat website dengan WordPress.
  • Di sini ada program membantu membuat website gratis dari submitclimb, kalian bisa membaca langsung di halaman ini Klik di Sini.
  • Di sini Anda bisa membuat website company profile atau jasa Anda, memang di website ini mereka sudah tidak lagi membuatkan toko online dengan alasan tertentu, sekarang mereka mengkhususkan diri membuat website company profile dan Jasa

Kalau Anda tidak ingin pusing-pusing Anda bisa menggunakan jasa dari seorang pembuat website atau bisa menggunakan Jarvis Store dan WebPraktis yang bisa Anda lakukan sendiri.

Setelah mengetahu di mana Anda bisa membuat website sendiri Anda mungkin bingung di mana saya bisa mendapatkan sebuah produk untuk bisa di jual?

Bagi yang sudah punya produk tentu bukan hal yang terlalu di pusingkan. Lalau bagaimana kalau Anda belum punya produk dan masih bingung atau cari-cari produk apa yang bisa saya jual?

Begini caranya:

  1. Coba pikirkan sambil jalan atau pas waktu senggang atau pas di jalan tentang produk apa yang Anda ingin jual atau bisa juga yang Anda sukai.
  2. Cari supplier dari produk yang Anda jual itu.
  3. Bisa juga Anda menjual barang yang sudah di jual orang di pasar kemudian Anda jual online.
  4. Dropship bisa pelajari juga di Video ini dan akan saya bahas juga di halaman tersendiri khusus membahas dropship.

Menjual produk memang yang paling enak dan mudah menurut saya untuk kita bisa menghasilkan secara online.

Yang paling sulit itu biasanya menemukan produk yang bagus untuk di jual dan laku di pasaran. Kalau Anda sudah menemukan produk ada hal lain lagi yang mungkin menjadi masalah bagi Anda.

Baca Artikel Cara Jualan Online yang kami bahas secara khusus.

2# Jualan di Pasar Online (Marketplace)

Jangan patah semangat membaca apa yang sudah saya katakan di atas meskipun terbilang mudah untuk membuat web blog bagi yang belum pernah pasti menjadi kendala tersendiri dan butuh waktu untuk belajar.

Bisa tidak kalau tanpa harus membuat website sendiri karena saya maunya jualan secepatnya.

Saya jawab Bisa…

Anda bisa jualan langsung kalau tidak mau membuat website sendiri, Anda bisa jualan di pasar online atau yang disebut juga dengan marketplace.

Anda hanya perlu waktu sekitar 10 menit sampai satu jam untuk bisa membuka toko online di marketplace (pasar online)

Enaknya lagi kalau Anda jualan di marketplace Anda tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis untuk membuka toko online, Anda hanya perlu modal Komputer, HP dan koneksi internet saja untuk bisa mulai berjualan.

Meskipun Anda bisa membuka toko online secara gratis di marketplace tetap ada satu kelemahan apa itu?

Sebetulnya marketplace tempat Anda akan membuka toko online ini bukan sepenuhnya milik Anda, di sana Anda hanya menumpang berjualan di website orang lain. Yang terkenal tentunya bukan toko Anda tetapi brand orang lain.

Jadi buat apa gunanya membuka toko di Marketplace kalau begitu?

Jangan selalu bertanya tentang hal yang mungkin tidak baik, Anda bisa memanfaatkan pasar online (Marketplace) tempat Anda membuka toko online untuk mempromosikan produk Anda bahkan menjualnya. Setelah Anda cukup menghasilkan dari sana pastikan untuk membangun atau membuat website sendiri dan pelan-pelan kenalkan pembeli Anda dengan website milik Anda sendiri, jadi jika sewaktu-waktu salah satu marketplace tempat Anda jualan tutup pelanggan Anda tahu kemana mereka harus mencari Anda.

Apa saja sih Marketplace yang banyak digunakan oleh orang-orang

3# Berjualan Menjadi Dropshipper

Dropshipping ini artinya kita menjual produk orang atas nama kita sebagai pengirimnya dan kita juga tidak memiliki stok untuk menjualnya.

Jadi begini kira-kira…

Ketika ada seorang pembeli yang mengunjungi toko Anda dan melakukan pembelian, kemudian Anda akan menerima order itu dan melanjutkan pembelian ke pihak ketiga (supplier), kemudian supplier inilah yang akan mengirim pesanan Anda ke alamat pembeli Anda dengan nama pengirim toko atau alamat Anda.

Terlihat menarik, tidak repot dan mudah ya…?

Memang ada beberapa keuntunga jika Anda menjadi dropshipper:

  1. Anda tidak membutuhkan modal untuk membuka usaha online
  2. Anda tidak perlu stok barang di gudang karena barang akan Anda beli langsung dari supplier begitu ada order yang masuk di toko Anda.
  3. Anda bisa kerja dari mana saja Anda mau asal masih bisa terhubung dengan internet.

Apakah ada kelemahan jika Anda menjadi dropshipper:

  1. Keuntungan yang Anda dapat kemungkinan tidak bisa terlalu besar mengingat harga pasar untuk produk yang Anda pasarkan juga di jual oleh banyak toko lain.
  2. Anda tidak bisa sepenuhnya mengetahui jumlah stok barang yang ada di toko tempat Anda mengambil barang.
  3. Kualitas barang tidak bisa Anda kontrol. Hari ini bagus besok belum tentu bagus.

Dengan mengetahui keuntungan dan kerugian yang saya katakan jangan lantas membuat kalian menjadi takut untuk memulai membuka usaha secara online. Anda pasti tahu namanya orang jualan, orang usaha apapun pasti ada untung dan ruginya juga jadi pengetahuan ini hendaknya menjadikan Anda untuk menjadi lebih berhati-hati saat menjalankan bisnis dan menjadi dropshipper adalah cara yang paling mudah dan mudah untuk di lakukan menutut saya.

Di Mana saya bisa Menemukan Produk Dropship-nya:

  • Anda bisa mengorder langsung dari para penjual yang ada di kota Anda atau penjual lain yang ada di kota lain
  • Cari di Mesin pencari Google dengan menggunakan kata kunci “dropship [nama produk]”. Anda juga bisa mengganti kata dropship dengan menggunakan kata distributor, supplier atau reseller.
  • Di subforum kaskus
  • Tokopedia
  • Cakning.com
  • Daftar lainnya bisa di lihat di sini

Ingat ya…

Meskipun order (pesanan pelanggan) Anda yang mengirim adalah supplier Anda yang menjadi tanggung jawab sepenuhnya adalah Anda kepada pembeli Anda jika terjadi sesuatu.

Catatan: ini yang saya lakukan untuk barang yang saya ambil dari supplier, biasanya saya membeli beberapa barang dari supplier kemudian saya kirim ke alamat rumah saya dengan sistem dropship untuk mengetahui apakah kualitas barangnya bagus, apakah suppliernya benar-benar mengirim barang atas nama kita atau toko kita kalau semua ok baru saya gunakan mereka.

Ini adalah salah satu video Tutorial langkah-demi langkah cara menjalankan bisnis dropshipping yang saya buat untuk saya bagikan secara gratis, percaya atau tidak video kursus seperti yang saya buat ini bisa dijual dengan harga yang sangat mahal, saya akan membagikannya secara gratis supaya Anda bisa belajar dan akhirnya memiliki bisnis sendiri. Pelajari di sini dan tonton salah satu videonya di bawah ini.

4# Menjadi publisher Iklan (Blogger)

Apakah Anda pernah bertanya kepada diri sendiri atau ingin bertanya kepada pemilik website seperti saya ini kenapa saya membuat website yang berisi informasi penting kemudian saya bagikan secara GRATIS sehingga bisa di baca oleh semua orang yang mengunjungi website ini?

Itu saya lakukan bukan karena saya KURANG KERJAAN atau saya lagi GAK ADA KERJAAN, ini saya lakukan KARENA SAYA DAPAT PENGHASILAN dari setiap artikel yang saya buat di mana ada iklan yang tayang.

Jadi proses cara kerjanya itu kira-kira seperti ini:

Saya membuat sebuah website >> membuat artikel dan memposting artikel di website saya >> menempatkan kode iklan >> iklan Google akan muncul secara otomatis >> pengunjung melakukan klik iklan >> Saya mendapatkan komisi.

Terlihat tidak terlalu sulit ya.

Anda hanya perlu menempatkan kode iklan di website Anda lalu iklan akan muncul secara otomatis di halaman website Anda. Nanti kalau ada yang klik Anda akan mendapatkan kompensasi atau komisi.

Ingat…

Anda tidak boleh mengklik iklan Anda sendiri atau menyuruh orang lain untuk mengklik iklan Anda. Karena Anda akan kena banned dari Google.

Karena terbilang sangat mudah maka jenis bisnis yang satu ini banyak sekali yang mengikutinya termasuk saya sendiri.

  1. Pastikan semua konten-konten yang Anda buat berkualitas
  2. Bisa membuat orang lain untuk mau kembali lagi mengunjungi website Anda dan jika beruntung mereka mau share isi artikel Anda ke halaman social media mereka

Mereka yang sukses dalam menjalankan bisnis ini biasanya membuat konten-konten yang sangat berkualitas dan Anda harus bisa dan mampu membuat konten yang baik sehingga Google mau menerima permohonan Anda menjadi publishernya.

Pelajari juga:

  1. Tutorial Cara Membuat Blog.
  2. Tutorial Cara Menghasilkan dari Web Blog

5# Menjadi Affiliate Marketing untuk mendapatkan Komisi Penjualan

Memasarkan produk-produk affiliate sangat populer, ini sama seperti pekerjaan seorang marketing yang Anda kenal di banyak perusahaan yang memasarkan produk tertentu dan mendapatkan komisi dari hasil penjualan yang mereka tawarkan.

Kira-kira proses kerjanya itu seperti ini:

Anda mempromosikan produk yang ada di website / toko orang lain / milik orang lain, kemudian sewaktu ada yang beli produk yang Anda rekomendasikan itu maka Anda akan secara otomatis mendapatkan kompensasi atau komisi dari hasil penjualan produk / jasa itu.

Kalau dropshipping yang sudah saya jelaskan di atas Anda menjual produk orang lain dan berhubungan dengan orang lain sedangkan di affiliate marketing Anda mempromosikan produk orang lain melalui website Anda tetapi Anda tidak berhubungan dengan orang lain / pembeli si pembeli akan langsung berhubungan dengan penjual produk itu, jadi bukan kita.

Masih ingat menjadi publisher iklan yang saya katakan di atas?

Anda juga akan membutuhkan sebuah website untuk bisa mempromosikan produk-produk affiliate.

…memang ada beberapa perbedaan, kalau menjadi publisher iklan komisi per klik iklan yang akan kita dapatkan sangat kecil jika kita bandingkan dengan komisi hasil mempromosikan produk-produk affiliate.

Dengan jumlah pengunjung website yang sama besar setiap bulannya, Anda bisa menghasilkan komisi yang lebih banyak dibandingkan jika Anda mempromosikan produk affiliate (affiliasi)

Meskipun komisinya terbilang sangat besar, mempromosikan produk affiliate juga memiliki kelemhan.

  • Jika Anda berencana untuk mempromosikan produk affiliate di Indonesia, belum ada yang seprofesional di luar.
  • Belum pernah menemukan yang bisa menghasilkan dan memberikan komisi dengan jumlah yang stabil
  • Banyak produk affiliate di Indonesia tetapi sayangnya kualitas dan pelayanannya kadang masih dangat rendah selain itu
  • Daya beli penduduk di Indonesia itu terbilang rendah sekali

Itulah kenapa saya dan beberapa affiliate marketing yang sudah lama memasarkan produk affiliate pasti akan membuat website dalam bahasa inggris dan memasarkan produk-produk dari luar.

Mungkin Anda bertanya sama saya, mas bekerja sebagai apa di dunia online?

Awal saya bekerja di dunia online adalah sebagai affiliate marketing dan memasarkan produk-produk affiliate marketing. Ini menjadi pekerjaan utama saya selain sebagai publisher iklan, YouTuber, bisnis dropshipping dan menjual produk buatan sendiri juga.

Tetapi yang menjadi pekerjaan utama saya adalah memasarkan produk-produk affiliate di luar negeri.

Mas apakah saya bisa belajar sama Mas?

Tidak, saya bukan seorang pengajar yang baik dan saya pasti akan bingung harus di mulai dari mana untuk mengajarnya, jadi saya tidak bisa mengajar Anda / menjadi mentor Anda apalagi sampai mengajar ketemu langsung, tidak… tidak… saya tidak cocok dan saya tidak bisa.

Selain itu saya juga banyak belajar dari Google dan para guru yang ada di Indonesia dan luar sampai hari ini.

Saya bayar deh mas untuk mengajar saya, mau?

Terima kasih… saya menghargai upaya yang Anda berikan itu, mohon maaf saya tetap tidak bisa mengajar Anda, lagi pula penghasilan saya sudah lebih dari cukup dari apa yang sudah saya lakukan hingga sekarang ini.

Jangan sedih dulu…

Anda masih bisa belajar kok dari saya melalui:

  1. Artikel seperti ini yang saya tulis di website SUBMITClimb, jadi pastikan untuk terus mengunjungi website saya ini dan memasukkan alamat email Anda ke kotak yang ada di bawah artikel ini.
  2. Melalui Channel YouTube Submitclimb di sini (Pastikan untuk subscribe dan pencet loncengnya juga agar setiap video yang saya upload Anda bisa tahu dan dapat pemberitahuan secara otomatis)
  3. Follow twitter submitclimb
  4. Like Facebook Page kami karena di sana juga tempat saya berbagi beberapa materi dan video-video penting.
  5. Follow akun instagram submitclimb

Silahkan lihat baca dan lihat salah satu video yang ada di bawah ini:

  1. Panduan Cara Mempromosikan produk affiliate dengan menggunakan blog
  2. Panduan Belajar Affiliate Marketing dan CPA

6# Menjual eBook, Video atau Audio (berupa Ilmu atau Informasi)

Banyak orang di luar negeri yang mempunyai keahlian apapun yang punya bisa apapun dan senang untuk menulis dan membuat video banyak yang menjual pengetahun dan kemampuan yang mereka miliki dengan cara membuat produk: ebook, audio atau video…

Misalnya video tentang Tutorial Microsoft Excel yang isinya bisa berbagai macam panduan cara menambah, mengurangi dan lain-lain.

Membuat ebook tentang cara menurunkan berat badan, membuat ebook tentang resep masakan tertentu atau bisa apa saja.

Ingat bukan hanya dalam bentuk video Anda juga bisa membuat produk dalam bentuk Audio dan ebook.

Membuat produk seperti ini sangat mudah bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja yang tidak berpengalaman sekalipun.

Dan pembeli serta peminatnya juga sangat banyak sekali dan mereka mau mengeluarkan uang untuk membeli produk yang memang informasinya mereka butuhkan.

Saya salah satu orang yang senang untuk membeli produk informasi untuk menambah pengetahuan saya dan untuk keperluan mengajar orang lain juga.

Alasan saya dan banyak orang lain membeli produk seperti ini?

  • Biasanya isi yang ada di dalam sebuah ebook / audio / video lebih detail penjelasannya dari pada apa yang ada di halaman website yang bisa kita temukan di internet
  • Panduannya biasanya sangat jelas mulai dari A – Z
  • Sekarang orang lebih senang membaca secara digital dari HP, tablet dan komputer

Orang lebih senang membeli ketimbang harus mengorek-ngorek dan memilih informasi yang jumlahnya tidak terhitung banyaknya di internet. Hemat waktu dan bisa langsung belajar dengan cepat.

Itulah mengapa produk seperti ini sangat populer dan banyak di minati oleh orang.

Lantas bagaimana cara membuatnya?

  1. Cari tahu dulu apa keahlian Anda. Karena tidak seorangpun akan bisa menulis dan membuat produk yang baik jika mereka tidak memiliki sebuah informasi atau pengetahuan. Iya kan, apa yang mau dibagikan kalau mereka sendiri tidak punya pengetahuan atau keahlian apa-apa.
  2. Cari tahu apa sih masalah yang paling banyak di alami oleh orang-orang dalam bidang Anda.
  3. Setelah menemukannya segera buat produknya dalam bentuk ebook, audio atau video

Apakah ini sulit menurut Anda?

Saya pernah membuat artikel Tentang Bisnis Online: Pelajari sebelum Memulai Bisnis Online yang bisa Anda baca dan pelajari. Di sana saya membahas secara khusus tentang cara memulai sebuah bisnis online dan juga pembuatan produk seperti ebook, video atau auido, mulai dari A- Z, semua saya bagikan secara gratis tidak perlu saya jual.

Seperti yang sudah saya katakan kalau Anda punya keahlian tertentu pasti akan sangat mudah untuk membuat sebuah produk informasi. Yang menjadi sulit adalah bagaimana cara menjualnya. Semua orang pasti sudah tahu tantangan menjual apapun.

Bisa jadi orang-orang akan bertanya seperti ini:

Siapa sih orang ini, Kok dia jual produk ini, apa informasinya bisa dipercaya?

Karena banyak orang tidak mengenal Anda bisa jadi mereka malas untuk membeli produk kita, sekalipun isi produk kita jauh lebih bagus dari orang lain. Kerana tidak ada yang percaya, Anda menjadi sulit untuk menjualnya.

Karena alasan itulah mengapa saya dan banyak pemilik produk ebook, video atau audio membuat dan memiliki sebuah blog.

Di sini Anda bisa jualan produk Anda:

Di indonesia sendiri juga ada marketplace hanya saja masih sedikit orang yang berminat dan banyak orang seperti saya kurang begitu nyaman.

Tetapi bukan berarti menjual di Indonesia tidak bisa menghasilkan, Anda bisa menghasilkan hanya saja perlu upaya yang sedikit lebih keras.

Untuk berjualan di pasar internasional mungkin Anda bisa mencoba berjualan di Gumroad dan juga Clickbank.

Ini yang paling baik dan bagus menurut saya, selain menjual di marketplace Anda juga menjual di website milik Anda sendiri, apalagi kalau Anda sudah punya reputasi yang baik pasti akan jauh lebih mudah untuk berjualan di dunia online.

7# Menjadi Guru

Menjadi guru pengajar tidak harus berada di sekolah dan kampus saja, Anda masih ingat dalam artikel saya yang judulnya tentang Mengapa Mengubah Bisnis Offline Menjadi Online itu Penting?” sekarang era online dan digital dimana semua-muanya bisa dilakukan dengan mudah dan lebih simpel dengan mengonlinekan bisnis kita termasuk dunia pendidikan.

Di dalam dunia online Anda juga bisa menjadi seorang guru, baik itu guru sungguhan maupun bukan.

…yang utama dan paling penting adalah Anda mempunyai keahlian dan mempunyai sesuatu yang bisa dibagikan.

Kalau Anda perhatikan di Internet banyak sekali kursus online sampai-sampai kita kebingungan sendiri mau ikut yang mana dan sekarang kursus online sudah sangat dan semakin populer di Indonesia. Dan dalam kursus online Anda bisa mengajar murid sampai ratusan bahkan ribuan sekaligus.

Karena ini sebuah kursus online jadi semua materinya bisa kita rekam dan nanti kita upload ke website. Jadi nanti murid-murid bisa menonton materi yang sudah kita upload ke website.

Ini mirip seperti kita membuat produk informasi yang sudah saya jelaskan di atas.

Panduan kursus ini bisa Anda atur dan Anda bagikan di hari yang berbeda. Anda bisa atur sendiri.

Banyak orang menggunakan platform ini untuk membuat kursus online mereka:

Di Indonesia sudah ada platform seperti di atas hanya saja peminatnya kurang banyak dan masih kurang bagus juga.

 

Mana yang baik dari semua di atas? Semua bagus, jika Anda menggunakan Teachable Anda bisa gunakan di domain Anda sendiri nantinya.

8# Menyediakan Jasa (Menjual Jasa)

Jika Anda mempunyai keahlian misalnya Arsitek, bisa bahasa lain, desain grafis dan keahlian lain Anda juga bisa menghasilkan uang dengan cara online bahkan bisa memiliki penghasilan lebih dari $100/bulannya. Buat orang yang ahli dan sudah profesional ini pasti menjadi lebih mudah karena sudah banyak memiliki contoh karya dan membuat orang yang meliha menjadi lebih percaya.

Buat Anda yang masih pemula jangan patah semangat dulu Anda masih bisa menghasilkan kok dari internet dan dengan cara yang sama dengan menjual jasa atau menyediakan jasa di Marketplace ini:

Jika Anda punya keahlian sebagai seorang desainer grafis peluang kerja online Anda sangat tidak terbatas. Mau klien dari Indonesia atau luar negeri juga bisa dan ini sudah banyak yang membuktikannya.

Meskipun Anda punya kendala bahasa Anda masih bisa menghasilkan dari pasar luar.

9# Menjual Stock Desain

Saya adalah orang yang malas sekali menjual jasa kalau tidak kefefet-fefet amat, kenapa saya malas jual jasa walaupun kadang uangnya besar?

Karena saya malas yang namanya di marahin sama orang, malas denger cerewetan orang dan malas di bayar murah sama orang.

Nah buat kamu nih yang sama kaya saya malas untuk jual jasa, kamu bisa juga nih membuat sesuatu karya digital (stock) yang bisa digunakan oleh orang banyak.

Misalnya membuat template brochure Photoshop atau CorelDraw atau Ilustrator, bisa juga template presentasi power point, template logo, menjual icon dan font.

Stock yang Anda buat itu bisa di jual lebih dari satu kali kepada banyak orang. Orang yang membeli akan bisa menggunakan desain Anda untuk kepentingan dan sesuai kebutuhan dia.

Ada banyak tempat yang untuk kita bisa menjual beberapa seperti di:

Anda juga bisa bertemu dengan para pejuang dolar asal Indonesia di Graphic River. Ini grup untuk orang Indonesia. Siapa tahu bisa berbagi pengalaman di sana silahkan bergabung di forum ya.

10# Menjual Foto Jepretan Sendiri

Kalau Anda hobi motret atau punya banyak koleksi foto hasil jepretan sendiri bisa coba upload foto-foto karya kalian ke website Stock foto supaya bisa menghasilkan dari penjualan foto Anda.

Jual foto ini masuk dalam Foto Royalti free, foto yang Anda juga bisa digunakan oleh siapa saja yang membeli hasil jepretan Anda.

Ini sama seperti stock desain grafis hanya saja ini stock foto.

Para pemilik website seperti saya ini sering sekali membutuhkan foto-foto untuk keperluan mendukung postingan artikel di website.

Peluang menjual Foto Royalti Free ini sangat besar dan tentunya menarik untuk orang-orang yang suka fotografi.

Tempat untuk menjual Foto Royalti free sangat banyak, beberapa yang terkenal adalah:

Ini adalah peluang pekerjaan untuk mereka yang memang hobi dan punya perlengkapan fotografi profesional, karena foto yang dijual harus memiliki kualitas yang cukup baik, kecuali kalau ada foto tahun lama itu beda lagi ya, misalnya foto jaman perang belanda dan jepang hehehe…

Yang satu ini mungkin tidak terdengar sekali tetapi rupanya ada juga yang membeli foto dari hasil jepretan kamera Iphone.

11# Menjual Template WordPress dan Plugin WordPress

Jika Anda bisa membuat template dan plugin WordPress Anda bisa menjual di Marketplace seperti

Mereka masih di bawah perusahaan Envanto. Dan peminat template serta plugin ini sangat banyak sekali Anda bisa melihat sendiri di website mereka berapa item terjual setiap harinya.

12# Menjadi Penulis Artikel (Freelance)

Tahukah Anda semua pemilik website baik itu personal maupun perusahaan membutuhkan sebuah artikel untuk di posting di halaman website mereka.

Blogger, Publisher iklan dan affiliate marketing membutuhkan artikel berkualitas dan tidak mungkin mereka akan mengerjakan semua artikelnya seorang diri.

Selain itu tidak semua orang bisa membuat artikel dengan baik apalagi yang tidak bisa bahsa inggris atau bahasa lainnya mereka pasti akan membutuhkan artikel.

Harga?

Memang yang namanya harga sangat bersaing…

Ada yang murah dan ada yang mendapat bayaran tinggi.

Banyak sekali orang yang mampu menulis dan mereka mendapatkan harga yang sangat tinggi contohnya penulis artikel untuk pemilik website – website besar dan beberapa portal berita.

Semua baik dan menghasilkan kok, jadi Anda sendiri mau pilih dan menjual dengan harga yang mana.

Buat Anda yang masih baru dan ingin menjual tulisan Anda cobalah untuk belajar cara penulisan artikel yang baik dan benar.

Anda bisa bergabung di banyak tempat, beberapa tempat yang pekerja online untuk penulisan artikel bisa di:

  1. Sribulancer
  2. UpWork (internasional)
  3. TextBroker (internasional)
  4. iWriter (internasional)

Pastikan Anda mempunyai blog sendiri untuk menjadi contoh hasil tulisan Anda.

13# Punya Keahlian Copywriter

Jika Anda mempunyai keahlian sebagai Copywriter Anda bisa menghasilkan uang juga dari Internet.

Tugas yang biasa dilakukan seorang copywriter:

  • Menulis teks untuk iklan
  • Membuat kata-kata untuk di Landing Page
  • Penulis konten yang tujuannya untuk merayu

Penghasilan yang di dapat seorang copywriter yang masih baru juga tidak main-main bisa mencapai $52000 bahkan sampai $62000/tahun. Lebih banyak dari seorang penulis konten.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang copywriter sudah pasti Anda harus belajar dulu karena ada trik khusus untuk seorang copywriter. Anda bisa belajar Gratis untuk sementara dari:

14# Menjadi Translator

Saya rasa ini pekerjaan yang tidak asing untuk di dengar bukan. Anda yang menguasai bahasa inggris bisa menjadi seorang translator.

Anda bisa menjadi seorang translator pemula, memang penghasilannya mungkin tidak sebanyak seorang translator profesional Anda bisa mendapatkan penghasilan tetap untuk pekerjaan sampingan.

Beberapa tempat yang bisa Anda jadikan tempat untuk menjual jasa penerjemahan:

  • Sribulancer
  • Fiverr
  • OneHourTranslation

Atau Anda juga bisa menjual jasa di forum Indonesia seperti di Ads.id. ini tempat berkumpulnya orang-orang Indonesia yang bekerja secara online salah satunya saya.

15# Menulis dan Membuat eBook

Di atas kita sudah sempat membahas soal ebook, tetapi ebook yang akan kita bahas kali ini sedikit beda dengan yang diatas.

Jadi kita bisa menerbitkan sebuah ebook secara resmi

Anda bisa menulis di Kindle Direct Publishing (Amazon)

Mungkin Anda bertanya topik apa yang cocok untuk Anda tulis?

Semua topik bisa Anda tulis.

Untuk Anda yang ingin menulis buku dalam bahasa Indonesia bisa menerbitkan buku di NulisBuku. Memang di sini buku tidak langsung di cetak, begitu ada pesanan buku Anda akan langsung dicetak oleh mereka.

16# Bekerja sebagai Virtual Asistant

Apa sih virtual asistant itu? Menurut saya artinya sendiri bisa sangat luas, tetapi pekerjaan mereka bisa:

  • Menjadi penulis
  • Desain Grafis
  • Editing
  • Riset
  • Copywriting
  • Manajemen social media
  • Translasi
  • Input data
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Mungkin Anda bertanya apa bedanya dengan pekerjaan yang sudah saya sebutkan di atas.

Jelas ada bedanya…

Kalau Anda menjadi penyedia Jasa desain grafis Anda akan bekerja dengan banyak orang secara bergantian (tidak tentu) dan akan di bayar per project. Sedangkan seorang virtual assistant mereka akan selalu bekerja dengan orang yang sama untuk pekerjaan yang terus berulang.

Jelas ya sampai di sini bedanya?

Berapa bayaran seorang Virtual Assistant dengan status freelancer di UpWork? Biasanya bayarannya bisa mencapai $10 – $60 untuk setiap jamnya.

17# Membuat Membership

Sekali lagi ini buat Anda yang punya keahliah dan pengetahuan tertentu Anda bisa membuat sebuah website membership berbyar.

Maksudnya apa ini?

Anda membuat konten-konten premium yang hanya bisa dilihat dan diakses oleh orang-orang yang sudah melakukan pembayaran untuk menjadi anggota di website Anda.

Cara membuatnya mungkin terdengar sulit ya, sebenarnya tidak sulit, Anda hanya perlu membuat sebuah web blog WordPress dengan menambahkan sebuah plugin.

18# Menjadi Web Developer

Ini hampir sama dengan pekerjaan desain grafis jika Anda punya keahlian sebagai web developer Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Ini bisa di jadikan usaha sampingan atau pekerjaan utama Anda.

  • UpWork
  • Projects.co.id

19# Membuat Software dan Menjualnya.

Ini hampir sama seperti peliang menjadi web development, membuat software juga sedang laris dan ramai sekarang ini.

Kalau Anda malas untuk menjual Jasa bisa juga melakukan cara lain

Anda bisa membuat software sendiri jika punya keahlian programming, misalnya membuat software as a service adalah salah satu software yang paling cepat perkembangannya saat ini, software ini berbasis web, di mana kalau pelanggan ini menggunakan software ini mereka harus membayar uang langganan / subscription.

Contohnya misalnya Slack ini adalah web yang memberikan layanan untuk komunikasi dalam bentuk chatting untuk tim kerja.

Sejak pertama diluncurkan pada tahun 2014 slack berhasil mendapatkan keuntungan sampai triliunan. Awalnya slack ini di buat hanya untuk usaha sampingan saja, tetapi malah ramai.

Dropshipkit ini adalah Aplikasi berbasis web untuk mencari produk yang lagi ramai atau laris di pasar Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.

Dengan menggunakan software ini Anda bisa riset dan mengupload produk langsung ke toko Anda seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan website Anda sendiri.

Dan hebatnya lagi dengan menggunakan software ini Anda tidak perlu lagi takut ketinggalan mengenai perubahan harga di toko supplier Anda karena akan ada pemberitahuan otomatis tentang perubahan harga, perubahan deskripsi bahkan status stok.

Semuanya di awali dari sebuah ide.

20# Membuat Aplikasi Mobile

Sekarang ini aplikasi untuk mobile sudah sangat banyak sekali dan aplikasi ini melebihi desktop sehingga sekarang ini banyak sekali developer banyak yang memfokuskan diri ke aplikasi mobile.

Anda juga bisa membuat sebuah aplikasi SaaS

Kalau Anda bisa membuat game Anda juga bisa menghasilkan uang dari program AdMob (Sama seperti AdSense) bedanya kalau AdMobe berbasis konten aplikasi mobile sedangkan AdSense berbasis konten blog.

Bagaimana Mas kalau saya tidak punya keahlian sebagai seorang programming apakah saya bisa ikut membuat game atau mungkin aplikasi mobile yang masih untuk pemula.

Bisa…

Caranya Anda hanya perlu membeli template / source code yang banyak di jual di marketplace atau website yang bisa Anda cari di Google.

Nanti kita hanya perlu mengganti tampilan desain dan juga isi teksnya saja atau yang di sebut juga dengan reskinning.

Dimana Anda bisa menemukan orang-orang yang menjual source code untuk aplikasi mobile?

Anda bisa mencari dan membeli sorce code di Chupamobile harganya sangat beragam mulai dari $99.

Mahal ya…

Sebetulnya ini tidak mahal, karena Anda hanya beli satu kali saja dan bisa menghasilkan berkali-kali. tetapi ada pilihan yang lain yang harganya mungkin tidak terlalu mahal.

Anda bisa mencari dan membeli source code di CodeCanyon dengan harga sekitar $20.

Jadi Anda hanya perlu modal $20 untuk source code dan tambahan $25 untuk akun Anda di Google Play Anda sudah bisa membuat game dan memiliki aplikasi sendiri.

Mungkin beberapa dari Anda ada yang tahu masa jaya game Flappy Bird yang bisa menghasilkan sekitar #10.000 atau kalau di rupiahkan sekitar Rp.120 juta per hari hanya dari iklan AdMob.

Apakah Anda mau mencobanya?

21# Menjadi Jasa SEO

Hampir semua orang sekarang sudah punya website dan aplikasi sendiri. Masing ingat kata-kata saya kalau kesuksesan dalam bisnis online adalah traffic?

No traffic = no money (buat saya)

Maka itu orang yang punya website biasanya tidak sempat untuk mengoptimasi website mereka sendiri atau mungkin mereka tidak sempat atau punya waktu untuk belajar SEO.

Solusinya adalah mencari Jasa SEO yang bisa dipercaya. Dan itu tidak mudah.

Kalau kita lihat di Google banyak sekali penyedia Jasa SEO itu hanya menjual backlink saja dan biasanya itu berasal dari cara dan teknik yang masih abu-abu / bisa saya katakan tidak baik untuk sebuah website.

Jasa SEO itu harusnya bukan sekedar jual Backlink:

  • Riset kata kunci dan kompetitornya
  • Pembuatan Konten (Content Marketing) sampai publish.
  • Mengoptimasi struktur website yang akan di SEO
  • Melakukan monitor backlink dari website yang sedang di Optimasi
  • Menghindari penalty Google
  • Menganalisa data menggunakan Google nalytics

Itulah makannya JASA SEO itu sangat mahal, kalau yang murah kemungkinan besar akan membahayakan website Anda.

Saya akan mencoba berbagi apa yang saya pelajari dari Internet dan dari mengikuti beberapa kursus online baik itu gratis maupun yang berbayar untuk saya bagikan secara gratis kepada Anda suapaya Anda bisa belajar:

  • Tutorial SEO untuk pemula (newbie)
  • Cara Riset Keyword
  • Beberapa teknik SEO yang pernah di gunakan
  • Optimasi untuk website Toko Online
  • Tutorial Content Marketing

Jadi jangan pernah mencoba-coba untuk membuka Jasa SEO kalau Anda sendiri memang tidak menguasai hal ini. Kasihanilah orang-orang yang menggunakan Jasa dari Anda, mereka berharap mendapatkan hasil yang baik sewaktu menggunakan Jasa Anda, bayangkan kalau harapan mereka tidak tercapai? Jadi sekali lagi jangan membuka Jasa SEO kalau Anda sendiri tidak menguasainya.

22# Menjadi YouTuber

YouTube yang sering kita kunjungi untuk menonton video tutorial dan video hiburan ternyata bisa di jadikan tempat untuk menghasilkan uang.

Bukan untuk menjadi artis ya…

Tapi tempat untuk bekerja dan menghasilkan uang secara online melalui konten-konten video yang kita buat semenarik mungkin.

Baca juga artikel saya tentang Menghasilkan Uang dar YouTube Bagian Pertama.

Seorang YouTuber yang terkenal Piewdiepie di tahun 2013 bisa menghasilkan uang sekitar $4 juta dalam setahun. Ini uang yang cukup banyak.

Lihat juga di video ini orang Indonesia yang menghasilkan dari YouTube:

Iklan yang tayang di dalam video YouTube menjadi sumber penghasilan mereka, ada 2 jenis iklan yang tayang dalam YouTube:

  • Komisi untuk setiap kali tayang
  • Komisi untuk setiap klik

Pihak YouTube nantinya akan mengambil sekitar 45% untuk mereka dan sisanya akan menjadi milik pembuat konten video.

Khusus buat Anda yang bisa membuat video ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan sambil Anda bekerja dari kantor atau dari rumah.

Untuk bisa sukses buat konten yang:

  • Menghibur (video lucu)
  • Bermanfaat buat orang banyak (bisa video Tutorial atau lainnya)

Sayangnya bukan hanya di kehidupan nyata penjahat berkeliaran dalam dunia Online sekarang ini penjahat juga semakin banyak.

Banyak orang yang mencoba mencari peruntungan dari YouTube dengan cara melanggar hak cipta misalnya seperti mengambil video orang dan mengupload ke YouTube, atau menggunakan lagu milik orang lain tanpa ijin. (Rekaman TV, Karya orang lain dll)

Menurut saya ini cara-cara yang salah. Cobalah untuk membuat YouTube sebagai bisnis, bangun channel seperti Anda sedang membangun sebuah bisnis. Dengan demikian Anda akan terus menghasilkan tanpa khawatir di banned oleh YouTube. Anda bisa Pelajari Tutorial Cara Menghasilkan Uang dari YouTube” di salah satu artikel yang saya bahas secara terpisah.

23# Membuat Desain Kaos dan Menjualnya (tanpa mencetak sendiri)

Jika Anda mempunya hobi membuat desain kaos Anda bisa mencoba menjualnya secara online tanpa harus punya website, tanpa harus mencetak. Cukup membuat desainnya saja.

Enak banget kan kalau begitu?

Misalnya nih satu kaos yang Anda jual dapat keuntungan $5, kalau kita hitung misalnya Anda berhasil menjual 200 kaos perhari maka bisa mendapatkan keuntungan sekitar $1000. Anda hitung sendiri dalam rupihanya ya.

Di mana Anda bisa menjual kaosnya?

Ada banyak sekali tempat untuk menjual kaos secara online beberapa diantaranya seperti:

Teespring bisa jual kaos

Saya akan menjelaskan sedikit tentang Teespring.

Teespring ini adalah salah satu situs crowdfunding, di situs ini kita bisa membuat atau mengupload beberapa desain kaos yang kita buat sendiri, kemudian kita akan melakukan pemasaran untuk desain kaos yang sudah kita buat dan kita upload ke Teespring.

Begitu ada penjualan maka kita sebagai desainer tidak akan mencetak kaos nya, pihak Teespring lah yang akan mencetak dan mengirimkan ke pembelinya langsung.

Bisnis yang aneh bagi kita bukan, tetapi ini sangat menguntungkan!

Saya akan membuatkan Panduan Cara Menjual Kaos di Teespring. (Semoga hari ini artikel yang dilengkapi dengan video sudah selesai saya buat.

Apakah ada kelemahan jika menggunakan Teespring?

Sebetulnya ini bukan kelemahan tapi lebih kepada ongkos biaya kirim saja. Karena Teespring berada di negara Amerika maka sudah pasti calon konsumen kita ya orang Amerika saja. Memang dengan adanya pemasaran online kita bisa menjual ke mana saja kita mau, asal si pembeli mau membayar ongkos kirim dari Amerika ke Negara mereka.

Apakah di Indonesia tidak ada seperti Teespring?

Ada…

Beberapa orang Indonesia biasanya mendapat ide dari negara lain seperti dari Teespring ini. Di Indonesia ada yang seperti Teespring namanya adalah Tees.co.id.

Meskipun idenya mungkin dari negara lain Tees sedikit berbeda dengan Teespring.

Menurut saya harga jual kaos di Tees sedikit mahal (*buat saya) sekitar Rp.120.000 untuk per kaosnya. Jadi Anda harus menjual di atas Rp.120.000 untuk bisa mendapatkan keuntungan dari desain yang Anda buat.

Selain itu ini yang menurut saya berat.

Anda harus mencapai target yang sudah Anda tentukan. Misalnya Anda membuat target 12 kaos, kalau belum ada yang beli sebanyak 12 kaos maka kaos Anda tidak akan di cetak. Jadi pastikan untuk membuat target yang rendah saja.

24# Rumah Kosong atau Kamar Kosong Sewakan Saja di AirBnB

Menyewakan rumah atau kamar kosong memang bisa di lakukan tanpa bantuan website manapun, tetapi jika kita menggunakan situs yang sudah terkenal seperti AirBnb ini akan membantu kita cepat mendapatkan peminat.

Kamar kosong dan rumah kosong bisa di sewakan kepada backpacker hanya untuk beberapa hari saja.

25# Menjual Barang dari Rumah di Amazon FBA

FBA – Fullfilment by Amazon adalah sebuah peluang usaha yang di jalankan secara online dengan menggunakan bantuan website Amazon.

Bagi beberapa orang bisa jadi belum tahu apa itu Amazon. Bagi beberapa orang lagi sudah tahu tentang website yang satu ini. Meskipun kantor Amazon ada di Amerika Anda bisa berjualan juga di website terbesar du dunia ini.

Cara kerjanya:

  1. Anda mencari produk atau punya produk sendiri (Bisa cari di Alibaba.com)
  2. Mengirimkan produk Anda ke “Gudang” Amazon
  3. Mendaftarkan produk yang Anda jual ke Amazon.
  4. Tunggu penjualan karena…

Sisanya dari pihak Amazon yang akan melakukan promosi, menjual sampai pengirimannya.

Mungkin Anda bilang ini sama kaya dropshipping yang sudah kita bahas sama-sama di atas. Meskipun terlihat sama sebetulnya ada banyak perbedaan dari ke dua bisnis ini.

Kalau di dropshipping kita harus promosi dan sibuk memasukkan produk atau membuat website sendiri

Kalau di Amazon kita tidak perlu melakukan hal itu.

Kita mungkin bisa membeli produk apapun yang ada di Alibaba.com dan nanti pihak Alibaba akan mengirim barangnya ke Amazon.

Sebetulnya masih sangat banyak sekali Peluang Usaha Online dengan Modal Kecil hanya saja saya sudah capek sekali untuk mengetik dan ngantuk.

Silahkan Anda pilih kira-kira peluang usaha bisnis online mana yang Anda sukai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top