Tempat Penyimpanan Data Online

Tempat Penyimpanan Data Online

Sekarang ini Penyimpanan Data Online semakin banyak pilihannya. Semakin maju jaman semakin maju juga perkembangan teknologi. Sekarang ini Penyimpanan file online semakin banyak diminati dan digunakan oleh banyak Orang. Kalau jaman dulu Flash disk banyak digunakan untuk mengirim data ke klien atau teman kita, tapi sekarang ini tempat penyimpanan online yang paling sering banyak digunakan meskipun Flash disk masih digunakan juga saat ini.

Apakah Anda pernah berpikir dan menyimpan data di Cloud Storage Gratis? Layanan Cloud Storage adalah model penyimpanan modern dimana data Anda akan disimpan di sebuah server yang biasanya dikelola oleh sebuah perusahaan yang menggunakan jaringan hosting yang memiliki kapasitas besar. Jadi dengan menyimpan data Anda di cloud server data Anda bisa diakses, unduh, sunting kapan saja dan dimana saja. Jadi jika Anda mengalami masalah dengan hardisk yang sudah penuh, Flash disk yang entah di simpan dimana kita bisa menggunakan penyimpanan data online gratis, jadi Cloud storage adalah solusi yang bisa membantu kita kapan saja dan dimana saja asalkan ada koneksi internet.

Beberapa penyedia Jasa Penyimpanan Data Online yang paling banyak digunakan adalah Dropbox dan Google Drive. Entah kenapa banyak orang senang untuk menggunakan DropBox padahal media penyimpanan Gratis yang diberikan oleh DropbBox hanya 2 Gigabyte Space. Buat saya itu sangat dikit sekali, selain itu DropBox agak lambat untuk diakses (*menurut saya). Saya coba share dimana saja saya menggunakan Layanan Penyimpanan Data Online atau cloud storage Gratis yang biasa saya gunakan dan yang menurut saya paling baik dan mudah untuk digunakan.

Berikut ini Tempat Penyimpanan Data Online Yang saya Gunakan:

Google Drive. Ini adalah milik Google sang raksasa teknologi yang akan memberikan Anda ruang penyimpanan secara online sebesar 15 GB. Google selalu membuat produknya mudah diakses dan terhubung dengan Gmail, Google+ dan produk lainnya. Yang yang sudah Anda upload ke Google Drive bisa dengan mudah Anda bagikan dan di Download oleh rekan kerja Anda atau siapapun yang Anda ijinkan. Hebatnya lagi file yang Anda upload ke Google Drive juga bisa di Update atau di sunting oleh rekan kerja kamu (atau keduabelah pihak) jika kedua belah pihak terhubung dan diijinkan. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini Anda harus membuat akun Gmail terlebih dahulu.

DropBox. Ini adalah salah satu layanan yang paling popular yang di operasikan oleh DropBox Inc. perusahaan ini didirikan pada tahun 2007 dan DropBox kemudian menjadi layanan yang terbaik gratis (ada versi berbayar). DropBox akan memberikan 2 GB Storage secara gratis. Menurut saya ini sangat sedikit, jika Anda hanya ingin menggunakannya untuk menyimpan dokumen sementara waktu saja DropBox bisa jadi sangat cocok untuk Anda.

Box. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau layanan yang satu ini kemungkinan menjadi saingan DropBox karena nama yang dibuat sangat mirip sekali dengan DropBox. Kalau di DropBox kita hanya diberikan 2 GB space gratis sedangkan di Box kita diberikan 10GB Gratis. Box bisa Anda gunakan untuk kerja tim sama seperti milik Google Drive. Dan untuk sinkronisasii data yang ada di Box dengan alat yang kita gunakan terbilang sangat mudah meskipun kita menggunakan HP, Komputer dan Tablet. Kelemahannya Box hanya mengijinkan kita untuk share data hanya sebesar 250 MB (piuuuuuh).

OneDrive. Ini adalah salah satu layanan Penyimpanan Data Online milik Microsoft. Dengan membuat akun di OneDrive Anda bisa mendapatkan 15 GB secara Gratis. Ruang data sebesar ini bisa kita gunakan untuk menyimpan file yang kita butuhkan dan akan kita gunakan secara online. Setelah file Anda upload ke OneDrive Anda bisa melakukan edit (menyunting) dan juga membagikan dokumen atau file penting lain kepada teman atau karyawan Anda bahkan tanpa ada batasan alat yang digunakan apakah orang itu menggunakan Macbook, Windows, Android, Windows Phone, Tablet dll semua bisa Anda lakukan melalui OneDrive. Untuk lebih mudah menggunakan OneDrive Anda sebaiknya Membuat Akun Hotmail atau Outlook terlebih dahulu.

pCloud. Dari tampilan halaman depan saya suka sekali. Kemudahan dalam menggunakan juga menjadi salah satu pilihan saya untuk menggunakan pCloud. File yang Anda upload ke pCloud akan di simpan kedalam beberapa server yang sangat aman. Kapasita penyimpanan data yang diberikan juga sangat besar 20 GB, tidak ada limit atau batas kecepatan. Ukuran file yang kita upload juga tidak dibatasi. Hanya satu kelemahan dari pCloud file atau folder bersama tidak bisa kita kasih password. Tapi ini tidak menjadi masalah buat saya karena saya hanya menggunakan pCloud untuk berbagi file dengan banyak orang.

Mega Nz. Penyimpanan Data Online yang satu ini memberikan Cloud Storage Gratis sebesar 50 GB. Ini adalah salah satu tempat Penyimpanan Data Online yang sering saya gunakan juga jika file yang mau saya upload banyak. Katanya sih Mega jauh lebih aman ketimbang cloud storage yang lain. Kita bisa menggunakan Mega dengan menginstall di computer kita atau tanpa menginstall. Hanya satu kekurangan Mega Cloud menurut saya, sewaktu download kita tidak bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Internet Download Manager untuk mendownload file apapun lebih cepat.

Jumpshare. Saya kenal dan tahu Jumpshare dari klien saya. Sejak saat itu saya mulai menggunakan Jumpshare. Saya suka dengan tampilannya yang simple, tidak ribet dan tidak ada iklan. Drag and drop file mudah dan masih banyak kelebihan lainnya.

MediaFire. Saya yakin pasti sudah banyak yang tahu tentang MediaFire, Media Penyimpanan Data Online Gratis yang satu ini memberikan akses gratis untuk menyimpan file sebesar 10 GB. Hanya saja jika kita ingin share atau berbagi file di MediaFire ada beberapa iklan yang ditampilkan untuk paket Gratisnya, tetapi iklan yang ditampilkan tidak terlalu banyak dan membuat bingung kita untuk mendownloadnya. Silahkan lihat Video Cara Mendownload File dari MediaFire.

Itu adalah beberapa Layanan Tempat Penyimpanan Data Online Gratis. Masih ada banyak lagi layanan cloud storage gratis seperti ini, kami sengaja tidak akan memasukkan semua daftar di artikel ini karena kami ingin memberitahu Anda bahwa dari sekian banyak Tempat Penyimpanan Data Online Gratis, daftar di ataslah yang sering kami gunakan dan menurut kami sangat mudah dan bagus untuk kita gunakan. Jika Anda sering mengalami masalah dengan flash disk yang sering ketinggalan, cobalah mulai menggunakan salah satu Cloud Storage Gratis yang kami sebutkan di atas untuk backup file penting Anda sebelum berangkat presentasi dengan klien Anda. Selamat mencoba.