Tradisi Minum Teh Ala Orang Cina

Tradisi Minum Teh Ala Orang Cina dan Manfaat Minum Teh

Tradisi Minum Teh Ala Orang Cina tentu berbeda dengan tradisi minim teh di negara lain. Jika saya boleh bertanya sama Anda, kira-kira Anda suka minum teh campur apa? Di Inggris biasanya orang suka minum teh yang diseduh hingga pekat kemudian disajikan bersama susu dan gula.




Asal – usul Teh yang Anda Minum

Kira-kira dari mana asal usul teh yang sering kita minum ini? Berdasarkan penjelasan yang ada di The Encyclopedia Americana, informasi pertama yang dipercaya sehubungan dengan teh terdapat dalam sebuah biografi seorang pejabat asal negeri cina yang meninggal sekitar tahun 273 M, meskipun tanaman yang dimaksud dalam satu karya yang sudah di edit oleh Konghucu, hiudp sekitar tahun 551 sampai 479 M, diperkirakan itu adalah teh. Dalam bahasa inggris untuk pertama kalinya teh disebutkan oleh R. Wickham – wakil dari perusahaan india timur inggris, sekitar tahun 1615.

Teh yang khusus untuk dibudidayakan banyak tumbuh di semua negara, teh yang ada di Indonesia khusunya jawa dibawa oleh orang belanda sekitar tahun 1826. Orang inggris juga terkenal suka minum teh, sekitar tahun 1836 inggris membawa teh ke India. Di Sri Lanka pada tahun 1870 hama jamur memakan habis tanaman kopi, lalu sebagai gantinya ditanamlah Teh.

Tradisi Minum Teh Ala Orang Cina

Biasanya Orang Cina menyajikan teh dengan nampan pelat panas listrik dan juga ketel, poci tehnya kira-kira hanya setinggi depan sentimeneter, biasanya juga dilengkapi dengan dua jenis cawan kecil yang siap untuk digunakan. Setelah air mendidih kemudian dituang ke dalam  poci dan juga cawan kecil kemudian air itu mengalir melewati lubang-lubang pada bagian dalam nampan. Setelah itu teh kemudian dimasukkan kedalam poci sampai menutupi bagian dasar poci, kemudian air panas dituangkan ke daun-daun teh tadi dan airnya kemudian dibuang, tujuannya untuk membilas daun teh dan setelah dibilas biasanya rasa tehnya baru bisa keluar. Seru juga ya Tradisi Minum Teh Ala Orang Cina ini.

Namun sekarang ini mungkin sudah berubah cara orang minum teh, sekarang ini banyak orang lebih suka langsung menuang air panas ke dalam poci dan setelah teh yang dimasukkan terendal selama satu menitan, biasanya teh dituang ke dalam teko-teko kecil. Nah dari teko inilah orang cina biasanya mengisi cawan “wangi” yang berbentuk silinder yang tingginya sekitar 2,5 meter, orang cina akan menuangkan teh ke dalam cawan minum dan kemudian meletakkan cawan minum diatasnya cawan wangi. Jadi bagi orang cina aroma teh dan juga rasa teh harus sama-sama dinikmati, beda banget ya sama cara kita minum teh buat sarapan pagi hari doang sama teman makan doang.

Info: Teh itu mengandung kafein, yang bisa menyegarkan tubuh dan juga menenangkan pikiran, jadi jangan banyak-banyak minum teh saat mau tidur kalau tidak mau susah tidur nantinya.

Lalu apa Manfaat Minum Teh

Menurut pendapat orang Cina jika kita minum teh setelah kita makan biasanya bisa melancarkan pencernaan makanan yang kita makan. Dan konon katanya (*belum tentu kebenarannya) bisa membantu mencegah kenaikan berat badan seseorang jika ia minum teh. Dan berdasarkan beberapa penelitian Teh hijau mampu mengurangi resiko terkena kanker. Berikut ini kami mencoba mengelompokkan beberapa daftar manfaat jika kita minum teh.

  1. Mampu menurunkan berat badan.
  2. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh partisipan di jepang, ditemukan bahwa jika kita secara rutin mengkonsumsi teh hijau berat badan kita bisa turun.

  1. Menurunkan resiko penyakit Alzheimer
  2. Penyakit Alzheimer adalah penyakit demensia atau yang kita kenal dengan penurunan daya ingat seseorang. Kandungan katekin yang ada didalam teh hijau rupanya memiliki efek protektif terhadap sel saraf yang ada ditubuh seseorang, dan mampu mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.

  1. Mengurangi terekananya penyakit diabetes.
  2. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, para peminum teh biasanya memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes dibandingkan dengan orang yang jarang minum teh.

  1. Sangat baik untuk menjaga jantung tetap sehat.
  2. Hasil study dari Harvard University memberi penjelasan bahwa jika seseorang minum the atau kopi secara rutin dapat menurunkan penyakit kardiovaskular.

Itu adalah artikel singkat dari kami tentang Tradisi Minum Teh Ala Orang Cina dan Manfaat Minum Teh. Tiap kota dan negara memang berbeda-beda, silahkan mencoba sendiri cara Anda saat menikmati teh.