skip to Main Content
Panduan Lengkap SEO Untuk Youtube

Panduan Lengkap SEO Untuk Youtube

Panduan Lengkap SEO Untuk Youtube – Youtube, siapa diantara kita yang tidak tahu Youtube? Kebanyakan diantara kita tahu situs berbagi video Youtube, jika ada yang tidak tahu bisa jadi Anda memang baru kali ini menggunakan internet dan mengunjungi situs ini setelah membaca artikel yang ada di blog SUBMITClimb. Jumlah pengunjung harian youtube sangat besar, kira-kira Youtube punya lebih dari satu miliar pengguna, yah bisa dikatakan hampir dari sepertiga yang menggunakan internet di seluruh dunia dan rata-rata mereka menonton ratusan jam video di situs berbagi video youtube ini.

Youtube bisa dikatakan situs pencari terbesar kedua setelah Google dengan jumlah pencarian yang bisa mencapai 30 Juta di setiap hari pencariannya! Banyak ya, ya sangat banyak oleh karena itu banyak Internet Marketer yang mengatakan bahwa youtube adalah salah satu gudangnya untuk mencari dan mengeruk dollar, memang youtube sangat mudah untuk mencari uang jika kita bandingkan dengan memulai bisnis affiliate marketing yang menggunakan website.

Oleh karena itu banyak orang mulai mencari-cari cara dan berlomba-lomba bagaimana mereka bisa memenangkan persaingan untuk pencarian video mereka yang ada di situs youtube. Jika kita berbicara persaingan website dan juga video youtube, semua pasti tidak lepas dari yang namanya mesin pencari dan SEO atau Search engine optimization.

Bisa dikatakan SEO Video untuk bisa berada di posisi pertama mesin pencari youtube atau Google juga menggunakan trik khusus walaupun tidak serumit jika kita ingin meraih peringkat di mesin pencari Google dengan website. Memang ada poin-poin penting agar video kita bisa berada di halaman depan mesin pencari youtube.

Kami mencoba menjelaskan langkah demi langkah simpel untuk membuat video Anda bisa berada di halaman depan mesin pencari Youtube. Semoga dengan menerapkan poin-poin sederhana ini kita bisa mencapai hasil yang maksimal dan berharap video kita mudah di temukan dalam beberapa waktu atau bulan kedepan.

Apa saja yang harus kita lakukan?

1. Mencari Video Keyword

Perlu kita ketahui ya, untuk SEO Video kita di youtube caranya tidak terlalu jauh beda jika mau kita bandingkan dengan SEO untuk website kita di mesin pencari Google, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah meriset keyword untuk video yang mau kita buat.

Ada sedikit perbedaan yang perlu Anda ketahui sebelum benar-benar mulai meriset keyword untuk Website dan video, apa itu? Kita harus menemuka apa yang akan kita sebut dengan Video keyword. Apa sih video keyword itu? Ini merupakan sebuah proses dasar sebelum kita membuat sebuah video, keyword yang kita riset ini harus bisa ditemukan dimesin pencari youtube dan juga mesin pencarian google. Sebagai contoh lihat gambar yang ada di bawah ini.

Mencari Video Keyword

Kalau kita perhatikan pada contoh gambar yang ada di atas keyword yang sedang kita riset adalah “Yoast Seo Tutorial” pada hasil pencariannya kita bisa melihat ada video yang ditemukan dan ditampilkan oleh Google. Keyword seperti ini yang nantinya akan kita target dan buatkan videonya. Karena hasil dari pencarian kata kunci itu menemukan beberapa video yang dimunculkan di mesin pencari Google jadi bisa dikatakan video yang kita buat jika menggunakan keyword ini sangat berpotensi untuk bisa tampil di mesin pencarian google dan youtube.

Mungkin ada yang bertanya kalau saya mau gunakan keyword yang hasil pencariannya tidak di temukan video pada mesin pencari Google apakah kita tidak boleh membuat video dengan keyword itu?

 

Jawabannya bisa dan BOLEH….

 

Kita bisa menggunakan dan membuat video dengan berbagai macam keyword yang kita mau, tetapi jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan uang lebih cepat (kejar setoran) maka sebaiknya uatamakan menggunakan dan membidik keyword-keyoword seperti yang saya bilang itu.

Beberapa tipe Keyword Youtube video yang paling banyak digunakan:

Keyword Review (ini mereview tentang sebuah produk atau jasa dan lainnya)

Keyword Fitness (keyword yang selalu berhubungan dengan dunia olahraga)

Keyword How to (menerangkan cara membuat dan melakukan sesuatu hal)

Keyword Funny Video (tentang video lucu)

Keyword Tutorial (yang menjelaskan tentang panduan dan langkah-langkah tentang sesuatu)

Mengapa hal itu menjadi sangat penting?

Begini, coba kita bayangkan sejenak jika Anda mengikuti cara saya dan katakanlah Anda sedang mencari suatu produk atau panduan tentang sesuatu dan Anda mulai mengunjungi mesin pencari Google dan mengetikkan kata kunci yang sedang Anda cari, lalu hasilnya mesin pencari Google menampilkan video-video dan juga website-website yang berhubungan dengan kata kunci yang Anda cari, hasilnya akan sangat mantab orang yang mencari di google bisa menemukan video Anda dan mulai menonton dan orang yang mencari keyword itu di youtube juga menemukan video Anda. Kebayangkan kan sekarang? Potensi Views dan enggagmentnya akan jauh lebih banyak dan besar bukan? Karena orang yang datang dari google menemukan video Anda dan orang yang datang ke Youtube juga menemukan video Anda.

Langkah 1. Bagaimana Cara Mencari Video Keywords itu?

Gampang sekali, Anda bisa lihat gambar yang sebelumnya bukan? Nah itu adalah cara termudahnya. Kita tinggal mengetikkan keywordnya saja yang mau kita cari.

Bagaimana Cara Mencari Video Keywords itu

Kalau kita sudah menentukan beberapa keyword yang mau kita target kita tinggal mencarinya di Google. Lalu perhatian hasil yang di tampilkan oleh Google, jika Anda melihat ada video maka keyword itu bisa Anda gunakan.

PERHATIAN: saat Anda mencari Video keyword hasil dari pencarian perbulannya minimal 300. Saya tidak perlu menjelaskan bagaimana caranya ya, karena saya yakin Anda cukup mengerti mencari pencarian perbulan dengan menggunakan Google Keyword Planner, kalau mau menggunakan keyword research lainnya juga boleh. Jika Anda menggunakan minimal angka itu sudah pasti kita berbicara aliran traffic yang akan datang ke situ ya.

Minim hasil pencarian 300 perbulan

Langkah 2. Membuat Video dan Channel Youtube semenarik mungkin

Setelah kita tahu yang namanya video keyword sekarang kita menjalankan langkah yang ke dua, membuat video itu sendiri sesuai dengan keyword yang mau kita target dan juga membuat channel youtubenya. Tujuan kita adalah mencapai hati dan mata pengunjung kita juga dimata Youtube.

Tidak Perlu Alat yang Bagus

Untuk Membuat sebuah video kita tidak perlu memiliki alat-alat video yang bagus dan mahal-mahal. buang gengsi Anda untuk menggunakan alat-alat yang mahal tadi. Kita bisa menggunakn handphone kita untuk merekam videonya, kita juga bisa menggunakan kamera poket yang ada fitur pengambilan videonya. Saya tidak punya kamera Pak, tenang saja, meskipun Anda tidak mempunyai kamera Anda bisa membuat video dengan hasil yang bagus juga. Kita bisa menggunakan foto-foto yang ada dan menggerakkan foto-fotonya menjadi sebuah video. Orang biasanya menyebut foto-foto yang digerakkan ini dengan video slideshow.

Ini adalah alat-alat yang saya gunakan untuk merekam video saya:

ALAT-ALAT NGEREKAM VIDEO

Camstudio.org (FREE – Banyak yang pakai ini)
Screencast-o-matic.com ($15/year) – (bisa juga pakai yang free)
Movavi.com/screen-recorder/
dvdvideosoft.com/products/dvd/Free-Screen-Video-Recorder.htm
Bandicam.com/free-screen-recorder/
CANON G7X Mark II (Digital Camera)
Sony a7 (Digital Camera)
Sony Cybershot DSC-WX100 (Digital Camera)
Camtasia: URL techsmith.com/camtasia.html (Saya lebih sering pakai ini)

 
ALAT-LAAT EDITING VIDEO

PROGRAM: Imovie/Movie studio platinum
PROGRAM: Adobe Premiere Pro CS6
PROGRAM: Adobe After Effects CS6
PROGRAM: Wondershare Filmora
PROGRAM: Camtasia
PROGRAM: Nero
Komputer: Imac/Sony Vaio/PC windows 7 Intel® Core i5-3330 CPU @ 3.00GHz 3.20 GHz

Artikel sekaligus panduan ini akan lebih banyak mengarahkan kita tentang bagaimana kita akan membuat sebuah video dan juga membuat channel video supaya tampilannya bagus dan bekualitas selain itu kita juga akan menggunakan SEO yang tidak dilarang oleh Youtube dan Google, jadi Anda tidak usah pusing dulu dengan yang namanya kamera. Jika Anda punya kamera tetapi tidak mengerti dasar-dasar ini maka percuma saja Anda punya alat-alat yang mahal.

Youtube mempunyai dasar yang jelas mengapa sebuah video itu harus dan bisa berada di halaman pertama mereka, apa saja itu, lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Faktor Yang Membuat Video Kita Merangking

Anda harus tahu dan paham hal ini jika Anda ingin main Youtube. Sebenarnya video yang ada di Youtube tidak bekerja seperti blog yang sedang kita maintenance supaya bisa merangking di Google, Anda pasti berpikir saya akan buat backlink untuk semua video saya yang akan saya upload ke youtube? Tidak, youtube tidak seperti itu.

Hal yang diperhatikan oleh Youtube:

  • Video Retention
  • Ini maksudnya adalah seberapa banyak orang yang melihat video yang kita buat lalu ia menuju video lain yang kita buat juga, memang ada yang mengatakan semakin banyak orang yang menonton video kita semakin bagus juga nantinya rangking video kita di youtube. Hal ini bisa berlaku juga dan bisa kita terapkan.

  • Komentar Penonton
  • Ada yang menyimpulkan kalau komentar di video kita banyak, maka akan baik juga untuk video kita di mesin pencari youtube. Meskipun seringkali banyak komentar yang masuk sangat banyak dan terjadi komunikasi 2 arah, kita tidak perlu berfokus pada hal itu. Karena ada juga website yang tidak ada komentarnya tetapi dia menduduki peringkat yang dianggap penting oleh Google. Tetapi kalau memang ada komentar yang masuk itu lebih baik lagi. Daaan jangan lupa untuk membalas semua komentar yang masuk ya, kebanyakan orang malas untuk menjawab semua pertanyaan yang masuk, karena dianggap tidak penting. APA tidak penting? Meskipun kita tidak ketemu dengan orang yang bertanya coba Anda bayangkan hal ini, jika Anda bertanya sama orang dijalan tentang arah jalan yang mau Anda tuju tetapi orang itu diam saja tidak mau memberi jawaban, kesel kan? Tidak sopan kan? Nah komentar yang masuk ke akun youtube Anda itu sama seperti orang yang bertanya langsung kepada Anda secara tetap muka meskipun tatap muka ini hanya melalui monitor dan di kolom komentar youtube.

  • Thumb up atau Thumbs down
  • Tombol like yang ada pada bagian bawah video Youtube Anda ini juga akan menjadi salah satu penilaiaan Youtube tentang video Anda.

  • Subscribe
  • Kalau kita perhatikan beberapa channel dengan jumlah subscriber yang banyak biasanya mudah sering terlihat di halaman depan pencarian Youtube.

  • Share
  • Di dalam video Anda ajak para penonton untuk share video Anda, karena semakin banyak orang yang menonton dan melakukan share video kita entah itu di facebook, twitter dan lain – lain kita bisa berharap untuk merangkak naik ke halaman depan pencarian.

2. Buat Video 5 Menit atau Lebih.

Coba sekarang Anda menuju halaman Youtube dan perhatikan setiap video yang ada di halaman depan, bukankah kebanyakan video-video itu memiliki panjang durasi lebih dari 5 menit? Ada juga yang bisa mencapai lebih dari 1 jam. (asal kuat uploadnya saja kalau di Indonesia)

Jujur ya membuat video lebih dari 5 menit memang agak sulit ya, tetapi kalau kita serius dan fokus kita bisa membuat video lebih dari 5 menit. Jika tidak bisa maka usahakan video kita mencapai 5 menit.

3. Buat Cover Channel Youtube

Hal ini jarang sekali di lakukan terutama untuk para pemain Youtube baru atau mereka yang sudah eksis di Youtube. Kebanykan channel mereka tidak ada covernya, mereka hanya membuat video, upload dan share itu saja. Jadi jangan lupa untuk membuat cover dari channel Anda supaya bisa menambah channel Anda terlihat professional. Orang yang mengunjungi channel kita juga jadi lebih suka dan yang lebih terpenting adalah hal ini akan membuat Youtube mempertimbangkan channel kita.

Buat Cover Channel Youtube

Di dalam channel Anda masukkan link website, Facebook, twitter serta gambar foto profile atau channel bisnis kita. Semua file itu kita kasih nama dengan keyword yang mau kita bidik (kita sisipkan keyword) Untuk bagian deskripsi juga perlu kita isi, isinya terserah kita bisa tujuan tentang mengapa video Anda di buat atau tema channel Anda. Bisa juga kita sisipkan kalimat atau kata-kata yang bersifat LSI atau turunan dari keyword-keyword yang mau kita bidik. Saya dan teman saya biasanya menggunakan fasilitas dari lsigraph.com

4. Buat Thumbnails Video Youtube Anda

Video yang sudah kita buat dan kita upload tadi kita buatkan Thumbnails, karena hal ini akan memberi pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan video-video kita, memang thumbnails tidak membawa pengaruh terhadap rangking video kita yang kita upload di Youtube, tetapi hal ini mempengaruhi para pengunjung yang menonton video-video kita.

Saat Anda membuat thumbnails buatlah semenarik mungkin bagi para penonton, buat mereka untuk penasaran dan selalu ingin tahu dan mengunjungi terus. Banyak para pemain youtube yang menjebak terutama yang hanya mengejar uang dari Youtube, biasanya mereka menggunakan cara-cara kotor yang menjebak para pengunjung atau penontonnya, tetapi sabar saja orang-orang seperti ini tidak akan bertahan lama di Youtube, karena pihak Youtube akan memberantas tuntas orang-orang macam ini.

5. Buat Playlist Video

Playlist adalah daftar video-video kita yang ada di Youtube dengan tema yang sama. Fitur ini sangat membantu untuk SEO Video Anda. Selain itu Anda sebaiknya mencantumkan video dari channel lain yang videonya sudah populer, karena secara tidak langsung playlist ini akan membantu video kita muncul dalam daftar related video yang ada di daftar video-video Youtube yang sudah populer. Masa iya? Kita coba aja dan lihat hasilnya… kalau saya salah silahkan komen di bawah ya.

3. On Page SEO Video

Perhatikan beberapa hal berikut ini seperti nama file video kita, judul, deskripsi video serta tags dari video yang kita upload ke Youtube.

Buat Nama File Video

Setiap Anda selesai membuat video pastikan video yang akan Anda upload itu diberi nama atau mengandung keyword yang mau kita bidik atau target, contohnya misal Anda mau membuat video tentang Domain Expired, maka nama filenya bisa dibuat seperti ini Cara membeli domain expired di expireddomain.net

Buat Judul Video Anda

Judul Video di Youtube juga sebaiknya diberi sisipan keyword yang mau kita target, kalau di rasa kurang pas kita bisa sisipkan di bagian akhir judul, tetapi jika memungkinkan buatlah di awal judul.

Buat Deskripsi Video Anda

Sama halnya dengan konten yang mau kita posting di blog kita, Video juga membutuhkan Deskripsi video. Ini adalah bagian yang paling terpenting dalam sebuah video yang kita upload. Karena Youtube akan membaca konten atau video kita pada bagian deskripsi ini, jadi usahakan untuk mengisinya ya. Jangan asal mengisi deskripsi dan menjejalkan deskripsi video kita dengan keyword yang begitu banyak, meskipun saat ini belum di berantas oleh Youtube tetapi tidak lama lagi Youtube akan membumihanguskan para pemain yang menjejalkan keyword pada bagian deskripsi. Gak percaya??? Tunggu aja giliran Anda.

Kira kira seperti kita bisa mengisi deskripsi video kita seperti ini:

  1. Pada bagian awal deskripsi kita bisa meletakkan URL video kita (tidak harus)
  2. Pada 25 kata awal usahakan ada keyword yang mau kita bidik.
  3. Buatlah deskripsi video paling sedikit 150 kata, saya sarankan isinya lebih panjang, karena akan membawa hasil yang baik, (HARAM: jangan copy paste artikel kalau mau merangking)
  4. Kalau mau menerapkan LSI (Keyword Turunan) silahkan saja. Saya biasanya melakukannya.
  5. Anda juga bisa memasukkan link url, seperti link lagu yang kita gunakan atau bisa juga URL affiliate kita.

Buat Tags Video

Ini juga bagian yang penting untuk video Anda karena tags bisa mengartikan keterangan Video juga. Silahkan instal Aplikasi chrome VidIQ. VidIQ dapat membantu kita mengetahui informasi tags apa yang digunakan oleh pemilik video lain yang berada di halaman depan pencarian Youtube. Setelah kita mengetahui dan mendapatkannya kita tinggal contek aja tags yang dia pakai kemudian kita masukkan ke dalam video kita.

4. Mempromosikan Video

Langkah selanjutnya adalah kita tinggal mempromosikan video yang kita upload ke Youtube tadi. Tujuan promosi tentunya untuk mendapatkan views. Jadi kita akan membuat dan membangun channel video kita dengan cara yang benar 100% sesuai keinginan Google si pemilik Youtube.

Banyak orang menggunakan Jasa views ya atau menggunakan trik jahat hanya untuk mendapatkan keuntungan, atau ada juga orang yang sirik dengan menghujani hal-hal yang salah di video kita. Saran saya promosikan video dengan cara yang benar saja. Kita bisa share di facebook kita, twitter atau blog kita, selain itu kalau kita aktif di forum-forum kita juga bisa mempromosikan video kita di sana, ingat ya bukan spam lakukan dengan cantik dan benar. Karena kita akan mencari uang dan membangun channel video yang professional. Dimana lagi kita bisa promosi video kita? Kalau ada yang suka gunakan Yahoo Answer kita bisa share video di sana.

Kita juga bisa share video kita di Quora, kalau ada pertanyaan yang cocok jawab aja lalu sisipkan video kita. Memang ini adalah cara yang paling-paling makan waktu. Tetapi inilah caranya… tidak ada cara lain. Mungkin ada cara lain tetapi biasnya cara yang mudah adalah cara yang jahat.

loading…


Back To Top