skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
VidIQ Review

vidIQ Review | Meningkatkan View YouTube Anda dengan vidIQ

Dalam artikel kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang aplikasi vidIQ untuk SEO channel YouTube. Bisa saya katakan ini seperti sebuah vidIQ Review. Review vidIQ ini dari pengalaman saya sendiri selama mencoba dan menggunakan ekstensi vidIQ. Saya juga akan memberikan review yang sejujur-jujurnya dari apa yang saya sukai dan apa yang tidak saya sukai.

Semoga apa yang saya ulas dalam artikel ini bisa membantu Anda untuk memutuskan apakah akan menggunakan aplikasi ini atau tidak.

Apa itu vidIQ?

vidIQ adalah sebuah extension chrome yang di rancang khusus untuk YouTube kreator dalam mengembangkan channel YouTube mereka.

Setelah Anda instal di chrome, ekstensi ini akan membantu Anda mengetahui lebih dalam tentang YouTube, mana yang baik dan tidak dari setiap video Anda untuk mendapatkan performa yang paling terbaik.

Jadi tool ini akan membantu Anda untuk memaksimalkan dan mengembangkan channel Anda mulai dari view dan subscriber secara organik. Bukan dengan cara-cara yang tidak benar misalnya membeli view dan subscribe dari website-website jasa yang menawarkan view dan subscribe.

Mungkin dengan membeli adalah cara yang cepat, tapi ada kelemahannya, yaitu Anda tidak bisa membaca analitik yang sebenarnya dari pengunjung channel Anda, jika sudah begitu Anda akan bingung untuk mengembangkan channel Anda dengan cara organik.

Harga vidIQ

Jika berbicara harga, orang Indonesia kebanyakan sudah keder dan malas duluan karena sudah terbiasa dengan yang gratisan. Tenang saja, nanti saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda bisa mengubah vidIQ basic menjadi vidIQ Boost.

Sekarang saya ingin menunjukkan berapa sih biaya berlangganan untuk menggunakan vidIQ ini? dari website resminya, vidIQ menawarkan 4 harga berbeda.

  • Basic – Gratis (free)
  • Pro – $7.50 per bulan (annual billing) atau $10 untuk setiap bulannya (monthly billing)
  • Boost – $39 untuk setiap bulan (annual billing) atau $49 per bulan (monthly billing)
  • Boost* – $415 per bulan (annual billing) atau $499 untuk setiap bulannya (monthly billing)

Seperti kebanyakan software dan aplikasi yang ada di internet, vidIQ juga memberikan harga untuk berlangganan jika Anda ingin mengakses extension ini setiap harinya. Anda bisa membayar bulanan atau tahunan.

Mungkin bagi beberapa orang ada yang mengatakan, kan saya belum menghasilkan, masa harus sudah membayar biaya sewa untuk menggunakan tool seperti ini?

Sukurnya ada kabar bagusnya, vidIQ mempunyai paket basic jadi Anda bisa menggunakan extensions ini untuk melakukan riset kata kunci dan SEO recomendation. Cuma memang untuk bisa menghasilkan hasil riset yang maksimal, kita harus menggunakan versi yang berbayar.

Saya ada satu trik sederhana bagaimana kalian bisa merubah vidIQ basic menjadi vidIQ Boost secara gratis. Caranya bisa kalian baca di artikel Cara mengubah vidIQ vision menjadi Enterprise.

Fitur-fitur vidIQ

vidIQ memang terkenal mempunyai fitur yang cukup lengkap dan mudah sekali untuk di pahami. Fitur yang akan Anda dapatkan ini bergantung dari paket yang Anda akan pilih dan gunakan. Umumnya, paket yang mempunyai harga yang lebih mahal biasanya mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap daripada paket yang mempunyai harga yang lebih murah.

Anda bisa melihat gambar paket harga vidIQ yang ada di bawah ini.

fitur vidiq

Video Scorecard

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak statistik tentang video yang Anda upload ke YouTube, dan juga bukan hanya video Anda sendiri, maka anda bisa memanfaatkan fitur scorecard untuk memenuhi kebutuhan analitis Anda.

Scorecard ini ada di sebelah kanan atau di samping YouTube Video Player. Jadi saat Anda sedang menggunakan YouTube dengan komputer Anda bisa melihat level statistik dari sebuah video yang sedang Anda tonton saat itu.

vidiq score

Data seperti apa saja sih yang bisa diberikan oleh Scorecard ini:

  • Overview – jumlah views dan perkiraan views per jam
  • Social Engagements – Ini adalah performa di Twitter, Facebook dan juga di Reddit
  • SEO feedback – berisi informasi tentang SEO vidIQ score
  • Video optimization checklist – Daftar cek list 15 faktor yang akan membantu Anda dalam mengoptimasi sebuah video
  • Controversial keywords – Penditeksi tentang kata apapun yang bisa mengakibatkan demonetisasi
  • Channel analytics – Data tentang analitik channel
  • Video tags – Tag yang di tempatkan di sebuah video untuk mudah di temukan oleh mesin pencari YouTube
  • Historical – untuk melihat histori graphic dari sebuah video untuk jumlah views
  • Tweets – daftar tweets yang membagikan video
  • Trending – Daftar list dari related video yang sedang tren

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, ada banyak informasi bermanfaat yang bisa Anda dapatkan secara simpel dari scorecard ini.

Live stats bar

Ingin melihat lebih banyak statistik?

Saat Anda masuk ke akun vidIQ Anda dan akun YouTube Anda melalui vidIQ, Anda bisa mendapatkan akses statistik tentang performa channel dan juga semua video yang ada di channel Anda.

Live stast bar akan mengumpulkan semua data dari bagian belakang dasboard analisis YouTube Anda dan menampilkannya di dalam aplikasi vidIQ ini. Dan yang paling bagusnya adalah stats bar ini bisa kita lihat dari mana saja di platform YouTube.

Live stats bar vidiq

Menurut saya ini fitur yang sangat berguna dan bermanfaat sekali untuk mengetahui gambaran singkat tentang kinerja channel YouTube Anda.

 

Tool riset keyword

Mempunyai ekstensi vidIQ bisa membantu Anda untuk mengakses dan mengetahui berbagai macam kata kunci yang bagus dan bisa membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak penonton dan jumlah subscriber secara oragnik. Nah, untuk bisa mengakses semua tool atau fitur yang ada di vidIQ ini bergantung dari paket yang Anda pilih. Jika Anda menggunakan paket basic maka fitur yang Anda dapatkan akan lebih sedikit dari paket Boost +.

Salah satu tool keyword research yang ada di vidIQ adalah keyword inspector. Anda bisa mencari kata kunci dan vidIQ akan memberikan statistik yang sangat berharga berupa volume pencarian, tingkat persaingan (competition) dan overall score.

Overall score adalah sebuah nilai dari 100 yang dihitung dari volume pencarian dan persaingan. Skor kata kunci yang tinggi biasanya menunjukkan lebih banyak volume pencarian dan persaingan yang lebih sedikit.

Keyword Inspector vidiq

Tidak hanya itu, saat melakukan riset kata kunci Anda juga akan mendapatkan informasi tentang kata kunci yang terkait yang mungkin lebih baik daripada kata kunci yang ingin Anda gunakan.

Jika Anda mencari topik video tertentu di YouTube, Anda juga bisa melihat tool kata kunci ini berperan penting di hasil pencarian. Lihat di bagian sebelah kanan Anda. Skor tingkat persaingan ditampilkan sangat menonjol di bagian kanan seperti sebuah speedometer berwarna kuning, merah dan hijau. Ini akan membantu Anda mengetahui dengan cepat seberapa bagus dan efektif kata kunci itu di mesin pencari YouTube.

Overall score vidiq

Basic video analitik

Selain ekstensi berbasis browser vidIQ juga bisa digunakan dari website mereka tanpa harus memasang atau menginstal ektensi vidIQ.

Untuk bisa mengakses dengan cara ini tentu kita harus masuk ke akun kita di website vidIQ. Setelah Anda masuk ke dalam akun Anda. Nanti Anda bisa melihat beberapa tab termasuk tab untuk analitik channel.

Analitik yang ada di website vidIQ ini sebenarnya bisa kita lihat langsung dari website YouTube di bagian studio YouTube (YouTube Creator Studio).

Apa beda yang di YouTube dengan yang ada di website vidIQ? Hanya tampilannya saja. di vidIQ Anda bisa melihat tampilan graphic yang lebih simpel dan menarik di lihat mata.

Basic video analytics vidiq

Jujur, saya lebih senang melihat dari YouTube langsung dan ektensi ini saya gunakan saat saya sedang meriset video langsung dari Google chrome.

Rekomendasi SEO

Siapa sih yang tidak ingin video yang mereka buat dan upload ke YouTube bisa di tonton oleh sebanyak mungkin orang? saya saja senang sekali jika video saya bisa di lihat oleh banyak orang. ada rasa puas dan punya harapan untuk menghasilkan lebih banyak lagi.

Nah, untuk bisa mencapai harapan itu maka kita perlu memanfaat tool seperti vidIQ ini, untuk memastikan setiap video yang kita buat memang sudah di optimalkan untuk SEO atau mesin pencari YouTube.

Tool ini memang sangat-sangat berguna sekali jika bisa digunakan oleh orang yang menginstal ektensi ini. bahkan mereka yang masih baru di YouTube bisa dengan mudah melakukan riset dan membuat video mereka mempuyai peringkat di mesin pencari YouTube.

Jika kalian tidak mempunyai dana, Anda bisa menginstal ekstensi ini dan menggunakan versi yang gratis saja. Anda juga bisa mengikuti cara saya untuk mengubah vidIQ basic menjadi pro. Caranya bisa Anda baca di artikel ini “Cara mengubah vidIQ vision menjadi Enterprise.”.

Sebagai Penutup

Jadi, itu adalah penjelasan singkat dari saya tentang vidIQ. Apa yang saya jelaskan di sini mungkin jauh dari kata sempurna. Tapi apa yang saya tulis ini adalah dari hasil pengalaman saya pribadi dalam membangun semua channel YouTube saya. Anda juga bisa membaca artikel saya tentang “Cara Meningkatkan View YouTube”.

Jika saat ini Anda belum membuat channel YouTube Anda bisa membuatnya sekarang untuk menghasilkan uang dari program Google AdSense, atau mungkin mempromosikan produk Anda atau menjual jasa Anda melalui YouTube.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel vidIQ Review | Meningkatkan View YouTube Anda dengan vidIQ ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top