skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Mengapa Video Tidak Muncul Di Pencarian YouTube Dan Google

Mengapa Video tidak muncul di Pencarian YouTube dan Google

YouTube adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Sebagai salah satu layanan video streaming dan berbagi video yang paling populer, banyak orang yang memanfaatkanya untuk menghasilkan uang dan sekaligus menjadi alat pemasaran. Banyak juga orang yang memanfaatkan YouTube untuk tujuan agar mereka bisa terkenal dan lainnya ada yang menyalahgunakan YouTube dengan tujuan lain. Dari sekian banyak orang yang mengupload video mereka ke channel YouTube, banyak yang tidak tahu penyebab, Mengapa Video mereka tidak muncul di hasil Pencarian YouTube setelah mereka menguploadnya. Mengapa Video tidak muncul di Pencarian YouTube? Di Artikel ini saya akan membahas mengapa video yang Anda buat tidak di temukan atau muncul di mesin pencarian YouTube.

Sama seperti saya, Anda mungkin sudah membuat konten video yang cukup panjang dan menarik untuk menghibur para penonton Anda dan berharap di temukan di mesin pencari (Google & YouTube) oleh sebanyak mungkin orang. Tetapi setelah melakukan beberapa hal yang panjang dan melelahkan bahkan sudah menggunakan beberapa taktik SEO dasar (optimizaion), Anda mendapati bahwa video yang Anda buat masih belum muncul di mesin pencari Google dan YouTube.

Bingung, putus asa dan bertanya-tanya apa yang salah dengan video saya?

Menurut saya hal yang sering terjad itu sangat wajar, apalagi jika ini terjadi untuk para pemula (newbie), kurangnya informasi, terburu-buru membuat channel dan video tanpa pengetahuan dasar membuat mereka mengeluh kenapa videonya tidak di temukan di mesin pencari YouTube.

Berikut ini beberapa penyebab video tidak muncul di mesin pencar YouTube

Jujur, sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menyebabkan sebuah video bisa saja tidak muncul di hasil pencarian Google dan YouTube, jika sudah demikian maka jumlah penonton juga akan sulit untuk ditingkatkan, beberapa faktor itu adalah:

1. Video Anda Baru saja di Upload.

Ini adalah faktor yang paling sering terjadi, video tidak ditemukan karena video yang Anda upload ke YouTube belum lama atau baru saja di upload, meskipun sudah menggunakan dan menerapkan SEO basic untuk YouTube. Meskipun dalam kasus tertentu sebuah video bisa langsung ditemukan begitu selesai di upload. Sebenarnya setiap video membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa di tinjau dan di cek oleh mesin Google dan YouTube.

2. Jumlah Penonton (view) masih sedikit

Memang kita tidak bisa mengetahui secara pasti yang bisa membantu kita, judul video yang kita buat bisa di temukan di mesin pencari YouTube dan Google. Meskipun banyak yang mengatakan menyisipkan kata kunci yang ingin kita target di dalam judul video, kebanyakan, hal itu tidak selalu bisa membantu sepenuhnya. Menurut saya, seraya Anda terus membuat video dan menguploadnya secara rutin, jumlah penonton juga terus bertambah biasanya saat Anda membuat video baru, video Anda akan mudah untuk di temukan lebih cepat oleh Google dan YouTube.

Ada satu tips yang mungkin bisa membantu membuat video Anda bisa berharap ditemukan di mesin pencari Google dan YouTube adalah dengan cara meningkatkan video yang Anda dengan beberapa cara sederhana ini:

  • Mengajak penonton Anda untuk share atau membagikan channel atau video Anda ke akun social media mereka (meskipun kita sudah melakukan hal ini, ada kemungkinan para penonton tidak mau melakukannya, alasanya kenapa? Coba Anda jawab pertanyaan saya ini, mengapa Anda belum membagikan artikel yang Anda baca ini kepada teman-teman Anda di akun social media Anda?)
  • Ajak penonton Anda untuk subscribe channel Anda
  • Sering melakukan promosi di social media, forum atau web blog lainnya

Tips di atas kalau di baca memang terlihat mudah, tetapi pada saat Anda akan mempraktekannya pasti akan sulit, ada banyak waktu dan kerja keras yang harus Anda lakukan sampai meraih sukses.

3. Jumlah Like video belum banyak

Meskipun terlihat sepele dan terlihat tidak berarti, mengklik tombol like pada video membantu memberikan faktor penentu sebuah video layak untuk di tampilkan lebih tinggi atau tidak di hasil pencarian YouTube.

Memang kemungkinan agak sulit bagi kita untuk bersaing dengan video-video yang sudah lebih dulu di upload dan populer di YouTube, meskipun begitu bukan berarti kita tidak bisa bersaing dengan mereka. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan mencoba meningkatkan jumlah like pada video. Bagaimana supaya orang mau like video Anda, tentu saja ya dengan membuat video yang berkualitas dan yang paling terpenting adalah video itu harus relevan dengan judul yang Anda buat. Selain itu cara lain yang harus Anda lakukan adalah dengan meminta penonton untuk memberikan like pada video Anda.

4. Umur Channel Terbilang Masih Baru

Mungkin banyak yang tidak tahu tentang hal ini kalau faktor umur dari pembuatan channel bisa sangat menentukan sekali sebuah video masuk lebih cepat ke mesin pencari Google dan YouTube, tetapi hal ini tentu saja harus di dukung oleh faktor yang lainnya juga. Jika faktor yang lainnya tidak memenuhi syarat maka video Anda mungkin berada di urutan yang di bawah.

Untuk bisa membantu memperkenalkan channel Anda ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Membuat channel yang agak unik, ini akan membantu channel Anda berbeda dengan channel yang lainnya.
  • Buat dan upload video yang unik dan berkualitas, ini penting.
  • Jangan malu untuk melakukan promosi channel ke akun social media Anda dan juga beberapa group yang Anda ikuti. Ingat jangan spam.
  • Meminta tolong penonton Anda untuk share channel atau video Anda.

Biasanya sebuah channel secara perlahan-lahan akan meningkat mulai dari jumlah like, view dan subscriber. Hal ini mungkin, jika tips di atas Anda lakukan secara rutin. Memang tidak mudah dan kebanyakan peningkatannya mungkin sangat lambat. Jangan menyerah, tetap semangat, fokus dan percayalah cepat atau lambat Anda akan sampai ke tujuan Anda.

5. Judul video yang Anda buat banyak digunakan video lain

Katakanlah Anda ingin membuat video tutorial tentang “cara membuat empek-empek yang enak.” Kira – kira apa yang akan Anda buat untuk judul videonya?

Memang riset keyword itu sangat penting untuk kita bisa menentukan sebuah judul video yang kita buat. Khususnya jika kita masih baru dan channel kita belum terkenal. Riset keyword ini akan membantu kita untuk menemukan judul yang tepat dengan jumlah pencarian yang cukup banyak tetapi masih memiliki tingkat persaingan yang sedikit.

 

Anda juga bisa meniru cara yang sering saya lakukan ini. saat akan membuat video biasanya saya akan sedikit melakukan riset dengan menggunakan YouTube. Saya akan mencari dengan menggunakan kata kunci dari video yang akan saya buat. Jika saya menemukan banyak video dengan judul yang ingin saya buat, biasanya saya akan mencoba untuk memodifikasi judulnya sedikit berbeda dengan judul-judul video yang sudah ada, tetapi ini bukan berarati kita asal membuat judul. Usahakan judul yang kita tambahkan memang masih relevan dan masuk akal dengan judul video utamanya.

6. Hati-hati dengan penggunaan Tag pada video

Banyak orang yang salah mengerti tentang penggunaan “tag” pada video mereka. Memang tidak ada yang melarang Anda untuk menggunakan dan memasukkan banyak keyword ke dalam kotak tag. Satu hal yang ingin saya ingatkan adalah relevansi antara tag yang Anda masukkan dengan konten video sangat penting. Penggunaan tag di dalam video bisa membantu banyak orang untuk menemukan video yang Anda buat.

penggunaan tag video

Saran saya, saat Anda selesai membuat video, membuat judul video pastikan juga untuk mengisi kolom tag video. Isi dengan kata yang masih berhubungan dengan video dan kata kunci yang ingin Anda target. Pastikan juga untuk tidak memasukkan kata kunci yang tidak sesuai dan terlalu banyak.

7. Tidak Memanfaatkan kotak deskripsi

Kotak deskripsi yang di sediakan oleh YouTube ini pasti ada tujuannya. Selain sebagai untuk mengisi hal – hal penting tentang kita, kotak deskripsi ini sebenarnya di isi dengan artikel atau keterangan yang masih berhubungan dengan video yang kita buat, tentunya dengan menyisipkan kata kunci yang ingin kita target.

pentingnya mengisi kolom deskripsi video

Jangan mengisi kotak deskripsi ini dengan kata kunci saja. Dulu banyak yang menggunakan cara itu, mereka mengisi kotak deskripsi penuh dengan kata kunci yang mereka target. Menurut saya cara ini salah dan bisa masuk dalam kategori SPAM atau melanggar kebijakan YouTube.

Mungkin ada yang bilang seperti ini. Banyak kok, orang-orang yang tidak mengisi bagian kotak deskripsi ini. Ya, itu memang benar, banyak sekali orang yang tidak mengisi bagian ini. Menurut saya itu tidak salah juga. Tetapi, jika Anda mempunyai tujuan untuk meningkatkan jumlah view dan subscribers, apalagi saat ini Anda masih bukan siapa-siapa, maka penting sekali untuk membuat video yang mempunyai pencarian cukup banyak dan memanfaatkan penggunaan keyword di video yang Anda buat itu. Nanti kalau Anda sudah terkenal seperti “Deddy Corbuzier” terserah saja, mau bikin konten apapun dan mau bikin judul dengan judul satu kata saja juga tetap ramai dan ada yang menonton. Tapi untuk Anda yang masih belum siapa-siapa untuk saat ini, penggunaan semua sarana yang diberikan YouTube sangat penting!

8. Mengubah setelan privasi video

Hal yang juga bisa terjadi tanpa di sadari atau kurangnya pengetahuan, video di setel untuk Pribadi atau tidak untuk publik. Jika itu yang terjadi dengan video Anda maka langkah untuk membuat menjadi publik adalah dengan mengubah setelan video Anda.

  1. Login ke YouTube Studio.
  2. Dari menu sebelah kiri, silahkan pilih Video.
  3. Arahkan kursor Anda ke video yang ingin diperbarui. Untuk melihat upload video live Anda, pilih tab Live.
  4. Klik panah bawah di bagian “Visibilitas” lalu pilih Publik, Pribadi, atau Tidak publik. Karena video Anda tidak publik maka pilih menjadi Publik.
  5. Simpan.

Anda bisa melihat video yang ada di bawah untuk membuat pengaturan publik.

Ya, Mungkin itu beberapa alasan Mengapa Video tidak muncul di Pencarian YouTube saat sudah Anda upload. Semoga dengan adanya panduan ini, sekarang Anda menjadi lebih paham meengapa video Anda tidak juga kunjung di temukan di YouTube.

Jika Anda suka dengan artikel dan video tutorial yang kami buat ini, bantu kami share artikel Mengapa Video tidak muncul di Pencarian YouTube ini. Jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Selain itu, Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami: Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top