skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Waspada! Ini Bahaya VPN Gratisan Yang Anda Gunakan!

Waspada! Ini Bahaya VPN Gratisan yang Anda Gunakan!

Bahaya VPN Gratis – Belakangan ini kita sering mendengar tentang VPN (Virtual Private Network) untuk membantu mengatasi masalah pemblokiran atau pembatasan mengakses internet yang kita gunakan ke website tertentu. Banyak yang memilih untuk menggunakan VPN yang gratisan, salah satunya adalah saya sendiri. Selain menggunakan VPN berbayar saya juga menggunakan VPN yang gratisan dengan alasan untuk mengurangi pengeluaran uang lebih banyak.

Anda mungkin pernah mengalami ingin menggunjungi situs web tertentu tapi tiba-tiba situs itu tidak bisa kita akses, ini membuktikan kalau situs itu di blokir di Negara kita atau mungkin belum tersedia untuk negara kita.

Solusi yang sangat cepat dan yang paling mudah adalah dengan menggunakan VPN. Dengan menggunakan VPN masalah pembatasan geografis bisa kita atasi dengan cepat tanpa harus menunggu waktu lama. Karena VPN akan mengalihkan rute yang akan kita lewati, agar Anda seolah-oleh sedang berada di tempat lain (Negara lain)

Memang ada begitu banyak pilihan yang berbeda-beda yang bisa kita dapatkan di dunia internet untuk membantu Anda mengubah lokasi Anda saat mengakses konten yang sedang dibatasi oleh Negara, sayangnya banyak orang lebih senang menggunakan layanan yang serba gratis. Memang tidak semua yang gratis itu berbahaya dan kurang bagus, tetapi kebanyakan bahayanya daripada bagus dan amannya.

Supaya Anda mengetahui lebih jelas tentang bahayanya menggunakan VPN gratis, Saya akan memberitahu Anda secara detail dengan cara bagaimana saja VPN gratis akan menggunakan koneksi internet yang Anda gunakan untuk kegiatan yang membahayakan Anda (Bisa saya katakan ini ilegal) dan kami juga akan membandingkan dengan VPN Premium yang populer dan berbayar yang akan memungkinkan Anda untuk mengakses beberapa website yang di blokir sambil tetap menjaga Privasi Anda.

Bahayanya Menggunakan Proxies dan VPN Gratis

“Gratis” semua yang gratis menurut saya tidak sepenuhnya gratis ketika Anda menggunakan VPN Gratis untuk mengakses website yang di blokir. Layanan yang Anda gunakan ini kemungkinan besar mengizinkan pihak ketiga yang sedikit jahat untuk mengintip secara diam-diam melalui data pribadi Anda, atau mungkin lebih buruknya lagi, mereka mungkin membiarkan orang lain untuk menggunakan koneksi internet Anda untuk melakukan beberapa kegiatan yang bisa saya katakan ilegal di dunia internet.

VPN Gratis sebenarnya bisa mengetahui dan melacak semua kegiatan Anda di internet, seperti alamat IP Anda, website yang sering Anda kunjungi dan beberapa konten lain karena mereka mempunyai catatan tentang Anda saat menggunakan VPN mereka – seharusnya data seperti itu benar-benar di jaga dan sebagai penyedia VPN mereka seharusnya melindungi privasi Anda saat menggunakan VPN. Selain mengenai masalah privasi yang saya sebutkan diatas, saat menggunakan VPN Anda dan saya pasti ingin menyembunyikan IP Anda, selain itu Anda mungkin mengalami kendala saat menggunakan VPN gratis, yaitu koneksi Anda menjadi lebih lambat, tidak stabil, adanya batasan penggunaan data dan sistem enkripsi yang mungkin sudah ketinggalan zaman.

Dan lebih parahnya lagi… kebanyakan dari penyedia layanan VPN ‘gratis’ ini akan menjual semua informasi Anda kepada pihak ketiga (pihak lain) bahkan beberapa dari antara mereka ada yang sampai menempelkan iklan tambahan (kebanyakan dari iklan ini berbahaya). Karena mempunyai data IP Anda, mereka kadang juga mendistribusikan alamat IP Anda, kegiatan kriminal ini akan menelusuri kembali mesin atau komputer Anda, jadi bukan milik mereka.

Mungkin Anda ingin menggunakan proxies, ketahuilah, proxies hanya meneruskan koneksi internet Anda tanpa mengenkripsi, jadi mereka bisa membaca semua data pribadi Anda. Apa artinya ini? ini artinya data pribadi Anda yang dikirimkan melalui koneksi internet yang Anda gunakan tidak aman dan bisa ditangkap dan di simpan oleh operator. Jika mereka tidak jujur (kebanyakan orang saat ini tidak jujur) mereka bisa saja melakukan apapun yang mereka ingin lakukan dan biasanya kebanyakan dari mereka akan menjual data Anda kepada pihak ketiga atau mungkin sekedar ingin mencari identitas diri Anda.

Jika ingin kita bandingkan antara VPN dan Proxies, VPN jauh lebih aman daripada menggunakan proxies, lebih stabil dan bahkan bisa lebih cepat daripada menggunakan Proxies – tetapi server VPN yang gratis dan populer tidak akan selalu selamanya benar-benar aman sesuai dengan apa yang dikatakan di dalam iklannya.

Bagaimana VPN Gratis menggunakan Koneksi Anda.

Memang sangat penting untuk berhati-hati saat online termasuk saat memilih dan akan menggunakan VPN gratis sebelum Anda benar-benar menggunakan salah satu dari sekian banyak VPN gratis yang ada. Meskipun kedengarannya VPN ini aman dan tidak berbahaya, menggunakannya untuk menjelajah semua akses website ke semua detail aktivitas penjelajahan Anda, kemungkinan besar bisa mendapatkan konsekunsi yang buruk daripada yang kita pikirkan.

Berdasarkan penyelidikan Top10VPN, 59% dari VPN Gratis yang dipelajari dan diselidiki oleh mereka VPN gratis ini kebanyakan dimiliki oleh perusahaan Cina. Karena China memiliki larangan penggunaan VPN yang sangat ketat, kebanyakan dari perusahaan-perusahaan ini bisa jadi sudah disetujui oleh pemerintah mereka untuk mengumpulkan data-data intelijen asing. Tidak hanya itu saja, 85% dari VPN gratis ini setelah di investigasi oleh Top10VPN ternyata mempunya sistem keamanan privasi yang sangat lemah dan bisa dikatakan sangat serius, salah satunya termasuk berbagi data dengan pihak ketiga.

Selain hal itu, baru – baru ini ada berita yang cukup membuat banyak orang terkejut, salah satu layanan VPN Gratis yang populer Hotspot Shield dituduh telah meta-matai user trafficnya. Grup advokasi hak digital A.S telah mengajukan keluhan kepada Federal Trade Commission (FTC) yang mengklaim service track, memotong dan mengumpulkan data pelanggannya.

Meskipun kebijakan privasi mereka ditulis bahwa mereka akan menjaga semua informasi penggunanya tetap aman dan anonim, ternyata mereka telah ditemukan mencatat koneksi internet, melakukan pemantauan kebiasaan browsing yang dilakukan oleh para pengguna mereka, kemudian menjual data pelanggan ini ke para pengiklan dan mengarahkan lalu lintas online.

 

Memang ini sebuah kontroversi yang menjadi pengingat kalai VPN gratis masih harus tetap menghasilkan uang, dan seringkali melakukan segala cara dengan menggunakan biaya Anda.

Mungkin Anda pernah mendengar tentang Hola Unblocker, yang dulu pernah menjual bandwidth cadangan pengguna mereka, yang memungkinkan koneksi mereka digunakan untuk serangan Denial-of Service (Dos) berbahaya dan mempunyai tujuan yang ilegal. Kira-kira aturan hola seperti ini, Hola adalah sebuah layanan privasi dan bisa digunakan secara gratis. Tetapi beberapa pengguna gratis, jika mereka sedang tidak menggunakan internet mereka, maka bandwidth (internet) mereka bisa digunakan oleh pengguna hola yang lain (yang menggunakan Hola Premium). Para member premium ini bisa menggunakan dan memanfatkan bandwidth Anda yang sedang tidak digunakan.

Bayangkan kalau Anda sudah menginstal aplikasi Hola dan sedang tidak menggunakan internet, kuota internet Anda bisa digunakan oleh user yang menggunakan Hola premium dan kuota Anda bisa habis. Jadi itu adalah satu dari sekian banyak bagaimana VPN gratis menggunakan koneksi internet Anda.

Cara Aman Mengakses Website yang Diblokir

Layanan yang berbayar mendapatkan keuntungan dengan memberikan tawaran keamanan tanpa harus menjual data diri Anda kepada pihak ketiga. Server VPN gratis bisa saja menimbulkan banyak hal yang merugikan Anda, seperti pencurian identitas dan lain sebagainya, sementara itu VPN berbayar (meskipun tidak semuanya) sangat menjaga Anda tetap aman.

Saat Anda mengunjungi website HTTPS (Anda bisa melihat simbol gembok di browser Anda) biasanya data-data itu bisa saja di curi oleh orang lain karena dikirim melalui koneksi yang tidak aman dan tida dienkripsi. VPN yang tepat dan bagus biasanya bisa mengenkripsi data-data Anda, menjaganya supaya tetap aman dari para pengintai dan hackers.

Sama seperti yang lainnya, tidak semua VPN berbayar adalah sama. Jadi pastikan Anda untuk memastikan dan mencaritahu mana saja layanan VPN berbayar yang bagus dan benar-benar menjaga data diri pelanggan mereka. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda benar-benar memilih dan menggunakan layanan VPN:

  • Kecepatan Koneksi. Ketika berbicara mengenai Internet, kecepatan hanya sebuah permainan mereka saja. Seringkali, penyedia layanan VPN bisa menyebabkan penurunan kecepatan koneksi internet Anda. Memang sangat sulit menemukan VPN yang benar-benar cepat dan bagus, meskipun sulit bukan berarti tidak ada sama sekali.
  • Server VPN:  carilah VPN yang mempunyai jaringan server yang tersebar secara global dan ada di lebih dari 30 Negara, ini akan membantu Anda untuk berinternet secara bebas dan aman – kapan saja dan dimanapun Anda mau.
  • VPN Protocols: carilah VPN yang bisa Anda gunakan untuk mengakses semua konten Anda, dari mana saja, kapan saja Anda mau. Jangan menggunakan VPN yang selalu mengalami gangguan tetapi gunakan VPN yang mempunyai protokol yang canggi dan berfungsi dengan baik.
  • Privaci Policy. Beberapa penyedia VPN akan mencatat dan mengumpulkan data diri Anda dan tidak menjaga privasi Anda meskipun di dalam website mereka menulis akan menjaganya. Pastikan untuk menggunakan VPN yang akan menjaga sepenuhnya privasi dan data diri Anda dan yang sekaligus mengacak IP Anda sehingga tidak ada yang pernah tahu apa yang Anda lakukan saat Anda online.
  • Customer support. Gunakan layanan VPN Premium yang bisa Anda hubungi kapan saja saat Anda mengalami masalah dan membutuhkan bantuan, baik itu menggunakan chat atau melalui email.

Memang kita tidak pernah bisa tahu mana VPN yang aman dan mana VPN yang benar-benar bisa menjaga keamanan online kita meskipun itu adalah VPN Premium yang kita gunakan. Tetapi setidakya jika Anda menggunakan VPN yang berbayar mereka bisa mengenkrispi koneksi internet kita. kita memang tidak pernah tahu, apakah mereka benar-benar bisa dipercaya atau tidak? Hanya yang membuat layanan itu sendiri yang bisa mengetahuinya. Seandainya layanan VPN itu diminta oleh negara untuk menyerahkan data-datanya oleh yang berwenang, mereka harus memberikannya untuk tujuan keamanan suatu negara.

Jika Anda suka dengan artikel Bahaya VPN Gratis dan juga video tutorial yang kami buat, Bantu kami share artikel ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb

Baca juga:
Apa itu VPN, Apa yang perlu Anda ketahui
Akses Internet Gratis dengan VPN
Mengapa VPN Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top