skip to Main Content
Selalu Kekurangan Uang, Ini Tips Cara Mengatur Keuangan Bulanan

Selalu Kekurangan Uang, Ini Tips Cara Mengatur Keuangan Bulanan

Kebanyakan Problem dalam kehidupan adalah masalah keuangan, meskipun masalah keuangan dapat kita peringan dengan melakukan manajeman yang baik tetapi pada kenyataannya banyak orang yang hidup tidak berdaya. Dalam dunia yang bobrok dan serba jungkir balik ini kita semakin sulit untuk mengatur keuangan pribadi dan juga keuangan keluarga.

Ketika banyak remaja mulai menjadi dewasa dan mereka mulai meninggalkan rumah mereka untuk belajar hidup mandiri, ada yang sekolah di kota lain, ada yang kuliah di negara lain atau meninggalkan rumah dengan alasan untuk mencoba hidup mandiri. Pada kenyataannya banyak diantara mereka yang kemudian kesulitan keuangan, ada yang harus kembali ke rumah, ada yang meminjam uang dan terlilit hutang dan ada juga yang sampai akhirnya nekat untuk mencuri dan membunuh hanya untuk mendapatkan uang.

Bukan hanya dialami oleh para remaja saja, mereka yang sudah berkeluarga juga mengalami hal yang sama. Banyak keluarga-keluarga yang selalu saja mengalami masalah kekurangan uang. Dari pada kesal dan melakukan hal-hal yang tidak baik untuk mendapatkan cukup uang, ada baiknya Anda belajar Cara Mengatur Keuangan Bulanan yang Anda terima. Banyak keluarga-keluarga yang mengalami masalah ini karena pada saat mereka remaja dan masih tinggal dengan Orang Tua mereka tidak pernah belajar bagaimana caranya mengatur keuangan mereka.

Coba bayangkan hal ini, apakah Anda mau terjun dari sebuah pesawat terbang jika Anda sama sekali belum pernah belajar caranya menggunakan sebuah parasut? Pasti banyak yang akan menjawab tidak mau. Oleh karena itu alangkah sangat bijaksana jika Anda belajar prinsip dasar cara menggunakan parasut sebelum benar-benar memutuskan untuk keluar dari pintu pesawat.

Tips Sukses Jualan di Tokopedia Untuk Mendapatkan Keuntungan Berlipat

Menurut saya cara terbaik untuk belajar mengatur keuangan adalah saat kita masih tinggal bersama Orang Tua. Tetapi buat para Orang Tua yang juga mengalami masalah keuangan bisa memperbaiki dan belajar caranya mengatur keuangan. “Uang adalah untuk perlindungan” Kata Raja Salomo. Tetapi uang akan melindungi kita hanya jika kita belajar caranya mengendalikan apa saja yang menjadi pengeluaran kita. Apa saja tips yang bisa kita pelajari untuk Mengatur Keuangan Bulanan kita?

1 Buat Anggaran Setiap Bulannya

Cari tahu berapa biaya penggunaan Listrik, telepon dan juga air untuk setiap bulannya, biaya untuk menggunakan kendaraan, membeli makanan dan juga biaya untuk membayar sewa rumah jika Anda harus menyewa rumah. Jadi cobalah membuat daftar semua anggaran dan kemungkinan biaya yang akan Anda keluarkan selama satu bulannya menjadi dua bagian. Kebutuhan Primer dan untuk Kebutuhan Tersier. Kebutuhan Primer contohnya seperti biaya makan, ongkos kerja, tagihan listrik, cicilan motor dan lain-lain. Sedangkan kebutuhan tersier adalah anggaran yang menurut saya kurang begitu dibutuhkan seperti shopping, liburan dan keluar dengan teman-teman.

2 Bayar Segara Semua Hutang dan Tagihan

Saat kita mendapatkan gaji setiap bulannya. Pastikan Anda untuk segera melakukan pembayaran hutang-hutang dan tagihan Anda di awal. Bukan membayarnya kalau ada sisa uang, atau malah menunda-nunda nanti saja. Kebanyakan orang selalu menunda bahkan membiarkan hutang mereka lama menunggak dan akhirnya menjadi masalah baru lain. Apa enaknya sih hidup dengan hutang? Mau ketemu orang susah, mau melakukan apa-apa juga susah. Jadi agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari Anda bisa melakukan membayar semua tagihan bulanan Anda lebih dulu.

3 Sisihkan untuk Menabung

Menabung memang sangat sulit. Kebanyakan dari kita terbiasa menabung dari sisa uang yang kita dapatkan, coba mulai hari ini kita belajar cara menyisihkan gaji yang kita dapatkan untuk tabungan sebelum kita menggunakan uang kita. Kenapa saya menyarankan untuk melakukan hal ini? Karena hal ini akan berguna untuk membantu kita menekan biaya yang akan kita keluarkan atau kita bisa menekan biaya yang memang tidak penting untuk kita keluarkan.

4 Buat Catatan Untuk Laporan Pengeluaran Harian

Hampir semua orang terbiasa untuk tidak membuat laporan pengeluaran uang. Mulai sekarang cobalah untuk membeli sebuah buku, catat semua laporan pengeluaran keuangan Anda setiap harinya. Cara ini akan membantu kita mengetahui kemana saja uang yang kita keluarkan dan gunakan, hal ini menurut saya juga akan membantu kita mengetahui apa-apa saja yang menjadi pengeluaran yang tidak penting. Karena kebanyakan orang membeli barang yang sama sekali tidak mereka butuhkan.

5 Buat Lebih dari satu Rekening Bank

Beberapa orang akan sangat tidak mau jika di suruh membuat rekening di dua bank yang berbeda. Alasannya bisa jadi bermacam-macam. Kenapa saya menyarankan Anda untuk membuat dua rekening yang berbeda? Karena kita akan membagi rekening itu untuk dua kebutuhan yang berbeda. Satu rekening akan kita gunakan untuk pengeluaran sehari-hari, seperti menerima gaji dan juga membayar tagihan-tagihan dan pengeluaran uang belanja. Rekening yang lain akan kita gunakan untuk menabung. Rekening tabungan inilah yang sebisa mungkin tidak kita gunakan jika memang tidak sedang kepepet sekali. Anggarkan berapa rupiah yang harus Anda tabung setiap hari atau sebulannya.

 

6 Bijak dalam Penggunaan Kartu Kredit

Banyak yang suka memiliki kartu kredit (kartu hutang). Saya paling tidak suka menggunakan kartu kredit. Saya baru memiliki kartu kredit sewaktu harus bekerja secara online, itupun karena kebutuhan untuk pembuatan akun Paypal. Kartu Kredit memang bisa membantu kita sewaktu-waktu misalnya jika ada promo atau diskon. Kita bisa membeli barang-barang dengan menggunakan kartu kredit, tetapi pastikan untuk segera melunasi semua hutang-hutang di kartu kredit.

7 Investasi Membantu Hidup Kita

Jika Anda memiliki uang yang lebih Anda bisa melakukan investasi. Investasi bisa dalam banyak hal misalnya investasi dalam bentuk asuransi, Properti dan Membeli Emas. Saya lebih suka untuk investasi di properti. Investasi bukan dalam bentuk uang biasanya sulit untuk kita gunakan setiap harinya. Jadi menurut saya hal ini akan membantu Anda untuk menyimpan uang dengan aman. Investasi properti biasanya juga akan menguntungkan kita di masa depan.

8 Pelajari Pengeluaran Anda di Akhir Bulan

Setiap akhir bulan coba lihat kembali semua catatan yang ada. Lihat dan pelajari semua pengeluaran Anda untuk mengetahui apakah pengeluaran yang Anda keluarkan dalam bulan itu melebihi dari Anggaran yang Anda buat atau sebaliknya. Jika yang terjadi adalah melebihi dari apa yang sudah Anda anggarkan maka sebaiknya Anda melakukan revisi dan lebih memperketat pengeluaran Anda. Rubah kebiasaan Anda dalam menggunakan uang, Lunasi hutangmu dan Kendalikan pengeluaran uang Anda.

Uang memang bisa menjadi sarana yang bagus buat kita jika digunakan dengan bijaksana. Malah dalam banyak budaya lain, rupanya mencari dan mengatur keuangan bagian yang paling penting dalam kehidupan. Ingat uang memang penting untuk kehidupan kita tetapi uang bukan segala-galanya. Semoga artikel Tips Cara Mengatur Keuangan Bulanan yang singkat ini bisa menjadi bantuan sederhana bagi Anda semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top