skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Ide Bisnis Jualan Online Paling Menjanjikan

Ide Bisnis Jualan Online Paling Menjanjikan

Lagi Cari Ide Bisnis Jualan Online Paling Menjanjikan? Artikel ini akan memberitahu kepada Anda apa saja Ide Bisnis Jualan Online Paling Menjanjikan bahkan bisa di lakukan hanya dengan modal kecil atau menggunakan sebuah smartphone dan Laptop saja.

Tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi telah sampai ke negara kita Indonesia, dulu sewaktu kami pertama belajar dan menggunakan Internet tahun 1997 di Indonesia mungkin belum banyak yang jualan di ebay, menjadi affiliate marketing atau bahkan pebisnis online seperti sekarang ini. Memang waktu itu kami juga belum mulai terjun di dunia bisnis online, waktu itu kami masih senang-senangnya main internet (Carding) dan kegiatan mengajarkan kepada teman-teman kuliah di Jogja bagaimana caranya membuat email, mengirim email, chatting dan kegiatan online lainnya yang tidak ada hubungannya dengan bisnis online.

Semakin sering kami ke Internet dan mendapatkan informasi kami mulai mengenal yang namanya 99designs. Odesk, Elance, Markethealth, Shareasale, Clickbank, Fiverr, Etsy dan beberapa website lain.

Di Indonesia kemudian mulai bermunculan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan website lainnya yang memudahkan orang untuk bisa membuka usahanya dari mana saja bahkan hanya dengan modal kecil. Karena semakin banyak orang – orang yang merasakan enaknya terjun di bisnis online dan akhirnya sukses untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar yang tadinya hanya dimulai dari bisnis kecil.

Panduan Lengkap Cara Jualan di Tokopedia – Disertai Video

Berikut ini beberapa ide bisnis Jualan Online yang bisa Anda lakukan dengan modal kecil bahkan hanya menggunakan Smartphone, Laptop dan Koneksi Internet saja:

A – Bisnis Reseller

Bisnis Menjadi Reseller ini sebetulnya bukan hal yang baru, bisnis makin banyak diminati berkat informai yang kita dapat dari internet. Mungkin ada yang yang masih belum tahu atau ada yang masih bingung bagaimana cara jadi reseller? Apakah mudah? Apakah butuh modal yang besar? Apakah bisa dilakukan tanpa modal? Apakah memang ada menjadi reseller tanpa harus mengeluarkan uang atau modal?

Semua orang bisa menjadi reseller, anak muda, Ibu rumah tangga, karyawan, kepala rumah tangga dan siapa saja yang memang ingin memiliki usaha sampingan dan bisnis yang menggunakan modal kecil.

Anda harus Tahu ini…

Yang namanya membuka bisnis tidak ada yang namanya tanpa modal. Jika Anda pernah membaca dan mengikuti kursus online yang pernah mengatakan “Anda bisa memiliki bisnis tanpa modal” saya katakan itu KEBOHONGAN besar.

Ketika Anda ingin terjun dan menjadi seorang reseller, Anda harus memiliki modal, modal yang saya maksud di sini modal kecil yang bisa Anda lakukan sekarang juga, Anda tidak akan mengeluarkan modal seperti orang yang ingin membuka sebuah toko dan menyewa sebuah tempat untuk membuka usaha tersebut.

Ketika Anda ingin terjun menjadi seorang reseller, Anda tidak banyak mengeluarkan uang untuk modal memproduksi produk yang mau di jual dan juga biaya untuk promosi. Yang perlu Anda lakukan adalah Anda hanya perlu bekerjasama dengan beberapa perusahaan atau pemilik produk yang bisa Anda percaya dan dia mau berbagi pekerjaan dengan Anda (menjadi reseller) karena hal ini akan membantu anda menjadi pebisnis yang bisa dipercaya oleh para konsumen Anda.

Modal yang harus Anda keluarkan dan siapkan adalah Komputer, Modem, Smartphone.

Apa Perbedaan Dropship dan Reseller?

Dropship adalah sebuah bisnis dimana Anda akan belanja di supplier langganan Anda dan meminta supplier untuk mengirim barang atau produk yang Anda beli ke para pelanggan Anda. Sedangkan Reseller adalah orang yang membeli barang untuk stok dia dan kemudian dia menjual kembali suatu produk atau barang itu kepada orang lain.

Apa Persamaan Dropship dan Reseller?

Dari kedua bisnis ini ada satu persamaannya, mereka sama-sama tidak memiliki barang atau produk sendiri yang mereka buat, mereka membeli produk lain dan menjualnya. Menurut saya lebih baik jika Anda memulai sebuah bisnis menjadi reseller. Memang untuk menjadi reseller dibutuhkan sebuah modal untuk stok barang – barang yang mau kita jual secara online. Tetapi jika Anda hanya memiliki modal kecil Anda bisa memulai bisnis dropship.

Agar semua model bisni ini bisa berjalan dengan baik dan meraih sukses, maka ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan sebelum kita membeli barang dan menjualnya:

Cari Produk Yang Laris di Jual dan Trend.

Mencari barang dan juga produk yang laris untuk di jual kembali memang susah-susah gampang kalau menurut saya. Meskipun ada begitu banyak teori dan tips yang diberikan oleh para pebisnis online yang sudah duluan sukses, kita tidak bisa menerapkan 100% teori yang sama dalam bisnis kita. Tetapi dengan mempelajari dan menggunakan teori dan tips yang mereka berikan kita bisa berharap barang yang kita jual akan laku untuk dipasarkan.

Mencari dan memilih produk yang laris dan sedang trend saat ini untuk di jual kembali adalah hal penting dan yang paling penting menurut saya sebelum mulai berbisnis. Sekarang ini memang sedang nge-trend jualan online dan hampir semua orang ingin berjualan online termasuk anak Anda, maka akan sangat memberi keuntungan kepada kita jika kita bisa menemukan sebuah produk yang sedang diminati oleh banyak orang (pasar) untuk kita jual secara online. Contohnya Anda bisa menjadi reseller produk – produk yang ada di jual luar negeri dan juga yang di jual dan ada di Indonesia sendiri.

Carilah produk yang memang dibutuhkan oleh orang-orang setiap saat dan setiap waktu, jangan produk yang sudah tidak nge-trend lagi atau yang muncul hanya musiman saja.

Jual Produk Yang Ada Untungnya.

Banyak orang menganjurkan untuk memilih dan menjual produk yang bisa mendatangkan profit 50% bahkan kalau bisa lebih dari itu. (biasanya produknya seperti fashion, makanan, craft dan juga buku). Menurut saya hal itu sangat bagus, kita bisa dapat keuntungan yang cepat, tetapi tidak semua barang yang kita jual bisa mendatangkan keuntungan 50% bisa laku? Produk yang profitnya sedikit atau yang dianggap remeh oleh banyak orang juga bisa kita pasarkan dan bisa menghasilkan profit. Jadi intinya semua produk bisa kita jual dan mendatangkan keuntungan selama produk itu dibutuhkan oleh orang-orang.

Cari dan Pilih Supplier Yang Bertanggung jawab dan Bisa diajak Kerjasama.

Mencari dan memilih supplier yang bisa di ajak kerjasama itu memang susah-susah gampang juga sih kalau menurut saya. Hari ini mungkin supplier kita bagus, tapi bisa saja di kemudian hari dia berubah dan menjadi merepotkan kita. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa menemukan supplier yang bagus dan bisa di ajak kerjasama. Supplier yang bagus itu supplier yang bisa melayani pengiriman dengan baik, yang cepat mengirimkan no resi pengiriman kepada Anda sehingga Anda tidak repot dan pusing di tanya customer Anda barang sudah di kirim apa belum.

Membuat Tujuan Dan Target

Mungkin ada yang berpikir ini kan cuam bisnis sampingan saja, bisnis reseller dan dropship buat apa repot-repot membuat tujuan dan target segala. Jangan salah, semua bisnis yang di bangun ada tujuan dan target yang ingin di capai, jika Anda membangun sebuah bisnis tetapi tidak memiliki tujuan dan target maka bisnis yang sedang Anda bangun ini kemungkinan tidak akan berkembang. Jadi pastikan Anda harus membuat target dan tujuan bisnis yang jelas.

Rekrut Admin Saat Bisnis Mulai Berkembang.

Jika pelanggan Anda sudah banyak dan Anda sudah kewalahan dalam menangani semua pekerjaan yang masuk saran saya untuk Anda dan langkah terbaik yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah Anda mulai mencari seorang Admin untuk membantu pekerjaan Anda.

Untuk bisa menemukan dan menjual produk reseller, Anda juga bisa mengimportnya dari negara china sendiri, bagaimana caranya silahkan pelajari Video Tutorial Cara Impor Barang dari China di sini.

B – Bisnis Dropship

Bagi Anda yang ingin membuka bisnis tanpa modal, model bisnis dropship adalah yang paling baik dan bisa Anda jalankan hanya bermodalkan Smartphone saja. Meskipun model bisnis ini bisa di jalankan hanya bermodalkan smartphone menurut saya alangkah lebih baik lagi jika Anda menjalankan bisnis ini dengan menggunakan sebuah laptop atau komputer (jika ada dananya). Kenapa saya bilang harus menggunakan laptop atau komputer karena pekerjaan Anda akan jauh lebih mudah selain itu anda juga akan bisa mengedit dan memberi nama file-file yang dibutuhkan untuk produk yang akan anda jual. Sebetulnya ada banyak kegiatan yang akan Anda lakukan nantinya yang tidak mungkin semuanya bisa dikerjakan oleh sebuah Smartphone. Percaya deh sama saya.

Carilah supplier yang menjual barang dengan harga yang murah, bisa di ajak kerjasama, lalu tanyakan apakah Anda bisa mendaftar menjadi dropship dan yang lebih penting lagi tanyakan juga APAKAH DIBUTUHKAN BIAYA UNTUK MENDAFTAR MENJADI DROPSHIP?

Kenapa saya bilang Anda harus melihat dan menanyakan apakah dibutuhkan biaya untuk menjadi dropship mereka? Karena menurut saya kita akan sama – sama mendapat sebuah keuntungan, barang mereka kita bantu jualkan dan kita akan mendapatkan keuntungan dari barang yang kita jual ke pelanggan kita.

 

Beda kalau kita harus mengeluarkan uang untuk mendaftar menjadi dropship, misalnya saja kita diharuskan untuk membayar sekian ribu rupiah. Menurut saya supplier yang seperti ini bukan supplier yang tepat, ini menurut saya, bisa jadi pendapat saya ini berbeda dengan para master di bidang ini. Karena sudah pasti supplier seperti ini ingin mendapat keuntungan dari pendaftaran semua member baru, model supplier yang seperti ini sekarang semakin banyak, malah sekarang hal ini di jadikan sebuah bisnis jadi pastikan untuk menghindari supplier yang seperti ini yang mengharuskan kita membayar.

Cari supplier yang bisa di ajak kerjasama dan setelah ada pesanan masuk kita order ke si supplier dan minta barangnya di kirim ke alamat pelanggan atau pembeli kita.

Konsep Bisnis Dropship itu Anda akan menjual sebuah produk dagangan orang lain tanpas stok barang dulu di rumah, terserah mau anda jual di mana, tokopedia, bukalapak, facebook, instagram atau lainnya, jadi bisa saya katakan dalam bisnis dropship ini Anda berperan sebagai seorang perantara antara pemilik produk dan calon pembeli produk Anda. Kalau saya sih bilangnya Calo atau makelar (tapi banyak orang yang gak setuju dengan kata itu)

Tugas Anda di dalam pekerjaan ini hanya perlu mencari sebanyak mungkin supplier yang paling baik dan bisa kita ajak kerjasama untuk melayani dropship. Jika sudah menemukan yang “baik” dan “cocok” baru Anda pasarkan produk mereka dengan mengambil foto atau gambar produk kemudian harganya Anda naikkan untuk keuntungan Anda. Saya rasa untuk keuntungan terserah Anda saja sebagai contoh barang yang mau Anda pasarkan harganya Rp.15.000 kemudian Anda bisa jual kembali dengan harga Rp.20.000 atau lebih dan selisih harganya adalah keuntungan Anda.

Keuntungan Seorang Dropshipper adalah dengan menaikkan harga produk jual dari produk supplier Anda.

Model bisnis ini sangat simpel bahkan Anda bisa menjalankannya seorang diri atau hanya di bantu suami atau istri Anda. Semua barang juga tidak perlu Anda stok di rumah, Anda juga tidak memerlukan gudang penyimpanan barang karena begitu ada order Anda baru akan membelinya di supplier anda dan mengirimnya ke pada pelanggan Anda.

INGAT saat memilih dan mencari supplier jangan yang mengharuskan kita membayar untuk menjadi dropship, cari supplier yang memang ingin berbagi pekerjaan, rejeki dan poin lebih adalah yang juga membantu para dropshippernya pembelajaran online tentang bisnis itu.

Jika Anda menginginkan Panduan Video Tutorial Dropship Dalam bahasa inggris Shopify DropShip Mastery, isi materinya bisa Anda lihat di sini, Untuk mendapatkan Tutorial ini silahkan mendapatkannya di sini.

C – Bisnis Affiliate

Affiliate Marketing sangat populer di luar negeri. Di Indonesia sekarang ini juga semakin banyak yang menyukai dan fokus di sana. Salah satunya adalah saya. Mungkin ada yang ingin bertanya Affiliate marketing itu apa? Affiliate marketing adalah sebuah bisnis yang mirip seperti seorang perantara atau makelar, kita akan mendapatkan komisi hanya saat kita berhasil menjual sebuah barang yang kita promosikan di website kita. Bisnis ini hanya bisa di jalankan secara online saja dan harus menggunakan website pribadi. Jadi Anda bekerjasama dengan merchant atau seorang produsen untuk memasarkan produk mereka. Posisi pekerjaan Anda di sini adalah sebagai marketing online.

Cara bergabungnya bisa saya katakan seperti Anda melamar pekerjaan di kantor-kantor pada umumnya hanya saja ada perbedaan, Anda akan melamar pekerjaan secara online dengan mendaftar sebagai affiliate di website mereka, untuk bisa di terima sebagai affiliate mereka kebanyakan merchant mengharuskan Anda sudah memiliki sebuah website terlebih dahulu. Setelah Anda diterima sebagai affiliate Anda akan di beri link khusus (link affiliate) yang akan Anda letakkan di website atau blog, sosial media seperti facebook, twitter, youtube dan Anda juga bisa meletakkan di forum-forum online sehingga Anda memiliki harapan untuk mendapatkan penjualan. Komisi hanya akan diberikan jika ada seseorang yang mengklik link tautan affiliate Anda dan melakukan pembelian, jika orang tersebut mengklik link tautan affiliate di website Anda tetapi tidak melakukan pembelian maka Anda tidak akan mendapatkan komisi alias tidak di gaji. Komisi yang di dapat sangat bervariasi mulai dari 8% – 70%.

D – Endorse

Bisnis ini makin terkenal sejak instagram muncul, Anda hanya membutuhkan modal akun instagram dengan follower yang bisa dibilang tidak sedikit kalau follower Anda masih sedikit maka Anda tidak bisa terjun di bisnis jasa endorse untuk menghasilkan uang.

Dari data yang di dapat ada seseorang yang memiliki follower lebih dari 3-7 juta mereka mematok harga sekitar USD 93.750 setiap membuat status di facebook dan USD 75.000 setiap status yang di buat di akun instagram. Mantab ya kalau kita bisa mendapatkan pekerjaan seperti itu.

Di Indonesis sendiri Jasa endorse ini sangat laku karena bisa saya katakan ini adalah iklan juga, jadi di jaman modern seperti ini memasang iklan bukan hanya melalui media TV dan Radio saja tetapi sudah bisa dilakukan di Internet. Di indonesia kebanyakan yang di gunakan adalah para artis, ada yang tukar barang ada juga yang memberi uang. Tarifnya bermacam-macam bisa sampai puluhan juta juga. INGAT tidak semua orang bisa terjun di bisnis ini.

E – Blogger

Buat Anda yang senang menulis dan membaca Anda bisa menjadi seorang blogger dengan membuat sebuah blog dan mendaftarkan blog atau website Anda di Google Adsense. Anda akan mendapatkan penghasilan dari setiap klik iklannya, tetapi iklan yang muncul di website Anda tidak boleh Anda klik sendiri karena jika hal itu terjadi Anda bisa kena PHK dari Google alias di pecat. Contoh website yang ikut dalam program Adsense adalah website SUBMITClimb ini. Anda bisa membaca tentang Adsense di website Google Adsense ini.

F – Jual Hasil Karya Foto

Jika kamu punya keahlian dalam bidang fotografi atau hobi foto, kamu bisa menjual hasil karya jepretan terbaikmu di situs-situs seperti shutterstock, alamy.com, istock Photo, Photoshelter, Fotolia, PhotoMoolah, SmugMug, Can Stock Photo, 123RF, Dreamstime, FineArtAmerica, Snapped4u dan masih banyak yang lainnya.

G – Jual Karya Design Online

Anda juga masih bisa terjun di bisnis online sebagai orang-orang kreatif, misalnya desainer grafis dan seniman secara online di website website seperti creativemarket.com, Design Cuts, Art Web, Big Cartel, threadless, society6, Etsy, zazzle, inprnt, redbubble, myfonts.com, Fiverr, themeforest, Tee Spring, Spreadshirt , Cafepress, teepublic, bluecotton dan masih banyak yang lain.

H – YouTuber

Nah yang senang tampil seperti artis dan yang senang membuat video bisa ikut program YouTube AdSense. Dengan mengikuti program ini Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari setiap tayang dan klik iklannya. Sama seperti Google AdSense Anda tidak boleh mengklik iklan yang tayang di video Anda sendiri karena hal ini akan menyebabkan Anda di pecat dari YouTube.

Untuk bisa mendaftar di YouTube AdSense Anda diharuskan membuat dan mengupload video ke YouTube. Kalau dulu sebelum tahun 2017 dan 2018 untuk mendaftar YouTube AdSense dan menampilkan iklan cukup mudah, hanya dengan beberapa video saja dan sedikit subscriber kita sudah bisa mendaftar dan diterima kemudian iklan sudah bisa tayang di semua video yang kita upload. Sayangnya karena ulah spammer orang-orang jahat (curang) yang mendownload video orang lain kemudian mengeditnya dan di upload ulang di channel mereka dan juga banyaknya video-video yang kontennya tidak bermanfaat bahkan berisi kebencian dan berita hox membuat YouTube memperketat aturan mereka. Anda harus memiliki 10.000 View video dan 1.000 Subscriber baru permohonan Anda untuk YouTube AdSense bisa sepenuhnya di terima dan mulai menampilkan iklan dan uang.

Saya telah membuatkan tutorial lengkap dalam bentuk video tentang cara menghasilkan uang dari YouTube, memang materinya mungkin jauh dari kata sempurna seperti kursur berbayar yang diberikan para master, tetapi tujuan saya di sini adalah ingin berbagi apa yang saya ketahui kepada Anda dan apa yang saya pelajari ini hasil dari belajar belum semua selesai saya buatkan karena kesibukan dan juga kegiatan mengurus Anda, tetapi materi ini masih terus saya kerjakan Anda hanya perlu bersabar untuk melihat video lanjutannya selama proses pembuatannya. Silahkan Anda pelajari di channel YouTube SUBMITClimb.

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube – Tutorial Berseri Dalam Bentuk Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top