skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Tips Sukses Menjalankan Bisnis Fashion Dengan Baju Buatan Sendiri

Tips Sukses menjalankan bisnis fashion dengan baju buatan sendiri

Tips Sukses menjalankan bisnis fashion – Salah satu bidang usaha yang paling menjanjikan adalah Bisnis Fashion. Kenapa bidang usaha yang satu ini sangat menjanjikan? seperti yang kita ketahui bersama manusia tanpa menggunakan baju tentu tidak mungkin akan bisa beraktifitas di luar rumah, manusia harus menggunakan baju.

Dari berita yang ada kita sering mendengar banyak orang yang tiba-tiba sukses karena terjun di bisnis fashion yang mereka jalani. Saya tidak akan menyebutkan siapa saja yang sudah berhasil dan bahkan menjadi orang yang kaya di dalam artikel ini, karena saya yakin Anda bisa mencarinya di internet.

Karena memang sangat menjanjikan maka banyak orang yang tertarik dengan bisnis fashion ini. Selain menjanjikan, teknologi di bidang fashion juga dari hari ke hari semakin canggih dan mempermudah orang yang terjun di bisnis ini. Bahkan untuk berjualan baju sekarang ini Anda juga semakin di permudah. Salah satu cara yang sedang trend adalah berjualan dengan menggunakan media social seperti Facebook dan Instagram, meskipun memang media social bukan alat untuk penjualan tapi media social mampu untuk mempromosikan produk – produk yang Anda jual.

Kalau dulu untuk membuka usaha seperti ini sangat menguras uang banyak, sekarang Anda bisa mengawalinya dengan menggunakan modal yang sangat minim sekali, karena Anda bisa berjualan secara online. Memang bisnis online semakin banyak di minati oleh orang.

Menjalankan bisnis secara online memang sudah menjadi keharusan semua orang yang mempunyai dan menjalankan bisnis, apalagi di zaman modern seperti sekarang ini. Memang yang menjadi kendala untuk menjalankan bisnis online adalah tidak semua orang bisa dan tahu cara menjalankan bisnis online. Buat Anda yang masih baru dan belum tahu bagaimana caranya menjalankan bisnis online bisa belajar bisnis online gratis di SUBMITClimb 101.

Anda bisa menjual baju dengan cara mengambil barang dari toko lain lalu menjual kembali di toko Anda, selain itu Anda juga bisa membuat baju sendiri kemudian menjualnya di toko Anda atau ke toko-toko lain.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis fashion dengan menggunakan brand sendiri, ada beberapa tips sukses yang wajib Anda ketahui agar jualan Anda bisa di tahu dan akhirnya ada orang yang membelinya. Mari kita simak apa saja tips itu:

1. Mulailah dari yang kecil.

Tidak semua dari kita yang baru ingin membangun bisnis mempunyai modal yang cukup besar, malah banyak dari kita yang hanya bermodalkan uang yang pas-pas-an. Jadi cara yang paling baik adalah memulainya dari hal-hal yang kecil lebih dahulu. Untuk lebih detailnya silahkan membaca artikel Tips Cara Menjalankan Bisnis Pakaian dengan Modal kecil di halaman ini.

2. Cobalah untuk mengikuti Trend saat ini.

Sama seperti bisnis yang lainnya, entah Anda seorang pemula atau orang yang sudah lama menjalankan bisnis fashion, mau tidak mau Anda harus mengikuti yang namanya TREND. Caranya adalah dengan melihat produk-produk best seller yang ada di toko-toko online besar seperti Lazada, matahari mall dan toko lainnya, ini akan membantu Anda untuk bisa berkembang dan mengetahui apa saya yang diinginkan oleh pasar saat ini.

3. Buatlah konsep yang baik

Sebelum benar-benar menjalankan bisnis fashion langkah penting yang harus Anda jalankan adalah dengan membuat konsep bisnis yang akan Anda jalankan dengan sematang mungkin. Pastikan untuk tidak terburu-buru membuat desain, memproduksi dan menjualnya, jika ini yang Anda lakukan nasib Anda akan sama seperti saya sewaktu pertama kali menjalankan bisnis ini. Barang tidak laku dan uang modal tidak pernah kembali.

Karena itu penting sekali untuk duduk diam, membuat konsepnya sematang mungkin dan cari tahu apa saja yang paling menonjol dari produk yang akan Anda jual ini, yang terpenting adalah apakah produk ini punya peminat atau tidak?

4. Buat desain Fashion Anda

Setelah selesai membuat konsep, langkah selanjutnya yang juga penting adalah segera membuat desain fashion Anda. Semakin menarik, unik dan enak digunakan ini akan membantu Anda untuk membuat beda dengan produk-produk lainnya yang sudah ada.

Memang tidak semua bisnis bisa berjalan dengan baik meskipun Anda sudah membuat konsep dan membuat desainnya menarik. Bahkan banyak juga pengusaha fashion yang akhirnya tutup dan gulung tikar, meskipun baju dan desain yang mereka buat sangat bagus dan menarik.

Jadi penting sekali untuk juga memikirkan apakah desain yang saya buat ini bakalan ada yang suka dan laris di pasaran? Siapa target pasar Anda?

Jadi pastikan untuk tidak sembarangan membuat desain, karena tidak semua orang suka dengan desain yang kita buat. Sayang sekali kalau sampai produk yang Anda buat tidak ada yang membeli.

Pikirkan juga mengenai biaya produk produk Anda. Jika Anda membuat desain yang rumit, kemungkinan besar ini akan membuat biaya produksinya menjadi membengkak atau mahal. Kalau ongkos produksi Anda tinggi sudah pasti harga jual akan menjadi tinggi juga. Jadi perhatikan benar-benar semua hal termasuk ongkos produksinya.

5. Membuat Logo Perusahaan

Hal yang tidak kalah penting saat Anda ingin menjalankan bisnis fashion adalah membuat logo untuk perusahaan Anda. Bagi beberapa orang membuat logo mungkin tampak tidak terlalu penting, tetapi kalau Anda tahu, logo ini sebagai tanda pengenal dari usaha yang Anda jalankan.

 

Karena logo sebagai tanda pengenal dari sebuah usaha maka sangat penting untuk memikirkan pembuatan logo yang bisa mencerminkan usaha yang Anda jalankan.

Membuat sebuah logo memang susah-susah gampang. Logo yang baik biasanya adalah logo yang mudah diingat, simpel dan mencerminkan bisnis yang Anda jalankan. Buatlah beberapa alternatif logo, kemudian coba minta pendapat orang-orang yang Anda kenal untuk meminta pendapatnya tentang logo itu. Semakin banyak orang yang memberikan komentar yang bagus, maka logo yang Anda buat itu semakin bagus.

6. Persiapan untuk Proses Produksi

Hal penting lainnya adalah mempersiapkan proses produksi untuk produk Anda. Coba pikirkan apakah Anda akan memproduksi baju-baju Anda sendiri atau Anda akan menggunakan jasa orang lain (Outsourching)

Jika Anda masih mempunyai dana yang terbatas Anda bisa menggunakan jasa orang lain untuk memproduksi baju-baju Anda. Saat Ada ingin membuat produk sendiri hal yang perlu Anda perhatikan adalah memperhatikan kualitas produk yang akan Anda buat. Karena kualitas barang biasanya banyak di cari dan di sukai oleh orang.

Kemudian setelah Anda menentukan biaya produksinya, anda juga harus menentukan harga jual dari setiap produk yang Anda buat. Biasanya orang mentarget profit margin-nya sebesar 30 sampai 50% agar bisa mendapatkan keuntungan.

7. Menjual dan Mempromosikan Melalui Internet

Membangun bisnis sendiri saat ini tidak lagi sesulit dan membutuhkan modal sebanyak dulu. Dengan bantuan sebuah internet dan komputer Anda sudah bisa membangun sebuah toko online dan memasarkan produk Anda ke seluruh Indonesia atau Negara lain.

Anda bisa memanfaatkan teknologi ini. Bahkan social media yang fungsi utamanya hanya untuk sarana komunikasi sekarang sudah berubah fungsi menjadi sebuah alat pemasaran yang sangat ampuh.

Internet memang terbukti mampu menjangkau daerah yang sangat luas. Anda sendiri yang akan menentukan, apakah ingin di jual hanya untuk orang Indonesia saja atau termasuk negara-negara lain?

8. Bekerjasama dengan para Influencer / Buzzer

Menjual produk memang tidak semudah teorinya. Saya secara pribadi juga mengalami kendala-kendala tersendiri. Bahkan setiap orang yang sudah lama di bidang inipun bisa mengalami kegagalan saat menjalankan dan membangun bisnis baru mereka. Tetapi dengan berbekal pengetahuan, trik dan tips yang Anda pelajari setidaknya mampu mengurangi kegagalan dalam menjalankan bisnis Anda.

Salah satu cara yang sekarang ini banyak digunakan oleh para pebisnis adalah dengan memanfaatkan para Influencer atau Buzzer. Anda bisa mencoba meminta mereka untuk mengenalkan produk-produk Anda kepada sebanyak mungkin orang melalui media social yang mereka miliki. Cara ini terbukti mampu memperkenalkan sebuah produk kepada orang dengan waktu yang cepat.

9. Numpang Jualan di Marketplace (Brand) yang sudah besar

Cara ini mungkin terdengar sedikit aneh tetapi dengan menumpang jualan di brand-brand atau marketplce yang ada bisa membantu Anda cepat di kenal dan di lihat oleh orang. keutungan dari memasarkan produk di marketplce dan brand yang sudah besar adalah kita tidak perlu repot-repot lagi mencari para pembeli, karena biasanya pengunjung website sudah tahu dan berkumpul di marketplce (brand besar)

Jadi itu adalah beberapa Tips Sukses menjalankan bisnis fashion dengan membuat baju buatan sendiri. Memang tidak ada tips dan cara yang benar-benar bisa membuat Anda berhasil dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis. Dengan menggunakan dan menerapkan beberapa cara yang saya tulis di atas setidaknya bisa mengurangi kegagalan saat menjalankan bisnis fashion.

Jika Anda suka dengan artikel Tips Sukses menjalankan bisnis fashion ini dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top