skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Tips Menjalankan Bisnis Pakaian Dengan Modal Kecil

Tips Menjalankan Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil

Tips Menjalankan Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil – Menjalankan sebuah bisnis pakian memang akan selalu punya pembeli, karena manusia tanpa pakaian tentu tidak bisa bisa beraktifitas di luar rumah. Meskipun pakian adalah salah satu barang yang dibutuhkan oleh semua orang bukan berarti menjalankan bisnis pakian akan selalu sukses, apalagi buat Anda yang mempunyai modal yang sangat kecil, pasti akan sulit sekali untuk melawan pebisnis-pebisnis yang besar.

Berikut ini adalah beberapa Tips Bisnis Pakian dengan Modal kecil yang bisa Anda jalankan saat ini juga. Artikel ini memang bukan sebuah rumus atau kamus ajaib yang akan membuat Anda langsung sukses saat menjalankan bisnis pakian. Ini hanya sebuah tips yang jika Anda terapkan, setidaknya bisa membantu Anda mengurangi hal-hal buruk yang tidak Anda inginkan, misalnya kegagalan di tengah jalan.

Tips ini mungkin saja sudah ada dan bisa Anda temukan di website lain karena memang pada intinya untuk menjalankan sebuah bisnis pakian caranya hampir sama. Silahkan membacanya dengan perlahan dan seksama agar Anda bisa mengerti dan memahami apa yang saya tulis dalam artikel ini.

Tips Menjalankan Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil

Salah satu kunci untuk bisa berhasil dalam menjalankan bisnis apapun termasuk bisnis pakaian adalah Anda mengenal betul barang-barang yang ingin Anda jual dan mengetahui bagaimana cara pemasarannya. Berikut ini adalah beberapa tips yang saya tulis untuk membantu Anda menjalankan bisnis pakian ini:

1. Pakian seperti apa yang ingin Anda jual

Pakian itu banyak macamnya, silahkan pikirkan pakaian seperti apa yang ingin Anda jual, catat semua ide ke dalam sebuah buku kecil Anda. Tujuannya mencatat supaya Anda tidak lupa dengan apa yang ingin Anda buat dan apa saja yang sudah Anda lakukan.

Untuk menemukan ide ada banyak cara, salah satu cara adalah dengan menjual sesuatu barang yang Anda sukai dan yang menurut Anda barang yang Anda akan jual itu bisa lakuk atau di sukai oleh orang-orang.

Cara kedua adalah dengan mencari dan melihat data-data yang ada di Internet. Dengan bantuan beberapa tool yang ada di internet Anda bisa melihat barang apa saja sih yang di sukai oleh orang dan yang laris di jual. Untuk bisa mendapatkan data seperti Anda ada beberapa cara sederhana:

  • Kunjungi beberapa website besar atau marketplace seperti Lazada, OLX, Tokopedia, Shopee, bukalapak dan yang sejenis. Coba anda mencari salah satu produk yang ada di sana yang berhubungan dengan bisnis Anda, misalnya pakian dan coba perhatikan data yang di tampilkan dari masing-masing website itu. Lihat berapa terjual, berapa kali di lihat dan apakah terjual meskipun banyak yang melihat? Hal-hal kecil seperti ini harus kita lihat juga.
  • Cari website toko online yang menjual baju atau pakian. Coba Anda lihat barang apa saja sih yang paling laku dan laris di jual di pasaran. Ada beberapa website yang membolehkan menampilkan data ada juga website yang tidak menginjinkan untuk menampilkan data.
  • Manfaatkan Google Keyword. Tool gratis dari Google ini akan membantu Anda melihat data pencarin perbulan dari kata setiap kata kunci yang Anda ketikkan.
  • Gunakan Google Trend untuk melihat apa saja yang sedang ngetrend saat ini termasuk produk yang sedang Anda pasarkan.

2. Pelajari Jenis-jenis bahan dan Jenis-jenis Pakian

Jika Anda menjalankan bisnis pakian, Anda juga perlu mengetahui macam-macam jenis pakian dan juga jenis-jenis bahan yang akan Anda gunakan. Karena setiap kain yang ada di pasaran mempunyai ketebalan dan jenis yang berbeda-beda. Selain itu bahan yang ada di pasar juga mempunyai harga dan kualitas yang berbeda. Buat Anda yang menjual baju secara online pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang bagus bukan bahan yang biasa.

3. Mencari Supplier

Dari pengalaman saya mencari seorang supplier yang bisa di ajak kerjasama dan merespon apa yang kita tanyakan dengan cepat memang susah-susah gampang. Di sini dibutuhkan ketekunan dan mau mencoba setiap supplier yang kita temukan.

Jangan pernah malu dan sungkan untuk bertanya kepada para supplier yang Anda temukan tentang jenis-jenis bahan dan juga pakian yang akan Anda jual, jadi pastikan supplier yang Anda pilih adalah orang yang tahu tenang produk yang mereka jual dan juga yang bisa Anda hubungi dan membalas dengan cepat.

Tidak semua pedagang ramah dan mau di ajak kerjasama, apalagi kalau usaha mereka sudah besar. maka coba cari dan temukan supplier yang tepat dan mudah untuk di ajak kerjasama.

4. Terkendala dengan dana, cobalah memulai dengan Dropship.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil dan ingin segera menjadi pengusaha terkdang mengalami beberapa tantangan dan juga hambatan. Beberapa hambatan yang mungkin sering di hadapi adalah tidak punya barang sendiri yang ingin di jual atau bisa jadi Anda bingung mau jual apa?

Anda bisa mencoba dan memulai bisnis Anda dari Dropship. Dropship ini adalah sebuah bisnis di mana Anda akan menjual dan memasarkan produk-produk orang lain. Anda hanya perlu memasarkan barang itu melalui akun social media yang Anda miliki, lewat website atau menggunakan iklan berbayar. Saat Anda pembeli yang perlu Anda lakukan adalah membeli produknya ke supplier Anda dan supplier inilah yang nantinya akan mengirimkan barangnya ke alamat konsumen Anda dengan menggunakan nama Anda atau nama bisnis Anda.

5. Terus Tingkatkan Pengetahuan Anda dengan belajar.

 

Setiap hari terus terjadi perubahan baik cara pemasaran, algoritma dan lain sebagainya. Maka penting untuk selalu mempelajari hal-hal yang baru setiap harinya, bahkan kalau ada kursus-kursus yang bagus yang di rekomendasikan oleh orang lain yang Anda percaya cobalah untuk mengikuti semua pelatihan itu. Menurut saya ini sangat bagus karena kalau Anda mempunyai produk-produk yang bagus dan bermanfaat buat banyak orang tetapi Anda tidak tahu cara pemasarannya maka sudah di pastikan apa yang Anda lakukan akan sia-sia saja.

Dari apa yang saya ketahui ada 3 cara untuk mendatangkan pengunjung ke website atau toko online kita:

  1. Search engine (google, Bing dan mesin pencari yang lain)
  2. Media Social
  3. Menggunakan iklan berbayar (Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads)

Anda bisa menggunakan semua cara yang ada di atas. Jangan hanya berfokus dengan satu cara saja, karena semua cara ini akan membantu produk dan jasa yang Anda tawarkan lebih cepat dikenal oleh orang lain. Jangan pelit untuk mempelajari ilmu tentang metode yang satu ini, karena ini adalah cara bagaimana Anda bisa menghasilkan penjualan.

6. Perbesar Usaha dengan Mempekerjakan Orang lain

Setelah menjalankan usaha Anda beberapa bulan atau beberapa tahun kemungkinan besar Anda akan semakin kewalahan untuk melayani para konsumen Anda. Sekaranglah waktunya Anda mulai memperbesar usaha Anda dengan mencari orang yang bisa membantu pekerjaan Anda menjadi lebih ringan. Coblah mulai merekrut karyawan dan memberikan beberapa pekerjaan kepada mereka untuk melayani para customer Anda.

Dengan adanya bantuan karyawan Anda bisa lebih berfokus kepada pekerjaan yang lain misalnya mempelajari teknik-teknik yang baru atau melakukan kegiatan lain yang masih berhubungan dengan pekerjaan Anda.

Jangan pernah pelit untuk mengajarkan sesuatu yang baru kepada para karyawan Anda. Semakin terampil karyawan Anda maka akan semakin ringan pekerjaan yang akan Anda pikul. Jangan pernah terlalu takut kalau ilmu dan cara berdagang Anda di ketahui oleh orang lain. Sekalipun mereka mengetahui isi dapur Anda mereka tidak pernah bisa menyaingi brand Anda.

7. Buka Toko offline dari hasil Bisnis Online Anda

Banyak orang yang sukses menjalankan bisnis online dan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. Uang yang Anda dapatkan dari bisnis online Anda bisa Anda gunakan untuk membangun toko offline Anda atau usaha yang lain. Membuka toko offline memang menguras tenaga dan membutuhkan perjuangan. Jadi coba pikirkan Apakah Anda perlu membuka toko offline atau hanya online saja.

Saran saya usahakan untuk membuka toko offline atau usaha yang lain. Saat Anda membuka toko offline pastikan untuk memilih lokasi yang tepat, karena lokasi juga bisa menentukan kemajuan sebuah usaha.

8. Produksi Sendiri atau Menjadi Distributor

Coba pikirkan apakah Anda ingin memproduksi produk Anda sendiri atau Anda mengambil barang dari supplier lain? Kedua cara ini sama-sama memberikan keuntungan. Jika Anda mengambil barang dari supplier lain Anda bisa menghemat banyak waktu. Anda juga bisa menjual merk-merk yang laris di pasaran.

Apakah memproduksi barang sendiri salah? Tentu tidak. Jika Anda memproduksi barang sendiri untuk di jual ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Selain barangnya unik tidak ada di tempat lain pesaing Anda juga terbilang tidak ada jika produk yang Anda jual unik. Sebelum Anda benar-benar memproduksi barang sendiri cobalah untuk melakukan riset pasar dengan baik baru kemudian putuskan.

9. Buka Cabang atau Dropship

Jika Anda pernah menjadi dropshiper dari produk orang lain sekarang Anda bisa memikirkan apakah Anda akan melakukan hal yang sama untuk mengembangkan dan melipatgandakan keuntungan yang Anda dapatkan.

Dengan cara seperti ini Anda bisa melipatgandakan penghasilan Anda. Jika Anda mempunyai toko offline maka Anda bisa membuka cabang di beberapa tempat atau kota.

10. Selalu Memperbaiki dan Menyempurnakan

Dalam menjalankan bisnis tentu ada saja hal-hal salah yang kita lakukan. Pelajari hal itu dan perbaiki. Selain itu persaingan di bisnis online terus bertambah dari waktu ke waktu. Jika yang Anda hasilkan tidak bertambah maka artinya Anda tidak mengalami kemajuan. Cobalah untuk mencari tahu kenapa bisnis Anda tidak mengalami kemajuan. Pelajari segala hal yang baru tentang bisnis online dan setelah itu cobalah mengembangkannya dengan cara-cara terkini.

Kira-kira itulah Tips Menjalankan Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil yang bisa SUBMITClimb bagikan kepada Anda hari ini. Memang tidak selalu mudah untuk menjalankan bisnis pakian di tengah persaingan yang semakin tinggi seperti sekarang ini. Semoga dengan menerapkan beberapa Tips Menjalankan Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil yang kami bagikan ini bisa membantu memajukan dan meningkatkan bisnis Anda.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top