Cara Membuat Website Dengan WordPress

Cara Membuat Website dengan WordPress – Panduan WordPress Gratis

Saya sangat yakin ketika Anda mengunjungi halaman Cara Membuat Website dengan WordPress ini pasti Anda saat ini ingin membuat website dari awal sampai selesai dengan cara yang benar bukan? Ketika berbicara mengenai “Membuat Website Sendiri” pasti terdengar sangat menakutkan, apalagi kalau kita sama sekali belum pernah membuat sebuah website, jika itu yang ada dalam pikiran Anda maka Anda tidak sendirian. (Saya akan temani Anda emo: Ngakak)

Karena seringnya dimintai tolong tanpa bayaran sama teman untuk menginstall wordpress sekaligus mengisi kontennya akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuatkan panduan Cara Membuat Website dengan WordPress dari awal sampai selesai tanpa harus pusing bahkan jika Anda sama sekali tidak memiliki pengetahuan teknis tentang hal itu.

Panduan Cara Membuat Website dengan WordPress ini sangat mudah untuk dipelajari dan diikuti oleh siapa saja, tidak peduli apakah Anda seorang remaja yang baru berusia 17 Tahun atau Orang Tua yang sudah berusia 60 tahun. Tetapi jika Anda memerlukan bantuan dari saya, saya dan istri siap membantu Anda untuk setup website Anda secara Gratis, kalau mau memberi donasi juga boleh (Asli saya ngarep banget kalau yang satu ini, yah hitung-hitung ucapan terima kasih Emo: senyum sambil ngedip-ngedipin mata genit) –>> Klik disini untuk mendapatkan bantuan Setup Website WordPress Gratis  <<–

Selain itu saya juga memiliki beberapa Video Tutorial Premium dalam bahasa inggris dan Bahasa Indonesia Tentang cara membuat website yang bisa saya bagikan kepada Anda secara Gratis tanpa harus membeli dari tempatnya. Untuk mendapatkan panduan ini Anda hanya perlu mengganti Ongkos kirim JNE dari denpasar ke kota tujuan Anda, Cover/Casing DVD dan DVD kosong untuk burn file videonya. Ini saya tidak bermaksud menjual atau berjualan lhoo ya, saya hanya mau ngasih kepada orang-orang yang benar-benar ingin belajar membuat website, tetapi Anda harus mengganti biaya untuk itu saja.

Biaya Penggantian:

Jika Anda menginginkan Video panduan cara membuat website dalam bahasa Inggris ini, Anda cukup mengganti untuk biaya ini:

1 DVD Rp.5.000 + Casing DVD Rp.2.000 + Ongkir JNE (Denpasar ke Kota Anda)

Ingat: Saya tidak menjual Video itu, saya hanya ingin membantu kalian yang benar-benar ingin belajar

Tetapi jika Anda ingin melakukannya sendiri (Membuat website sendiri), maka silahkan Anda terus mengikuti atau membaca panduan Cara Membuat Website dengan WordPress yang saya buat ini nantinya akan saya lengkapi dengan Video.

Apa yang Harus saya siapkan untuk Membuat Website?

Ada Enam hal dasar yang perlu Anda siapkan untuk memulai membuat sebuah website:

  1. Nama Domain (Ini akan menjadi nama website Anda, contohnya SUBMITClimb.com)
  2. Web Hosting (Ini adalah tempat dimana File website Anda akan ditempatkan untuk membangun sebuah website)
  3. Siapkan Konten Website Anda
  4. Siapkan Title Website Anda
  5. Siapkan Deskripsi website Anda
  6. Tentukan Tema Website atau Keyword yang mau di target.
  7. Fokus selama 1 jam untuk pembuatan website.

Anda mungkin bingung ketika membaca Fokus 1 jam kedepan untuk mulai membuat website Anda. Ya benar, Anda tidak salah membaca dan Anda memang bisa membuat sebuah website sendiri dari awal sampai akhir hanya dalam waktu sekitar 1 jam atau lebih. Kami akan memandu Anda untuk memulai seluruh proses langkah-langkah pembuatannya dari awal hingga akhir.

Berapa Biaya Untuk Memulai Sebuah Website

Biasanya kalau Anda membuat website yang dirancang oleh seorang profesional, atau jasa pembuat Website maka Anda dapat dikenakan biaya sekitar Rp.2.500.000 – Rp.25.000.000 ini untuk di Indonesia kalau Internasional $2500 – $30.000.  

Tetapi di sini saya ingin menunjukkan kepada Anda bahwa Anda bisa membangun sebuah website Anda sendiri kurang dari biaya untuk membeli 1 cangkir Starbucks per bulan dan selain itu Anda bisa memiliki kontrol penuh atas website Anda. Menarik kan…?

Website platform mana yang terbaik?

Jujur, Ada begitu banyak pilihan website platform diluar sana.

Namun di sini saya ingin merekomendasikan WordPress, karena WordPress 100% Gratis (FREE). Dan WordPress sangat banyak penggunanya, WordPress juga merupakan Website platform yang paling populer di dunia Internet.

Memang hal yang paling sering dialami oleh banyak orang saat mereka ingin membuat sebuah website adalah kebingungan saat ingin membandingkan ingin menggunakan WordPress.org, WordPress.com atau menggunakan Blogger.

Ingat jangan sampai salah pilih ya…

Membandingkan Website Platform

Coba perhatikan apa yang saya jelaskan di sini, saya menjelaskan secara umum masing-masing keunggulan dan juga kelemahan website platform itu.

Pertama kita akan coba membahas WordPress.org dan WordPress.com, keduanya memang milik WordPress, tetapi meskipun ke dua produk ini sama-sama milik WordPress sebenarnya keduanya sangat berbeda.

Apa saja bedanya?

WordPress.org adalah layanan berbayar Self hosted, sedangkan WordPress.com adalah layanan Hosted.

Saya yakin Anda yang masih baru akan bingung dengan penjelasan saya (saya seorang Newbie bukan Master)

Saya akan kasih sebuah ilustrasi seperti ini:

Self hosted itu bisa kita umpamakan seperti sebuah rumah pribadi yang kita beli sendiri, jadi itu adalah rumah kita, milik kita di tanah kita sendiri, bukan rumah kontrakan atau kost-kostan apalagi milik orang lain.

Sedangkan hosted itu bisa saya umpamakan seperti sebuah apartemen yang kita beli. (saya heran kenapa banyak orang mau beli apartemen? Saya mah ogah dibodoh – bodohin untuk beli apartemen, saya mending beli rumah yang ada tanahnya, karena kalau gempa dan rubuh saya masih punya tanahnya, kalau apartemen? Nangis bombay cabe rawit loe. Emo: Ngakak guling-guling). Anda punya satu buah unit apartemen yang Anda beli, T E T A P I. . . tanahnya bukan milik elo tapi milik Orang lain.

Kalau Blogger.com ini juga sama masuk dalam kategori hosted itu.

Sudah mak pleng alias nangkep apa yang saya maksud sekarang?

Jadi saya menyarankan pilihlah WordPress.org self hosted karena ini akan 100% sepenuhnya menjadi milik Anda.

Masih tidak percaya? Lihat website-website besar seperti dibawah ini mereka menggunakan WordPress:

PENGGUNA CMS WORDPRESS

Beberapa Alasan Kenapa Website Besar Menggunakan WordPress

  1. Segi Grafis, WordPress sangat mudah kita modifikasi, mau dibentuk seperti apa saja bisa
  2. Ada begitu banyak Theme dan Plugins yang dijual untuk mendukung pembuatan website Anda jadi lebih mudah dan bagus.
  3. Mudah untuk Anda pelajari.
  4. WordPress terus di update dan dikembangkan oleh programmer dari seluruh dunia.
  5. Ada banyak komunitas pecinta WordPress.
  6. Aman

Saya paling suka dengan WordPress dari segi grafisnya, menurut saya fiturnya sangat bagus dan tidak terbatas. Soal belajar? Sangat mudah dan gampang sekali. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas meskipun Anda tidak pernah membuat website sebelumnya Anda pasti akan bisa membuat website dalam 1 jam kedepan. (Syartanya harus bisa mengenal dasar-dasar komputer).

Lalu WordPress itu sendiri apa?

WordPress adalah sebuah Content Managemeny System atau yang banyak dikenal dengan CMS, CMS ini bersifat open source. Sehingga Anda bisa membuat website dan mengelola website Anda dengan mudah secara online.

Dari data terbaru menunjukkan bahwa ada kenaikan pengguna menjadi 26% lebih dari semua website yang dibangun dengan menggunakan WordPress.

Pengguna CMS terbanyak

Top in Content Management System

Ya dari data itu termasuk mencakup website saya sendiri, SUBMITClimb

Bagaimana Cara Menggunakan Semua Tutorial ini?

Tidak seperti kebanyakan Orang lain yang ada di Internet, tujuan kami di SUBMITClimb adalah untuk memberikan panduan atau tutorial yang sangat terperinci (yang kami bisa dan mampu) untuk membantu Anda yang baru memulai untuk membuat website.

Kami juga mencoba membagi-bagi tutorial Cara Membuat Website dengan WordPress ini menjadi beberapa bagian atau halaman. Kenapa demikian? Agar memudahkan Anda dan juga saya untuk mengetahui langkah – langkahnya dengan mudah.

Dalam tutorial (Video) dilangkah pertama (Step #1) dan langkah ke dua (Step #2) Anda tidak diharuskan untuk membeli apapun seperti domain dan Hosting. Di langkah ke tiga (Step #3) Anda bisa melihat bagaimana Anda bisa tahu bagaimana caranya untuk menginstall WordPress Anda.

Ingat jika Anda membutuhkan bantuan, Anda bisa menghubungi kami dan kami akan membantu Anda untuk mensetup website Anda secara Gratis.

Langkah untuk Membuat Website dengan WordPress.

  1. Pendahuluan
  2. Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com
  3. Bagaimana caranya memilih Domain yang baik.
  4. Memilih Hosting yang baik
  5. Cara Menginstall WordPress di Website Anda
  6. Bagaimana memilih WordPress Theme dengan Baik.
  7. Plugin yang di rekomendasikan yang baik untuk WordPress Anda.
  8. Cara Menginstall Google Analitycs di Website Anda.
  9. Membuat email sesuai nama domain Anda.

Kami berharap Anda suka dengan penjelasan yang ada di artikel kami ini. Jika Anda menyukainya, pastikan untuk Share artikel ini di Twitter, Facebook, Linkedin, Google Plus atau website lain yang Anda sukai. (ofcourse with a credits link back to SUBMITClimb – preferably this article).

Juga jangan lupa untuk subscribe YouTube Channel kami untuk melihat lebih banyak Tutorial Gratis.