Cara Setting Plugin WordPress SEO By Yoast

Cara Setting Plugin WordPress SEO By Yoast




WordPress SEO (WordPress SEO By Yoast) adalah salah satu plugin SEO Gratis untuk WordPress. Di buat oleh Yoast, plugin ini adalah salah satu plugin yang terbaik untuk mengoptimalkan situs WordPress Anda di mesin pencari. Dan yang lebih bagusnya adalah plugin ini benar – benar gratis untuk Anda! Untuk yang berbau GRATIS kita semua pasti suka. Ada berita bagus lain buat Anda, jika Anda membeli WordPress Themes melalui link afiliasi kami semua theme yang Anda beli mendukung dengan plugin ini termasuk juga jika Anda menggunakan Jasa Pembuatan Website Murah  dari Jasa Penyedia Pembuatan website yang ada di Indonesia sudah secara otomatis mereka akan menginstall plugin ini di situs Anda. Jika Anda ingin membuat website dengan biaya yang minim kami bisa membantu Anda merekomendasikan Jasa Pembuatan Website untuk Anda. (Itung – itung kami bantu teman juga hehehe…)

SEO adalah faktor penting untuk sebuah website. Mengapa demikian? Karena jutaan Orang di seluruh dunia menggunakan istilah atau kata kunci di mesin pecari setiap detiknya dan Anda ingin mereka semua yang mengetikkan kata kunci di search engine menemukan kata kunci yang cocok di situs Anda bukan?

Hal ini bisa terjadi jika Anda menggunakan dan menerapkan SEO pada website Anda dan WordPress SEO adalah plugin yang sangat sempurna dan cocok untuk situs WordPress Anda. Plugin ini akan membantu dan memandu Anda untuk ke arah yang benar ketika menulis konten untuk website, Anda juga bisa memilih dan memasukkan fokus keyword website Anda atau fokus keyword untuk halaman tertentu website Anda (Kata kunci apa yang ingin Anda target) plugin ini juga bisa secara otomatis memberitahu Anda berapa kali (apakah ada pemunculan) penempatan kata kunci di dalam website Anda. (di judul, judul halaman, URL, konten, meta description) jadi hal ini bisa membuat penerapan SEO di website Anda menjadi lebih mudah.

Kelebihan dan keunggulan WordPress SEO By Yoast tidak berhenti hanya sampai di situ saja, selain gratis plugin ini memiliki pilihan untuk Judul dan Meta, Social, Sitemap XML, Permalinks, Internal Links, RSS dan juga pilihan untuk import/export untuk pengaturan SEO Anda ke semua situs – situs yang Anda miliki. Buat saya ini benar – benar sangat lengkap. Jika memungkinkan kami akan segera mengupdate halaman ini untuk mengganti atau menambahkan gambar – gambar dan juga video tentang cara setting plugin WordPress SEO by Yoast yang terbaru (Setiap ada Update).

Cara Install Plugin WordPress SEO By Yoast

Berikut ini cara menginstall plugin WordPress SEO By Yoast, caranya sangat mudah sama seperti kita menginstll plugin – plugin yang lain.

 

Langkah Pertama:

Langkah Pertama klik Add New

 

Langkah ke dua:

Langkah ke dua search wordpress seo

 

Langkah ke Tiga:

Langkah ke 3 click install now wordpress seo

 

Langkah ke Empat:

Langkah ke 4 wordpress seo activate

 

Salah satu teman kami juga membuatkan Panduan dalam bentuk Video yang kami Upload ke Youtube,  Berikut ini Video cara menginstall plugin WordPress SEO By Yoast:

 

Cara Setting Plugin WordPress SEO By Yoast

Memang kurang lengkap rasanya kalau panduan ini tidak dilengkapi dengan cara mensetting plugin WordPress SEO By Yoast, saya secara pribadi kalau mencari panduan di website lain dan juga di Youtube jika panduan itu tidak lengkap rasanya masih kurang lengkap dan sesuatu yang setengah – setengah memang tidak bagus juga, semoga dengan adanya panduan cara mensetting plugin ini Anda tidak lagi perlu membuang – buang uang hanya untuk Onpage, karena Anda bisa melakukannya sendiri jika kita terus belajar dan saling berbagi.

Berikut ini gambar langkah demi langkah cara setting plugin WordPress SEO By Yoast:

Setting Pada Menu Tab General – General

 cara setting yoast general

cara setting yoast general - your info

cara setting yoast general - webmaster

cara setting yoast general - security

 

Setting Pada Menu Tab General – General

cara setting yoast general - metas general

cara setting yoast general - metas homepage

Title Templates
Ini adalah Judul dari Homepage Anda. Maximal 70 karakter. Usahakan jangan keywords stuffing.

Meta Description Templates
Ini adalah Deskripsi dari Homepage Anda. Maximal 156 karakter. Usahakan jangan keywords stuffing.

 

 

cara setting yoast general - metas post types

Meta Robots
Apakah Anda menginginkan Google mengindex content kita atau tidak. Jika tidak silahkan pilih noindex.

Date in Snippet Preview
Tanggal disembuyikan supaya content kita terlihat selalu update, padahal sudah lama kita publish. Seandainya tanggalnya kita munculkan di Google hal bisa mempengaruhi CTR (buat yg maen Adsense)

WordPress SEO Meta Box
Box Yoast yang berada dibawah post editor WordPress. Khusus dicentang untuk yang tidak begitu terlalu penting seperti media, portfolio, simple url and filters.

 

cara setting Yoast Titles & Metas - taxonomies

Categories & Tags
Ada 2 pilihan untuk hal ini:

  1. Semuanya bisa dicentang karena kita tidak ingin ada duplikasi content di hasil pencarian mesin pencari. Resiko duplikat (Google slap!)
  2. Pilihan lain, Categories saja yg di index tapi Anda harus membuat deskripsi unik. Silahakn Mau pilih yg mana? Tiap orang mempunya beda pilihan dan tujuan.

 

Setting Yoast Titles & Metas - archives

Author Archives
Pada bagian ini Di disable jika Anda hanya memiliki 1 user WordPress yaitu anda sendiri. Kalau ada orang lain yang juga jadi user (lebih dari 1 user) pada bagian ini tidak perlu dicentang.

Date Archives
Pilihan ini akan membuat halaman seperti /09/2017/ tidak keindex di Google. Kami lupa disable untuk pada pilihan ini, silahkan klik disable.

 

cara setting Yoast Titles & Metas - other

Noindex subpages of archives
Hal ini akan membantu Anda mencegah Google untuk mengindex halaman seperti page 2, page 3, page 4 etc.

Meta keywords
Katanya sudah tewas sejak 2009.
Link: http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2009/09/google-does-not-use-keywords-meta-tag.html

Pada pilihan ini beberapa website yang kami miliki masih menggunakan (Di centang / enabled, pada menu pilihan use meta keyword tag) tetapi buat Anda silahkan saja mau tidak usah di Enabled atau mau mengikuti apa kata Google saja juga boleh, lagi pula sekarang semua pemilik blog sudah tidak menggunakan itu lagi.

Force noodp meta robots tag sitewide (Noodp and Noydir)
Ini mengartikan kita tidak akan membiarkan Google mengambil deskripsi site dari DMOZ atau Yahoo Dir karena akan menyebabkan duplicate content. tetapi buat kami hal ini rasanya gak perlu terlalu dikhawatirkan BANGET, cuma kebanyakan orang mendisabled pada pilihan ini, hampir semua situs kami pada pilihan ini kami Enabled. Keputusan ada di kaki Anda sendiri..eeeyaaaa.. jadi bingung kan kalian hehehe…. mau ikut kami atau kebanyakan orang yang mendisabled pilihan ini?

 

Untuk menu setting pada tab Social kami lewati ya, karena ini sangat mudah sekali kami rasa setiap orang bisa melakukannya, atau silahkan Anda melihat panduannya dalam bentuk video dibagian artikel paling bawah.

Berikut ini adalah cara setting Yoast pada menu tab XML Sitemaps.

cara setting Yoast XML Sitemaps - general

Sitemap harus di Enabled, buat kami ini sangat penting untuk website.

 

cara setting Yoast XML Sitemaps - user sitemaps

User sitemap: Tidak perlu disertakan di sitemap

 

cara setting Yoast XML Sitemaps - post types

Silahkan pilih sesuai selera masing – masing ya.

 

cara setting Yoast XML Sitemaps - excluded posts

cara setting Yoast XML Sitemaps - taxonomies

Exclude Taxonomies
Menurut kami bagian seperti Tags, Format, Filters, Portfolio, Sliders tidak perlu disertakan di sitemap

 

Setting Pada Menu Tab Advanced

cara setting Yoast Advanced - Breadcrumbs

Boleh diaktifkan boleh juga tidak, biasanya sih sudah secara otomatis diaktifkan, saran kami aktifkan saja karena breadcrumbs sangat – sangat penting untuk navigasi sebuah website yang user friendly. HARAP DI INGAT! Jika theme yang Anda install belum memiliki breadcumbs maka Anda harus mengcopy paste code index.php setelah get_header();

 

cara setting Yoast Advanced - permalinks

Strip the category base (usually / category/ ) from the category URL
Silahkan Anda pilih dari 2 pilihan ini:

  1. Jika anda sudah menggunakan /category/ dari awal pembuatan website atau sebelum Anda menginstall Yoast, jika dicentang akan merubah url category yg sudah Anda buat atau yang sudah ada dan jika tidak segera Anda redirect ke url baru atau url yang benar hal ini akan menyebabkan 404 Not Found. Jadi, gunakan 301 redirect, misal domain.com/category/post-name di redirect ke domain.com/post-name 3.
  2. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan permalink itu, silahkan abaikan pilihan pada nomer 1 dan tidak usah mencentang pilihan itu.

Remove stop words from slugs
Pilihan ini akan membantu Anda menghapus stop words seperti you, the, to, an, a and, etc. jika tidak dihapus maka url kita akan terlihat sangat panjang dan katanya sih tidak keyword rich, masa iya? yah kita ikutin aja deh apa kata master – master yang udah mencobanya.

Remove the ?replytcom variables
Membantu kita menghapus url seperti domain.com/post/#comment-254789 agar tidak terjadi duplicate content.

Redirect ugly URL’s to clean permalinks
Pemilik Plugin Yoast suudah memberitahu kepada kita jika pilihan ini not recommended. jadi tidak usah dicentang. Misalnya ada webmaster ngelink url yg salah ke website kita, pilihan ini akan membantu meredirect ke url yang benar.

 

cara setting Yoast Advanced - rss

Pada bagian RSS tidak usah ada yang dirubah, tapi kalau mau dirubah ya silahkan saja.

 

Seperti yang kita semua tahu ada begitu banyak pilihan plugins WordPress SEO di luar sana, Anda bisa menggunakan salah satu dari mereka jika Anda merasa cocok dengannya untuk membantu meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari. (Jika Anda belum pernah tahu apa saja plugin itu dan cara menggunakannya sebaiknya Anda meminta bantuan para ahli untuk setting di website Anda. Jangan pernah menggunakan 2 – 3 plugin SEO sekaligus di website Anda ya… gunakan salah satu saja yang kira – kira paling baik menurut Anda. (Bayangkan jika mobil yang Anda kendarai memiliki 2 setir mobil dan 2 supir) Semoga bermanfaat, kalau Anda mau menambahkan, minta tambahan cara setting pada menu tab yang belum ada atau ingin mengurangi dan sukur – sukur ingin membagikan artikel ini kepada yang lain silahkan saja Anda bisa menggunakan kolom komentar yang ada di bawah ini!

 

Berikut ini Video Cara Menginstall Plugin WordPress SEO By Yoast

Iklan sc