Cara Jualan Di Tokopedia

Cara Jualan Di Tokopedia Tempatnya Jualan Online Gratis

Hampir semua orang sekarang ini pada bisa menggunakan internet dan mulai suka belanja Online. Saya masih ingat waktu saya masih kuliah di Jogjakarta, saya banyak mengajarkan teman-teman saya cara menggunakan Internet, mulai dari cara membuka membuat, membuka email, mengirim email dll. Kalau di ingat-ingat waktu itu saya seperti Orang hebat hehehehe…. Sekarang beda sekali, mulai dari anak kecil sampai orang tua sudah pada bisa menggunakan internet.

Bukan hanya suka belanja Online saja, tetapi mulai banyak yang mencari peruntungan dengan berjualan secara Online. Contohnya saya dan Istri suka sekali belanja Online, selain praktis dan hemat belanja online dapat membantu kita mendapatkan barang-barang yang belum ada di Indonesia, misalnya kita mau belanja di Amerika, belanda, china atau Negara mana saja itu mudah dan bisa, cukup beberapa klik kita bisa mendapatkan barangnya.

Di Indonesia banyak sekali orang yang membeli barang dari luar negeri untuk dijual lagi di Indonesia, selain murah barang yang mereka beli di sana sering kali tidak ada di Indonesia sehingga hal ini bisa membawa keuntungan dan kurangnya persaingan kalau mereka jual barang yang mereka beli dari luar negeri itu di Indonesia.

Lalu dimana mereka menjual barang-barang yang mereka beli itu? Ada banyak macam cara, salah satunya dengan cara membuka toko atau menjualnya secara online di website toko online pribadi, dan ada juga yang menjualnya di Marketplace, contohnya seperti di Tokopedia.

Apa itu Tokopedia.

Tokopedia ini ibaratnya seperti sebuah pasar atau mall besar dalam bentuk toko online. Tokopedia memberikan peluang untuk setiap orang maupun pemilik bisnis yang ada di Indonesia untuk berjualan secara online dengan membuka cabang toko online di Tokopedia. Untuk membuka toko di tokopedia Anda tidak perlu membayar 100% GRATIS dan sangat mudah. Berjualan di tokopedia membuat si penjual dan pembeli aman. Saya sudah membuktikannya beberapa kali. lalu bagaimana Cara Jualan di Tokopedia? nanti akan saya jelaskan dalam artikel ini.

Keuntungan berjualan di Tokopedia:

  • Dipercaya Para Pembeli, jadi Anda tidak perlu COD lagi
  • Verifikasi Pembayarannya Otomatis
  • Gak perlu hitung biaya Ongkir lagi
  • Gak Perlu tawar menawar harga lagi
  • Bisa jual dengan harga Grosir
  • Tidak perlu promosi, karena Tokopedia terbesar di Indonesia
  • Tidak komisi dari hasil jualanmu
  • Buka Tokonya juga Gratis.

Mengapa Orang Mau Belanja Di Tokopedia?

  • 100% Aman dan jauh dari kata Penipuan, karena setiap orang yang belanja uangnya akan di simpan di Rekening Tokopedia, pembayaran Anda baru akan diberikan atau diteruskan ke si penjual jika Anda sudah menerima barang Anda. Ini termasuk sesuai atau tidaknya barang yang Anda beli. Jadi melalui rekening bersama ini Anda bebas dari penipuan.
  • Pilihan Barangnya Banyak. Namanya juga Mall yang paling besar di Indonesia,jadi bisa dikatakan semua pedagang pada berkumpul di Tokopedia. Mau cari alat listrik, baju anak, gendongan bayi, sikat gigi dan plastik juga ada.
  • Harganya Relatif Murah. Katanya sih belanja di sini jauh lebih murah, mmmm…. Dari pengalaman saya memang iya, Saya beli KasperSky di Tokopedia Cuma Rp.200.000 doang paling mahal. Kalau kamu merasa harga toko A mahal, cari aja di toko B. dijamin murah.

Membuka Toko di Tokopedia.

Untuk membuka toko online di Tokopedia itu sangat mudah dan cepat, hanya dengan tiga langkah Anda sudah bisa berjualan online. Ketika Anda membuka toko online di Tokopedia, sudah akan dipastikan barang Anda banyak dilihat oleh orang dan pilihan pembayaran bank juga sangat lengkap, para pelanggan Anda bisa membayar melalui Mandiri ClickPay, Mandiri e-Cash, BCA KlikPay, KlikBCA, Kartu Kredit, dan juga di Indomaret.

1 Silahkan Kunjungi Situs Tokopedia.com kemudian klik Daftar, isi semua data Anda selengkap mungkin dan asli data diri Anda. Kemudian silahkan Sign in (masuk), lalu klik “Buka Toko” pada kolom bagian kiri dari halaman home. Anda juga bisa membuka toko dengan mengklik icon gambar toko.

Klik Buka Toko

2 Silahkan isi semua data yang diperlukan dan diminta

  • Nama Toko (www.tokopedia.com/namatokokamu contohnya tokopedia.com/seamebali)
  • Isi Informasi nama tokomu
  • Pilih pengiriman apa yang mau kamu pakai.
  • Pilih pembayaran yang mau kamu terima
  • Isi Photo profile kamu / foto toko.

isi informasi toko di tokopedia

3 Memasukkan Produk. Untuk memasukkan produk yang mau kita jual juga sangat mudah. Klik “Tambah Produk pada bagian menu “Toko Saya”. Atau Anda juga bisa mengklik icon gambar toko, kemudian pilih “Tambah Produk”.

Menambah Produk Tokopedia

4 Silahkan Anda mengisi semua informasi produk yang dibuthkan atau diminta dengan benar dan lengkap, terutama pada bagian berat barang ya, karena ini nanti akan menentukan harga ongkos kirim, bayangkan kalau Anda tidak mengisi dengan benar bisa-bisa nanti harga ongkirnya sangat beda setelah ditimbang, jadi usahakan untuk memiliki timbangan. Data yang harus Anda isi seperti:

  • Nama Produk
  • Kategori produk
  • Deskripsi produk
  • Berat Produk (Pastiken berat barang benar)
  • Harga 1 Produk
  • Gunakan Photo Produk dengan kualitas baik.

Setelah Anda mengisi semua data itu kemudian silahkan Anda simpan data-data yang sudah Anda isi tadi dengan mengklik tombol “Simpan” atau “Simpan & Tambah Baru” untuk menambah produk terbaru.

isi data produk di tokopedia

5 Langkah selanjutnya adalah mempromosikan produk Anda kepada kenalan Anda melalui Facebook, Twitter, beriklan di Google AdWords, Facebook Ads dll. Jika Anda ingin mempromosikan produk Anda lewat AdWords saya sangat mendukung sekali, kenapa? Karena produk Anda akan bisa dilihat oleh banyak orang kapan saja sesuai dengan yang Anda inginkan. Tidak seperti iklan koran dan majalah yang hanya bisa dilihat oleh orang yang terbatas. Iklan AdWords juga sangat murah, hanya dengan Rp.5.000 saja Anda sudah bisa memasang iklan. Jika Anda tertarik memasang iklan di Google AdWords silahkan dapatkan Tutorial GRATIS dalam bentuk Video Cara Memasang Iklan di Google AdWords. (ada lebih dari 20 Video dengan resolusi tinggi dan Audio dengan kualitas bagus, semua video ini GRATIS)

6 Tunggu Order Masuk

Sekarang saatnya kita menunggu pesanan yang masuk. Enaknya membuka toko di tokopedia adalah ketika ada order atau pesanan yang masuk kita akan mendapatkan notifikasi kalau ada pembelian. Jadi sewaktu Anda di jalan Anda masih tetap bisa menerima order. Ingat ya langsung respon pesanan itu setelah Anda tiba dari perjalanan. Semakin cepat Anda merespon semakin bagus buat Anda dan juga pelanggan Anda meskipun kita diberi waktu 3 hari untuk merespon order itu.

7 Kirim Pesanan si Pembeli.

Ketika Order masuk uang juga masuk, tetapi uangnya belum dikasih ke akun kita sama pihak tokopedia, uangnya masuk kerekening tokopedia. Jadi jangan khawatir ya, banyak orang yang baru berjualan di tokopedia takut masalah uang, itu wajar sih. Tetapi percayakan sepenuhnya sama Tokopedia soal uang, tugas kita hanya menerima order, mengirim order sesuai pesanan dan memasukkan no resi pengiriman ke tokopedia. Sudah itu saja tidak ada yang lain.

7 Terima Dana Penjualan dan Withdraw Tokopedia

Biasanya Anda akan menerima dana hasil penjualan ke akun Anda setelah barang diterima oleh pelanggan Anda dan Ia mengkonfirmasinya. Setelah ini baru deh tokopedia akan meneruskan uang ke akun Anda. Mungkin ada yang tanya, kalau pelanggannya nggak mau konfirmasi kita gak dapat uang dong? Tenaaang jika selama 2 hari si penerima barang tidak mau mengkonfirmasinya sistem tokopedia akan meneruskan uang ke akun Anda setelah 2 hari itu. Jadi aman dan nyaman kan.

Tips Cara Sukses Jualan di Tokopedia

Anda perlu ingat, Gagal dalam berbisnis itu bisa di alami oleh siapa saja. Termasuk Anda. Meskipun Anda sudah berupaya untuk melakukan cara-cara yang paling terbaik sekalipun tidak ada jaminan Anda akan sukses. Satu hal yang musti Anda ingat adalah jangan pernah “PATAH SEMANGAT” STRESS boleh…. Tapi bangun kembali dan jalan terus…. Tetap Semangat.

  1. Identitas Yang Jelas.
  2. Untuk bisa menjalankan bisnis secara Online, Semua usaha yang dijalankan secara Online harus memiliki kejelasan identitas tentang siapa dibalik si penjual, ini adalah hukum dasar yang tidak boleh dipantang. Jika identitas Anda jelas, orang yang mengunjungi toko online Anda akan merasa aman. Apa saja sih identitas yang perlu kita cantumkan? Nama toko, no kontak HP, email dan alamat. Mengapa hal ini sangat penting? Ya itu tadi, agar pembeli Anda merasa yakin. Memang kita bisa saja tidak mencantumkan semua data itu di Tokopedia, karena tokopedia sudah terkenal akan keamanannya, tetapi jika Anda mengisi semua data itu hal ini akan membantu lebih lagi dalam membangun kepercayaan kepada pelanggan Anda.

  1. Menjadi Gold Merchant (Tidak harus)
  2. Salah satu hal yang menjadi fasilitas terbaik tokopedia adalah menjadi Gold Merchant, memang layanan ini adalah layanan berbayar untuk para pedagang yang berjualan di tokopedia. Dengan menjadi Gold Merchant kemungkinan untuk terjadi penjualan akan jauh lebih besar lagi. Kenapa bisa begitu? Ketika Anda membayar ini membuktikan keseriusan Anda dalam berjualan, yang kedua Anda akan diakui sebagai Partner dari Tokopedia yang bisa dijadikan rekomendasi, kelebihan lain adalah fasilitas promonya jauh lebih baik dari pada mereka yang bukan Golg Merchant, sehingga produk Anda akan dapat muncul dihalaman depan Tokopedia, tetapi ini bukan mengartikan yang bukan Golg Merchant tidak laku ya, tetep bisa menghasilkan juga kok.

  1. Gunakan Foto Produk yang Bagus dan Berbeda.
  2. Saya melihat banyak sekali orang-orang yang berjualan di Tokopedia menjual produk yang sama dan menggunakan foto produk yang sama juga. Coba posisikan diri Anda sebagai seorang pembeli, ketika si pembeli sedang membanding-bandingkan barang dia menemukan barang dan foto yang sama persis dengan toko lain kecuali foto produk serius (iphone, komputer dll) ini wajar sama dengan foto di toko online lain, tetapi jika foto produknya di foto di dengan pengambilan biasa ini akan membuat si pengunjung meragukan produk itu dan juga toko online Anda.

  1. Respon Pengunjung Dengan Cepat.
  2. Ini adalah salah satu cara yang membuat calon pelanggan nyaman dengan toko Anda, jika Anda merespon lebih cepat, pelanggan Anda kemungkinan besar akan membeli dari Anda, bisa jadi ia juga bertanya kepada toko yang lain, jika Anda menjawab setiap order yang masuk atau pertanyaan dari calon pelanggan Anda, selain itu jika kita berjualan di Tokopedia kita dikasih tenggat waktu untuk melakukan respon Order selama tiga hari, semakin cepat Anda merespon semakin cepat Anda dapat rating baik. Pastikan untuk meninggalkan no HP Anda kepada pelanggan Anda agar ia bisa bertanya melalui SMS, selain itu Anda juga bisa memberinya info jika ada produk baru.

  1. Kirim Barang Sesegera Mungkin
  2. Selalu posisikan diri Anda menjadi si pelanggan, sewaktu seseorang membeli sesuatu secara Online orang tersebut pasti akan selalu menginginkan barangnya cepat sampai di rumah. Jadi pastikan untuk langsung mengirim barang pada hari itu juga jika Anda bisa.

  1. Setiap hari pastikan untuk membuka Toko
  2. Ini bagus, pastikan dalam 1 hari Anda selalu untuk membuka toko Anda walaupun itu hanya 1 jam saja. Ini akan memberi kesan kepada pengunjung bahwa toko Anda selalu aktif, bayangkan jika Anda membuka toko online Anda di tokopedia setiap 2 minggu sekali. Yang ada toko Anda tidak pernah dikunjungi orang.

Hal lain yang paling penting saat Anda berjualan Online adalah “KEJUJURAN” banyak orang hanya karena uang mereka mempunyai pola pikir seperti ini, yang penting saya dapat uang sekarang terserah besok dia mau beli di tempat lain juga tidak apa-apa, CELAKA jika Anda mempunyai pikiran yang seperti itu. Sebenarnya untuk apa sih kita jujur?  Yang pasti Anda manfaatnya, kita bisa dipercaya orang, hati nurani kita selalu enak, bersih, tidak ada beban (ketenangan batin) dan Harga diri Anda terjaga jika Anda menjadi orang yang jujur.

Jujur ini termasuk kita memberikan barang yang terbaik, memberi deskripsi yang benar sesuai apa adanya, karena semua pembeli Online sangat mengandalkan deskripsi dari barang yang akan Anda jual, foto produk juga sebaiknya tidak menipu, gunakan foto produk asli dari produk yang akan Anda jual. Saya kira cukup sampai di sini dulu artikel tentang “Cara Jualan di Tokopedia”, jika memang nanti saya rasa ada yang kurang artikel ini akan saya update.