skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Mengapa Ujung Sayap Pesawat Melengkung Ke Atas

Mengapa Ujung Sayap Pesawat Melengkung ke Atas

Semua Orang pasti tahu dan pernah naik pesawat, banyak para penumpang yang sangat suka duduk dekat jendela pesawat, karena dari jendela kita bisa melihat pemandangan yang ada dibawah. Namun pernahkan kalian memperhatikan sayap sebuah pesawat?

Pesawat sekarang memiliki sayap yang jauh berbeda dari sebelumnya, pesawat sekarang mempunyai sayap yang melengkung ke atas. Perancang pesawat membuat sayap pesawat menjadi melengkung bukan tanpa alasan lho. Pernahkan kalian memikirkan dan bertanya Mengapa Ujung Sayap Pesawat Melengkung ke Atas Seperti Burung Elang?

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Rp.1 Juta – $1.000/Perbulan SANGAT MUDAH SEKALI.

SEWAKTU sebuah pesawat melaju di landasan pacu dan di udara, udara yang ada di sekitar sayap sebuah pesawat biasanya berputar dengan sangat cepat dan hal ini dapat mengakibatkan pesawat lain yang terbang di belakangnya bisa oleng kena udara itu, ini bisa membahayakan penerbangan. Makannya kalau di airport banyak pesawat harus antri dan menunggu dulu beberapa saat jika ada pesawat yang sudah lepas landas.

Para perancang ahli pesawat telah melakukan penelitian dan menemukan sebuah jalan keluar yang bisa mengatasi dan mengurangi masalah ini. Mau Tahu apa itu? Mereka merubah ujung pesawat yang tadinya lurus kini melengkung ke atas seperti burung rajawali, elang buteo dan juga burung bangau.

Biasanya sewaktu seekor burung terbang ujung sayap mereka yang besar bengkok ke atas sampai lurus atau bisa di katakan sampai tegak lurus. Coba kamu pikirkan kenapa burung-burung itu melakukan hal itu?

 

Hal ini mereka lakukan untuk membuat burung-burung itu bisa terbang setinggi mungkin tanpa perlu sebuah sayap yang lebih panjang. Dan mereka bisa terbang dengan sangat mulus, pernah lihat burung melayang dengan sangat lama tanpa harus mengepakkan sayap kan?

Para ilmuwan mulai mendapatkan ide dari pengamatan mereka tentang burung-burung itu dan mulai merancang sayap pesawat seperti sayap burung. Mereka melakukan percobaan demi percobaan dengan meniupkan udara ke dalam sebuah terowongan. Sebagai hasilnya ujung pesawat yang sudah dibengkokkan ke atas sampai tegak lurus sejajar dengan aliran udara jauh lebih baik terbangnya ketimbang pesawat yang mempunyai sayap lurus. Berdasarkan hasil penelitian itu mereka mengatakan mendapatkan peningkatan 10 persen bahkan bisa lebih.

Kenapa bisa begitu ya? Karena ujung sayap sebuah pesawat yang bengkok bisa mengurangi putaran udara yang ada di sekitarnya. Ujung sayap yang bengkok juga bisa memanfaatkan putaran udara yang ada di sekitarnya sehingga bisa membuat pesawat terdorong ke depan tanpa hambatan dalam penerbangan pesawat, ini menurut Encyclopedia of flight.

Tidak hanya mampu memiliki daya dorong yang lebih baik ujung sayap pesawat yang sudah dibengkokkan ke atas juga bisa terbang lebih jauh dan bisa mengangkut lebih banyak barang dari sebelumnya, memiliki sayap yang jauh lebih pendek sehingga hal ini bisa menghemat tempat parkir dan juga sangat irit bahan bakar.

Berdasarkan laporan NASA tahun 2010 banyak maskapai penerbangan yang bisa menghemat 7.600 juta liter bahan bakar. Gas yang di buang juga bisa berkurang lebih banyak. Jadi itulah alasannya Mengapa Ujung Sayap Pesawat Melengkung ke Atas Seperti Burung Elang.

Menurut Anda, Apakah Ujung Sayap Pesawat yang dibengkokkan sampai ke atas ini bisa muncul karena evolusi? Atau, apakah memang ada yang merancangnya? – Sumber Artikel www.jw.org/id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top