Menjadi Resseller Dropshipping

Melihat Peluang Menjadi Reseller Dropshipping

Menjadi Reseller Dropshipping. Diantara kita semua mungkin ada yang pernah mendengar tentang bisnis dropshipping atau mungkin banyak juga yang belum tahu tentang bisnis dropshipping ini. Sebenarnya apa itu reseller dropshipping itu? Ini adalah sebuah bisnis yang membolehkan penjual lain untuk menjual barang dari toko atau perusahaan lain yang memiliki sistem dropship dengan harga yang murah atau harga gudang (wholesale) dan menjual produk itu kepada orang lain dengan harga retails. Jadi kita tidak harus menimbun stok juga dipusingkan dengan mengirim orderan. Tugas kita sebagai penjual adalah hanya memasarkan produk itu kepada orang lain melaui website atau melalui akun media sosial milik kita.

Bisnis dengan sistem dropship sekarang ini di Indonesia sudah banyak digemari, kalau di luar negeri sistem dropshipping sudah sangat-sangat digemari oleh semua pebisnis online, mengapa? Karena kita bisa memperoleh keuntungan yang relatif besar dan kalau kita ingin menjadi member atau penjual dropship kita tidak perlu mengisi pendaftaran yang sangat ribet, memang kalau di luar negeri untuk menjadi member dropship ada yang gratis ada yang berbayar. Sebenarnya dengan dibuat biaya pendaftaran ini bukan untuk mempersulit kita tetapi malah untuk membantu kita aman dari penipuan dan juga menjalin kerjasama secara serius baik kepada si pemilik barang atau si penjual.



Masalah yang paling sering dihadapi untuk memulai sebuah bisnis baru adalah biasanya kita terkendala dengan yang namanya modal bukan? Modal ini nantinya bisa kita gunakan untuk membeli barang atau menyewa tempat, tetapi dengan adanya model bisnis online dan menggunakan sistem dropshipping hal ini telah membantu banyak orang untuk bisa memulai bisnis dengan modal yang sangat kecil bahkan tanpa harus stok barang, Menarik sekali ya.

Bisnis Dropshipping juga tidak serumit bisnis online lainnya seperti affiliate marketing, Clickbank, PPC, jual beli link dan lainnya. Bisnis itu membutuhkan banyak dana, harus membuat website, artikel dan membeli backlink. Pembayarannya juga tidak langsung, harus menunggu lama sampai payout kita mencukupi.

Supplier Mengirim Barang atas Nama Kita

Sebenarnya menggeluti bisnis ini juga bisa sangat menguntungkan kita, kenapa? Karena selain tidak usah dipusingkan dengan stok barang dan mengirim barang, semua pesanan dari customer kita, akan mereka kirim dengan atas nama kita (sebagai pengirimnya) meskipun barang itu dikirim dari toko atau perusahaan lain (Supplier)

Cuma yang perlu mau saya jelaskan sedikit di sini adalah dropshipping berbeda dengan yang namanya sistem reseller. Dropship tidak mengharuskan kita untuk membeli atau stok barang sedangkan kalau sistem reseller mengharuskan kita untuk membeli barang dari pemilik barang (supplier) untuk kita jadikan stok barang di rumah kita lalu kita jual kembali kepada konsumen kita dengan menambahkan harga jual untuk kita jadikan sebagai keuntungan kita.

Tugas Kita Hanya Memasarkan Produk Supplier

Supaya bisa terjadi penjualan maka barang atau produk yang kita mau jual tadi kita pasarkan. Proses pemasarannya seperti yang sebelumnya saya katakan bisa secara online ataupun offline. Tapi seiring kemajuan teknologi sekarang ini banyak orang memasarkannya secara online. Mengapa secara online? Karena cara ini dianggap yang paling efektif, saya sendiri sudah membuktikan ini yang cocok dan efektif buat saya. Tanpa harus keluar rumah kita bisa memasarkan produk kita bahkan bisa menjangkau orang yang dari daerah lain juga. Jika Anda punya Facebook dan juga Instagram Anda bisa menjualnya dari sana juga, Asiik khaaan…..

Media Untuk Memasarkan

Apa saja sih media online atau yang bisa kita gunakan untuk memasarkan barang kita ini nantinya? Beberapa diantaranya bisa seperti melalui:

  • Website Forum
  • Membuat Toko Online Pribadi
  • Blog Pribadi
  • Media sosial (facebook, twitter, instagram)
  • Lewat SMS dan WhatsApp
  • Marketplace Gratis dan Berbayar

Jadi bisa kita lihat dari penjelasan di atas kalau bisnis dropshipping ini sangat mudah untuk dijalankan oleh orang yang sudah bekerja maupun yang tidak bekerja. Kita juga bisa bekerja dari mana saja kalau kita mau asalkan kita ada laptop dan koneksi internet.

Produk Apa saja yang Bisa dijual

Mungkin ada yang bertanya seperti ini, produk apa saja sih yang bisa kita jual kalau kita mau terjun di bisnis ini? Sebenarnya hampir semua produk bisa kita jual dalam bisnis dropshipping ini asalkan ada dropship suppliernya.

Produk Lokal: produk produk yang bisa kita jual untuk market lokal beberapa diantaranya seperti kaos, Souvenir, Undangan, Tas, Kacamata, Produk kecantikan, elektronik dll

Produk Internasional: sebetulnya sama saja entah itu produk lokal ataupun produk internasioanl semua bisa kita jadikan produk dropship seperti kaos, topi, tas, sepatu, dompet, elektronik, alat-alat rumah tangga dan lainnya.

Kriteria Produk Yang akan dijual:

  • Jual Produk yang bisa tahan lama (jangan makanan yang cepat basi)
  • Cari Harga produk dari supplier yang murah, karena kita akan ambil keuntungan ≥ 50%.

Jadi jika Anda mau terjun di bisnis ini “Menjadi Resseller Dropshipping” tidak usah khawatir soal stok barangnya (produk) lagi. Karena tanpa memiliki produk kita masih bisa berjualan, kita bisa menjual produk orang lain. Jujur yang menjadi kendala bagi saya secara pribadi adalah mencari orang-orang yang bisa dijadikan dropship supplier terpercaya. Ini sangat-sangat sulit karena berdasarkan pengalaman dan mengingat hari- hari terakhir yang semakin mendekat dimana kasih kebanyakan orang semakin mendingin kita akan kesulitan untuk mencari dropship yang jujur. Yaah musti jeli dan mengetes belanja sendiri dalam jumlah dikit selama beberapa kali dan kirim ke alamat teman atau kenalan kita, jika barang dikirim sesuai foto dan alamat pengirimnya juga menggunakan alamat kita, maka kita bisa menggunakan dia. Silahkan mencoba membeli beberapa kali untuk memastikan kejujuran dopship supplier. (ini adalah cara yang sering saya lakukan, harus bagi saya)

Meskipun memang sulit untuk memilih dan mencari dropship supplier kini kita tidak perlu khawatir lagi soal itu, ada banyak perusahaan “drophip supplier”  yang bisa membantu kita setiap saat. Kebanyakan perusahaan dropship ini pasti menjadi solusi bagi kita untuk mendapatkan harga yang murah dan menjadi seller yang dipercaya oleh semua konsumen kita. Pasti Anda ingin tahu kan siapa saja perusahaan dropship supplier yang bisa kita ajak kerjasama?



Perusahaan yang bisa kita jadikan dropship supplier

  1. Cakning.com: Untuk bergabung di cakning tidak dipungut biaya, kita bisa langsung mendaftar di sana seperti kita mau membuat email, segampang itu. Setelah itu Anda sudah bisa berjualan di toko Anda sendiri, Facebook atau lainnya.
  2. Supplier.id: Untuk mendaftar di sini juga gratis, TETAPI ada tetapinya nih, kalau di sini untuk bisa menjadi dropship mereka kita diharuskan membayar biaya sebesar Rp.250.000 kalau saya tidak salah inget. Kenapa harus bayar sudah pasti ada alasan yang masuk akal. Apa saja itu? Silahkan membaca langsung di situs mereka klik di sini >> supplier.id << setelah itu daftar dengan menggunakan Email (untuk daftar gratis)

Sebetulnya selain menggunak perusahaan dropship supplier resmi seperti itu kita juga bisa menjual produk-produk dari penjual yang ada di tokopedia.com dan bukalapak.com. caranya bagaimana? Dengan menghubungi penjual yang berjualan di sana dan yang bisa menerima sistem dropship. Tokopedia dan Bukalapak kini menjadi tempat yang disukai untuk mencari dropship supplier. Kamu mau coba?

Kelemahan Bisnis Dropshipping

  • Jumlah keuntungannya terbilang tidak terlalu besar (buat saya hal ini tidak masalah)
  • Biasanya untuk Laporan Stok barang yang dipajang kurang up to date.
  • Tidak mudah untuk menjual produk yang belum pernah kita lihat secara langsung.
  • Kalau ada masalah dengan produk, kitalah yang dimarah bukan dropship supplier.
  • Beberapa perusahaan yang menerima Dropship, kadang sangat sulit untuk komunikasi, tetapi ini bukan berarti mereka tidak akan mengirim barang, mereka tetap mengirim barang hanya saja untuk komunikasi sering kali sangat lambat dan tidak menjawab. sebagai contoh kasus saya mencoba salah satu toko yang ada di video ini >> Silahkan tonton << di dalam website mereka di sana dijelaskan pengiriman menggunakan JNE, tetapi saat dikirim bukan menggunakan JNE. Repot kan?? ini adalah salah satu kendalanya. kendala kedua adalah tidak semua email atau pesan akan dijawab oleh mereka. Meskipun demikan toko- ini dan beberapa toko lain yang jujur tetap akan mengirim barang kita ke pembeli kita. jadi jangan takut jika terjadi masalah seperti yang ada di video itu.
  • Beberapa Toko yang menerima Dropship mengharuskan kita untuk membayar jika kita ingin menjadi dropshipper mereka. Tujuannya sudah jelas buat saya, toko-toko seperti ini ingin mengambil keuntung juga dari member yang ingin bergabung, seharusnya tidak harus demikian, karena mereka sudah terbantu oleh kita dengan memasarkan produk mereka, bisa saya katakan pemilik toko dan penjual (dropshipper) sama – sama untung dan saling membutuhkan. Ilustrasinya seperti ini Anda ingin melamar kerja di perusahaan “A”, tetapi untuk bisa bekerja di sana Anda diharuskan membayar uang masuk kerja. LUCU BANGET khannn??? Meskipun alasan mereka adalah untuk menemukan dropshipper yang serius. Jadi kalau saya menemukan toko seperti ini biasanya saya tidak mau bergabung. Belum tentu kita bisa jualan udah di PALAK duluan. Muke loe Jauuh Joe!
  • Kebanyakan Toko-toko yang menerima dropshipp adalah Perorangan bukan perusahaan Besar (seperti Matahari dll) meskipun mereka mengaku sebagai sebuah perusahaan.

Kelebihan Bisnis Dropshipping

  • Modal sangat kecil (jika Anda sudah punya laptop dan koneksi internet sebelumnya maka Anda sudah bisa mulai bisnis ini tanpa mengeluarkan modal lagi)
  • Bisnis yang simpel, tidak stok barang dan pusing untuk mengirim barang.
  • Kerja dari mana saja.
  • Kita hanya mengeluarkan uang 1 kali untuk membeli Komputer, modem dan koneksi internet saja. Tiap bulannnya hanya keluar uang untuk biaya internet untuk bekerja.

Ciri-ciri dropship supplier yang baik

Pastikan Anda untuk berhati-hati saat memilih dropship supplier ya. Pilih dengan sangat teliti dan yang  hanya memenuhi standar. Biasanya dropship supplier yang baik itu yang seperti ini:

  • Tidak menerima Pembayaran untuk menjadi member mereka.
  • Respon tanya jawab dibalas, sekalipun itu hal yang paling buruk. Bayangkan ketika Anda ada pembeli dan pembeli ini mengajukan pertanyaan, dan Anda perlu bertanya ke supplier, supplier Anda tidak menjawab dengan cepat. Pembeli bisa jadi kabur kalau kita lama membalasnya.
  • Kurir Pengiriman sesuai yang ditulis atau dijanjikan.
  • Landing page website bagus.
  • Jujur.
  • Poin lebih jika mereka punya sistem pembayaran otomatis, jika tidak juga tidak masalah.
  • Cari penjual grosiran, karena mereka biasanya menjual dengan harga yang murah.
  • Pilih yang sistemnya jelas mulai dari cara pemesanan, pembayaran, proses konfirmasi dan proses pengiriman.
  • Mudah dihubungi dan sering online meskipun tidak 24 jam full.
  • Uji dahulu kualitas barang, coba Anda pura-pura membeli di supplier Anda kemudian kirim ke alamat teman atau rumah Anda yang lain. Apakah kualitas barang bagus, apakah alamat pengirim menggunakan alamat si supplier atau alamat dropshipper

Kini kita akan sedikit membahas tentang kenapa bisnis dropshipping yang kita jalankan kurang begitu laku dibandingkan orang lain yang menjual barang yang sama dengan kita? Coba Anda jawab dahulu sendiri, kira-kira apa jawabannya dan apa yang menyebabkannya?

Mungkin ada yang menjawab, konten untuk deskripsinya copy paste atau ada yang menjawab harganya terlalau mahal sih. Semua jawaban itu benar, tetapi menurut saya kurang tepat ada yang lebih tepat (benar)

Jawabannya adalah kualitas FOTO PRODUK yang Anda pajang di etalase toko kurang begitu baik. Karena kita mau jualan online sudah pasti orang yang mau membeli harus mendapatkan informasi yang jelas, detail dan gambar produk yang baik. Bayangkan deh jika foto produk yang Anda pasarkan itu jelek, karena si dropship supplier tidak mau membuat foto yang bagus yang bebas dari pandangan yang tidak berfokus pada produk yang dijual. Bisa-bisa calon konsumen Anda malas dan kurang yakin dengan produk yang sedang Anda pasarkan, jadi usahakan foto produk Anda memiliki kriteria sebagai berikut ini:

  • Latar belakang foto produk satu warna. Anda bisa menggunakan warna putih, abu-abu atau hitam. Banyak pedagang yang tidak mengerti hal ini, jadi mereka menggunakan foto yang norak atau asal foto saja.
  • Gunakan foto dengan ukuran yang besar (tetapi tidak terlalu besar) dan tidak buram.
  • Objek tunggal, maksud saya dalam 1 foto tidak ada banyak gambar, karena ini akan membuat mata konsumen Anda bingung dan menjadi tidak menarik. Jadi satu foto 1 gambar seperti contoh gambar yang ada dibawah ini.

Kualitas foto produk harus baik





 

Jika Anda menemukan dropship supplier yang MANTAP tetapi foto produknya kurang mantap Anda harus bertindak lebih aktif untuk menghubungi supplier dan beritahu dia kalau Anda bisa menjual barang mereka asalkan dia mau memberikan foto produk yang Anda inginkan. Baik mungkin saya rasa cukup sekian tentang konsep bisnis dropship – Melihat Peluang Menjadi Reseller Dropshipping, dilain kesempatan saya akan membahas kelanjutan dari artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.

loading…