skip to Main Content
Cara Membuat Thumbnail Video YouTube

Cara Membuat Thumbnail Video YouTube

Cara Membuat Thumbnail Video YouTube. Jika Anda adalah YouTuber atau Orang-orang yang menghasilkan uang dari Youtube atau bisa juga orang yang hanya sekedar menggunakan YouTube untuk mengupload video-video buatan Anda untuk tujuan tertentu. Kami sangat yakin semua video yang di upload, para pemilik videonya mengharapkan video itu di tonton oleh sebanyak mungkin orang yang menggunakan YouTube bukan?

Jika jawaban Anda adalah ya dan Anda ingin sekali mendapatkan lebih banyak views dari video-video yang Anda upload ke YouTube ada satu taktik dasar tetapi sangat penting yang harus Anda gunakan untuk mendapatkan lebih banyak views (pentonton) secara instan: GUNAKAN GAMBAR THUMBNAIL Yang Bagus Dan Menarik.

Gambar Thumbnail (Thumbnail images) sama pentingnya seperti judul yang Anda buat untuk video Anda jika Anda benar-benar ingin mendapatkan penayangan dan klik lebih banyak. Gambar Thumbnail itu sendiri yang akan membantu Anda lebih menonjol di dalam daftar pencarian panjang. Karena gambar thumbnail (YouTube thumbnails) yang mungkin terlihat kecil ini bagi Anda rupanya akan sangat penting untuk video Anda karena akan muncul di mesin pencarian (serach engines) Google, dengan demikian hal ini tentu tidak boleh di abaikan jika Anda benar-benar ingin memaksimalkan tayangan Anda.

Di artikel postingan kali ini, kami akan membahas semua hal yang perlu Anda ketahui tentang YouTube thumbnails termasuk ukuran yang ideal (tepat), cara membuatnya dan praktek langsung yang akan membantu Anda untuk membuat YouTube thumbnails untuk video yang akan Anda upload ke YouTube.

Bonus: Kami telah membuat MASTER ukuran thumbnail Youtube dalam format PSD dan jpg yang sering kami gunakan untuk membuat thumbnail video Youtube di 15 Channel utama kami. Download di sini secara gratis Sekarang juga. Dan tonton video panduan cara mengeditnya di video yang ada di akhir artikel ini.

Berapa Ukuran Thumbnail YouTube Yang Tepat?

Saya sangat yakin pertanyaan ini yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang yang menggunakan YouTube. Pertanyaan ini akan saya coba jawab sebelum saya menjawab dan menjelaskan hal yang lain: Berapa ukuran thumbnail Video Youtube yang tepat? Ini adalah Rekomendasi dari YouTube Langsung, gambar Anda harus berukuran 1280 x 720 pixels, dengan memiliki lebar minimum 640 pixels. Rasio 16:9 yang paling ideal karena sering digunakan di YouTube players and previews.

Ini yang paling sering mengejutkan kebanyakan Orang, tetapi sangat masuk akal; YouTube thumbnails meskipun terlihat kecil pada mesin pencarian, tetapi gambarnya akan diperbesar ke ukuran video yang sebenarnya (video yang lebih besar) pada saat video Anda muncul pada video suggestion untuk menonton video selanjutnya. Nah karena alasan inilah mengapa saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan ukuran video yang besar tetapi bisa di perkecil, bukan gambar dalam ukuran kecil yang Anda gunakan yang akan diperbesar. Ingat ya jangan sampai terbalik.

Beberapa rincian lain yang juga penting untuk Anda perhatikan:

  • Format gambar harus JPG, .GIF, .BMP, atau .PNG
  • File gambar Anda harus berada di bawah batas 2MB

Bagaimana Cara Mengatur Featured Thumbnail Image di YouTube

Membuat featured image di channel youtube adalah proses yang sangat mudah untuk kita lakukan, hanya membutuhkan beberapa klik saja. Setelah Anda mengunggah video, nanti Anda akan melihat serangkaian default screenshots di bagian bawah video setting Anda. Pada bagian sebelah kanan thumbnail, Anda akan melihat sebuah tombol yang bertuliskan “Custom Thumbnail.” Cukup klik untuk memilih atau menambahkan thumbnail pilihan Anda dari data yang ada di komputer Anda.

custom thumbnail youtube

Setelah Anda mengupload custom image, Anda akan melihat gambar yang Anda upload untuk dijadikan thumbnail di dekat tombol Custom thumbnail. Anda bisa klik pada gambar jika Anda ingin menukar gambar dengan gambar yang lain. Thumbnail preview juga akan muncul di bagian kiri atas.

new thumbnail image

Anda bisa mengubah featured image kapan saja Anda mau, bahkan 3 tahun kemudian Anda juga masih bisa menggantinya dengan yang baru.

Gambar Thumbnail seperti Apa yang harus Saya Buat?

Sebenarnya tidak ada yang salah jika kita mau memilih dan menggunakan thumbnail apapun. Tetapi akan lebih bagus dan baik jika Image Thumbnail yang akan Anda buat dipikirkan dan dirancang terlebih dahulu, mengingat thumbnail sama pentingnya dengan judul video kita.

Saat Anda akan ingin menentukan untuk memutuskan seperti apa image thumbnail yang harus saya buat, seharusnya hal itu ada beberapa opsi yang bisa membantu Anda untuk membuat pilihan.

Contoh youtube thumbnail

Dari contoh gambar thumbnail yang ada di atas, kira-kira menurut Anda mana yang bisa membantu Anda nantinya memutuskan untuk membuat thumbnail untuk channel video Anda?

Meskipun nantinya kita akan menggunakan hanya salah satu thumbnail, YouTube secara otomatis akan memberikan pilihan gambar yang bisa Anda jadikan thumbnail video Anda. Anda bisa menggunakan beberapa situs seperti Canva, Snappa dan masih banyak yang lainnya untuk membuat thumbnail video Anda dengan sangat mudah meskipun Anda bukan seorang Desaianer Grafis.

Salah satu pilihan yang paling banyak dilakukan oleh orang adalah menggunakan custom-made image yang akan menampilkan grafis sederhana dan juga judul videonya. Banyak yang menggunakan cara ini juga menampilkan nama bisnis atau logo mereka di salah satu sudut bawah.

Pilihan bagus lain adalah dengan mengambil atau menggunakan pilihan gambar dari video Anda untuk dijadikan thumbnail. Memang dalam penerapannya banyak orang masih menggunakan alat grafis tambahan hanya untuk membuat teks atau menambahkan logo mereka ke dalam gambar.

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengambil foto diri Anda dengan menggunakan kamera foto dan berpose semenarik mungkin untuk dijadikan thumbnail video Anda. Cara ini terbilang juga bisa menarik perhatian orang dan membantu mereka untuk mengenali video Anda.

Jika Anda melakukan ini, hal ini dapat membantu untuk lebih memilih atau melihat konten Anda ketimbang konten video orang lain lebih dahulu.

Cara Terbaik Membuat YouTube Thumbnail

Setelah menetapkan beberapa ide, ada beberapa praktek terbaik yang dapat Anda lakukan dan terapkan pada setiap gambar thumbnail video untuk berharap mendapatkan hasil yang jauh lebih baik jika kita tidak menggunakan thumbnail images.

Beberapa cara itu diantaranya adalah:

Pertama. Ambil Stiil Image

Mungkin Anda pernah memperhatikan saat Anda pause video yang sedang Anda tonton, gambar orang yang ada di dalam video selalu terlihat kurang bagus atau bahkan kadang-kadang ekspresinya terlihat kurang bagus, tidak seperti saat video sedang di putar? Anda pasti tidak ingin menampilkan gambar yang sama di thumbnail images Anda bukan.

Jika Anda berencana untuk mengambil foto yang sebenarnya untuk thumbnail images YouTube Anda, ambillah foto yang terbaik menurut Anda. Dengan membuat foto Anda akan mendapatkan kualitas gambar yang baik.

Gunakan still image

Jadi ketimbang Anda mengambil gambar dari Still Video yang hasilnya bisa dikatakan jarang sekali untuk mendapatkan hasil yang baik ketimbang kita mengambil gambar dengan membuat foto sendiri dengan pose yang mungkin bisa di setting seperti apa yang ada di dalam video.

Ingat cara ini akan membuat Anda terlihat jauh lebih professional ketimbang mengambil gambar dari video Anda. Karena perbedaannya sangat jauh.

Kedua. Gunakan Warna yang Kontras

Pemilihan dan penggunaan warna yang tepat juga bisa menambah lebih banyak view dan juga clicks di konten video Anda. Ini termasuk penggunaan warna yang kontras.

Warna kontras, pada graphics dan juga teks di gambar Anda akan membuat daya tarik orang yang melihatnya. Jika video yang Anda buat memiliki tingkat persaingan yang sangat panjang dan banyak di hasil pencarian video, saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan warna-warna yang kontras dari video-video pesaing Anda. INI PENTING SEKALI!

Gunakan warna kontras pada thumbnail

Penggunaan warna – warna yang kontras akan membantu memastikan teks dan grafis Anda bisa dibaca. Banyak sekali saya perhatian orang-orang yang tidak memperhatikan hal ini, sehingga teks yang mereka buat sering kali tidak bisa di baca.

Selain penggunaan warna-warna kontras kita juga bisa menggunakan warna-warna cerah pada thumbnail images YouTube Anda akan mendapat perhatian lebih. Anda bisa menggunakan software pengeditan Photoshop atau software lainnya yang Anda kuasai untuk mencerahkan gambar.

Ketiga. Gunakan Whitespace

Jika Anda menggunakan grafis atau gambar apapaun yang di rancang, gunakan whitespace (atau ruang negatif) untuk keuntungan Anda. Hal ini akan membantu gambar thumbnail images Anda terlihat lebih bersih dan indah.

Keempat. Keringkasan adalah Kuncinya.

Teks yang akan Anda gunakan di dalam thumbnail images Anda harus simpel (ringkas) tetapi orang mengerti. Jika Anda memiliki satu kalimat, Cobalah untuk memotongnya menjadi empat kata saja. Keringkasan seperti ini akan membuat judul Anda mudah di baca dan dimengerti. Bayangkan kalau teks yang Anda tempatkan di Thumbnail sangat panjang orang akan sulit untuk membacanya bukan?

Pesan Video Anda ada di thumbnail images itu. Jika penonton Anda ingin melihat judul sebenarnya dia bisa melihat judul video yang ada di sebelah video atau di bawah video. Dan jika penonton Anda ingin mengetahui isi dari sebuah video yang dilihatnya dia bisa membaca deskripsi yang di buat di kolom deksripsi sebuah video jadi pastikan Anda mengisinya. Apa maksudnya hal ini? Jika Anda ingin menempatkan teks dan juga deskripsi di dalam thumbnail images YouTube Anda pastikan itu sangat pendek (simpel) karena penonton Anda bisa membaca lebih detail tentang judulnya di samping atau di bawah video seperti yang saya jelaskan di atas.

keringkasan judul thumbnail

Kesalahan YouTube thumbnail yang harus Anda hindari.

Kami sudah membahas tentang hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari YouTube thumbnail images Anda. Sekarang mari kita membahas hal lain yang seharusnya tidak Anda lakukan.

Pembahasan kesalahan yang harus Anda hindari (selain menyangkut penggunaan YouTube thumbnail images default atau menggunakan ukuran thumbnail yang salah), ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda hindari dan ingat, apa saja hal itu:

Terlalu banyak teks

Membuat dan menempatkan beberapa teks di dalam video Anda sangat bagus; tetapi pastikan untuk tidak menggunakan atau memasukkan terlalu banyak teks di dalam video Anda. Penonton Anda akan mengalami kesulitan saat membaca teks Anda dengan cepat yang ada di dalam video jika teks itu terlalu banyak. Karena tujuan kita akan tercapai jika kita berhasil menyampaikan pesan dan maksud kita kepada orang-orang yang menonton.

Teks yang terlalu kecil.

Dalam beberapa kasus yang juga sering kami temui adalah, beberapa orang mencoba membuat teks pada thumbnail images mereka terlalu kecil dan sangat sederhana, sehingga hal ini tidak menarik bagi orang yang melihatnya. Bayangkan jika teks Anda terlalu kecil dan ketika video Anda muncul dalam pencarian atau rekomendasi video, apakah bisa di baca dengan baik? Hal ini bisa mengakibatkan kurangnya klik dan pengunjung video Anda.

Penggunaan Gambar yang TIDAK RELEVAN bahkan MENYESATKAN.

Bukan hanya di Indonesia saja, tetapi hampir di semua negara banyak orang jahat dan penipu. Buat saya ini bagian dari tindak kejahatan dan penipuan di dunia maya. Hal ini sering banget terjadi. Sebagai contoh saya sering melihat postingan dari sebuah blog (tidak akan saya sebutkan); mereka menggunakan stok foto yang sangat menakjubkan yang kemudian kalau kita klik gambar tersebut tidak pernah ada dan muncul di pos website tersebut.

Hal itu bukan hanya terjadi pada website saja, YouTube juga banyak penipu dan penjahatnya hanya untuk mengakali jumlah views. Saya pernah menonton sebuah video dengan judul “cara membuat foto seperti lukisan“. Kalau saya lihat dari thumbnails yang ada di video memang sangat menarik makannya saya mau menonton video itu. Setelah saya melihat video itu sampai habis, sangat jelas kalau gambar yang ada di thumbnail itu bukan hasil karya asli tetapi mengambil dari stockfoto online. Kenapa saya bisa mengatakan seperti itu? Karena Hasil yang dibuat dalam video itu tidak sebagus yang ada di thumbnail videonya, jika hasilnya seperti yang dia buat maka saya dan juga orang lain kemungkinan besar bisa melakukannya. (Buat teman-teman yang main YouTube dan Blog, meskipun kita butuh uang, carilah uang dengan cara-cara yang benar)

Lakukan Split Test

Sebenarnya gambar video thumbnail YouTube kita adalah bagian dari marketing (pemasaran) kita, oleh karena itu saran saya lakukan beberapa tes. Saat Anda memiliki beberapa gambar yang bisa dijadikan untuk Gambar thumbnail video Youtube, buatlah beberapa desain thumbnail video Anda, coba posting gambar itu ke akun sosial media seperti Facebook atau Pinterest, perhatikan mana yang mendapat lebih banyak views, jika Anda sudah menemukan yang terbaik, segeralah ganti gambar thumbnail video Anda dengan yang baru itu agar Anda bisa meningkatkan jumlah tayangan dan klik iklan.

Cara Membuat Thumbnail Video YouTube dengan Photoshop

Dengan membuat Thumbnail video YouTube yang di rancang dengan baik dan menggunakan ukuran yang tepat akan terlihat lebih profesional dan juga baik di mesin pencarian untuk video. Untuk Membuat Thumbnail Video YouTube memang dibutuhkan sedikit pengetahuan tambahan dalam menggunakan software pengolahan foto dan juga desain grafis seperti photoshop.

Anda juga bisa menggunakan program-program yang lain yang Anda sukai dan kuasai tentunya. Untuk memulainya saya akan membantu Anda dengan memberikan ukuran Thumbnail Video YouTube sesuai yang direkomendasikan oleh YouTube sendiri. File ini berukuran 1280px x 720px, ada dua file yang bisa Anda download jpg atau psd. Dengan menggunakan ukuran ini Thumbnail Video YouTube akan memiliki ukuran yang selalu tepat.

Dibwah ini kami juga telah membuatkan video singkat bagaimana cara mendownload filenya dan cara mengedit file master Thumbnail Video YouTube yang sudah Anda download tadi di photoshop (Anda bisa menggunakan program lain selain photoshop) sehingga memudahkan Anda untuk belajar Cara Membuat Thumbnail Video YouTube yang benar.

Jika Anda belum mempunyai program photoshop silahkan segara menginstallnya di komputer, Anda juga bisa membeli software ini di tokopedia dengan harga yang sangat murah, salah satunya Anda bisa beli di toko ini. Ok saya kira artikel Cara Membuat Thumbnail Video YouTube ini sudah sangat panjang dan kami ulas semuanya, jika nanti masih ada yang kurang kami akan membuatkan artikel selanjutnya.

Back To Top