skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Tehnik SEO Yang Banyak Digunakan Untuk Merangking Website

Tehnik SEO yang banyak digunakan untuk Merangking Website

Di panduan sebelumnya kita sudah belajar tentang Update Algoritma Google yang akan mempengaruhi rangking website kita. Nah, dipanduan kali ini saya akan menunjukkan beberapa tehnik SEO yang paling banyak digunakan oleh orang-orang untuk Merangking Website mereka di mesin pencari Google.

Memahami SEO akan sangat membantu untuk meningkatkan traffic website Anda dan juga sekaligus untuk meningkatkan brand awarness. Banyak master dan orang-orang yang expert di bidang SEO mengajarkan dua macam tehnik SEO yang paling sering digunakan:

  1. Black hat SEO
  2. White hat SEO

Apa itu Black hat SEO

Seperti namanya black hat ini artinya hitam atau bisa saya katakan ini adalah cara-cara yang tidak di sarankan atau tidak diperkenan untuk merangkingkan sebuah website.

Tetapi, Apa itu definisi black hat SEO?

Seperti yang sudah sempat saya singgung tadi, black hat ini mengacu pada sebuah serangkaian cara atau praktek SEO yang sering digunakan oleh beberapa orang untuk meningkatkan rangking website atau halaman tertentu dari sebuah website di mesin pencari dengan menggunakan cara-cara yang tidak diperkenan oleh Google atau yang melanggar aturan emas Google.

Mungkin sampai di sini, Anda bertanya dari mana istilah black hat ini berasal? Jadi istilah black hat ini berasal dari sebuah film barat yang membedakan antara “orang jahat” dan “orang baik” yang menggunakan topi putih (white hat). Belakangan istilah ini juga digunakan secara umum dalam dunia komputer untuk menggambarkan seorang hacker, pembuat virus dan juga mereka yang melakukan tindakan tidak etis lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Sangat penting untuk Anda ketahui, jika Anda menerapkan taktik dan juga strategi Black Hat SEO, hal ini bisa membuat website Anda di banned (di blokir) dari mesin pencari, tidak menjadi rujukan dari hasil pencarian Google lagi. Semua yang ingin mempraktekkan tehnik Black Hat SEO harus mengetahui konsekuansi ini.

Berikut ini adalah Taktik Black Hat SEO yang dilarang:

Taktik SEO yang akan saya sebutkan ini adalah sebuah taktik yang dianggap sebagai black hat dan tidak boleh dilakukan sama sekali jika Anda masih menginginkan website Anda menjadi rujukan mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya:

  • Konten yang dibuat secara otomatis (Content Automation)
  • Doorway Pages
  • Hidden Text or Links
  • Keyword Stuffing
  • Reporting a Competitor (or Negative SEO)
  • Sneaky Redirects
  • Cloaking
  • Link Schemes
  • Guest Posting Networks
  • Link Manipulation (including buying links)
  • Article Spinning
  • Link Farms, Link Wheels or Link Networks
  • Rich Snippet Markup Spam
  • Automated Queries to Google
  • Membuat halaman, subdomains, atau domains dengan duplikat konten
  • Halaman website dengan perilaku jahat, seperti phishing, virus, trojan, malware dan lainnya

Content Automation

Ini adalah sebuah cara untuk membuat konten dengan cara-cara yang curang, mereka menggunakan software untuk membuat konten secara otomatis. Dari mana mereka mengenerate kontennya? Ya dari website-website yang ada di internet. Setelah mendapatkan konten itu mereka membuatnya menjadi unik dan beberapa tidak. Sebagai contoh misalnya Anda mengambil artikel dari bahasa Inggris kemudian Anda translate ke bahasa Indonesia dengan menggunakan Google translate atau bisa juga menggunakan alat Spin Artikel (software untuk membuat unik artikel dengan cara membolak balik kata).

Doorway Pages / Gate Way Page / Jump Page

Ini adalah sebuah tehnik yang menurut saya unik. Mereka akan mengoptimalkan sebuah website, setelah website itu optimal dan berada di halaman pertama mesin pencari Google kemudian web master akan mengarahkan web itu (redirect) ke website lain yang ingin dikunjungi. Jadi si pengguna sama sekali tidak membaca informasi yang ada di website pertama, dia akan langsung diarahkan ke website tujuan yang sebenarnya atau bisa juga ketika Anda mengunjungi sebuah website ketika Anda mengklik link ini lari ke halaman lain, klik link ini lari lagi ke halaman lain, atau mungkin website itu muncul banyak sekali pop up-nya yang membuat kita tidak nyaman dan ketika kita klik kita diarahkan ke halaman website lain.

Hidden Text or Links

Ini adalah sebuah tehnik menyembunyikan text atau link atau keyword di dalam sebuah konten atau website di mana semua link atau text itu tidak kelihatan atau kasat mata. Meskipun manusia tidak bisa melihat link atau text ini tetapi Google bisa melihat link atau text itu. Jadi pastikan untuk tidak melakukan cara-cara ini.

Keyword Stuffing

Keyword Stuffing ini adalah sebuah cara mengisi sebuah artikel dengan menggunakan kata kunci yang berlebihan atau di ulang-ulang melebihi batas wajar. Tujuannya adalah supaya mendapatkan rangking yang baik di mesin pencari. Wajarnya bisanya 1% sampai dengan 5%

Cloacking page

Cloacking page ini menurut saya masih bagian dari doorway page, tehnik ini digunakan untuk menipu mesin pencari dan juga manusia, tetapi biasanya target utama tehnik ini adalah manusia bukan robot mesin pencari Google atau lainnya. Jika yang mengunjungi website itu adalah manusia maka orang itu akan diarahka ke halaman website lain yang sengaja diinginkan oleh web master bukan pengunjung website.

Link Farm

Jika Anda mengunjungi sebuah website dan Anda melihat dalam satu halaman ada banyak link yang ditempatkan yang menuju ke halaman website lain atau mungkin ratusan link ini termasuk dalam kategori black hat SEO. Atau Anda bisa juga bergabung dalam sebuah komunitas pemilik blog untuk bisa menempatkan link atas persetujuan bersama hanya untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

Scrapper Pages

Sesuai dengan namanya scrapper pages mengartikan sebuah website yang biasanya isi konten yang ada di websitenya hasil dari “copy” paste dari artikel yang ada di website orang lain. Untuk Scrapper Site ini mengartikan sebuah website yang mempunyai lebih dari satu atau mungkin lebih dari scrapper page.

Article Spinning

Article spinning ini bisa saya katakan mirip dengan sengaja menduplikasi konten milik orang ke website Anda atau ke website yang Anda buat hanya untuk membangun sebuah backlink. Artikel yang ada di website orang lain di copy kemudian di spin agar menghasilkan artikel yang baru dan unik. Terdengar sangat bagus ya, tetapi biasanya hasilnya kurang bagus, karena ini hanya permainan persamaan kata saja atau membolak balik artikel yang sudah ada.

Dalam dunia internet persaingan sangat tinggi dan sangat jahat. Bisa jadi ada pesaing kita yang menggunakan cara-cara jahat untuk menyerang website kita dengan alasan tidak suka dengan kita atau dia ingin menjatuhkan website kita. Ini bisa saja terjadi dan banyak orang jahat yang melakukan hal ini. lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara kita mengatasi hal ini?

 

Cara Melaporkan Black Hat SEO

Jika Anda merasa tidak melakukan cara-cara black hat lalu Anda mengecek ada backlink yang dibuat di luar buatan Anda, maka Anda bisa melaporkan Black Hat SEO, karena website Anda di serang melalui peretasan yang berbahaya, menggunakan virus, atau lewat kampanye seo negatif dari backlink spam yang dibuat oleh orang lain. Cara lain untuk melaporkan Webspam dengan menggunakan Google Webmaster tool. Tolong gunakan tool ini dengan bijaksana.

Jika website Anda sudah di serang oleh orang-orang jahat dengan menggunakan virus, peretasan berbahaya atau malware, segera minta peninjauan malware setelah Anda bisa menghapus kode berbaya dari website Anda.

Jika seandainya website Anda menjadi target kampanye SEO negatif yang dilakukan oleh orang lain dengan membuat backlink yang menuju website Anda, Anda bisa menggunakan Disavow Links Tool setelah Anda masuk ke dalam akun Google Webmaster Tool Anda, masukkan daftar link yang menurut Anda dibuat oleh orang lain untuk tujuan negatif SEO agar segera dihapus oleh Google.

Mengapa Anda harus menghindari Tehnik Black Hat SEO?

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, taktik black hat SEO bisa membahayakan website Anda dan kemungkinan besar website Anda akan di banned oleh Google dan tidak menjadi rujukan dari hasil pencarian mesin pencari.

Meskipun mungkin tehnik black hat ini bisa membantu peringkat website Anda dalam waktu yang realtif singkat, tetapi hukuman Google akan membuat semua kerja keras Anda menjadi sia-sia. Saat ini sistem Google sudah semakin canggih dari waktu ke waktu. Apakah Anda senang hidup dalam keadaan selalu was-was setiap harinya? Dan jika website Anda sudah di banned apakah Anda bisa mengembalikan lagi website Anda ke keadaan sebelum di banned oleh Google? Pertanyaan-pertanyaan bisa Anda renungkan sebelum Anda memtuskan untuk melakukan black hat SEO.

Apakah Tehnik Black Hat SEO cocok untuk Anda?

Jawabannya bergantung dari masing-masing orang dan tujuan bisnis yang akan mereka bangun, satu hal yang ingin saya tanyakan kepada Anda, apakah Anda ingin membangun bisnis yang bisa bertahan sampai lama atau tidak?

Jika jaaban Anda adalah ya, maka Anda harus menghindari tehnik black hat SEO. Gunakan cara-cata yang baik dan benar untuk meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari.

White Hat SEO

Kebalikan dari Balck Hat adalah White Hat SEO. White Hat ini adalah tehnik SEO yang memang mengedepankan cara-cara yang diperkanan oleh Google. Menggunakan cara benar dan wajar untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan bertahan lama.

Memang sampai hari ini banyak orang yang senang untuk menggunakan cara Black Hat karena Blach Hat ini adalah cara yang paling cepat untuk membuat sebuah website bisa merangking di mesin pencari Google. Tetapi biasanya jika Anda menggunakan cara-cara seperti ini, hasilnya tidak bisa bertahan lebih lama (tidak permanen), karena kalau ada update algoritma sudah dipastikan website Anda akan kena hukuman dan turun ke peringkat. Menurut saya konsekuensinya sangat berat untuk bisa kita terima. Percaya sama saya, ketika website Anda di banned (di blokir) oleh Google, rasanya itu seperti putus cinta dengan pujaan hati, sakitnya tuh nyesek banget.

Apa saja White Hat SEO itu:

  1. White Hat SEO biasanya menghindari pembuatan backlink yang sama sekali tidak berkaitan dengan tema atau konten website Anda. biasanya berfokus pada tiga hal: Internal Link yang berhubungan dengan isi artikel website dan penggunaan kata kunci yang berkaitan dengan website atau konten kita.
  2. Membuat backlink untuk website yang masih berkaitan dengan tema atau topik website.
  3. Artikel yang dibuat berkualitas tinggi untuk diposting di website yang yang berkualitas.
  4. Sharing artikel ke sosial media
  5. Membuat tampilan website yang menarik dan tidak ribet buat pengunjung.
  6. Membuat halaman website yang penting seperti, halaman kontak, Term & Use, Privaci policy dan lainnya.
  7. Mengikuti aturan Google.

Ingat ya teman-teman, dari waktu ke waktu Google semakin sempurna (pintar), jadi pastikan untuk melakukan SEO dengan cara-cara yang benar dan baik. Ok jadi itu saja yang bisa saya bagikan kali ini tentang tehnik SEO yang banyak digunakan oleh orang-orang. Ada Black hat SEO dan White Hat SEO, yang mana yang akan Anda gunakan, ini semua kembali kepada masing-masing dari Anda.

Tidak ada yang bisa melarang saya dan juga Anda untuk menggunakan tehnik yang mana yang akan di pilih karena resikonya sudah jelas akan di tanggung oleh kita masing-masing. Saran saya, gunakan cara-cara yang baik meskipun lama dan kita mungkin sangat membutuhkan uang dengan cepat saat ini, tetapi white hat SEO adalah cara yang terbaik untuk kelangsungan bisnis Anda.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Tehnik SEO yang banyak digunakan untuk Merangking Website ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top