Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Sudah menjadi hal yang umum semua manusia yang hidup mempunyai keinginan yang kuat untuk mendapatkan dan memiliki uang, jika perlu memiliki uang sebanyak – banyaknya. Majalah Newsweek menjuluki dengan “Gelombang pasang materialisme” yang melanda dunia.

“Saya ingin semua barang – barang yang saya beli bermerek,” banyak yang beranggapan semakin mahal suatu barang yang saya beli semakin bagus kualitasnya. “saya ingin kehidupan yang bebas yang tidak terikat oleh kantor.” Jadi banyak orang mempunyai keinginan yang kuat untuk mendapatkan uang sebanyak – banyaknya.

Pada tahun – tahun belakangan ini kita melihat banyak remaja indonesia yang hanya diam dari rumah dengan sebuah laptop atau komputer tetapi memilki uang yang melebihi pekerja kantoran. Dari mana mereka mendapatkan uang itu?

Jawabannya adalah INTERNET!

Internet telah merubah dan membantu mereka menghasilkan uang. Memang ada begitu banyak cara menghasilkan uang dari Internet. Dalam artikel ini saya akan membahas menghasilkan uang (keuntungan) dari affiliate marketing.

1. Pay-per Sale Affiliate Program.

Melalui program ini kita bisa memperoleh keuntungan (komisi) pada saat seseorang jadi membeli produk atau jasa melalui affiliate link yang diberikan oleh affiliate merchant kepada kita.

Barang apa saja yang bisa kita promosikan atau pasarkan dengan cara “Pay-per-sale” seperti e-book, software dan produk kesehatan dan juga produk – produk lainnya.

Berapa komisinya? Pasti ini yang selalu ditanyakan hehehehe….

Besar komisi pay-per-sale ini sangat bervariasi, mulai dari beberapa persen saja sampai 50% bahkan ada yang lebih.

Oleh karena itu jika ada seorang affiliate marketer bisa menjual sesuatu ia akan mendapatkan komisi yang cukup besar dari setiap produk yang yang dia pasarkan atau jual. Biasanya bukan hanya satu produk saja yang dia jual.

Sebagi contoh jika seseorang menjual software atau e-book seharga $150, komisi yang akan diberikan biasanya 45% – 75%. Jadi si affiliate marketer ini akan mendapatkan komisi sebesar $67.5 sampai dengan $112.5 per sebuah software yang berhasil dia jual.

Lumayan besar kan? Tetapi tidak semudah yang dibayangkan untuk menjadi internet marketer.

2. Recurring Affiliate Program

Dalam program Recurring ini si affiliate merchant memberi komisi kepada kita secara tetap atau berkala.

Biasanya program recurring ini banyak ditemui untuk suatu jasa dan layanan yang sifatnya bulanan seperti web hosting, keanggotaan atau member kursus dan juga auto-responder.

Saya sangat suka program ini meskipun komisi yang kita dapat tidak besar tetapi program ini tetep bisa bermanfaat buat kita juga selama mereka bergabung.

Presentasenya sangat kecil sekali, tetapi komisi yang saya dapat bisa selamanya selamanya selama si pelanggan terus bergabung atau membayar bulanan mereka di sana!

3. Pay Per Lead Affiliate Program

Pay-per-lead adalah jenis program affiliate yang akan memberikan pembayaran kepada kita flat untuk setiap prospek (leads) dengan kualifikasi yang sudah ditentukan, melalui orang – orang yang kita bawa ke situs merchant melalui affiliate link kita.

Dalam program ini ada hal yang kurang saya sukai, apa itu? Si affiliate merchant yang akan memutuskan apakah leads yang kita bawa selama ini semuanya memenuhi kualifikasi atau tidak? Karena mereka biasanya memutuskannya melalui informasi kontak prospek yang mereka dapatkan dari kita. Mmmm……

Biasanya kata para master dibidang ini program pay-per-lead yang paling baik biasanya berasal dari situs situs asuransi, kredit rumah dan juga aplikasi yang dipinjamkan atau disewakan.

Berapa komisi yang akan kita dapatkan dari program pay-per-lead ini biasanya mulai dari 25 sen atau lebih dari setiap leads yang mengisi aplikasi secara lengkap.

Kalau kita sudah mahir dalam bidang pemasaran biasanya banyak orang yang akan mencari Anda untuk membantu menjualkan barang atau produk mereka. Minta aja presentase khusus jika sudah di cari hehehehe…

4. Pay Per Click Affiliate Program

Pay-per-click affiliate program ini adalah yang juga saya ikuti, contohnya yang ada di website ini, saya akan mendapatkan bayaran jika seseorang “meng-klik” iklan yang ada di situs saya ini.

Asik kan…..

Lalu siapa yang akan membayar?

Perusahaan tertentu yang mau dan bersedia MEMBAYAR bila link iklan mereka “diklik” oleh para pengunjung situs kita.

Caranya sangat guampang banget…..

Kita hanya perlu menyisakan ruang atau space iklan di situs kita untuk program yang kita ikuti. Uangnya tidak banyak perkliknya. Tetapi jika dikumpulkan ya banyak juga hehehe….

Banyak orang mengikuti program pay-per-click ini, contohnya adalah Google Adsense.

contoh-google-adsense

Google Adsense merupakan salah satu program affiliate yang paling banyak diikuti oleh orang. Untuk bisa mempelajari “Google Adsense” Silahkan Anda mengunjungi situs resmi Google Adsense atau Anda juga bisa bergabung di forum – forum yang membahas hal ini. Anda juga bisa melihat penjelasan yang sangat lengkap dalam bahasa Indonesia oleh Team google Indonesia di Video ini: (Oooh ada Jenny, haiiiiiiii Jenny… hehehehe…… )

5. Pay Per Search Affiliate Program

Program Pay-Per-Search ini bisa saya bilang sama dengan program Pay-per-click yang sudah saya jelaskan di atas. Apa yang membuat mereka berbeda?

Kita akan mendapatkan penghasilan jika pengunjung situs atau web blog kita menggunakan atau mencari informasi melalui “search box” khusus yang sudah kita tempatkan di dalam web blog kita.

Jika masih bingung saya coba memberikan penjelasan, kita semua tahu yang namanya google.com, yahoo.com dan bing.com bukan?

Kalau kita ingin mencari sesuatu pasti kita akan mencari ke search engine seperti itu bukan?

Jadi Pay-Per-Search ini kurang lebih bisa dikatakan “program yang membuat kita menjadi mesin pencari.”

Lalu dimana kita akan meletakkan mesin pencarian ini?

Di web blog atau website yang kita miliki, ketika ada orang yang datang dan mengunjungi website kita dan dia mencari sesuatu melalui kotak mesin pencarian yang kita letakkan di website kita tadi dan mengklik salah satu link yang ada di website maka kita akan mendapatkan bayaran.

6. Hybrid Programs

Hybrid Programs ini saya agak sulit untuk menjelaskannya, biasanya affiliate merchant memberikan komisinya beragam atau berbeda – beda atau dikombinasikan.

Misalnya: Affiliate merchant akan membayar kita dengan komisi 10 sen, setiap ada orang yang mengunjungi website kita kemudian dia hanya mengklik banner.

Jika si pengunjung tadi kemudian melakukan langkah selanjutnya…. “pembelian” maka kita akan mendapatkan komisi lagi sebesar 15% atau lebih (jika terjadi penjualan ya)

Ada merchant yang memberikan bonus atau hadiah laptop atau iPhone terbaru jika berhasil menjual dengan angka yang mereka tentukan.

Ada juga merchant yang memberikan komisi tambahan jika kita berhasil menjual produk atau jasa mereka secara terus menerus.

Dalam affiliate marketing ada dua jenis komisi affiliate marketing, apa saja itu? Ini akan saya bahas di artikel selanjutnya