skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Tool Terbaik Untuk Blogger Yang Harus Ada Di Website Anda

Tool Terbaik untuk Blogger yang harus ada di Website Anda

Tool Terbaik untuk Blogger

Membuat Web blog dari waktu ke waktu semakin banyak diminati oleh orang-orang. Ini terlihat dari banyaknya web blog baru yang bermunculan. Sebagai pebisnis online kita tidak lepas dari yang namanya pemasaran dengan menggunakan blog dan konten. Memiliki sebuah blog Kita tentu harus meluangkan banyak waktu untuk menulis sekaligus mencari peralatan profesional yang bisa menunjang pekerjaan Anda.

Sayangnya Anda dan saya seringkali tidak memiliki banyak waktu untuk mencari infromasi tentang peralatan mana yang paling tepat dan efektif, termasuk mencoba dan mengetesnya.

Jadi kunci untuk membuat kita menjadi produktif dan mengembangkan blog adalah waktu bukan? Memiliki waktu yang baik bisa membuat pekerjaan yang akan kita lakukan menjadi lebih efisien. Dengan bantuan peralatan yang tepat blog kita akan menjadi berkembang.

Mempunyai banyak waktu untuk menulis. Waktu untuk memfollow blogger lain. Dan waktu untuk menjalin hubungan di sosial media menjadi hal yang sangat penting dalam membangun sebuah website yang sukses.

Ya, setelah Anda mempelajari bagaimana caranya memulai untuk membuat blog atau website termasuk membeli hosting dan domain, bagian teknis dari pelajarannya sudah selesai Anda pelajari. Semua blogger baru harus melewati langkah ini terlebih dahulu.

Anda pasti merasa gembira karena sudah berhasil membuat blog sendiri yang desainnya bagus dan Anda juga pasti memiliki banyak ide untuk dituangkan ke dalam website Anda.

Saya yakin saat ini pembaca website Anda masih belum banyak atau malah belum ada (zero readers)

Karena waktu sangat penting dan waktu ini jugalah yang akhirnya menjadi faktor kunci untuk membedakan blogger menjadi tiga golongan. Itu sebabnya mengapa semua informasi yang kita dapatkan tentang peralatan standar untuk blogger, bagi para pemula semua informasi yang ada di internet menjadi sangat membingungkan. Ingat Peralatan tidak membuat Anda menjadi seorang blogger. Waktulah yang paling menentukannya.

Tool memang penting untuk blogger, tetapi waktu itu seperti sebuah ramuan ajaib yang akan membuat Anda berkembang.

Menurut pendapat saya, Dunia blogger itu sangat luas, meskipun luas kita masih bisa membaginya menjadi tiga golongan yang berbeda-beda. Saya akan menjelaskannya secara singkat sebelum saya membahas Tool Terbaik untuk Blogger.

1. Blogger Sampingan

Terdengar aneh ya, blogger sampingan? Kayak orang cari kerja sampingan. Ya ini memang golongan blogger yang sering mendengar tentang orang yang pekerjaannya hanya menulis dari rumah tetapi bisa mendapatkan penghasilan.

Biasanya setelah mendengar tentang itu Anda akan mencaritahu informasinya lebih banyak di internet kemudian setelah mendapatkan informasinya, Anda tergoda untuk mencoba menjadi seorang blogger. Anda kemudian mulai mengumpulkan topik-topik artikel yang ingin Anda tulis dan psoting ke dalam website Anda agar artikel itu bisa Anda bagikan kepada sebanyak mungkin orang.

Di sini mungkin ada beberapa dari antara Anda ada yang masih kurang menguasai tentang tema artikel yang ingin Anda angkat. Tetapi Anda memiliki keyakinan kalau Anda bisa sukses saat menuangkan ide itu ke dalam blog Anda. Saat ini mungkin Anda juga tidak menggunakan peralatan premium yang akan membantu Anda untuk meriset lebih dalam tentang tema-tema yang akan Anda tulis dan Anda hanya ingin meniru dari blogger lain yang masih memiliki niche yang sama dengan Anda.

Kebanyakan dari blooger seperti ini biasanya belum ingin menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan tool premium atau mungkin memang masih belum memiliki cukup banyak waktu dalam mengembangkan blog karena masih bekerja di kantor. Beberapa yang lain masih belum punya modal atau belum berani investasi menggunakan tool premium.

Bisa jadi Anda hanya ingin menulis dan meniru dari blogger lain di niche yang sama. Tujuan Anda membangun blog adalah untuk mendapatkan uang tambahan (sampingan) dan Anda tidak memerlukan peralatan premium untuk menunjang pekerjaan Anda.

2. Blogger Serius dan Memiliki Komitmen

Ini adalah orang yang terjun dan ingin menghabiskan waktunya secara total menjadi seorang blogger. Anda sangat berkomitmen dengan profesi atau pekerjaan yang Anda lakukan. Anda ingin membangun kerajaan bisnis dari blog yang Anda kelola. Tetapi sayangnya beberapa dari banyak orang yang terjun tidak semuanya akan mendapatkan hasil yang sama (langsung besar). Bisa jadi ada beberapa orang yang penghasilannya masih sangat sedikit atau tidak bisa mencukupi untuk menunjang biaya hidup, sehingga Anda tidak berani untuk keluar dari zona nyaman Anda (tidak berani keluar dari kantor).

Jadi Anda bekerja di kantor setelah pulang dari kantor Anda mulai bekerja menjadi blogger pada saat waktu kosong dan saat Anda pulang dari kantor. Anda bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan yang cukup dan mungkin Anda menghabiskan waktu kerja 10 sampai dengan 20 jam setiap minggunya, dan Anda kemungkinan membutuhkan sebuah peralatan yang bisa membantu pekerjaan Anda dan tidak menyedot banyak waktu saat menggunakan peralatan itu dan hasilnya bisa memberikan dampak yang besar.

3. Blogger Pengusaha

Ini adalah orang-orang yang memiliki pandangan tentang blogging sedikit berbeda dari orang lain.

Anda membangun dan menjalankan blog seperti Anda sedang membangun sebuah bisnis. Blogging adalah sebuah strategi untuk promosi, tetapi tujuannya utamanya tidak hanya untuk itu sendiri.

Anda membangun blog dengan sepenuh waktu. Anda lebih memiliki banyak waktu untuk melakukan riset yang mendalam dengan menggunakan peralatan yang berbayar yang kebanyakan orang tidak mau untuk menginvestasikan uang mereka di sana.

Karena ini adalah bisnis yang sedang Anda bangun, jadi Anda bersedia untuk mengeluarkan uang untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Jika memang dengan menggunakan peralatan berbayar bisa lebih membantu dan menghemat waktu kerja Anda dan juga bisa memberikan hasil yang lebih besar, mengapa tidak?

Daftar Peralatan Blogger

Sekarang pertanyaannya adalah Anda termasuk blogger yang mana? Jika Anda termasuk blogger yang memanfaatkan blog sebagai sesuatu yang serius untuk membangun bisnis Anda maka beberapa tool profesional yang ada di daftar ini bisa menjadi pilihan untuk Anda gunakan.

Saya hanya akan mencantumkan beberapa alat yang kami tahu dan pernah kami gunakan. Sebagai informasi banyak link yang ada di sini adalah link affiliate, di mana saya nantinya akan mendapatkan imbalan (komisi) kecil jika Anda memilih untuk menggunakan atau membeli (Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan). Saya juga mungkin akan mencantumkan beberapa link tentang kursus dan juga buku yang mungkin itu akan membantu Anda dalam membangun blog yang sukses.

Cara Membeli Nama Domain

NameCheap adalah salah satu tempat favorit saya untuk membeli domain. Selain alasan murah, segala sesuatunya terasa aman dan lebih mudah. Saya tidak menyarankan Anda untuk membeli nama domain di perusahaan web hosting Anda, karena biasanya kalau Anda ingin pindah web hosting biasanya akan jauh lebih sulit. Percayalah ini adalah pengalaman dari banyak orang di seluruh dunia.

GoDaddy juga menjadi salah satu registrar domain yang paling populer dari waktu ke waktu. Bahkan GoDaddy sangat gencar dalam memasang iklan. Ini membuktikan Kualitas layanan GoDaddy sangat bagus karena orang yang menggunakan GoDaddy juga sudah banyak, termasuk website-website besar. Jika berbicara mengenai harga memang GoDaddy buat saya sangat mahal.

Cara Memilih Web Hsoting

Saran yang paling banyak diberikan adalah dengan menggunakan perusahaan web hosting besar yang sudah memiliki reputasi yang baik. Web hosting yang masih baru atau kecil biasanya suka menghilang tanpa pemberitahuan, atau kadang layanan mereka kurang bagus. Tetapi tidak semua perusahaan web hosting baru akan seperti itu.

Untuk blogger pemula sampai yang serius, saya menyarankan Anda untuk menggunakan beberapa web hosting yang sudah terbukti kehandalannya dan juga pelayanannya.

BlueHost bukan hosting kemarin sore. Mereka sudah lama dan direkomendasikan oleh WordPress. Menurut saya ini bagus untuk para pemula. Bahkan untuk mereka yang sama sekali belum tahu caranya membuat sebuah website, bluehost mempunyai tool untuk membuat website sendiri berbasis WordPress yang bisa Anda lakukan hanya dalam beberapa klik saja.

HostGator juga salah satu penyedia shared hosting yang bagus. HostGator untuk awal pembuatan sangat murah, tetapi untuk biaya perpanjangannya memang sedikit lebih mahal. Meskipun demikain mereka sangat saya rekomendasikan.

HawkHost juga salah satu web hosting yang banyak direkomendasikan dan digunakan oleh orang-orang. affiliate marketing banyak menggunakan web hosting ini. Harga dan juga ketangguhan hosting mereka sudah tidak diragukan lagi.

SiteGround Hosting besar yang juga banyak direkomendasikan dan memiliki paket dengan harga murah untuk blog baru dan masih kecil. Anda bisa menggunakan paket shared hosting dengan harga yang menurut saya sangat terjangkau.

CloudFlare adalah sebuah layanan CDN yang bisa kita gunakan secara gratis untuk paket basic. Manfaat dari menggunakan CDN ini bisa menghemat bandwitdh dan sekaligus melindungi Anda dari serangan Ddos.

MaxCDN fungsinya sama dengan CloudFlare. MaxCDN adalah penyedia CDN yang sangat terkenal dan kebanyakan yang menggunakannya adalah website-website yang sudah besar. Jika website Anda sudah berkembang dan besar saya menyarankan untuk menggunakan MaxCDN agar loading website Anda menjadi jauh lebih cepat dan tujuan utama menggunakan CDN ini adalah untuk menghemat bandwidth.

Mengapa Menggunakan WordPress

WordPress. Saya sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan WordPress. Maaf sebelumnya jika saya berbicara seperti ini, lupakan untuk menggunakan Blogger, Weebly dan semua platform amatir gratis lainnya jika Anda ingin orang menganggap website Anda sebagai website yang serius. WordPress sudah menjadi standar industri.

WordPress bisa Anda gunakan secara gratis (open source), banyak sekali tool pendukung seperti plugin dan juga template yang dibuat oleh orang untuk kita gunakan secara gratis dan juga berbayar. WordPress telah menjadi standar industri dan platform terbaik yang pernah ada di dunia. Percaya atau tidak lebih dari 60% website yang ada di dunia menggunakan WordPress.

Cara Mendapatkan Desain Website Yang Bagus untuk Blog Anda.

Membangun website atau web blog dengan menggunakan WordPress akan membuat Anda lebih bersemangat, WordPress menyediakan ribuan “theme” yang akan membuat Anda membuat dan mendesai website dengan cepat, bagus dan tanpa perlu mempelajari kode-kode yang rumit.

Anda bisa menggunakan jasa web designer atau Anda bisa membeli template (theme) WordPress yang sudah jadi dan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kemungkinan besar banyak sekali desainer garafis yang akan marah kepada saya karena saya memberitahukan hal ini kepada Anda.

Jangan dulu terburu-buru untuk mengeluarkan banyak uang hanya untuk membayar desainer grafis untuk membuat desain website Anda. Seperti yang akan Anda lihat sebentar lagi, Premium WordPress theme yang dijual di pasar internet akan menarik perhatian Anda, desainnya bagus-bagus dan mudah untuk digunakan dan di sesuaikan dengan kebutuhan atau selera Anda. Saya yakin Anda akan kebingungan untuk memilihnya karena semuanya bagus-bagus.

Meskipun Anda bisa membuat website dengan menggunakan theme (template) bawaa dari WordPress (built-in WordPress theme) web blog Anda akan terlihat jauh lebih profesional dengan menggunakan premium theme. Perbedaan antara theme WordPress gratis dan premium terletak pada backendnya: Meskipun kalau kita lihat sama-sama keduanya sama-sama bagus dimata pengunjung, theme gartis tidak memiliki dukungan teknis dari pengembangnya dan biasanya selalu mengabaikan template yang mereka buat ketika mereka mengerjakan proyek lagi atau sudah tidak lagi diurus. Sehingga Anda menggunakan theme yang sudah outdate yang rentan dengan bahaya peretasan.

Premium Theme biasanya selalu di update secara berkala dari waktu ke waktu untuk mengimbangi dan mengikuti tren WordPress terbaru. Selain itu biasanya premium theme yang Anda beli menyediakan dukungan tanya jawab sehubungan dengan permasalahan yang Anda hadapi, upgrade dan maintenance.

Beberapa tema yang kami gunakan adalah dari StuidoPress. Ini seperti seorang pemimpin di dunia Premium WordPress themes. Menggunakan platform Genesis WordPress, StudioPress banyak digunakan oleh top sosial media blogger. Meskipun kalau kita lihat harganya mungkin sedikit lebih mahal Anda bisa membeli Genesis plus dan theme yang Anda pilih atau seluruh paket theme. Dengan bantuan Genesis Framework anda bisa membuat template apapun sesuka hati Anda.

ThemeForest. Ini kalau menurut saya seperti sebuah tempat berkumpulnya penjual dan pembeli template dari perusahaan Envanto untuk pengguna WordPress dan CMS terbesar lainnya. Website SUBMITClimb menggunakan template dari themeforest. Anda bisa lihat di sini ada lebih dari 4.000 theme WordPress yang di jual, itu baru untuk WordPress saja belum yang lainnya.

Plugin Basic untuk Pengguna WordPress

Dengan menambahkan plugin WordPress bisa lebih memperkaya fitur yang akan kamu buat. Tetapi menggunakan terlalu banyak plugin ke dalam WordPress Anda tidak akan selalu baik dan kemungkinan penggunaan plugin yang terlalu banyak bisa memperlambat kinerja Website Anda atau parahnya lagi bisa menyebabkan terjadinya konflik kode.

Anda hanya perlu menginstall dan menggunakan beberapa plugin penting yang Anda butuhkan untuk tujuan penambahan fitur baru. Plugin umum apa saja yang kemungkinan cocok dan bisa Anda install ke dalam website Anda?

Plugin SEO: Tingkat Persaingan SEO (search Engine Optimization). Website yang Anda bangun akan bersaing dengan banyak website lain yang sudah ada lama dan yang baru akan muncul. Untuk pemula yang baru pertama kali membuat website saya menyarankan Anda untuk tidak dulu memusingkan mengenai hal ini. Fokuslah untuk membuat konten-konten yang menarik, bermanfaat dan mempromosikan konten yang Anda buat itu.

Ini bukan memaksudkan Anda benar-benar tidak memikirkan mengenai SEO itu sendiri. Anda bisa menginstall beberapa pilihan plugin yang akan kami rekomendasikan di bawah ini.

Kebanyakan dari template wordPress Premium yang kita gunakan, contohnya seperti StudioPress, sudah memiliki SEO bawaan yang membuat Anda tidak perlu membuat pengaturan pluginnya. Tanpa memusingkan hal itu, pasti akan membuat Anda lebih cepat dalam bekerja dan tidak mengalami kebingungan dan akhirnya putus asa.

Jangan terlalu memikirkan tentang bagian ini. Karena Nanti saya akan mengajarkan juga kepada Anda tentang mengoptimasi sebuah website dalam pembahasan khusus di website ini dan di dalam channel YouTube SUBMITClimb, jadi pastikan Anda juga subscribe channel kami dan jangan lupa pencet loncengnya setelah Anda klik tombol subscribe. Pelajari di sini kenapa Anda harus subscribe.

All in One SEO Pack. Ini adalah plugin yang cukup lama dan bisa saya katakan seperti sesepuh dalam dunia Plugin untuk SEO. Plugin ini akan membantu mengoptimasi website WordPress Anda. Mudah di install dan settinganya mudah di mengerti untuk pemula sekaligus memiliki banyak fitur canggih.

Yoast SEO. Jika Anda membutuhkan plugin untuk mengoptimasi website Anda, maka plugin dari Yost SEO ini bisa membantu Anda. Jika kita bandingkan dengan All in One SEO Pack maka plugin ini baru dibuat setelah All in One SEO Pack. Ke dua plugin ini sekarang bersaing untuk menarik para penggunanya. Memang meskipun baru dibuat setelah plugin pesaingnya Yoast bisa menarik perhatian banyak pengguna lain untuk pindah dan menggunakan plugin ini. Saya secara pribadi lebih suka menggunakan Yoast versi lama karena saya bisa menambahkan banyak keyword yang mau saya target. Sekarang untuk versi gratisnya kita hanya bisa memasukkan satu keyword saja, sedangkan All in One SEO Pack masih mempunya fitur untuk menambah banyak keyword jika kita aktifkan. Meskipun begitu Yoast tetap hebat untuk masalah mengoptimalkan website kita di mesin pencari.

SEOPress. Plugin ini baru-baru ini saya gunakan untuk beberapa website baru saya. meskipun saya baru pertama kali menggunakan plugin ini, saya tidak kebingungan untuk melakukan settingnya. Mudah digunakan, ringan dan untuk versi PROnya bisa Anda beli dengan harga $39 untuk satu tahun dan bisa digunakan di banyak website yang Anda miliki tanpa batasan. Untuk biaya renewal-nya juga sama seperti kita pertama kali membeli meskipun nanti ada kenaikan harga kita akan tetap dikenakan harga seperti pertama kali kita membelinya.

* Dari ketiga Plugin SEO yang saya sebutkan di atas, Anda tidak perlu menginstall semuanya, pilih salah satu saja yang menurut Anda cocok dan paling Anda sukai.

Contact Form 7. Ini adalah contact form tertua yang paling banyak di download. Meskipun mempunyai fitur yang sangat minim, tetapi plugin ini sangat penting dan biasanya sudah terinstall di Website kita. Plugin ini gratis jadi Anda bisa menggunakannya dengan bebas.

 

Elementor Page Builder. Ini adalah plugin yang akan membantu Anda mengembangkan theme yang tadinya biasa menjadi luar biasa. Dengan Elementor Anda bisa membuat halaman sesuka hati Anda, mau seperti website SUBMITClimb atau seperti website tampilan website Elemantor ini juga bisa. Untuk versi gratisnya saja Anda sudah bisa membuat halaman website yang cantik dan bergaya. Jika Anda ingin menggunakan fitur untuk versi berbayarnya ini akan jauh lebih bagus.

WPBakery Page Builder / Visual Composer. Plugin yang satu ini tidak ada versi gratisnya mereka hanya menjual versi premium saja. Manfaatnya sama seperti plugin Elementor Page Builder hanya saja Visual Composer jauh lebih lengkap dan terbilang jauh lebih mudah digunakan daripada page builder yang lain (Menurut saya). Biasanya kalau kita membeli WordPress Theme premium di ThemeForest sudah disertakan dengan plugin ini atau plugin sejenis seperti ini, kebanyakan sudah menyertakan Visual Composer.

Akismet Anti Spam by Automattic. Ini plugin yang penting yang harus di install fungsinya akan mengurangi spam pada kolom komentar Anda dan juga halaman kontak. Plugin ini akan mencegah website Anda mempublikasikan konten-konten yang berisi link berbahaya. Plugin ini bisa digunakan secara gratis dan juga yang berbayar. Jika memang dirasa bermanfaat maka Anda bisa menggunakan versi pro-nya. Saya secara pribadi menggunakan versi gratisnya saja.

Anti Spam by Webvitaly. Anti Spam ini sangat canggih sekali, saya membedakan dengan akismet, menurut saya Anti Spam by webvitaly jauh lebih sakti menangkal spam yang masuk. Saya biasanya menggunakan dua plugin ini secara bersamaan di website saya. Mereka juga mempunyai versi Pro yang di jual dengan harga $26. Sampai hari ini saya menggunakan versi yang gratisnya saja.

Insert Headers and Footers. Ini plugin yang menurut saya harus di install di semua website yang menggunakan WordPress. Mengapa saya bilang ini penting, karena ada kalanya Anda akan memasukkan sebuah script atau kode-kode tertentu pada bagian footer atau header. Buat yang masih baru tentu akan kesulitan untuk menyisipkan kode-kode tertentu, dengan bantuan plugin ini kamu akan dengan sangat mudah menaruhnya tanpa pusing dan tanpa kesalahan.

LiteSpeed Cache. Ini adalah plugin akselerasi all in one, fungsinya menampilkan cache histori, jadi kira-kira seperti ini, ketika ada seseorang yang melihat website Anda dari komputer yang mereka gunakan mereka membutuhkan sebanyak mungkin informasi dari hosting yang Anda gunakan, mulai dari gambar, Javascript sampai CSS. Dengan menggunakan LiteSpeed Cache fiturnya akan mengoptimasi atau mengurangi waktu loading menjadi lebih cepat ketimbang tidak menggunakan plugin ini.

WPSuperCache. Plugin lain yang fungsinya sama dengan LiteSpeed Cache adalah WPSuperCache. Plugin ini plugin yang lebih dahulu terkenal dan banyak direkomendasikan oleh blogger profesional. Sayangnya banyak hosting yang melarang menggunakan plugin ini di hosting mereka. Jadi kalau kalian ingin menginstall plugin ini yang fungsinya untuk mempercepat membuka halaman blog Anda, pastikan untuk mengecek apakah hosting Anda membolehkan atau tidak. Kalau di tanya saya mau gunakan yang mana saat ini saya senang menggunakan LiteSpeed Cache.

Analytics: Semua pemilik website akan selalu memastikan mereka memiliki tracking atau analytics code di blog yang mereka tangani. Salah satu fitur yang bisa kita gunakan untuk mengetahui semua itu adalah Google Analytics yang bisa di pasang (install). Sewaktu traffic website Anda semakin tinggi Anda bisa menggunakan Google Analytics berbayar. Tetapi untuk sementara waktu Anda bisa menggunakannya secara gratis sampai traffic website Anda meningkat. Dengan menggunakan paket yang gratis sudah cukup untuk mengetahui data tentang website Anda.

StatCounter. Sejak saya terjun di bisnis online saya sudah menggunakan plugin ini sampai hari ini. Menurut saya plugin ini lebih mudah dipelajari oleh pemula dan juga para profesional untuk melihat aktifitas pengunjung website mereka. Dengan mengetahui bagaimana para pengunjung di website bisa menemukan website Anda, dihalaman mana mereka mengunjungi, konten apa yang mereka baca dan produk apa yang mereka lihat ini akan membantu Anda untuk meningkatkan pengunjung dan juga membuat pengunjung itu selalu setia mengunjungi website Anda.

* Anda bisa menggunakan Google Analytics atau StatCounter, pilih salah satu saja. Tetapi jika ingin menggunakan keduanya juga tidak masalah.

Mencari dan Membeli Plugin Premium

CodeCanyon. Di atas adalah plugin standar yang harus ada di dalam sebuah web blog. Anda bisa menginstall semua plugin yang saya rekomendasikan di atas, ingat pilih salah satu saja untuk plugin yang fungsinya sama. Anda juga bisa menambahkan beberapa plugin yang mungkin bertujuan untuk menunjang fitur tambahan untuk kebutuhan website Anda. Salah satu tempat untuk membeli plugin adalah CodeCanyon, ini seperti tempat berkumpul penjual dan pembeli untuk mencari plugin WordPress dan juga script-script lain yang Anda butuhkan. Contoh beberapa plugin yang pernah saya beli seperti Foobar – WordPress Notification Bars

Di Mana Mencari Gambar dan Foto

Saat Anda akan membuat blog sudah pasti tidak bisa lepas dari yang namanya gambar dan juga foto. Masing-masing blogger mempunyai tempat favorit untuk mencari foto. Mulai dari yang berbayar sampai yang gratis ada. Saya pernah menulis tentang Tempat Download Gambar Gratis di sini.

Pixabay. Tempat favorit untuk mencari kumpulan gambar tanpa copyright adalah Pixabay. Anda bisa mencari gambar dan kemudian Anda modifikasi dan Anda gunakan secara gratis tanpa harus memberikan krecit link kepada pemiliknya. Meskipun demikian saya biasanya mencantumkan sumber gambar yang gunakan. Ini adalah cara penghargaan saya terhadap pembuatnya.

Bigstockphoto. Salah satu tempat favorit kami untuk mencari dan mendapatkan foto adalah Bigstockphoto. Harganya cukup murah untuk ukuran foto yang paling kecil (31,8 x 21,1 cm) (72dpi)). Menurut saya ini adalah ukurang dan resolusi yang tepat untuk gambar-gambar yang akan di posting di sebuah blog. Mencari dan menemukan gambar-gambar yang cocok untuk mengilustrasikan artikel yang kita buat sangat menyita waktu jika memang kita mengikuti aturan kerja profesional. Saran saya jangan terlalu banyak mencari situs web stock foto terlalu banyak, cukup 1-2 website saja.

Shutterstock. Situs jual beli gambar dan foto terbesar di dunia. Anda bisa mencari foto-foto yang cocok untuk artikel Anda di website yang satu ini. Memang di sini Anda diharuskan untuk membayar jika ingin mendownload dan menggunakan foto-foto yang ada di Shutterstock. Harganya jika kita bandingkan dengan Bigstockphoto jauh lebih mahal di Shutterstock.

Mengecek Artikel Unik

Google sangat menghargai karya tulis atau konten orang lain. Jadi pastikan setiap artikel yang Anda buat jangan copy paste dari artikel orang lain. Termasuk blog yang dibuat untuk tujuan backlink juga jangan menggunakan artikel hasil copy paste dari website lain atau menggunakan spin artikel. Ini adalah cara yang 100% salah.

Untuk mengetahui artikel yang kita buat unik atau tidak saya biasanya menggunakan beberapa bantuan dari tool-tool ini:

Copyscape: Alat untuk mengecek artikel yang paling poluler dan terbaik saat ini. Anda harus membayar biaya berlangganan untuk bisa menggunakan Copyscape.

Untuk Website Alternatif Selain Copyscape saya pernah menulis daftarnya di halaman ini. Silahkan kunjungi untuk melihat informasinya lebih lanjut. Perlu anda tahu beberapa tool di daftar itu kebanyakan gratis yang tidak mengharuskan Anda untuk membayar biaya berlangganan.

Riset keyword – Optimasi Konten – SEO

Membuat artikel tentu tidak asal menulis dan langsung menentukan temanya. Bisa saja langsung menulis sesuai dengan keinginan kita tanpa mengikuti strategi SEO. Tetapi alangkah jauh lebih baik jika mengikuti Strategi SEO yang baik. Beberapa tool yang bisa kita gunakan adalah:

Google keywoed Planner. Ini adalah tool yang di rancang untuk membantu para pengiklan Google ads untuk menentukan kata kunci mana yang paling baik digunakan. Sekarang banyak pelaku SEO menggunakan tool ini untuk membantu mereka saat miret dan menemukan keyword-keyword yang banyak di cari di mesin pencari Google.

Google Trends. Untuk mengetahui trend apa sih yang sekarang sedang di senangi oleh banyak orang biasanya saya menggunakan tool dari Google. Tool ini membantu saya untuk memantau dari waktu ke waktu tentang topik tertentu, apakah peminatnya terus bertamabah atau malah berkurang dari waktu ke waktu.

Google Search Console (Google Webmaster Tool). Tool yang harus Anda gunakan untuk membantu Anda mengetahu kinerja website atau web blog Anda di mesin pencari.

Bing Webmaster Tool. Kalau Google memiliki Google webmaster tool, bing juga memiliki tool yang fungsinya sama seperti milik Google.

Keywordtool.io. ini adalah tool berbasis web yang langsung populer begitu diluncurkan. Tool ini akan membantu Anda mencari keyword turunan dari keyword utama Anda. Digunakan untuk melakukan riset keyword. Baca juga 5 Tool Riset Keyword Terbaik untuk startup dan Alternatif Keyword Tool Gratis Untuk Riset Keyword.

Openlinkprofiler. Tool yang berbasis web ini mungkin jarang terdengar seperti tool pencari backlink lainnya. Saya sangat beruntung bisa menemukan website ini karena saat saya melakukan analisa link di website saya dan juga website pesaing, saya bisa mendapatkan informasi ratusan bahkan ribuan backlink tanpa harus membayar biaya apapun, meskipun ada versi berbayarnya tool yang satu ini bisa saya katakan rajanya gratis. Coba bandingkan dengan website yang lain saya yakin Anda akan suka dengan website ini setelah melakukan perbandingan.

Majestic SEO Site Explorer. Untuk mengecek backlink yang dibuat suatu website tertentu dan mengecek metric lainnya kita bisa menggunakan tool yang sangat populer dan wajib digunakan oleh para pelaku SEO dimanapun. Tool ini mengharuskan Anda untuk membayar biaya berlangganan untuk menggunakannya.

Ahrefs. Tool berbayar yang juga sangat terkenal dan terbaik di dunia sampai saat ini. Para profesional pasti akan menggunakan tool yang satu ini untuk riset kompetitor dan juga memonitor niche yang mereka target. Dengna menggunakan tool ini Anda juga bisa mendapatkan informasi backlink pesaing Anda dan juga keyword populer yang kemungkinan bisa menghasilkan.

SemRush. Tool yang hebat dan terbaik. Jika Anda masih baru dalam dunia SEO maka Anda wajib tahu tool yang satu ini. Karena tool wajib dan sangat populer di dunia. Tool ini akan membantu mengaudit SEO, mengetahui rangking website, mencari ide artikel yang berpotensi, menganalisa website pesaing dan masih banyak yang lain.

KWFinder. Alat untuk melakukan riset keyword gratis dan berbayar. Lebih mengutamakan untuk menemukan long tail keyword dengan pencarian low SEO difficulty. Meskipun kita bisa mencari kata kunci utama tetapi tool yang satu ini dirancang khusus untuk menemukan keyword dengan pencarian panjang.

MOZ SEO TOOLS. Tool berbasis web dari Moz juga sangat handal. Menganalisa keyword, riset link, melihat On-page metrics dan lain sebagainya.

Ubersuggest. Salah satu tool yang fungsinya sama seperti Keywordtool.io. dengan bantuan tool ini Anda bisa mendapatkan keyword suggestion, content ideas dan juga backlink data. Saya secara pribadi kurang begitu suka meskipun saya menggunakan tool ini juga.

Software & Desain.

Photoshop. Salah satu software wajib yang harus di install dan ada di setiap komputer. Software ini akan membantu pekerjaan kita dalam mengedit foto, gambar dan juga membuat desain untuk keperluan website dan lainnya. Anda bisa menginstall program ini dengna menggunakan versil trialnya langsung dari situs resminya. Untuk program yang versi jamunya bisa tanya saya atau silahkan kunjungi Facebook Page submitclimb dan tanya di sana, nanti akan saya tunjukkan link untuk mendaptkannya.

GIMP. Software yang mirip dan fungsinya sama seperti photoshop adalah GIMP. Kita bisa mendapatkan software ini secara gratis. Memang fitur yang ada di sini kalau kita bandingkan dengan photoshop pasti kalah jauh. Tetapi kalau untuk penggunaan dasar, software ini sudah jauh lebih daripada cukup.

CorelDraw. Software yang dibuat khusus untuk para perancang desain. Biasanya banyak digunakan oleh desainer grafis. Meskipun penggunanya masih kalah dengan orang-orang yang menggunakan Adobe Ilustrator, CorelDraw adalah software yang mempunyai kelebihan tersendiri dan bahkan menjadi salah satu software untuk pengeditan vector terbaik di dunia. Anda bisa mendapatkan software ini untuk versi trialnya langsung dari situs resminya.

Inkscape. Software gratis untuk mengedit dan membuat graphic vector seperti CorelDraw dan juga adobe ilustrator. Software ini 100% gratis dan bisa Anda download di situs resminya langsung.

Adobe Color. Salah satu tool milik Adobe untuk mencari dan menemukan skema warna yang berdekatan atau yang sesuai untuk membuat desain-desain yang bagus.

XAMPP. Software PHP development yang populer dan bisa di dapatkan secara Gratis. Software ini akan membantu kita menginstall WordPress di komputer lokal kita dan CMS Populer lain seperti Joomla, Drupal dll.

* Untuk kalian yang ingin mendapatkan software-software yang full version bisa tanya sama saya melalui Facebook page submitclimb dimana membelinya dan dimana untuk mendapatkan versi jamunya secara gratis, nanti akan saya tunjukkan link untuk mendaptkannya.

Kami belum selesai…

Informasi tentang Tool Terbaik untuk Blogger ini akan terus berkembang dan kami update, seiring dengan perkembangan waktu. Kami masih ada beberapa tool yang masih belum selesai kami tulis dan perkenalkan kepada Anda. Kami berjanji akan terus menambahkan informasi di halaman ini dan saya akan membuat menu khusus di atas sehingga sewaktu Anda membutuhkan informasi ini, Anda bisa dengan mudah menemukan halaman website ini.

…kini giliran Anda

Siapapun dan dimanapun Anda berada. Sekarang saya yakin Anda telah memiliki semua informasi baru tentang Tool Terbaik yang banyak digunakan oleh blogger, Anda bisa menggunakan referensi dari kami ini dan membuat blog Anda ke level berikutnya.

Jadi mari kita mulai menambah beberapa tool ini dan mulai membuat blog Anda lebih baik.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang tool tertentu atau masih ada yang belum saya sebutkan, silahkan kirimkan melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan mencoba menjawab dengan apa yang kami ketahui untuk membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top