skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Yoast SEO VS All In One SEO Pack, Mana Yang Terbaik?

Yoast SEO VS All in One SEO Pack, Mana yang Terbaik?

Saya sempat mendapatkan pertanyaan dari email yang masuk, mas mana yang lebih bagus, Yoast SEO VS All in One SEO Pack? Sebagai pemilik website yang menggunakan sistem CMS WordPress, Anda pasti membutuhkan plugin SEO untuk membantu meningkatkan blog Anda di search engine. Tidak semua orang tahu, mana plugin yang bisa kita gunakan untuk website kita dan mana yang kurang bagus untuk digunakan. Dari pengalaman saya, sejak pertama kali terjun di bisnis online saya mendapai beberapa plugin yang paling populer dan bagus untuk bisa digunakan di website WordPress.

  1. Platinum SEO Pack
  2. All in One SEO Pack

Kedua plugin itu sangat populer dikalangan marketing online dunia. Saya secara pribadi lebih suka menggunakan Platinum SEO Pack, sayangnya belakangan sekitar tahun 2013 Platinum SEO sudah tidak di update lagi. Sejak saat itu penggunanya mulai berkurang dan pindah ke All in One SEO Pack. Bagi saya All in One SEO Pack bagus tetapi entah kenapa saya lebih suka untuk menggunakan Platinum SEO Pack. Sejak tidak di update saya kemudian mulai menggunakan All in One SEO Pack dan Yoast SEO.

Belakangan pada tahun 2010 Yoast menjadi salah satu plugin yang sangat cepat berkembang dan menjadi populer. Sejak saat itu saya kemudian mencoba untuk menggunakan Yoast di beberapa website yang saya kelola, salah satunya adalah website SUBMITCLimb ini.

Melalui tutorial ini saya akan membantu Anda untuk membandingkan mana yang paling bagus antara Yoast SEO atau All in One SEO?

Tentang Kedua Plugin

Jika saat ini Anda terjebak dengan pertanyaan itu maka artikel ini sangat cocok untuk Anda pelajari dan pilih salah satu untuk Anda gunakan di dalam website Anda. sekarang mari kita bandingkan mana yang paling bagus dari ke dua plugin itu.

Menurut saya kedua plugin ini All in One SEO Pack dan Yoast SEO adalah plugin WordPress yang sangat populer dan yang paling banyak digunakan oleh orang yang menggunakan WordPress dengan hosting berbayar. (bukan hosting di WordPress ya).

All in One SEO Pack di buat pada tahun 2007 oleh dua orang developers Michael Torbert dan Steve Mortiboy. Sejak pertama kali di buat plugin ini memang sudah sangat mencuri hati orang-orang yang menggunakan WordPress.

Sedangkan Yoast SEO pertama kali di buat kalau saya tidak salah ingat sekitar tahun 2010, waktu itu namanya masih WordPress SEO kemudian diganti menjadi Yoast SEO. Plugin ini dibuat oleh Joost de Valk yang dari waktu-ke waktu terus di sempurnakan sampai hari ini. Yoast sekarang menjadi sangat populer dan menjadi plugin yang menurut saya agak rumit untuk di setting bagi para pemula maupun mereka yang sudah lama menggunakan WordPress. Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, Yoast bisa merangkak naik dan menjadi saingan All in One SEO Pack. Apalagi sejak Platinum SEO sudah tidak pernah di update lagi maka makin menggila saja pengguna dari plugin Yoast SEO ini.

Kedua plugin ini sangat-sangat populer dan sangat bagus untuk membantu website di optimalkan dengan baik di mesin pencari. Mungkin banyak yang sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui jawaban, mana yang lebih baik dan bagus dari kedua plugin ini.

Dari Segi Instalasi dan Konfigurasi

Memang kendala terbesar bagi pemula dan juga orang yang sudah berpengalaman adalah cara melakukan pengaturan kedua plugin ini. Kita harus terus latihan untuk memahami dan berhasil melakukan pengaturan plugin SEO di website kita dengan menggunakan kedua plugin ini. Plugin SEO seharusnya membantu para pemula untuk bisa lebih menyederhanakan pekerjaan dalam mengoptimalkan sebuah website di mesin pencari, bahkan tanpa perlu mempunyai keahlian khusus.

Setting Yoast SEO

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah meng-instal dan mengaktivasi plugin Yoast. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa membaca tutorial tentang Cara Setting Plugin Yoast SEO. Di panduan itu dilengkapi dengan video tutorial.

Setelah Anda mengaktifkan plugin Yoast, silahkan Anda pergi ke halaman dashboard WordPress Anda, klik SEO dan kemudian klik Search Appearance. Pada bagian menu ini kita akan melakukan beberapa setting penting untuk website Anda.

Saya tidak akan menunjukkan cara settingnya di dalam tutorial ini, silahkan Anda pergi ke artikel yang sudah saya sebutkan di atas tentang cara setting Plugin Yoast SEO.

Setting All in One SEO Pack

Sama seperti plugin pada umumnya, untuk bisa menggunakan plugin ini Anda harus menginstal terlebih dahulu dan mengaktivasi plugin ini. Untuk lebih detail tentang plugin ini Anda bisa membaca tutorial Cara Setting All in One SEO Pack.

Menurut saya apalagi tahun sejak tahun 2019, All in One SEO Pack jauh lebih bagus dan cocok untuk digunakan oleh mereka yang ingin menggunakan plugin SEO gratis dan bisa menambahkan beberapa keyword ke dalam postingan artikel mereka. Di Yoast kita hanya bisa menggunakan satu keyword saja jika ingin menggunakan yang versi gratisnya saja. Sedangkan All in One SEO Pack sampai saat ini kita masih bisa menambahkan beberapa keyword yang ingin kita target.

Apa yang dilakukan oleh Plugin SEO untuk website WordPress Anda?

Seperti yang sudah saya katakan di atas plugin SEO seharusnya tidak membuat Anda menjadi bingung dan rumit dalam melakukan pengaturan. Selain itu yang perlu Anda ketahui adalah plugin SEO tidak akan membuat website Anda langsung bisa merangking di mesin pencari, jadi plugin SEO tidak akan bekerja dengan cara seperti itu dan tidak ada hubungannya dengan hal itu.

Untuk bisa merangking, Anda perlu mengembangkan dan membuat konten Anda menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Sukurnya WordPress sangat populer dan ramah dengan hampir semua mesin pencari, contohnya seperti mesin pencari Google, Bing atau lainnya. WordPress juga mempunyai banyak sekali themes yang bisa Anda dapatkan secara gratis maupun berbayar, pluginnya juga sangat banyak sama seperti theme (template) Anda bisa membeli dan menggunakan beragam plugin gratis yang tersedia di internet. Di dukung dengan komunitas yang tersebar di seluruh dunia, WordPress juga aman dan sangat mudah untuk di pelajari oleh siapa saja yang ingin membuat website sendiri. Secara singkat bisa saya katakan WordPress adalah sebuah CMS yang tepat untuk SEO dan membuat website yang bisa merangking dengan cepat di mesin pencari. Nah di sinilah plugin SEO berperan penting.

Sekarang mari kita lihat kedua plugin ini bekerja untuk website Anda.

Sekilas Tentang Yoast SEO

Sudah tidak diragukan lagi kalau Plugin Yoast adalah salah satu plugin WordPress terbaik dan yang paling banyak di download sampai hari ini. (sejak 2020, saya menggunakan All in One SEO Pack dan Platinum SEO). Plugin Yoast ini akan membantu website Anda menjadi lebih SEO friendly dan merangking lebih cepat di mesin pencari. Sejak pertama kali muncul Yoast sudah banyak membantu jutaan orang di seluruh dunia.

Yoast SEO melakukan segalanya untuk membantu menyenangkan visitor dan search engine spiders. Mereka mempunyai tim yang sangat profesional dan berdedikasi di bidang SEO.

 

Jadi, bisa sayaka katakan Yoast untuk pemilik bisnis, profesional blogger, content creator, developer atau SEO Expert (pakar SEO). Plugin ini akan membantu website Anda dalam keadaan yang baik di mata SEO.

Tampilan Yoast

Fitur Yoast SEO (Basic)

  • SEO analysis
  • Readability Analysis
  • Snippet preview (untuk desktop dan mobile)
  • Advanced feature (XML Sitemap dll)
  • Canocical URL untuk menghindari duplikat konten
  • Full control untuk breadcumbs

Fitur Premium (Berbayar)

  • Social previews
  • Insight tool untuk keyword/keyphrase
  • Article optimization untuk synonims dan related keyphras
  • Automatic internal linking suggestion
  • Add more keyword dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Yoast SEO

Plugin Yoast SEO adalah plugin yang populer dan memberikan banyak kemudahan untuk website dan konten yang Anda buat. Dengan Yoast Anda bisa membuat dan mengatur judul SEO sesuai dengan judul baru yang ingin Anda optimasi, Deskripsi Meta, media informasi untuk setiap post dan page yang Anda buat. Hal yang paling penting dan bagus dari plugin Yoast adalah mudah dipahami oleh mereka yang masih baru di SEO. Tetapi sebenarnya pembuat plugin ini menyembunyikan settingan tingkat lanjut untuk para pemula, jadi Anda harus mengaktifkan semua pilihan menu yang ada di Yoast secara manual. Dengan Yoast Anda juga bisa memanfaatkan fitur readability untuk membantu Anda menghindari keyword stuffing.

Selain itu Yoast kini sudah tidak bisa lagi menambahkan beberapa keyword dalam satu postingan jika Anda menggunakan versi yang gratis. dulu waktu pertama kali keluar Yoast masih menginjinkan kita untuk menggunakan dan menambahkan beberapa keyword. Untuk meningkatkan penjualan plugin versi Pro-nya Yoast menghilangkan fitur untuk menambahkan beberapa keyword ke dalam satu postingan. (buat saya, ini hal yang kurang mantab dan menarik lagi).

Sekilas tentang All in One SEO Pack

All in One SEO Pack dibuat sekitar tahun 2007 dengan tujuan awal untuk membantu banyak orang merangking website mereka di mesin pencari. Menurut saya sih tidak 100% membantu banyak orang, tujuan utama mereka yang terselubung adalah menjual plugin ini.

Sama seperti plugin SEO yang lain All in One SEO Pack setelah di instal di setiap postingan dan halaman Anda akan muncul kotak untuk mengedit title dan deskripsi seperti yang Anda lihat dalam gambar di bawah ini. memang kalau kita lihat di dalam kotak pengisian data SEO tidak ada indikator atau content analysis atau SEO score seperti plugin Yoast. Jadi perbedaan yang sangat jelas adalah itu. Tetapi meskipun tidak ada indikator seperti di Yoast menurut saya All in One SEO jauh lebih powerful dari Yoast (*menurut saya)

Anda bisa mengaktifkan dan mematikan beberapa fitur yang ada di plugin ini secara manual seperti social meta, Robot.txt, Sitemap XML, Video Sitemap, File Editor, Importer/Exporter pengaturan SEO dari plugin lain atau sebaliknya.

All in One SEO Pack Preview

Fitur All in One SEO Pack

  • XML Sitemap
  • Image XML Sitemap
  • Google AMP
  • Advanced Canonical Url
  • Automatic notification ke search engine setiap melakukan perubahan pada halaman website

Fitur Premium (berbayar)

  • Advanced support untuk WooCommerce
  • Advanced Google Analytics tracking
  • SEO untuk Category, Tags dan Custom Taxonomies dan masih banyak lagi fitur lainnya

Kelebihan dan kekurangan All in One SEO Pack

Daripada Yoast All in One SEO Pack jauh lebih mudah dalam pengaturan untuk semua orang. ketika Anda ingin mengatur SEO untuk setiap halaman website Anda, fiturnya jauh lebih sederhana dan tidak akan membingungkan. Anda bisa dengan mudah mengedit Title dan deskripsi halaman website yang ingin Anda optimasi. Untuk versi gratisnya saja, kita sudah mendapatkan fitur-fitur yang banyak sekali. Dan untuk versi gratisnya ini menurut saya sudah sangat jauh lebih dari cukup.

Kelemahannya menurut saya hanya tidak ada indikator atau content analysisnya atau SEO scorenya. Memang fitur ini sangat membantu sekali untuk para pemula, tetapi untuk mereka yang sudah berpengealaman tanpa menggunakan SEO score pasti sudah bisa dilakukan sambil merem.

Keputusan dan Pilihan Saya

Kedua plugin ini sama-sama hebat dan powerful, sangat sulit memang untuk melihat pebandingannya, karena masing-masing mempunyai keunggulannya sendiri-sendiri.

Fitur analysis yang di miliki Yoast memang bisa membantu para pemula untuk bisa mengoptimalkan website dengan baik. Mereka bisa melihat seo scorenya secara langsung, mengisi title, deskripsi dan konten sesuai dengan peraturan emas SEO.

Tetapi kalau Anda ingin bisa memasukkan banyak keyword ke dalam setiap postingan website Anda maka All in One SEO Pack adalah pemenangnya. Mungkin Anda ingin tanya, saya mau pakai yang mana? Saya akan pakai All in One SEO Pack dan Platinum SEO Pack untuk website saya mulai tahun 2020 ini.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Yoast SEO VS All in One SEO Pack ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link
tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online
dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan
online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem
pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top