skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Bagaimana Cara Menulis Skrip Untuk Video YouTube

Bagaimana Cara Menulis Skrip untuk Video YouTube

Bingung dan sedang cari tahu tentang Bagaimana Cara Menulis Skrip untuk Video YouTube?

Anda saat ini mungkin sudah memiliki ide yang sangat bagus untuk membuat video YouTube untuk channel YouTube Anda, tetapi Anda tidak tahu dan tidak merasa yakin tentang bagaimana cara membuat dan cara mengekspersikan diri di kamera.

Apakah Anda sedang mencari tahu tentang cara membuat video yang lebih menarik sekaligus mampu menarik perhatian Para Penonton? Salah satu cara untuk melakukan hal itu adalah dengan membuat persiapan yang matang dengan membuat skrip video yang tersruktur dan baik. Entah itu video yang memiliki durasi 30 detik atau film full-length, dengan membuat skrip video hal ini bisa membantu dan sekaligus memandu Anda dalam proses pembuatan video lebih terarah dan sesuai dengan apa yang sudah Anda rencanakan.

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang biasa saya lakukan saat akan membuat video jika Anda ingin belajar Cara Menulis Skrip untuk Video YouTube Anda.

  1. Sebelum membuat dan menulis skrip Video YouTube Anda
  2. Menulis Skrip (Naskah) untuk Video YouTube Anda
  3. Setelah Menulis skrip Video YouTube Anda

Sebelum Anda Menulis Skrip Video YouTube Anda

Berikut ini adalah beberpa hal yang mungkin harus Anda lakukan sebelun Anda benar-benar menulis skrip untuk video YouTube.

Beberapa Daftar Software Pembuat Intro Video Terbaik untuk YouTube Yang Banyak digunakan YouTuber di seluruh Dunia.

1# Mencari dan Mengumpulkan Ide

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan sebelum Anda menulis skrip video adalah mulai mencari dan mengumpulkan ide. Jika pas jalan di pasar atau pas sedang buang air besar kemudian tiba-tiba Anda menemukan ide yang lucu atau melihat kejadian yang lucu jangan tunda segeralah untuk mencatat ide itu ke dalam sebuah buku. Jadi pastikan Anda memiliki pena dan buku catatan kecil sehingga saat ide itu muncul Anda bisa langsung mencatatnya dan tidak melupakan ide itu.

Setelah Anda sudah menemukan ide yang akan Anda buat, Anda bisa melakukan riset atau penelitian lebih dalam dari video-video lain. Saya biasanya menonton pertunjukan-pertunjukan yang ada di kota tempat saya tinggal jika jarak, waktu dan situasinya memungkinkan atau bisa juga menontonnya melalui televisi, film, sinetron yang mungkin mirip dengan tema video yang akan kita buat.

Mengapa saya melakukan hal ini? Tujuannya untuk membandingkan dan menambah pengetahuan tentang cerita, pengambilan gambar dan lainnya. Dengan melakukan hal ini saya juga nantinya bisa membandingkan hasil karya tulis saya dengan karya orang lain. Apakah tulisan dan video yang akan saya buat hanya berputar-putar pada tema yang selalu diulang? Apakah cerita yang saya buat itu sangat berlebihan atau biasa saja? Itu yang selalu saya lakukan agar karya yang saya buat bisa berbeda dan lebih menarik dari karya orang lain.

2# Cari Tempat yang tidak ada Gangguan.

Setelah Anda berhasil mengumpulkan ide untuk video YouTube, langkah selanjutnya adalah Anda cari tempat yang senyaman mungkin untuk Anda bisa menuangkan semua ide itu ke dalam tulisan dengan tenang dan mendapat inspirasi tambahan. Tempatnya tidak harus di rumah atau di kamar, Anda bisa menulis di mana saja yang menurut Anda bisa membuat Anda nyaman dan bisa menuangkan semua tulisan, saya biasanya menulis dengan menggunakan PC untuk di rumah dan Laptop pada saat menulis di luar rumah seperti di taman, di villa, hotel, saat sedang menunggu orang dan bisa juga di tempat lainnya. Saya yakin Anda sudah mempunyai tempat favorit untuk menulis.

Menulis Skrip Video YouTube Anda.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk duduk dan mulai menulis ide Anda, Ini yang akan Anda lakukan saat menulis skrip:

1# Buat Garis Besar untuk Cerita Video Anda

Setelah membuat garis besarnya langkah pertama dalam menulis skrip video adalah Anda mulai megembangkan garis besar itu menjadi sebuah cerita. Beberapa orang mempunyai pandangan hal itu tidak perlu kita lakukan karena hanya akan membuang waktu saja, tetapi tahukah Anda ini adalah cara yang paling baik dan benar untuk membuat skrip video dan pembuatan video yang baik. Garis besar berfungsi sebagai sebuah panduan dalam membuat video jauh lebih baik dibandingkan ketika Anda membuat video secara spontan. Coba bayangkan sebuah film layar lebar tanpa skrip pasti akan sangat sulit untuk dibuat bahkan para pemainnya juga akan sangat bingung. Salah sati tips paling bagus dalam menulis skrip untuk video adalah membuat garis besar di awal, di tengah dan di akhir video. Setelah Anda membuat semua itu, Anda bisa mulai menulis mulai dari draft skrip yang pertama kemudian di lanjut ke dua dan seterusnya.

2# Jadilah Diri Anda (Gaya Anda sendiri)

Saat membuat video perankan gaya Anda sendiri, jangan mengikuti orang lain. Buat itu menjadi ciri Anda sendiri, unik, bisa di tambah hal yang bersifat informasi dan juga menarik. Memang dalam banyak kasus orang-orang lebih suka menonton video-video yang bersifat pribadi dan kadang ada sedikit humor juga dalam video yang di buat, hal ini juga bisa menjadi pertimbangan Anda saat menulis skrip video.

3# Teruslah Menulis Skrip Video Anda

 

Ketika Anda menulis skrip video kadang banyak orang suka berhenti dan melanjutkannya esok hari. Ingat apapun yang terjadi teruslah menulis apa yang ada di pikiran Anda saat itu. Setelah selesai baca ulang tulisan anda, jika nanti ada kalimat atau kata yang aneh dan harus di ganti, gantilah saat itu juga. Jika Anda merasa skrip yang Anda buat kurang bagus dan kurang panjang, tambahkan saja.

4# Buat detail tentang keadaan dan juga Para Pemain (Tokohnya)

Dalam membuat skrip pastikan untuk membuat keterangan yang lengkap untuk menjelaskan tentang berbagai hal misalnya suatu adegan akan dimulai di mana. Dengan membuat keterangan seperti ini Anda akan terbantu lebih cepat saat pengambilan gambar untuk membuat video, apakah ada adegan yang akan di ambil di dalam ruangan atau ada adegan yang akan di ambil di luar ruangan, bahkan dimana lokasi pengambilan gambar akan di ambil, pengambilan gambar akan di ambil siang hari atau pada malam hari. Semua nama pemain dalam video bisa Anda tulis dengan huruf besar di samping atau di atas dialog skrip) yang Anda buat. Saya biasanya memberikan panduan tanda jeda dalam tanda kurung.

5# Pastikan Skrip Video terstruktur dengan baik

Memang sangat penting untuk belajar caranya menulis skrip video yang baik dan terstruktur. Bagilah naskah menjadi empat bagian untuk memudahkahkan Anda menulis: Bagian Pembuka, Primer, Body dan Penutup.

Untuk bagian pembuka video, cobalah ajukan pertanyaan sederhana yang nantinya bisa di jawab atau kita jelaskan di dalam bagian body (isi video). Gunakan bagian primer untuk memberi tahu penonton apa saja yang mereka dapatkan dari video ini. Sedangkan body akan berisi konten utama dari video yang akan di buat. Ini harus mencakup semua bagian yang perlu diketahui oleh para penonton. Terakhir, bagian Penutup akan menutup video dengan memberikan detail contohnya media sosial atau bisa juga teaser untuk video selanjutnya.

Catatan:

Buat itu tetap singkat

Untuk video vlog pribadi biasanya orang akan mengoceh sesuka hatinya tentang tema yang sedang dia bicarakan saat itu dan seringkali ada kata-kata yang lucu dan hal semacam itu biasanya yang di sukai oleh para penonton. Jika Anda membuat video tutorial (mengajar) sebaiknya Anda membuat tutorial sesingkat mungkin jangan bertele-tele dan langsung pada intinya, karena penonton tidak suka sesuatu yang bertele-tele, jika memang tutorial itu membutuhkan penjelasan yang panjang sebaiknya penjelasan itu benar, bukan dibuat seolah-olah terkesan panjang.

Saat Anda mulai membuat video yang sesuai dengan skrip yang Anda buat berupayalah fokus kepada informasi yang ingin Anda sampaikan melalui skrip yang sudah Anda buat, karena kadang-kadang kita suka lupa dan keluar dari naskah yang sudah kita buat.

Ingat Anda sedang berbicara kepada penonton Individu

Sewaktu berbicara di depan kamera Anda sebenarnya sedang berbicara kepada penonton Anda walaupun tidak kelihatan, panggil mereka dengan sebutan “Anda”, bukan dengan “kalian” (karena Anda sedang berbicara kepada penonton individu, bukan kolektif). Untuk membuat penonton terlibat dan berinteraksi dengan Anda bukan hanya sebagai penonton saja coba ajukan pertanyaan yang bisa mendorong mereka untuk meninggalkan komentar.

Setelah Menulis skrip Video YouTube Anda

Setelah Anda benar-benar selesai menulis skrip video Anda coba undang teman atau bertanyalah keapda anggota keluarga Anda untuk melihat skrip yang sudah Anda buat. Mintalah mereka untuk memberikan masukan jika ada sesuatu yang kurang baik, jika perlu ditambahkan suruh mereka untuk menambahkan, dan jangan lupa untuk selalu mau menerima masukan dari mereka, karena kecenderungan orang adalah mereka tidak suka di koreksi dan dikomentari tentang sesuatu.

Jadi itulah beberapa Tips sederhana Bagaimana Cara Menulis Skrip untuk Video YouTube

 

Tips

Sangat penting untuk memikirkan jenis skrip apa yang akan Anda tulis nantinya. Jika skrip yang akan Anda buat adalah skrip yang bertema komedi, pastikan orang yang akan membaca dan menontonny akan merasa lucu. Atau jika Anda akan menulis sebuah drama pastikan dialog yang Anda buat sangat mengesankan dan sangat menarik perhatian orang yang membaca dan menontonnya.

Pastikan skrip yang akan dibuat itu terlihat natural dan tidak kaku seperti suara robot yang sedang berbicara dan jangan menggunakan sofware text to voice.

Pengingat

Bersabarlah saat Anda menulis, karena menulis sangat membutuhkan waktu, jika Anda menulis apapun termasuk skrip secara terburu-buru biasanya akan menghasilkan kualitas tulisan yang kurang baik (rendah). Jadi pastikan Anda menggunakan waktu dan menyediakan waktu dengan baik untuk menulis skrip video agar hasil yang Anda dapatkan maksimal dan bagus.

Pastikan untuk Merevisi Hasil Tulisan Anda sebanyak yang diperlukan. Pekerjaan merevisi akan memawakan waktu dan pasti akan melelahkan, tetapi jika Anda terus melakukan hal ini, nantinya Anda akan puas ketika skrip Anda akhirnya benar-benar selesai di buat dan bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top