skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Tool Untuk Meningkatkan Jumlah Penonton YouTube

Tool Untuk Meningkatkan jumlah penonton YouTube

Semakin ketatnya orang yang di terima di YouTube menuntut Anda yang ingin mencari peruntungan di Dunia YouTube harus bisa membuat konten-konten yang bermutu, berkualitas tinggi, Memberi Manfaat dan Menghibur Orang lain, agar bisa menarik perhatian orang dan bisa di nikmati penonton Anda.

Itu adalah resep dasar yang harus digunakan oleh semua orang yang ingin terjun di YouTube agar bisa memenuhi syarat yaitu 1.000 subscriber dan 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan. Setelah memenuhi semua itu maka channel yang Anda bangun akan di tinjau lagi, dan ini juga belum tentu bisa di Approve oleh pihak YouTube.

Berat banget kan…?

Buat saya ini sangat berat, karena tidak adanya kepastian untuk kita sebagai pembuat video (konten kreator)

Ini semua bisa terjadi karena ulah orang-orang nakal seperti para reuploader dan pembuat konten yang melanggar peraturan YouTube, akhirnya yang menjadi susah adalah orang-orang seperti Anda dan saya yang 100% ingin bekerja dan mencari peruntungan dari dunia online khususnya YouTube.

Tapi jangan menyerah dan putus asa dulu…

Teruslah membuat konten video yang original dan terus tingkatkan jumlah penonton video Anda. Menurut pihak YouTube batas jumlah penayangan yang mereka buat sekarang itu akan membantu mereka (pihak YouTube) untuk mendapatkan informasi yang cukup untuk bisa menentukan validitas dari channel yang mengajukan diri untuk mengikuti program YouTube ini, serta untuk memastikan mereka apakah pemilik channel ini patuh pada peraturan dan kebijakan pengiklan yang dibuat oleh mereka.

Jika Anda sudah mengikuti sesuai dengan apa yang di minta YouTube tapi tidak di approve bagaimana?

Meskipun tidak di approve untuk mengikuti program adsense mereka Anda bisa menggunakan channel Anda untuk meningkatkan kunjungan (traffic) ke website, ke Instagram atau ke toko online Anda. Percayalah apa yang Anda buat tidak akan sia – sia.

Ya… YouTube memang pada kenyataannya banyak digunakan untuk tujuan:

  1. Menghasilkan uang dari program AdSense
  2. Mendatangkan traffic ke website (bisa menghasilkan penjualan juga)
  3. Mengajar (seperti yang saya lakukan melalui channel SUBMITClimb)
  4. Mendapatkan uang dari Sponsor

Ini adalah kenyataan yang benar-benar terjadi. Tetapi dengan mengetahui hal ini Anda saya berharap Anda tidak pernah menyerah atau putus asa dulu ketika ingin membuat atau setelah membuat video dan menguploadnya ke channel YouTube.

Bahkan orang yang sudah sering dan berpengalaman membuat video untuk YouTube saja masih kena suspended oleh YouTube tanpa alasan dan tanpa peringatan. Lihat video kekesalan saya ketika salah satu channel saya sudah tiga kali terkena suspended oleh YouTube.

Untuk membuat channel Anda berkembang Anda membutuhkan yang namanya software untuk mengedit video dan audio.

Video, audio dan editing tool sangat penting untuk membuat sebuah video. Alat-alat ini akan memungkinkan Anda untuk membuat dan memproduksi sebuah video. Saya menggunakan Adobe Premiere, Vegas Pro dan Camtasia. Camtasia ini adalah software video editor dan screen recorder, Anda bisa mempelajarinya di halaman website saya di sini. YouTube sendiri memiliki perangkat video editing basic yang bisa Anda akses di akun YouTube Anda.

Ada banyak program yang mendukung pembuatan video seperti misalnya:

Untuk mendapatkan beberapa file yang sudah kami sebutkan silahkan kunjungi halaman berbagi kami di Facebook Page, cari file notes dan silahkan baca dengan teliti di sana, jika bingung atau kesulitan silahkan jangan sungkan untuk bertanya kepada kami.

Software video editing dan recording equipment yang baru saja saya sebutkan, itu baru setengah dari perjuangan Anda di dunia YouTube. Anda perlu mengerti dasar-dasar YouTube search engine optimizaion (SEO), analytics, branding, marketing, channel management dan monetization agar Anda bisa sukses di YouTube. Berikut ini Tool Untuk Meningkatkan jumlah penonton YouTube:

Tool Untuk Bermain YouTube

1# TubeBuddy 

Extensi browser TubeBuddy bisa membantu mengoptimasi video YouTube Anda. Fitur yang ada di TubeBuddy seperti productivity, SEO, promotion, workflow dan analytics. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan bantuan TubeBuddy adalah:

  • Melacak rangking video Anda dan juga pesaing Anda baik untuk pencarian di Google dan YouTube
  • Bisa mengetahui keyword dan tag yang digunakan oleh pesaing kita, meng copy dan paste tag di video kita agar kita bisa memperoleh harapan peringkat dengan kata kunci yang sama.
  • Tes title, thumbnails, tags dan deskripsi untuk menemukan mana yang bekerja dengan baik untuk channel kita berdasarkan kinerja dan analitik video.
  • Menjadwalkan video yang akan di publish pada hari-hari tertentu.
  • Membuat schedule video untuk di hidden dan di hapus dari playlist di waktu dan tanggal yang Anda ingin tentukan
  • Menemukan video yang di demonetisasi dengan cepat dari channel Anda, dan kemudian mengirimkannya untuk di tinjau (review) secara manual
  • Membuat thumbnails dengan kualitas profesional menggunakan still frames dari video Anda dan membuat teks / gambar di video Anda
  • Menjangkau penonton Anda di berbagai jejaraing sosial media.

2# vidIQ

vidIQ adalah salah satu tool yang bisa membantu Anda baik itu perorangan, brand, network dan biro iklan untuk mengembangkan channel mereka seperti views dan subscribers. Kita bisa mengetahui tentang analytics dan laporan, YouTube SEO, identifikasi influencer, comment management dan tool intelijen kompetitif, Layanan profesional vidIQ mencakup brand strategy dan channel optimization. vidIQ extension versi gratis memungkinkan Anda:

  • Melihat kata kunci dan tag yang digunakan oleh website orang lain.
  • Review search term metrics seperti views dan keyword score
  • Hitung jumlah karakter untuk judul, description dan tags
  • Manage, copy dan paste tags dari video satu ke video yang lain
  • Mengetahui statistik channel dalam satu panel

Silahkan membaca artikel yang pernah saya bahas juga “Cara Mengubah vidIQ Vision Menjadi Enterprise” untuk developer dilengkapai juga dengan video panduan yang terus saya update setiap hari.

3# Hootsuite

Hootsuite adalah tool gratis dan premium yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis online Anda, dan Hootsuite adalah management tool sosial media yang paling banyak digunakan. Hoostsuite memiliki penawaran untuk penggunaan Gratis, Pro, Busnis dan enterprise dan uji coba selama 30 hari. Pengguna bisa membuat penjadwalan dan update post ke halaman Facebook profile atau page, Twitter, Linkedin, Instagram, WordPress dan beberapa website lain dari dalam dasboard Hootsuite. Hootsuite menawarkan 160+ Aplikasi gratis dan berbayar melalui direktori mereka termasuk App VK, Tumblr, dan aplikasi populer lain. Dengan menggunakan Hootsuite Anda bisa melakukan beberapa hal ini di YouTube:

  • Upload, edit, schedule dan share video YouTube di semua jejaring sosial media Anda.
  • Mengelola dan memantau beberapa akun YouTube tanpa resiko membagikan kata sandi / password Anda.
  • Untuk perteumbuhan subscriber, analyze engangement dan mengidentifikasi traffic source

Tutorial YouTube, Tips dan Insight

YouTube Creator Hub & Academy

Creator Hub bertujuan untuk membantu Anda membuat video yang bagus, mencari dan menemukan audience, dan mengembangkan channel Anda. Creator Academy memiliki banyak katalog tutorial untuk membantu Anda mendapatkan inspirasi berkreativitas. Panduan di sini gratis dan akan membantu Anda bagaimana cara mengambil shoot video yang bagus dan mengedit video. Selain itu mereka juga memiliki YouTube Channel yang berisi tips dan trik. Ini adalah tempat yang bagus untuk belajar tentang semua hal yang berhubungan dengan YouTube channel development.

Tubefilter

Tubefilter adalah perusahaan digital entertainment yang sangat terkenal yang mencakup industri video online. Yang perlu diperhatikan adalah pos mereka, Reverse Enginerring The YouTube Algorith, yang mencakup model distribusi video YouTube. Saya sangat merekomendasikan Anda untuk membaca artikel yang ada di sana dan artikel dengan judul itu.

Tubular Insights

Tubular Insights (sebelumnya ReelSEO) adalah resource untuk analysis, tips dan trend untuk industri video online dan internet marketer. Memreka menawarkan expert advice dan komentar tentang video untuk memandu internet marketer dan produser konten video. Tubular Insights adalah satu-satunya perusahaan yang melacak semua konten video cross-platform, semua perangkat dan secara global. Tidak hanya itu saja mereka juga menawarkan salah satu blog yang isinya paling luas tentang video dan Topik YouTube dan memberikan panduan how-to guides. Terakhir Anda bisa mencari tahu pembuat konten dan penerbit video top di YouTube, Facebook dan juga di Instagram, sayangnya konten di sini menggunakan bahasa inggris, buat orang-orang yang sedikit bisa menggunakan bahasa inggris seperti saya harus menggunakan bantuan Google Translate untuk membacanya.

YouTube SEO, Keyword dan Tags

YouTube itu tidak hanya sebatas tentang unboxing video saja. YouTube adalah search engine terbesar kedua di Internet setelah Google. Saya secara pribadi sering sekali mencari dan juga menonton video-video tutorial tentang hal apapun yang saya butuhkan dan ingin tahu seperti tentang WordPress, cara tampil di halaman pertama mesin pencari. Bisa menduduki halaman pertama untuk video-video yang ada di YouTube sangat penting sekali untuk menarik klik dan views. Nah untuk bisa menduduki halaman pertama di mesin pencari YouTube dibutuhkan pengetahuan yang baik tentang SEO YouTube. Untuk saat ini saya sudah mencoba mempelajari tentang YouTube SEO dan telah berhasil menempatkan beberapa video yang saya punya di channel – channel saya yang lain yang saya kelola di halaman pertama YouTube dan mesin pencari Google. Sangat bagi penting bagi Anda untuk memahami SEO secara keseluruhan

Baca juga artikel saya yang berhubungan dengan YouTube SEO “Panduan Lengkap SEO Untuk YouTube” dan “Cara Optimasi Video Youtube” selain itu Anda juga bisa mempelajari beberapa Tutorial SEO dan Kursus. Anda juga bisa mengunjungi website SEJ untuk mempelajari panduan YouTube SEO mereka. Tool untuk YouTube SEO dan riset keyword.

Google Keyword Planner

Keyword Planner tersedia di Google Ads, layanan iklan online. Meskipun tool ini memang dibuat khusus untuk membantu pengiklan untuk perencanaan iklan dan juga riset, banyak orang menggunakan dan memanfaatkan tool ini untuk riset keyword dan memahami bagaimana sebuah keyword bekerja. Anda bisa menemukan kata kunci baru untuk mendapatkan ide video baru anda yang relevan untuk brand, produk, layanan dan target audience Anda. Keyword Planner akan membantu Anda menampilkan statistik historis seperti data search volume dan pesaing. Pengguna bisa mentarget keyword berdasarkan lokasi geografis, misalnya seperti negara, bahasa, wilayah dan kota. Selain itu pengguna bisa menyesuaikan hail pencarian berdasarkan tanggal, tren musiman (seasonal trends) dan juga perangkat yang digunakan.

SEMRush

SEMRush salah satu keyword tool yang sangat terkenal yang didasarkan atas data pencarian dari 26 negara terbesar di dunia. SEMRush bisa membantu Anda menemukan ide keyword apa yang ingin digunakan, melihat rangking, memperkirakan search volume sebuah keyword dan juga perkiraan CPC dan juga difficulty scores.

Keywordtool.io

 

Keywordtool akan mencari dan menyarankan beberapa ide kata kunci untuk hasil pencarian Google, YouTube, Bing, Amazon dan beberapa mesin pencari lain yang terkenal. Keywordtool akan memungkinkan anda untuk memilih negara mana dan juga bahasa yang akan Anda target. Anda akan mendapatkan lebih dari 750 longtail keyword hasil dari pencarian menggunakan Keywordtool ini untuk YouTube autocomplete. Memang ini bukan hasil yang 100% akurat, tetapi dengan menggunakan bantuan tool ini setidaknya kita bisa mendapatkan ide kata kunci apa yang bisa kita gunakan untuk video kita termasuk untuk menentukan judul sebuah video.

YouTube Autocomplete

Beberapa dari antara Anda mungkin bingung di mana kita bisa menemukan YouTube Autocomplete ini? Memang ini bukan sebuah tool seperti Keyword Planner dan juga tool lainnya, ini menurut saya hasil dari pencarian orang di mesin pencari Google dan juga di mesin pencari YouTube itu sendiri. YouTube autocomplete bisa Anda temukan pada saat Anda mengetikkan sebuah keyword di mesin pecari YouTube. Ini akan membantu para penggunanya untuk lebih mudah dan lebih cepat menemukan video sekaligus merekomendasikan kata kunci yang cocok untuk mereka saat mereka mulai mengetikkan sebuah kata kunci. Saya secara pribadi sering menggunakan cara ini untuk menemukan sebuah ide kata kunci dan membuat konten-konten video baru.

Data Channel & Analytics

YouTube Analytics

YouTube Analytics akan menampilkan metrik dan juga repors. Report akan dikelompokkan menjadi tiga kategori, pendapatan, watch time dan interaction. Memang ada sedikit perbedaan kalau menurut saya tentang Google Analytics (GA) dan juga YouTube Analytics, menurut saya GA jauh lebih baik untuk mengukur aktivitas pemasaran dan juga external traffic. Jika kita menggunakan keduanya ini akan memberi kita pandangan yang jauh lebih komprehensif tentang channel kita.

Catatan: YouTube sekarang telah menggunakan YouTube Studio. Analytics dan juga laporan ditampilkan secara berbeda tetapi sebetulnya memiliki laporan informasi yang sama dengan Cretaor Studio.

Google Analytics

Google Analytics adalah layanan web gratis yang akan membantu untuk menampilkan statistik untuk management website dan juga kinerjanya. Mungkin beberapa dari anda ada yang baru mendengar tentang tool yang satu ini maka saya menyarankan Anda untuk mempelajarinya kursus resmi dari Google untuk para pemula. Anda bisa menghubungkan link channel Anda ke Google Analytics untuk mendapatkan informasi traffic yang lebih baik.

Social Blade

Social Blade memberi semua penggunanya data publik, dengan menggunakan software canggih dari social blade akan membantu Anda untuk mendapatkan beberapa informasi seperti global analytics untuk pembuat konten, live streaming, atau brand apapun. Menurut saya social blade bisa membantu Anda mendapatkan informasi apapun sehubungan dengan channel YouTube Anda dan juga orang lain.

Live Subscriber Count.

Live Subscriber Count adalah tool yang banyak digunakan YouTuber untuk melihat jumlah orang yang subscribe channel mereka real time. Jika Anda sedang melakukan promosi atau bagi-bagi hadiah tool ini bisa membantu Anda untuk melihat pertumbuhan langsung orang-orang yang subscribe channel Anda. Anda bisa mengubah-ubah warna untuk penghitungnya sesuka hati Anda.

Vidooly

Vidooly adalah tool yang akan membantu para video publisher, advertiser, perusahaan media dan juga agensi untuk berhasil dalam video digital di semua platforms. Produk mereka beberapa diantaranya seperti YouTube dan facebook analytics, audience dan juga market insights, akuisisi dan konten strategi dan masih banyak yang lainnya, Anda bisa melihat langsung di website resmi mereka.

YTSC

Youtube Subscriber Counter (YTSC) adalah free tool untuk kreator YouTube, YouTube Fans dan juga untuk pemilik perusahaan untuk mengetahui pelacakan analitik channel YouTube.

Monetisasai dan Pendanaan (Funding)

Google AdSense

Google AdSense adalah salah satu layanan milik Google yang akan memungkinkan siapa saja yang mempunyai channel YouTube, mempunyai blog atau website untuk menayangkan iklan milikGoogle di channel mereka dan juga di website mereka. Iklan yang akan tayang bisa berupa teks, gambar dan juga video atau media interaktif otomatis lainnya. Semua iklan ini akan tayang secara otomatis yang di kelola oleh Google. Publisher bisa mendapatkan penghasilan dari setiap iklan yang di klik dan juga yang tayang atau di tonton oleh orang.

Penghasilan dari YouTube akan dimasukkan atau ditambahkan ke halaman pembayaran AdSense biasanya setiap tanggal 15 setiap bulannya dan akan dibayarkan kepada Anda langsung jika penghasilan Anda melebihi ambang batas pembayaran. Yang perlu Anda tahu estimasi pembayaran AdSense Anda tidak akan termasuk pembayaran YouTube Anda. Anda bisa melihat penghasilan pendapatan Anda di halaman Creator Studio dan bagian drop down Analytics.

YouTube Super Chat

YouTube Super Chat adalah cara Anda berinteraksi dengan para fans Anda dan dengan superchat Anda bisa mendapatkan penghasilan juga. Saya secara pribadi belum pernah mencoba menggunakan fitur ini.

YouTube Channel Membership

Channel Membership akan memungkinkan Anda penonton Anda untuk bergabung di channel yang Anda kelola dengan melakukan pembayaran langganan (biasanya berlangganan setiap bulan). Subscriber berbayar akan mendapatkan icon seperti badge, emoji, dan juga item yang lainnya yang dipilih oleh Anda. Sayangnya program ini hanya bisa diikuti oleh mereka yang sudah mempunya lebih dari 50.000 sub dan juga yang telah memenuhi beberapa kriteria yang lain. Namun dari pengalaman dan ekperimen pribadi saya, kita juga bisa membuat membership untuk mereka yang menjadi fans (subs) kita dengan membuat keanggotaan di website yang kita kelola, jadi kita mengarahkan mereka ke sana.

Patreon

Mungkin banyak juga yang belum tahu tentang situs yang satu ini sama seperti saya. Dengan menggunakan situs ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pembayaran dari setiap video, lagu dan juga lainnya. Para fans Anda akan memberikan beberapa dolar kepada Anda setiap bulannya atau hal lainnya. Ini tidak bergantung kepada dimana si pembuat content membuat contennya, entah di YouTube, vimeo dan juga SoundCloud mereka bisa mendapatkan penghasilan.

Social Media Managemen Tools

Agorapulse

Agorapulse adalah tool untuk manajemen media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin dan juga YouTube. Pengguanya bisa mempublish, mendengarkan dan mengetahui jumlah aktivitas di media sosial yang mereka kelola. Agorapulse bisa digunakan secara gratis dan juga berbayar. Untuk YouTube Anda bisa mengelola komentar, dan juga menerima peringatan tentang hal apapun dari akun media sosial Anda.

Hootsuite

Hootsuite adalah toll untuk manajemen media sosial dan juga marketing tool yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan bantuan website ini kita para pengguna bisa melakukan hal seperti publish, memonitor dan menganalisa aktivitas di akun media sosial kita dalam satu website. Ada yang gratis dan juga ada yang versi berbayar. Jika Anda merasa cocok dengan menggunakan Hootssuite silahkan melanjutkan untuk menggunakan versi yang berbayar, tetapi jika Anda tidak puas Anda bisa tetap menggunakan versi yang gratis dan juga 30 hari masa trial. Sehubungan dengan YouTube Anda bisa mengupload, edit, schedule, share, manage, measure dan menganalisa video Anda di jejaring sosial media.

Royalty Free Music untuk YouTube Video

YouTube sendiri sudah menyediakan Audio Library yang bisa Anda akses melalui creator stuido. Anda bisa mendownload semua music dan juga sound effect di sana untuk digunakan ke dalam project video Anda. Bisa mempelajari tentang Royalti Free Music di halaman Artikel yang pernah kami buat di sini dan pelajari juga Daftar Berbagi situs tempat download Musik tanpa hak cipta. Beberapa daftar music gratis dan juga premium bisa Anda temukan di sini:

Desain Thumbnail dan Freelancer

Bisa saya katakan thumbnail sangat penting untuk menarik calon penonton video Anda, thumbnail juga bisa meningkatkan rasio klik video Anda. Anda bisa membuat thumbnail sendiri atau bisa juga menggunakan jasa orang lain seperti desainer freelance. Dimana saja Anda bisa membuat dan menggunakan jasa untuk pembuatan thumbnail video Anda, berikut ini beberapa website yang akan saya sebutkan.

Fiverr

Fiverr sangat terkenal diluar negeri, bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak yang bekerja online di sini. Anda bisa menggunakan jasa mereka yang bergabung di Fiverr. Menga saya merekomendasikan untuk menggunakan Fiverr? Karena Fiverr adalah marketplace terbesar untuk layanan digital. Harganya dimulai dari 5 dolar saja.

Canva

Canva salah satu website yang bisa kita manfaatkan untuk membuat thumbnail YouTube, cover Facebook, Twitter dan lainnya. Anda bisa mempercantik desain Anda dengan menggunakan canva. Saya telah membuat artikel dan panduan khusus tentang canva di halaman ini.

Pixlr

Pixlr Editor adalah editor foto yang sangat keren yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pengeditan foto Anda. Anda bisa mengedit semua gambar yang Anda miliki sesuka hati Anda termasuk untuk menambahkan efek. Pixlr sangat terkenal dan penggunanya juga sangat banyak, ini adalah tool yang sangat keren untuk pengganti Photoshop buat mereka yang tidak bisa menggunakan Photoshop.

Remove.bg

Salah satu layanan yang mungkin akan membuat Anda lebih mudah dalam mengerjakan menghapus latar belakang foto Anda adalah website Remove.bg. dengan memanfaatkan website ini anda bisa menghapus foto dengan sangat mudah dan file akan di simpan dalam format PNG.

Software Transkripsi untuk YouTube Video

3Play Media

3Play Media adalah salah satu website yang menyediakan layanan teks, transkripsi dan juga deskripsi audio untuk mempermudah aksesibilitas video.

Trint

Trint adalah toolkit berbasis teks untuk transcribing, mencari dan juga mengedit dan juga berbagi media konten online.

Tool lain yang berguna membangun channel YouTube

URL Shorteners

Ada banyak affiliate marketing dan juga YouTuber yang memendekkan URL mereka di deskripsi video mereka. Memang ini bukan berarti tanpa tujuan, biasanya ini bertujuan untuk memendekkan alamat URL yang panjang, memudahkan orang untuk mengingat. Banyak yang menggunakan Bitly karena kemudahan dan selain itu Anda bisa menggunakannya secara gratis. Anda juga bisa memendekkan URL atau menyembunyikan URL dengan cara yang ada di artikel Cara Menyembunyikan Link Affiliate Tanpa Plugin.

Chrome Extensions

TubeBuddy, vidIQ, dan SocialBlade tersedia di extension chrome yang akan membantu kerja kita mengetahui data-data penting tentang perkembangan aktivitas video dan juga channel Anda. Saya secara pribadi menggunakan vidIQ saja.

Jadi itu adalah beberapa informasi penting tentang Tools YouTube dan Apps Untuk Meningkatkan Jumlah Penonton yang mungkin bisa membantu Anda dalam membangun dan mengembangkan channel Anda di YouTube. Ingat meskipun kita menggunakan semua tool itu belum tentu kita akan berhasil dalam membangun channel secara cepat. Tetap di butuhkan yang namanya proses dan juga waktu untuk membuat video Anda menyebar di YouTube, agar video Anda bisa tersebar maka Anda perlu membuat video secara rutin.

Jika Anda memiliki tool yang bagus dan mungkin belum saya gunakan dan tulis dalam artikel ini silahkan menambahkannya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Semua komentar spam tidak akan di approve dan akan di delete jadi hanya komentar yang baik akan saya approve.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top