Tips Instagram Marketing

Tips Instagram Marketing

Mengapa Instagram begitu bagus dan tepat untuk mempromosikan bisnis? Saya akan mencoba menjelaskan sedikit:

  • Ada sekitar 500 juta Lebih Pengguna Instagram setiap harinya
  • Tidak ada batasan karakter yang mau Anda tulis!
  • Semua tentang visual content
  • Postingan Anda tidak pernah terkubur seperti di Facebook dan Twitter.
  • 100% Instagram adalah berbasis mobile.
  • Ini adalah waktunya untuk menunjukkan kepribadian Anda.
  • Ini sangat luar biasa untuk perusahaan yang ingin menawarkan produknya, memamerkan portfolio creative atau hanya sekedar untuk memamerkan foto mereka.
  • Banyak orang yang menggunakan Instagram memfollow perusahaan atau perorangan yang memiliki akun di instagram.

Promosi Menggunakan Instagram Marketing atau tidak itu kembali lagi kepada Anda. Memang bagi bisnis yang tidak memiliki produk nyata atau jasa yang untuk didokumentasikan melalui foto untuk menggunakan Instagram mungkin sedikit sulit. Tetapi dengan adanya sedikit trik kita bisa menggunakan Instagram untuk meningkatkan bisnis dan kunjungan ke website kita.

Seperti yang saya katakana diatas meskipun demikian, Anda tetap bisa menggunakan instagram untuk membantu mempromosikan bisnis Anda melalui Instagram. Karena dengan menggunakan Instagram untuk menghasilkan lebih banyak traffic ke website atau blog Anda akan sangat mungkin. Ingat pengguna Instagram sudah mencapai lebih dari 500 juta orang.

Cara Untuk mendatangkan Traffic ke website dengan menggunakan Instagram

Saya akan memulai dengan mengatakan bahwa menggunakan Instagram untuk bisnis sedikit harus menggunakan trik. Karena Instagram berbeda dengan platform yang lain.

tips instagram marketing 2

kimkardashian Instagram account

 

Anda bisa melihat link yang ada di psotingan kimkardashian itu? Linknya tidak bisa kita klik bukan?

 

tips instagram marketing 4 St Martins Press

St Martin Press, sebuah perusahaan penerbitan, menggunakan Instagram untuk mempromosikan bukunya.

Coba perhatikan perusahaan penerbitan St Martin Press yang harus menyertakan “Link di Bio” dengan mengingatkan catatan pada postingan mereka?

Mengapa mereka melakukan hal itu? Ini disebabkan karena hyperlink tidak diperbolehkan dipostingan Instagram. Oleh karena itu Anda harus melakukan trik-trik kreatif untuk melakukan promosi di Instagram, sehingga kapanpun dan dimanapun Anda bisa mengajak orang-orang untuk memotivasi dan melihat bisnis Anda dengan mengunjungi website bisnis Anda.

Bisa saya simpulkan dan katakana kalau Instagram itu adalah salah satu platform yang sangat menyenangkan untuk digunakan, sekali Anda mencoba saya yakin Anda akan sulit untuk bisa berhenti untuk melihat akun instagram Anda. Berikut ini saya akan mencoba merangkum Tips Instragram Marketing untuk Membantu orang mengunjungi Website Bisnis Anda.

Baca Juga Artikel kami yang lain: Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

#1. Integrasi Instagram

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang apa yang harus saya lakukan untuk akun instagram saya agar orang mau mengunjungi website saya? Anda harus terlebih dahulu menghubungkan akun instagram Anda dengan website yang Anda miliki. Untuk melakukan hal ini Anda bisa menggunakan plugin WordPress Instagram Feeduntuk bisa menghubungkan Instagram Anda dengan website wordPress Anda.

#2. Isi Bio Data Anda dengan TEPAT

shutterstock instagram image

Perhatikan caranya shutterstock mengis Bio data tentang diri atau bisnis mereka.

Buat semenarik mungkin dan tepat, kata-kata yang harus Anda isi pada bagian BIO ini, saat orang mengunjungi Instagram Anda mereka akan melihat BIO Anda. Caranya bisa sama seperti Anda mengisi BIO data di akun social media yang lain. Pastikan semua email, website dan no Telepon Anda cantumkan. Berikut ini tips yang bisa Anda ikuti:

  • Sertakan photo profile yang berkualitas tinggi. Jika akun Instagram ini untuk bisnis Anda, maka gunakanlah logo bisnis Anda. Atau Anda bisa menggunakan sesuatu yang lain yang foto atau gambar itu kira-kira bisa menarik perhatian orang dan sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.
  • Tulis BIO dengan RINGKAS dan MENARIK
  • Pertimbangkan juga untuk menggunakan hashtags dan emoji di dalam bio Anda. Hashtags bisa membantu membuat bisnis Anda ditemukan oleh orang-orang yang menggunakan Instagram dan emoji bisa menambah kepribadian ekstra.
  • Halaman BIO adalah satu-satunya tempat dimana kita diperbolehkan untuk meletakkan link atau hyperlink aktif yang bisa di klik. Jadi manfaatkan bagian ini untuk mengisi website Anda —update your bio with the new link.

#3. Kreatiflah saat mengambil Foto

kreatif saat menggambil foto untuk instagram

Jika Anda menggunakan Instagram untuk mempromosikan binsis Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menempatkan foto di akun instagram Anda, Anda bisa:

  • Posting foto produk yang memang produknya itu tidak bisa ditemukan di website bisnis Anda.
  • Posting aktifitas tindakan saat melayani konsumen Anda. Harus foto nyata. Atau minta yang menerima produk Anda untuk memfoto produk belanjaan yang mereka sudah beli.
  • Foto situasi dari kantor Anda, untuk memberitahu orang-orang bahwa ini adalah bisnis yang nyata dan agar mereka juga bisa melihat situasi kantor Anda.
  • Tidak harus produk yang akan Anda jual yang harus Anda posting di akun instagram Anda, silahkan posting foto asal daerah Anda, misalnya saat Anda sedang pergi makan siang, atau mengujungi tempat wisata yang ada di tempat Anda. Ini bisa membuat akun Anda dan bisnis Anda lebih dikenal orang.

Dalam mengunggah foto juga ada aturan yang harus Anda ikuti. Sebagai awal jangan pernah mengunggah foto yang Anda sendiri tidak suka, kalau Anda tidak suka melihatnya apalagi orang lain ya, bisa muntah nanti. Foto juga harus berkualitas baik high-res dan mewakili perusahaan atau bisnis Anda. Jangan pernah tergila-gila untuk menggunakan filter foto, gunakan filter foto hanya jika itu sesuai dengan gaya dari brand Anda, biarkan foto yang Anda upload sesuai dengan bisnis Anda.

#4. Selalu Pancing Rasa Ingin Tahu

Meskipun Instagram memang sulit untuk dipakai promosi website atau konten Anda hal ini bukan berarti Anda harus tidak ingin menggunakan platform yang satu ini, justru menurut saya sangat salah jika Anda tidak menggunakan Instagram. Anda masih bisa, sebagai contoh Anda bisa menulis tentang tren web desain yang bisa mempengaruhi perindustrian hotel dan bisnis lainnya atau Anda bisa memamerkan foto desain website atau hal lain yang belum pernah ada di website ada dipasaran, Anda bisa menggunakan trik ini untuk memancing dan menarik minat pengikut instagram Anda rasa ingin tahu mereka dan mengunjungi website Anda.

#5. Gunakan Video.

Website Anda bukan satu-satunya tempat untuk menempatkan video lagi. Instagram memperbolehkan penggunanya untuk mengupload video. Anda bisa mengambil keuntungan dari hal ini.

gunakan video di instagram marketing

#6 Tell a Story

Jika Anda memiliki waktu cobalah untuk scroll di instagram melalui ponsel Anda, ada banyak orang yang menggunakan Fitur Stories. Kadang ada perusahaan atau orang-orang yang dibayar untuk membuat iklan video singkat. Jika Anda ingin memanfaatkan fitur ini jangan lupa untuk menambahkan pesan singkat menarik untuk action ke bisnis Anda. Belakangan pada bulan mei 2017 Instagram mulai mengembangkan fitur stories ini untuk para marketer yang menggunakan Instagram, kita bisa meletakkan link di stories yang kita buat. Pastikan untuk tidak selalu meletakkan link di setiap postingan stories yang Anda buat, lakukan ini hanya untuk postingan yang memberikan efek yang baik.

#7. Watermark Video Anda.

Dikesempatan lain saya akan menunjukkan bagaimana caranya melindungi foto Anda dengan cara membuat watermark. Dengan membuat watermark pada foto Anda bisa melindungi foto yang Anda upload dari pencurian. Jika foto yang Anda upload adalah foto professional kalian, atau bisa saya katakana foto terbaik kalian, sebaiknya pikirkan untuk menggunakan watermark pada foto. Karena jka ada orang yang share foto Anda atau mendownloadnya mereka akan tahu dari mana foto itu berasal.

#8. Pastikan Membuat CTA

Untuk beberapa postingan yang Anda buat pastikan untuk membuat ajakan (call to action). Membuat data bio profile adalah baik untuk membantu mempromosikan dan memperkenalkan bisnis Anda. Namun jika Anda dapat membuat orang mengunjungi BIO Anda melalui setiap postingan foto atau video yang Anda buat ini akan jauh lebih baik.

#9. Buatlah Selalu Eksklusif

Jika Anda sedang memiliki proyek atau konten eksklusif dengan klien yang baru apalagi klien itu adalah orang terkenal, bagikan konten itu untuk membangkitkan minat. Misalnya work in progress with@namaartis for… kira-kira seperti itu contohnya. (Anda bisa mengembangkannya)

#10. Gunakan Hashtags dengan bijaksana.

Apakah pemberian Hashtags pada psotingan instagram kita adalah pilihan opsional? Menurut saya tidak. Seharusnya kita mencantumkan hashtags pada setiap postingan instagram kita agar banyak orang mau mengunjungi dan melihat foto Anda. Bahkan jika mereka belum tahu siapa Anda mereka bisa mengetahui psotingan Anda dengan memberikan hashtags. Berikut ini adalah beberapa cara kita bisa menggunakan hashtags untuk mendapatkan hasil:

  • Anda bisa menggunakan kata kunci utama yang Anda gunakan untuk website Anda di setiap postingan Instagram Anda, ini untuk memberitahu orang dan juga mesin pencari tentang ide dan bidang usaha yang Anda kerjakan.
  • Gunakan hashtags merek dagang Anda atau community hashtags. Brand hashtags ini adalah yang secara khusus berisi tentang perusahaan Anda (misalnya nama perusahaan Anda, nama produk, moto dari perusahaan Anda)
  • Gunakan tren hashtags atau orang-orang yang sangat popular
  • Tag orang lain di foto Anda, terutama jika Anda bekerjasama dengan rekan kerja Anda seperti fotografer, penulis konten Anda, atau juga klien Anda di dalam konten foto yang Anda upload ke instagram.
  • Tags lokasi Anda, jika masih relevan.

#11. Jalin Interaksi

Memang banyak orang yang menggunakan Instagram lebih tertarik untuk melihat foto terlebih dahulu ketimbang isi konten yang Anda buat di instagram.  Jadilah kreatif untuk membuat pengunjung Anda terlibat dengan akun Anda. Cobalah sekali-kali adakan lomba foto dan suruh mereka membuat tag kepada teman mereka, buat form sign up untuk langganan melalui email (Email Marketing), atau Anda juga bisa sekedar menanyakan sesuatu kepada mereka misalnya saja “apa blog favorit mereka dan berikan mereka produk gratis atau diskon diskon”. (Silahkan kembangkan)

Selain itu Anda juga bisa membuat Campaign atau kontes di Instagram, Karena dengan membuat campaign hal ini dapat meningkatkan performa marketing dari akun Instagram Anda. Sebagai contoh coba lihat campaign dari starbucks #whitecupcontest

kontes starbucks instagram marketing

 

#12. Manfaatkan User Generated Content

Jika Anda memiliki produk atau layanan yang bisa digunakan oleh pelanggan dan pelanggan Anda mengambil foto saat menggunakan produk Anda, manfaatkan hal ini dan posting ulang foto mereka di akun Instagram Anda (jangan lupa untuk menyebutkan akun mereka). Jadi mulai sekarang saatnya Anda mulai mencari-cari atau meminta orang yang telah menggunakan jasa atau produk Anda dan posting ulang hal itu, selain bisa Anda posting di akun Instagram Anda, Anda juga bisa memposting itu di website Anda. Sehingga banyak orang yang lebih percaya dan juga hal ini bisa membantu penjualan Karena kepercayaan sudah terbentuk dari bukti-bukti yang di lihat di Instagram dan website bisnis Anda.

#13. Tag Partner Kerja

Keberhasilan dari pemasaran menggunakan media social bergantung dari seberapa baik kita dapat menggunakan setiap kesempatan yang ada, jika Anda memiliki partner kerja, Anda juga bisa menggunakan tag dan posting foto produk mereka di akun Instagram Anda. Sehingga dengan cara seperti ini bisa sama – sama saling menguatkan jaringan.

Selain itu Anda juga bisa bermitra dengan para blogger atau influencer Instagram lainnya untuk membantu mempromosikan halaman Instagram Anda. Coba cari tahu dari mereka apa yang harus Anda berikan jika mereka mempromosikan foto Anda di akun mereka, ada baiknya sih kita bisa memberikan produk GRATIS kita kepada mereka, gunakan ini jika jaringan mereka sangat besar.

#14. Perlakukan Akun Ini dengan Baik

Begitu Anda berhasil membuat akun bisnis Instagram Anda, rawatlah akun ini seperti Anda merawat akun pribadi Anda. Pastikan untuk membuat konten secara rutin dan promosi. Anda juga bisa memikirkan dan melakukan hal ini:

  • Buat jadwal seberapa sering Anda ingin membuat konten untuk di posting dana pa yang ingin Anda posting di akun Instagram Anda ini.
  • Follow brand-brand yang menurut Anda baik, orang-orang yang memfollow Anda, orang – orang lain yang ingin Anda follow dan juga orang-orang yang terlibat dengan bisnis Anda.
  • Promosikan halaman Instagram dan konten eksklusif Anda di platform media social lain dan juga blog yang Anda miliki.
  • Langkah terakhir yang juga harus Anda lakukan adalah pantau akun Instagram Anda, tanggapi orang-orang yang memberikan komentar postif Karena mereka akan senang jika Anda membalas komentar mereka.

#15. Pelajari Perkembangan Akun Anda.

INGAT: Instagram ini seperti tool lain yang digunakan untuk pemasaran online. Saat Anda membuat page (halaman) pastikan untuk membuat akun Instagram bisnis Anda dan pastikan Anda menghubungkan akun instagra Anda dengan akun facebook Anda sehingga Anda bisa memantau dan memposting dengan mudah untuk keduanya. Anda juga bisa menggunakan Google Analytics untuk mengetahui pos mana yang paling banyak mendapatkan perhatian dari orang-orang, sehingga di kemudian hari Anda bisa merencanakan postingan Instagram apa yang ramai dikunjungi.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan Instagram untuk sarana promosi dan mendatangkan pengunjung untuk website Anda? Jika tidak saya sarankan untuk membaca dan mencari tahu lebih lanjut tentang Instagram dengan lebih teliti, cobalah untuk mencari perusahaan yang kira-kira menarik minat Anda, belajarlah dari sana. Setiap Orang memiliki cerita visual yang berbeda-beda untuk dapat mereka ceritakan kepada banyak orang dan yang paling menarik adalah biasanya apa yang mereka lakukan setiap harinya.

Tools Yang Bisa Membantu Instagram Marketing

Masalah yang menurut saya paling sering dihadapai oleh orang maupun pemilik bisnis yang menggunakan Instagram adalah sulit untuk mengurus postingan Instagram, membalas setiap komentar yang masuk dan juga membaca statistik akun Instagram Anda. Saya akan mencoba membagikan beberapa tools yang menurut saya bisa membantu kita dalam mengelola akun Instagram menjadi lebih maksimal.

#1. Crowdfire

Kita mungkin bisa dibantu lebih mudah untuk mengelola para follower akun Instagram kita dengan menggunakan aplikasi dari Crowdfire ini, kita akan mengetahui siapa saja orang-orang yang menjadi follower kita.

Fitur Crowdfire

  1. Non-follower – fitur ini membantu Anda untuk mengetahui siapa saja yang tidak mem-follow akun Anda. (Jika ketahuan unfollow aja akun mereka hehehe)
  2. Fans – Fitur ini membantu Anda untuk melihat orang-orang yang menjadi follower Anda.
  3. Copy follower – Fitur ini membantu kita untuk mengetahui follow pengguna yang memfollow akun lain.
  4. Who Followe me – Fitur ini membantu kita mengetahui daftar follower terbaru kita saat ini.
  5. Who unfollowed me – Fitur ini kebalikan dari fitur follow me.

#2. Later

Lucu ya namanya tapi dengan menggunakan later kita dapat memungkinkan untuk melakukan schedule post untuk waktu yang akan datang.

Fitur Later

  1. Plan & Schedule posts – Fitur ini membantu Anda untuk membuat schedule post yang dilengkapi dengan caption.
  2. Add Team Members – Fitur ini akan membantu Anda untuk menambah tim yang akan mengurus akun Instagram Anda.
  3. Search & Repost – Fitur ini akan membantu Anda untuk mencari konten dari web dan kemudian mengunggah ke Instagram.

Jadi itu adalah beberapa Tips Instragram Marketing untuk Membantu traffic ke Website Bisnis Anda. Perlu Anda ketahui sebenarnya Instagram bisa digunakan oleh segala macam bisnis, yang membedakan adalah cara penyampaiannya saja.