Memilih Hosting

Memilih Hosting Terbaik

Kadang kita sering melupakan atau mengabaikan yang satu ini “Memilih Hosting”, web hosting adalah salah satu kunci dari kesuksesan sebuah website. Memilih Hosting yang baik untuk website dapat membantu meningkatkan SEO dan Penjualan. Ada beberapa jenis pilihan hosting yang bisa kita gunakan, Free, Shared, VPS, Dedicated dan Managed Hosting.

Lalu bagaimana kita bisa memutuskan web hosting mana yang sebaiknya kita pilih? Dalam panduan kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih web hosting mana yang sebaiknya kita gunakan untuk Website Anda.




Bagaimana Memilih Layanan Penyedia Hosting yang baik?

Singkatnya –

  1. Cari tahu kebutuhan hosting Anda.
  2. Cari tahu kehandalan hosting dan jaminan uptime.
  3. Periksa semua fitur hosting (Berapa jumlah addon domain yang diperbolehkan) berdasarkan kebutuhan Anda.
  4. Pelajari jika Anda perlu upgrade hosting.
  5. Lihat harga saat mendaftar dan perpanjangan (renewal).
  6. Cek hosting control panel. (Saya lebih suka yang pakai cPanel bukaan bawaan hosting itu)
  7. Baca dengan teliti “hosting company’s ToS” jangan sampai tidak di baca, untuk mengetahui tentang akun suspensi dan kebijakan penggunaan server.
  8. Lihat apakah ada fitur tambahan lainnya (Site backup dll).

Mengetahui Kebutuhan hosting Anda.

Anda tidak bisa menentukan hosting mana yang baik untuk Anda jika Anda tidak mengetahui apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Jadi sebaiknya sebelum Anda melangkah terlalu jauh – lupakan segalanya dulu yang berhubungan dengan hosting (termasuk panduan yang Anda sedang baca ini). Silahkan Anda pikirkan apa secara keseluruhan apa saja yang menjadi kebutuhan untuk website Anda.

  • Website seperti apa yang akan Anda bangun?
  • Apakah Anda membangun website seperti yang pada umumnya (blog wWordPress misalnya?)
  • Apakah Anda membutuhkan aplikasi windows?
  • Apakah Anda membutuhkan perangkat lunak khusus seperti PHP?
  • Apakah website yang akan Anda bangun memerlukan software khusus?
  • Seberapa besar (atau kecil) traffic website Anda?

Ini adalah pertanyaan dasar penting yang menurut kami bisa membantu Anda untuk menjawab kebutuhan website Anda untuk Memilih Hosting Terbaik.

Buatlah gambaran singkat tentang apa yang akan Anda lakukan dengan website Anda saat ini dan apa yang akan terjadi untuk 12 bulan kedepan (Apa yang akan Anda lakukan untuk 12 bulan kedepan).

Jika Anda benar-benar baru dalam hal ini…

Untuk para pemula, aturan emas yang selalu harus Anda ikuti adalah memulai dari yang paling kecil, menggunakan “Shared Hosting”.

Shared Hosting harganya sangat murah, mudah untuk dimaintain dan ini cukup untuk website yang baru. Dan Anda bisa meng-upgrade ke VPS atau dedicated hosting di kemudian hari jika traffic website Anda bertumbuh besar.

Penyedia Shared Hosting yang saya Rekomendasikan

[Masih di Tulis]

Apa yang harus kita perhatikan di Web Hosting?

1 Server Reliability atau Uptime Scores

Salah satu alasa kenapa kita harus membuat website adalah karena website bisa online selama 24 x 7. Jadi kita perlu memiliki Web Hosting dengan server yang tangguh, koneksi jaringan yang stabil, dan memiliki 99,5% uptime score, jika itu adalah perusahaan penyedia hosting besar jika hosting mereka memiliki skor uptime di bawah 99% tidak dapat di terima (jangan gunakan).

2 Pilihan Server Upgrade

Pilihan Shared Web Hosting saat ini sudah cukup bagus dan kuat.

Biasanya jika saya menggunakan shared hosting dari penyedia hosting luar dengan pilihan shared hosting mampu mendukung/menampung pengunjung blog wordPress (Website) yang dioptimalkan 30.000 – 40.000 pengunjung website setiap bulannya. Ini mengapa saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan shared hosting untuk memulai membangun website.

Namun…

Jika Anda sudah mengetahui atau memiliki bayangan kalau website Anda akan bertumbuh besar dalam waktu tiga tahun, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengambil atau menggunakan Web Hosting yang lebih besar yang mampu menampung traffic website Anda – Maksud saya segera upgrade web hosting Anda dari shared hosting ke virtual private or dedicated server. Agar memiliki kinerja yang bagus untuk menampung pengunjung, kapasitas memori, media penyimpanan dan juga memiliki fitur keamanan yang lebih baik juga.

3 Multiple Addon Domains

Nama domain sangat murah – saking murahnya biasanya saya sangat sulit untuk tidak membeli sebuah domain yang menurut saya bagus (memiliki lebih dari satu domain). Jujur saya secara pribadi memiliki lebih dari 50 nama domain yang tersebar di GoDaddy, Namecheap dan Namesilo. Dan menurut sebuah survey 80% dari orang yang mengisi survey mereka memiliki lebih dari 5 nama domain dan 20% dari mereka memiliki lebih dari 50 nama domain! Sampai hari ini saya kesel banget karena kelupaan memperpanjang salah satu domain saya yang setiap 2-3 hari ada penjualan dan mendapat komisi $25 setiap ada transaksi pembelian. Saking keselnya saya kirimin aja backlink spam setiap hari ke domain itu sebanyak 1000 link. (kesel banget)

Untuk menampung domain ekstra yang kita miliki, kita perlu memiliki web hosting yang memperbolehkan kita untuk menambah beberapa domain ke hosting itu.

Kebanyakan penyedia web hosting yang menyediakan shared hosting memperbolehkan kita untuk menambah domain (Addon domain) kita setidaknya paling sedikit 20 domain* dalam satu account, tetapi kita tidak pernah bisa yakin dengan pasti jumlah pastinya.

4 HARGA: Pendaftaran Hosting Awal VS Biaya Perpanjangan (Renewal).

Kebanyakan promosi hosting untuk Shared Hosting dijual dengan harga yang cukup murah tetapi sewaktu kita mau memperpanjang biayanya menjadi sangat tinggi.

 

Ini adalah taktik bisnis.

 

Kecuali Anda mau mendaftar untuk dua atau tiga tahun sekaligus, tetapi setelah itu kita akan kena biaya perpanjangan lagi, jadi bisa saya katakan kita tidak bisa menghindari biaya perpanjangan hosting.

Harga Shared hosting yang ditawarkan biasanya di bawah $10 / bulan, harga yang bisa dianggap masih masuk akal atau harganya di bawah itu. Jadi untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan sebaiknya kita membaca dengan teliti TOS mereka.

5 Kebijakan Pengembalian (Policy)

  • Jika dalam beberapa hari setelah menggunakan Hosting tiba-tiba Anda tidak puas, perhatikan apakah penyedia web hosting mau memberikan uang kembalian penuh?
  • Apakah kebijakan pengembalian setelah masa uji coba (trial session)?
  • Apakah ada biaya untuk cancellation?

Itu adalah beberapa pertanyaan dasar yang perlu kita cari tahu dari perusahaan penyedia hosting sebelum kita mendaftar di sana.

Sangat penting untuk mencari tahu cara menangani pengembalian uang, dengan mengetahui ini Anda tidak akan kehilangan uang banyak saat tidak puas dengan mereka.

Ada beberapa penyedia hosting yang akan membebankan biaya untuk cancellation dengan sangat tinggi sekali kepada para pengguna mereka selama masa percobaan. Saran kami sih, sebaiknya Anda menghindari penyedia hosting semacam itu. Karena ada banyak perusahaan penyedia hosting yang siap mengembalikan uang kita kapan saja / memberikan kita jaminan penuh atas itu setelah masa percobaan selesai. (terdengar bagus yaahhh…. )

6 Cron Jobs, Auto Script Installer, .htaccess, dan SSI

auto-installer-cms




Sampai hari ini saya masih heran sekali…

Karena beberapa penyedia hosting tidak menawarkan fitur-fitur dasar yang sering digunakan ini. Auto Script Installer (Seperti Fantastico, Simple Scripts, Quick Installer, Softaculous, Installatron, dan masih banyak yang lain) untuk update dan install secara mudah, .htaccess untuk keamanan / page redirects/ atau tujuan lain, server side include (SSI) untuk memudahkan kita dalam pemeliharaan website (biasanya untuk membangun sebuah website statis) dan FTP access untuk kemudahan transfer file.

Abaikan Disk Space dan Kapasitas Data Transfer (Untuk saat ini)

Perlu Anda ketahui Disk space dan data transfer bukan menjadi hal utama yang harus kita bandingkan dan pikirkan lagi saat kita membeli hosting – terutama jika Anda baru – Hari ini.

Coba cek semua penyedia hosting, hampir semua rata-rata memberikan tawaran “unlimited” storage dan data transfer.

 

Istilah “Unlimited” hanyalah sebuah marketing gimmick;

 

Shared Web hosting yang kita dapatkan pada umumnya lebih dari cukup untuk penyimpanan data dan transfer data (tetap saja kita dibatasi, hanya saja kita tidak tahu seberapa batasannya). Jadi jangan terkecoh dengan kata-kata unlimited.

Jika Anda mengkhawatirkan hal itu, coba pikirkan hal ini, disk storage dan bandwidth hampir tidak menjadi masalah lagi bagi para pemilik website saat ini. Sebuah gambar bisa di simpan di Flickr; file dan dokumen di Google Doc, Video bisa kita upload ke Youtube dan Vimeo, file dengan jumlah besar bisa kita simpan di cloud storage.

Jadi kesimpulan saya – Anda tidak perlu khawatir lagi pada soal apakah hosting itu memiliki tempat penyimpanan yang besar atau masalah bandwidth lagi.

7 Memiliki fitur e-Commerce

  • Apakah menjalankan sebuah website e-commerce?
  • Aapakah website Anda nantinya menggunakan software shopping cart khusus?
  • Apakah Anda melakukan proses transaksi bisnis langsung dari website Anda?
  • Apakah Anda perlu dukungan khusu (ie. Prestashop guide atau lainnya)?

Jika semua pertanyaan di atas Anda jawab ya, maka sangat penting sekali untuk memilih hosting yang memiliki fitur e-commerce yang cukup baik. SSL certification, dedicated IP dan one click shopping cart software. Itu adalah beberaa fitur penting atau pendukung yang akan Anda perlukan.

8 Hosting Control Panel yang Mudah digunakan.

Control panel pada hosting yang mudah digunakan oleh siapa saja termasuk pemula adalah sangat penting.

Bayangkan kalau hosting itu memiliki control panel yang rumit untuk digunakan oleh user mereka? Bisa sangat membuat stress bukan? Saya secara pribadi sangat senang memilih hosting yang menggunakan cPanel. Ini sangat umum dan mudah. Kalau Anda bisa dengan semua control panel silahkan saja memilih dan menggunakan hosting itu.

Saya pernah mencoba untuk menggunakan hosting atau memilih hosting di IX Web Hosting, Ini bukan hosting yang terkenal jelek atau buruk ya – multiple dedicated IP memiliki harga yang sangat masuk akal, ditambah lagi dukungan teknis yang baik. – sayangnya saya harus membatalkan account saya disana, alasannya karena control panel mereka sulit untuk saya gunakan (very user-unfriendly).

Control panel mana yang bagus menurut saya?

 

Saya lebih suka pakai cPanel.

 

9 Account Suspension: Apa saja batasannya?

Berikut ini adalah money tip yang jarang diberitahu oleh oleh orang-orang yang mereview tentang penyedia hosting. Perusahaan penyedia hosting akan mensuspend account Anda jika Anda terlalu banyak menggunakan CPU (Ya, Unlimited hosting is limited, Anda tidak percaya? Buktikan dalam beberapa bulan kedepan) atau Anda melanggar salah satu aturan yang mereka buat, karena tidak semua hosting memiliki TOS yang sama. Jadi saran saya pastikan untuk membaca aturan.

Mengetahui Account limit bisa membantu kita beberapa hal ini:

  1. Seberapa baik (atau pelit) perusahaan hosting yang Anda gunakan itu – jika dia memberlakukan hal yang tidak wajar, maka sebaiknya jangan gunakan penyedia hosting itu.
  2. Seberapa transparan perusahaan hosting yang Anda gunakan – dapatkan Anda mempercayai kata-kata mereka? Untuk mengetahui perusahaan hosting yang jujur biasanya mereka memiliki pedoman yang sangat jelas.

10 Ramah Lingkungan

Memiliki sebuah web hosting yang ramah lingkungan ini akan menjadi perhatian utama beberapa webmaster.

Menurut sebuah penelitian ilmu pengetahuan, sebuah web server rata-rata menghasilkan lebih dari 630kg CO2 (sangat banyak) dan mengkonsumsi 1.000 KWh energi per tahunnya. Sebuah web hosting yang ramah lingkungan secara teoritis menghasilkan nol CO2. Memang ada banyak perbedaan yang besar ya antara web hosting yang ramah lingkungan dan web hosting yang tidak ramah lingkungan.

Info Penting: Banyak perusahaan penyedia hosting yang mempromosikan dan menerapkan “green marketing stratgey” beberapa tahu yang lalu, tetapi tampaknya belakangan ini sudah jarang atau memudar. Saya kurang tahu apa alasannya. Kalau tidak salah, berdasarkan pengamatan saya, GreenGeeks adalah satu-satunya perusahaan penyedia hosting yang ramah lingkungan. Anda bisa mengunjungi situs GreenGeeks di sini.

11 Email@yourdomain,com (email sesuai nama domain)

Jika Anda mulai memilih salah satu penyedia web hosting pastikan untuk melihat fitur email sebelum melakukan pendaftaran. Meskipun semua web hosting pasti punya fitur untuk itu alangkah lebih baiknya jika kita memeriksanya lebih dahulu.

12 Periode Langganan (Subscription)

Jangan heran jika banyak perusahaan penyedia hosting yang menawarkan dan memaksa pelanggan mereka untuk mengambil kontrak hosting selama mungkin (lebih dari 2 tahun)

Jika ada tawaran harga murah tetapi disuruh mengambil kontrak untuk 4 tahun atau lebih, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu. Kecuali mereka mau memberikan garansi uang kembali kapan saja tanpa syarat dan pertanyaan.

Tips bermanfaat: Jangan pernah mengambil kontrak hosting lebih dari dua tahun.

13 24/7 Liva Chat Support?

Saya secara pribadi lebih menyukai live chat yang mantab dari sebuah perusahaan web hosting. Karena ketika saya mengalami masalah atau ada pertanyaan saya bisa menghubungi mereka kapan saja.

Sekarang Anda sudah membaca keseluruhan dari panduan ini dan mulai mengetahui Cara Memilih Hosting Terbaik atau web hosting mana yang sebainya Anda pilih. Sekarang saatnya untuk membuat keputusan. Jika ada yang bertanya diantara kalian mana yang sering saya gunakan, jujur saya banyak menggunakan hosting, tujuannya untuk apa? Untuk mencoba-coba saja dan mencari tahu masing-masing perusahaan web hosting itu. Berikut ini adalah daftar Perusahaan web hosting yang mungkin bisa berguna untuk Anda.

Web Hosting BandwidthDisk SpaceControlPriceAction
Niaga HosterUnlimited500 MBcPanelRp 14.900/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
idwebhost75 GB4 GBcPanelRp 53.900/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
ardhostingUNMETERED400 MBcPanelRp 325.000/year> Kunjungi Website
> Baca Review
MasterwebUnlimited1 GBcPanel
&more
Rp. 17.500/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
A2hostingUnlimitedUnlimitedcPanel$3.92/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
Altushost10 GB100 GBcPanel$4.95/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
BlueHostUnlimitedUnlimitedcPanel$3.95/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
1and1 HostingUnlimitedUnlimitedCustom$7.87/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
DreamHostUnlimitedUnlimitedCustom$7.87/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
FatcowUnlimitedUnlimitedvDeck$3.15/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
GodaddyUnlimited100 GBcPanel$4.99/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
GreenGeeksUnlimitedUnlimitedcPanel$3.96/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
HostGatorUnlimitedUnlimitedcPanel$3.47/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
HostMonsterUnlimitedUnlimitedcPanel$2.45/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
HostoopleUnlimitedUnlimitedcPanel$3.95/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
HostpapaUnlimitedUnlimitedcPanel$3.95/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
HostuponUnlimitedUnlimitedcPanel$3.95/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
Inmotion HostingUnlimitedUnlimitedcPanel$4.19/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
InterserversharedUnlimited DiskUnlimited AddoncPanel$3.85/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
iPage HostingUnlimitedUnlimitedvDeck$1.99/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
ix-web-hostingUnlimitedUnlimitedInHouse$3.95/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
JustHostUnlimitedUnlimitedcPanel$5.95/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
Littleoak50 GB5 GBInHouse$6.67/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
LunarpagesUnlimitedUnlimitedInHouse$19.95/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
Mediatemple1 TB100 GBPlesk$20/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
MidphaseUnlimitedUnlimitedcPanel$7.95/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
Miss HostingUnlimitedUnlimitedcPanel$16.62/mo> Kunjungi Website
> Baca Review
Netmoly100 GB100 GBcPanel$5.06/mo> Kunjungi Website
> Baca Review





  • Fajar

    Customer supportnya Niagahoster mantap gan. Saya belum pernah pake hosting lain sih, baru Niagahoster, tapi ok banget

  • Bagus

    Niagahoster hosting terbaik Indonesia

  • Ahmad

    Fix mau cobain niagahoster. Banyak yang rekomendasiin dan bilang kalo hosting disana bagus

    • Dennis

      Emang bagus gan, wajar kalo banyak yang rekomendasiin niagahoster