skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Strategi Untuk Meningkatkan Follower Dan Like Di Social Media

Strategi untuk meningkatkan Follower dan Like di social Media

Strategi untuk meningkatkan Follower. Sebelumnya saya sudah membahas dengan cukup detail tentang Kesalahan Saat Melakukan Social Media Maarketing, sekarang saya akan membahas beberapa hal lain yang akan membantu Anda untuk meningkatkan jumlah followe dan juga like di social media.

Di dalam social media seringkali orang mengukur kesuksesan sebuah akun social media dari jumlah follower dan juga likenya. Di panduan ini saya akan membahas sedetail mungkin tentang caranya anda dan saya bisa meningkatkan jumlah follower di Instagran, Facebook, Twitter dan lainnya.

Kalau Anda melihat sebuah akun Instagram atai facebook punya orang lain yang memiliki jumlah like dan view yang banyak, Anda pasti akan merasa terkagum-kagum dibuatnya.

Bagaimana bisa sekali post bisa langsung mendapatkan ribuan like dan orang yang memfollow terus bertambah setiap harinya.

Anda dan lainnya pasti merasa bangga kalau punya follower yang sangat banyak.

Tetapi selain sebagai suatu kebanggan dan kepuasan

Mempunyai follower yang banyak bisa menjadi sumber keuntungan yang lain, contohnya adalah:

  • Dipercaya sebagai orang yang ahli di bidang itu
  • Memberikan pengaruh kepada orang yang menjadi follower Anda
  • Bisa menjual

Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana caranya supaya Anda dan saya bisa mendapatkan jumlah follower yang terus bertambah setiap harinya?

Banyak orang sudah mati-matian menghabiskan waktu di social media tetapi tidak mendapatkan hasil yang di harapkan meskipun mereka sudah membuat konten yang bagus, menarik dan lucu.

Kira-kira apa yang salah dari mereka?

Saya bukan seorang yang ahli, saya hanya senang menulis dan membaca dan berbagi dari hal-hal yang saya ketahui dan sudah pernah saya praktekkan, salah satunya adalah tentang “Strategi untuk meningkatkan Follower dan Like di social Media”.

Jujur ini bukan sebuah pekerjaan yang mudah dan bisa dilakukan hanya dalam hitungan hari saja. Social media marketing adalah sebuah pekerjaan yang harus Anda lakukan setiap hari dan terus menerus selama bisnis yang Anda jalankan masih hidup. Bahkan tidak ada jaminan juga jika Anda menerapkan apa yang diajarkan oleh saya dan juga dari panduan lain hasilnya akan memuaskan. Tetapi setidaknya dengan membaca artikel (panduan ini) Anda sedang berjalan dan mengembangkan social media dengan cara-cara yang benar dan berharap bisa meningkatkan jumlah follower Anda.

Saya akan membeberkan pengetahuan tantang hal-hal apa saja sih yang bisa saya dan Anda lakukan ketika ingin meningkatkan jumlah follower di Twitter, Instagram dan juga like di akun Facebook kita.

Membuat sebuah Konten yang memberi manfaat

Mungkin selama ini Anda dan saya sering melakukan hal ini saat memposting sesuatu di akun social media kita.

  1. Asal posting tanpa memikirkan “apakah ini akan memberi manfaat buat orang lain?”
  2. Membuat postingan yang selalu berfokus pada hal-hal yang tidak penting, misalnya tentang diri sendiri

Untuk di poin ke dua memang tidak ada salahnya membuat postingan yang tema dan fokusnya kepada diri Anda sendiri. Tetapi jika Anda bukan siapa-siapa, bukan orang yang memberi pengaruh, bukan orang terkenal seperti para selebriti maka sudah di pastikan postingan itu tidak akan memberikan arti dan manfaat apa-apa buat orang yang melihat, buat teman dan follower Anda.

Jadi setiap Anda akan membuat postingan baru pastikan itu harus bisa memberikan manfaat dan pengaruh yang baik buat orang yang lain, misalnya

Membuat postingan yang lucu, berisi informasi penting yang membuat orang dari yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, menghibur dan hal penting lainnya.

Buatlah konten yang bisa di download

Ini mungkin terdengar agak sulit dan ribet bagi beberapa orang, termasuk saya dulunya.

Tapi tahukah Anda, jika Anda dan saya bisa membuat file atau konten yang bisa mereka download seperti Ebook, dokumen, foto gratis, video panduan atau file premium yang bisa di download secara gratis bisa membuat orang lain suka dan berguna.

Setiap Anda membuat file yang bisa dibagikan secara gratis, ini akan mampu mengundang orang untuk datang dan datang lagi dan menyukai akun social media Anda.

Sudah paham ya sekarang pentingnya memberi sesuatu secara gratis itu tidak selamanya membuat kita rugi. Ada timbal balik yang akan kita dapatkan dari melakukan strategi yang satu ini.

Percaya atau tidak ini adalah strategi AMPUH andalan SUBMITClimb.

Membuat Opini untuk Tren dan juga berita yang baru

Semua orang yang menggunakan social media kebanyakan adalah orang-orang yang ingin mendapatkan sebuah informasi yang baru terjadi. Memang kalau soal membuat berita Anda dan saya pasti kalah jauh dengan jurnalis dan juga wartawan.

Jadi kita bisa mengakali dengan cara membuat opini kita tentang berita itu dan juga pendapat kita tentang hal itu, dengan demikian kita bisa membantu orang lain untuk bisa berpikir dan juga melakukan tindakan yang benar. (Ingat ya, jangan menghasut untuk hal-hal yang buruk)

Repost, Retweet konten orang lain yang menarik

Ini kan menguntungkan orang lain. Bisa jadi kata-kata ini yang akan Anda katakan kepada saya kalau saya mengajarkan Anda untuk melakukan repost dan retweet konten orang lain di akun social media kita.

Meskipun memang benar seperti itu, Anda juga perlu tahu kalau melakukan hal ini bisa menguntungkan kita juga:

  1. Membantu follower mendapatkan konten baru dan yang bagus
  2. Pemilik akun yang di repost dan di retweet akan senang dengan Anda

Jadi mulai sekarang jadi pernah pelit untuk merepost, retweet postingan orang lain jika memang itu bagus dan memberikan manfaat. Percaya deh kalau ini akan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.

Ingat repost dan retweet yang niche atau bidang usahanya sama dengan Anda.

Jangan Hanya Menggunakan Tulisan saja

Berdasarkan riset para pakar rupanya yang mendapatkan jumlah interaksi yang paling banyak postingan yang selalu menyertakan:

Foto, video, hashtag danyang menggunakan link URL blog.

Sedangkan untuk postingan yang hanya menggunakan teks saja hanya mendapatkan sedikit interaksi. Jadi usahakan untuk membuat postingan yang menyertakan link berupa video, artikel, foto atau apapun mulai sekarang.

Posting di Jam-jam yang mendapatkan like paling banyak

Menemukan jam posting yang bagus memang tidak mudah, kita perlu mencobanya sendiri dan kemudian melihat hasilnya, mana yang paling banyak mendapatkan respon baik dan mana yang tidak mendapatkan respon baik.

Tetapi jangan khawatir Anda juga bisa menggunakan patokan data jam dari buffer

Seperti yang sudah saya katakan di dalam artikel saya sebelumnya. Indonesia masih belum memiliki data waktu yang baik untuk posting, Anda dan saya mungkin bisa menggunakan patokan waktu untuk Asia dan Australia.

Facebook

Untuk Facebook Anda bisa mencoba sendiri waktu yang paling baik untuk bisnis Anda. Caranya dengan melakukan posting di jam-jam yang berbeda dan melihat secara langsung dari dasboard Facebook Anda untuk mengetahui postingan mana yang paling baik dan aktif.

Instagram

Waktu terbaik untuk post di instagram

Dari data di atas bisa kita lihat kalau waktu yang paling baik adalah sore hari dan tengah malam. Tetapi sekali lagi coba Anda tes sendiri, misalnya di siang hari dan di jam – jam yang berbeda, lalu lihat sendiri mana yang paling banyak mendapat respon saat postingan itu di buat.

Follow Orang Lain yang punya minat yang sama dengan konten Anda

Banyak sekali yang malas untuk memfollow akun orang lain. Saya juga sebenarnya demikian, apalagi kalau akun orang yang mau di follow isi kontennya sama sekali ora mutu (gak bermanfaat)

Tetapi kalau Anda mau mendapatkan followers dengan cepat caranya adalah dengan memfollow orang lain terlebih dahulu, jangan menunggu mereka memfollow Anda, kecuali kalau Anda seorang artis, silahkan saja gak usah follow akun yang lain.

Saya sudah mengujinya sendiri untuk semua akun Social media saya. contohnya adalah akun Instagram @mybalistory ini, hanya dalam waktu 2 bulan saya bisa mendapatkan follower sebanyak 973 orang, ini bukan jumlah yang sedikit. Saya tidak menggunakan iklan, saya melakukan tehnik manual, yaitu memfollow orang lain, dalam sehari saya bisa langsung follow sebanyak 30-60 orang sekaligus dan dalam satu hari saya posting 1-3 gambar yang berkualitas dan memberikan informasi.

jumlah follower instagram bertambah 973 hanya dalam 2 bulan

Sedangkan akun @submitclimb tidak saya optimalkan. Saya hanya diamkan dan posting konten saja tanpa melakukan cara seperti yang saya gunakan untuk akun instagram My Bali Story. Hasil yang saya dapat tidak memuaskan, karena akun instagram @submitclimb jumlah kenaikan followernya sangat – sangat lambat sekali.

instagram submitclimb jumlah followernya lambat

Dari sini sudah terbukti, kalau Anda ingin mendapatkan followe yang banyak Anda harus aktif di social media dan mau memfollow akun orang lain lebih dulu.

Bahkan website Quicksprout memberitahu bahwa presentase untuk follow-back di Twitter bisa mencapai 20%

Persentase follower back

Karena semua social media memiliki sifat yang sama maka hukum ini juga berlaku untuk akun social media yang lain misalnya Instagram.

Gunakan hashtag dan juga fitur seacrch di masing-masing akun social media untuk menemukan orang-orang yang kira-kira mau memfollow Anda dan tertarik dengan konten-konten yang Anda buat.

Isi Profile Yang Baik

Saya sering memperhatikan banyak yang masih mengabaikan mengisi halaman deskripsi bio profile dengan baik untuk tujuan menarik orang.

Ingat tujuan Anda adalah untuk mendapatkan follower, jadi pastikan untuk mengisi dan melengkapi semua kolom profile termasuk foto profile Anda. Ingat di internet itu yang menjadi hal utama dan yang di utamakan adalah membangun “trust”, jika kesan pertama ini sudah tidak bagus jangan pernah berharap untuk di follow oleh orang lain.

Masukkan Kata Kunci di Profile Anda

Setiap Anda mencari sesuatu di internet Anda pasti menggunakan kata kunci, entah nama, kata kunci produk atau bisnis Anda atau keahlian Anda.

Jadi pastikan untuk memasukkan kata kunci di dalam profile Anda.

Sebagai contoh, misalnya Anda adalah seorang Desainer grafis atau arsitek maka di dalam bio Anda harus di isi kata ‘desainer grafis’ ‘Arsitek’ atau lainnya sesai dengan keahlian Anda. Siapa tahu, kalau ada orang lain yang sedang butuh seorang arsitek atau desainer grafis dia bisa menemukan Anda dan menggunakan Jasa Anda.

Misalnya saja seperti orang ini:

ISI Bido data social media selengkap mungkin

Sering sekali kan menemukan halaman deskripsi profile orang di isi dengan hal-hal yang seringkali tidak berguna, konyol dan mungkin di kosongkan? Sekarang Anda baru tahu kan kalau halaman ini adalah sebuah tempat yang paling utama di tuju setelah foto profile di akun social media Anda.

Jangan Malu untuk minta like, retweet dan share

Saya suka malu untuk menunjukkan siapa di balik pemilik blog yang saya kelola. Tujuan saya untuk tidak memberitahu siapa di balik pemilik blog yang saya kelola tujuannya karena masalah privasi dan tidak percaya diri saja. Seraya waktu berlalu rupanya dengan memberitahu siapa di balik blog atau website yang kita kelola memberikan banyak manfaat yang bagus juga. Belakangan saya mulai berani untuk memberitahu siapa lelaki di balik website-website yang saya kelola, meskipun tidak semuanya.

Di social media juga demikian, awalnya saya malu untuk menampilkan beberapa website yang saya kelola dan akun social media yang menjadi milik saya. sekarang saya mulai memberitahu beberapa akun social media milik saya untuk tujuan tertentu.

Setelah saya tidak malu menampilkan beberepa website yang saya kelola di media social yang saya miliki, saya mulai memberanikan diri untuk meminta kepada beberapa orang yang menjadi follower saya untuk melike, share dan retweet termasuk kepada teman saya. Jujur ini adalah sebuah pekerjaan yang tidak mudah.

Percaya atau tidak, jika Anda melakukan hal ini, hasil yang akan Anda dapatkan sangat luar biasa jika meminta orang-orang untuk melakukan itu.

Sertakan link akun social media Anda di tempat yang Strategis

Maksudnya apa ini ya?

Ingat tujuan kita dengan membuat akun social media adalah untuk mendapatkan jumlah follower sebanyak mungkin. Jadi pastikan untuk selalu meletakkan link URL akun social media Anda di manapun.

Sebagai contoh:

Setiap Anda akan mengirim email, pastikan untuk menyertakan akun social media Anda. Jika Anda suka mengunjungi forum-forum tertentu, setiap kali Anda membuat komentar jangan lupa untuk meletakkan URL akun social media Anda.

Seringkali ini di lupakan, tetapi kalau Anda melakukan ini harapan untuk mendapatkan follower lebih banyak bisa bertambah setiap harinya.

Gunakan Foto Orang terlebih dahulu

Jika itu adalah akun sebuah perusahaan offline yang sudah berjalan dengan baik, Anda bisa menggunakan foto profile dengan sebuah logo.

Jika usaha Anda masih baru dan belum ada yang mengenalnya, cobalah menggunakan foto profile manusia terlebih dahulu sebelum menggunakan logo perusahaan. Mungkin ini terdengar aneh, tetapi Anda perlu tahu kalau banyak orang lebih suka mem-follow akun manusia daripada akun sebuah perusahaan.

Jika akun itu sudah banyak yang follow barulah Anda ganti menjadi logo usaha Anda. Contohnya adalah salah satu akun instagram dari my Piano Bali. Saya kebetulan kenal dengan pemilik dari akun ini. Awalnya akun ini menggunakan nama profile manusia (Orang) bukan menggunakan my piano Bali. Dia kemudian melakukan follow ke orang-orang yang dikenal saja. Belakangan setelah followers-nya semakin banyak akun ini tidak menggunakan nama orang lagi, dia menggantinya menjadi @mypianobali.

instagram mikha berubah menjadi my piano bali

Mungkin ada yang bertanya, apakah harus seperti itu, apakah sama sekali tidak boleh menggunakan foto profile logo usaha kita?

Tentu saja boleh, dan pasti bisa mendapatkan follower juga. Contohnya seperti akun instagram mybalistory, dari awal saya sudah menggunakan logo bukan foto manusia. Jika Anda ingin menggunakan logo maka Anda harus benar-benar aktif dan memperlakukan orang lain seperti layaknya bertemu dengan manusia secara langsung.

Mention Orang Terkenal atau yang punya banyak follower

Kita suka tidak percaya diri saat kita akan melakukan mention ke orang-orang yang mempunyai banyak follower atau ke artis terkenal.

Meskipun cara ini belum tentu mendapatkan hasil yang baik dari si pemilik akun, Anda harus mencobanya.

Jika kita dapat retweet, favorit atau replay, akun kita bisa bertambah followernya.

Apa saja yang bisa kita mention?

  1. Bisa berupa URL bacaan yang kira-kira menarik dan akan di baca oleh mereka
  2. Bisa juga kita bertanya kepada mereka. (meskipun kadang tidak pernah di jawab, tidak ada salahnya untuk mencoba)
  3. Pendapat Anda tentang usaha mereka yang ada di kota lain misalnya
  4. Komentar Anda tentang postingan mereka

Selalu bicara dan menjawab pertanyaan para follower

Saya sering sekali mengingatkan tentang hal ini. Jangan menganggap social media sebagai hanya sebuah social media. Social media Anda adalah diri Anda yang sesungguhnya.

Saya sering melihat orang yang bertanya entah itu di Facebook, Twitter, Instagram atau Akun social media lainnya. Ketika ada orang yang kurang di kenal atau mungkin bukan teman kita dan dia memberik komentar yang baik dan positif atau mungkin mengajukan pertanyaan, sering kali tidak jawab oleh orang yang di followernya, Kebanyakan yang di jawab adalah orang-orang yang dikenal saja.

Saya sendiri sering mengalaminya dan ini adalah salah satu contohnya. Orang yang ada di Facebook ini adalah orang yang ingin berteman dengan saya setelah dia melihat salah satu channel saya. Tadinya tidak ingin saya approve cuma karena masih satu kota dengan saya dan saya menganggap akun ini adalah akun yang mencerminkan diri saya sendiri jadi akhirnya saya approve dan saya berteman dengannya di Facebook.

pada suatau ketika dia membuat sebuah status seperti yang Anda lihat di gambar yang ada di bawah ini, kemudian saya berkomentar, Wah bagus sekali ko “nama di samarkan”.

Status Facebook Herman Tanggar Pie Susu Bali Bli Man tidak menjawab komentar

Tahu apa yang terjadi? semua komentar di sana yang orangnya dia kenal di balas kecuali komentar saya. Lantas saya berpikir, kenapa dia tidak menjawab komentar saya? padahal dia sudah membuat status 2 kali setelah status yang saya komentari itu? dari situ saya membuat kesimpulan, saya adalah bukan teman dia saat di dunia nyata, saya juga bukan orang yang dia kenal dan tidak perlu di jawab juga.

Anda bisa bayangkan jika itu adalah Anda yang memberi komentar?

Jika itu yang Anda rasakan, maka perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan juga (Ini adalah aturan emas). Karena saya pikir saya bukan orang yang dikenalnya jadi saya akhirnya menghapus komentar saya di status orang itu.

Tapi aneh, padahal orang itu yang ingin berteman dengan saya duluan di Facebook hehehe…

MASIH INGAT kata-kata saya?

Akun social media adalah diri Anda sendiri, ini sama seperti Anda berbicara secara langsung kepada orang lain secara tatap muka, coba bayangkan jika Anda di jalan bertanya kepada seseorang dan orang itu tidak menjawab Anda dan dia hanya melihat Anda lalu pergi meninggakan Anda tanpa bicara sepatah katapun?

Sakit, kesal dan perasaan yang lain pasti muncul bukan?

Begitulah perasaan orang yang bertanya kepada Anda di social media. Maka berubahlah mulai hari ini setelah Anda membaca kata-kata saya di dalam artikel ini. Perlakukan siaapun di akun social media seperti Anda berbicara langsung secara tatap muka langsung dengan orang lain atau kenalan Anda.

Jadi jalin hubungan dengan mereka dengan cara menjawab semua pertanyaan mereka atau mengomentari status mereka.

Sekali lagi perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan juga.

Membuat Blog atau Website Sendiri

Kalau Anda mempunyai website atau blog Anda bisa share link artikel yang ada di blog Anda ke akun social media Anda. Biasanya orang-orang yang mempunyai blog followernya lebih banyak. (meskipun tidak selalu seperti itu)

Akan lebih mudah jika Anda mempunyai blog, jadi pastikan untuk membuat blog, jika Anda belum mempunyai blog, buatlah satau, jika Anda kesulitan untuk membuat blog pertama Anda, saya siap membantu Anda, 100% bantuan ini tidak dipungut biaya, silahkan kunjungi halaman ini untuk informasi lebih lanjut.

Kenapa harus membuat blog?

  1. Anda mempunyai konten menarik di blog yang bisa Anda bagikan kepada banyak orang
  2. Blog akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan pengunjung atau follower
  3. Blog biasanya bisa menempatkan URL akun social media kita

Percaya atau tidak, blogging bisa mendapatkan banyak manfaat dan bisa membantu menambah jumlah follower Anda juga.

Jangan Terlalu Sering Melakukan Promosi

Saya rasa Anda dan saya menggunakan social media untuk bisa menjalin hubungan dengan teman-teman lama dan juga dengan keluarga yang jauh, Ada juga yang memang ingin melihat tren baru sekarang.

Jadi intinya hal utama yang ingin di lihat adalah bukan sebuah iklan atau sebuah status promosi.

Jadi kalau Anda ingin melakukan promosi, jangan langsung jualan, tetapi berikan sesuatu yang membuat mereka senang dulu, misalnya bagi-bagi hadiah atau bagi informasi penting yang mereka butuhkan yang tentunya masih berhubungan dengan brand Anda.

Membantu Orang Lain dan Mencarikan Solusi

Saya sering sekali membahas yang satu ini. Postingan yang paling banyak mendapatkan like, interaksi dan yang paling mungkin untuk di follow adalah yang akun yang selalu memberikan manfaat kepada orang lain.

Jika Anda bisa membantu memecahkan solusi dari masalah mereka, kemungkinan besar mereka akan dengan sukarela untuk memfollow akun Anda.

Cara mencari konten-konten yang memberikan solusi:

  1. Cari satu masalah yang paling dan sering di hadapi oleh followe Anda
  2. Coba kunjungi Bing atau Google untuk mencari masalah populer yang paling sering di hadapi oleh orang-orang
  3. Buatlah tutorial, panduan atau apapun itu yang bisa membantu mereka dan bisa langsung mereka praktekkan sekarang juga

Di poin ke tiga usahakan untuk bisa membantu orang itu saat itu juga, jadi pastikan panduan yang Anda buat sederhana, mudah diikuti dan terbukti mampu memecahkan masalah secepat mungkin.

Mengapa harus begitu?

Coba Anda bayangkan, Anda sedang mengalami masalah kemudian Anda mencari solusi dar masalah itu, setelah Anda menemukannya di internet Anda ingin panduan itu bisa langsung Anda terapkan saat itu juga bukan?

Coba bayangkan kalau solusi yang Anda berikan sangat bertele-tele dan sulit untuk mereka ikuti?

Bisa jadi mereka akan malas untuk mem-follow akun Anda dan segera pergi dan melupakan akun Anda. Sayang bukan kalau begitu?

Jadi jangan membuat dan memberikan solusi yang rumit-rumit.

Share Konten Milik Orang Lain di Akun Milik Anda

Anda pasti setuju kalau mencari ide untuk post di akun social media yang kita kelola pasti membutuhkan waktu dan sangat sulit bukan, apalagi kalau kita mempunyai beberapa akun?

Kalau kita tidak posting pasti akan lambat perkembangan akun social media yang kita kelola. Nah dengan cara melakukan share konten orang lain adalah solusi yang terbaik dan tercepat.

Jadi cobalah untuk mencari di internet konten-konten yang bagus dan terbaik milik orang lain, kemudian silahkan Anda bookmark atau Anda save link-nya.

Pada saat Anda harus membuat konten dengan cepat Anda bisa menggunakan link-link yang Anda simpan tadi.

Anda tetap bisa melakukan update post di akun social media yang di kelola dan follower Anda akan tetap bisa mendapatkan informasi baru setiap harinya.

Meskipun membagikan konten orang lain memang akan menguntungkan mereka sebetulnya kedua belah pihak sama-sama mendapatkan untung, Anda bisa mendapatkan konten baru untuk follower Anda dan Anda juga sedang membangun hubungan dengan si pemilik konten.

Siapa tahu kedepannya kalau dia lagi kekurangan konten dia bisa menggunakan konten Anda untuk di bagikan ke akun social media yang dia kelola.

Twitter – Tweet minimal 8 kali sehari

Untuk bisa mendapatkan follower yang terus bertambah langkah selanjutnya untuk di Twitter adalah Anda haru rajin melakukan posting status sebanya 8 kali sehari.

Kalau Anda bisa lebih dari itu, silahkan saja malah bisa lebih bagus lagi.

Semakin banyak update status yang Anda buat setiap harinya, bisa meningkatkan jumlah follower Anda.

Ingat meskipun Anda harus melakukan tweet yang banyak bukan berarti Anda harus melakukannya dalam waktu yang bersamaan. Anda harus bagi waktunya, misalnya pagi hari, sebelum makan siang, pas jam makan siang dan seterusnya. Pastikan itu dilakukan secara merata dan di jam-jam yang optimal.

Facebook – Post 1-2 kali sehari

Jujur timeline di twitter sangat cepat sekali makannya Anda perlu sesering mungkin update status di sana. Sedangkan untuk Facebook timelinenya tidak secepat Twitter jadi Anda bisa posting atau update status 1 sampai 2 kali dalam sehari.

Semua social media punya algoritmanya sendiri-sendiri dan Facebook punya filter algoritma yang unik, di mana setiap postingan yang Anda buat tidak semuanya akan masuk dan terlihat di timeline (News Feed yang menjadi follower Anda, meskipun follower Anda banyak.

Karena itu optimalkan saja di satu atau dua postingan saja.

Instagram – Post 1 sampai 2 kali dalam sehari

Untuk instagram memang tidak ada batasan Anda mau posting berapapun dalam sehari, asalkan konten yang Anda posting itu benar-benar berkualitas karena kalau tidak bisa jadi orang lain (follower) Anda akan meninggalkan Anda karena merasa terganggu dengan konten-konten yang Anda buat.

Dan kalau kita perhatikan status dari brand-brand yang besar kalau mereka posting atau update status tidak banyak hanya satu sampai 2 post saja perharinya. Silahkan saja kalau Anda mau lebih tapi yang perlu di ingat adalah kontennya harus bagus dan membuat konten baru setiap harinya tidak mudah jadi alangkah bagusnya jika konten-konten itu di simpan untuk post ke esokan harinya.

Jangan Menggunakan Software Otomatisasi

Karena membangun akun social media yang sukses itu sulit dan membutuhkan waktu, biasanya banyak Orang cenderung mencari jalan pintas dengan membeli follower dan juga menggunakan software otomatis.

Apalagi sekarang ada software di mana kalau Anda punya artikel yang baru diterbikan di website atau blog Anda bisa secara otomatis di post di semua akun social media Anda.

Buat saya ini cara yang KURANG TEPAT.

Meskipun terlihat memudahkan kita dan tidak banyak membuang waktu, tetapi cara yang seperti ini bisa membuat akun social media di identifikasi sebagai spam karena terlalu sering menampilkan post dalam bentuk link dari website itu-itu saja (terlihat tidak natural meskipun blognya milik Anda sendiri)

Dari awal saya terjun di bisnis online saya sangat anti yang namanya menggunakan software otomatisasi. Memang tidak semua software jelek ada juga software yang saya gunakan hanya untuk melihat orang yang mem-follow akun kita kita atau tidak, jika tidak maka saya akan unfollow orang itu.

Jadi mulai sekarang setelah Anda membaca apa yang saya tulis ini, pastikan Anda untuk menghindari yang namanya software otomatisasi, lakukan secara manual dan ini adalah cara yang terbaik menurut saya.

Menjadi Sumber Informasi Untuk Follower Anda

Agar bisa mendapatkan jumlah follower yang terus bertambah setiap harinya Anda perlu melakukan strategi yang tepat untuk membuat orang tertarik mem-follow dan like Akun Anda.

Bredasarkan data hasil riset para pakar Social Media, di Facebook dan juga di Twitter yang mendapatkan engagement paling banyak adalah postingan yang dalam bentuk URL. Jadi banyak orang lebih suka sekali membaca artikel-artikel yang baru, menarik dan bermanfaat buat mereka.

Coba Anda perhatikan akun-akun besar seperti Detik, mereka punya banyak follower. Dari situ kita bisa belajar kalau orang-orang mempunyai ketertarikan dengan berita yang menarik.

Jadi Anda dan saya juga harus melakukan cara yang sama, membuat konten-konten yang menarik yang bisa mereka baca setiap harinya.

Langkah yang bisa Anda tiru seperti yang sering saya lakukan adalah:

  1. Mencari website-website yang bagus dan populer dalam bidang industr yang sama dengan bisnis kita (kita sukai)
  2. Daftar diri Anda ke Feedly.com
  3. Masukkan saja semua website yang menurut Anda bagus tadi ke sini
  4. Pantau setiap harinya apa saja yang menjadi konten baru mereka
  5. Lihat juga post mana yang paling menarik Facebook, Twitter atau Instagram

Sebaiknya Anda membuat website sendiri, murah kok sekarang ini kalau Anda ingin membuat website, bahkan kalau Anda tidak bisa saya bisa bantu Anda untuk membuatkan website Anda secara gratis, ya 100% benar-benar Gratis. Pelajari di sini cara mendapatkannya.

 

Membuat kontes atau Give Away (HADIAH)

Saya suka sesuatu yang gratisan termasuk Anda juga bukan?

Nah satu cara yang sering dilakukan oleh brand besar dan juga akun yang sudah besar adalah memberikan sesuatu secara gratis kepada orang lain termasuk follower mereka, meskipun terlihat banyak mengeluarkan biaya cara ini biasanya terbukti bisa meningkatkan jumlah follower Anda. Tapi ingat juga cara ini juga sering tidak membuahkan hasil apa-apa.

Coba lakukan beberapa hal ini:

  1. Coba pikirkan hadiah apa yang akan Anda bagikan setiap bulannya atau kapanpun Anda ingin berbagi sesuatu kepada orang lain.
  2. Apa yang harus mereka lakukan untuk bisa mendapatkan hadiahnya atau menjadi pemenangnya? Sebagai contoh menulis komentar, mengirim foto dengan tema tertentu atau repost konten hadiah yang akan diberikan.
  3. Minta mereka untuk melakukan retweet, repost atau share salah satu post yang Anda buat.
  4. Tentukan tanggal pemanganya dan berikan hadiahnya

Ingat jangan pernah melakukan penipuan, ini akan membuat akun Anda menjadi tidak di sukai oleh para follower Anda.

Berikut ini contoh Give Away yang saya buat untuk contoh di dalam panduan ini:

membuat giveaway di instagram

Cari Pesaing Anda dan Pelajari Strateginya

Apa yang saya bagikan di atas adalah cara-cara yang sudah dilakukan oleh orang-orang yang memang ahli dibidang itu dan sudah terbukti populer dengan menggunakan strategi itu.

Cara yang lain yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti apa yang saya lakukan. Saya kalau belajar itu senangnya mengamati orang lain (akun orang lain) bagaimana cara dia posting, konten seperti apa yang mereka buat dan strategi apa saja yang mereka gunakan. Setelah mengetahui semua itu biasanya saya akan meniru cara yang melakukan untuk akun social media yang mereka kelola.

Menurut saya ini cara belajar yang seharusnya sudah banyak di ketahui oleh orang dan menurut saya kalau kita belajarnya seperti ini hasilnya akan jauh lebih baik. *menurut saya loh

Ingat dalam dunia marketing khususnya social media marketing setiap brand atau bisnis strategi yang digunakan tidaklah selalu sama, masing-masing mempunyai perbedaan dan strateginya masing-masing.

Katakanlah Anda punya bisnis A dan Bisnis B, kemudian Anda menerapkan strategi Z untuk bisnis A dan berjalan baik tetapi saat strategi Z diterapkan untuk bisnis B belum tentu strategi Z bisa berjalan dengan baik untuk bisnis B.

Jadi cara yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak membuang banyak waktu adalah dengan meniru cara dari bisnis yang sudah berjalan yang sesuai dengan model bisnis kita masing-masing.

Untuk bisa meniru mereka coba Anda lakukan hal ini:

  1. Silahkan Anda cari 2 – 10 Orang yang bisnisnya sama dengan yang Anda punya tetapi yang sudah berjalan dan punya follower yang banyak
  2. Jangan pelit, silahkan Anda follow mereka
  3. Amati seperti apa postingan mereka dan postingan seperti apa yang paling banyak mendapatkan like atau interaksi
  4. Tiru mereka dan kembangkan caranya menurut versus Anda

Jawab Semua pertanyaan dan Komentar yang Masuk

Hal yang paling sering dan mungkin tidak akan dilakukan oleh brand-brand dan akun yang sudah besar adalah TIDAK menjawab setiap pertanyaan dari follower mereka. Saya sangat fokus tentang hal yang satu ini. Sangat di sayangkan jika ada artis, perorangan atau brand tertentu yang tidak pernah memberi komentar dan membalas komentar di akun social media mereka.

Jika selama ini Anda melakukan hal ini, usahakan untuk menjawab koemntar apapun yang masuk yang membutuhkan jawaban. Jangan sungkan untuk menggunakan Direct Message di masing-masing akun social media Anda.

Beriklan dan Pasang Iklan di Akun yang Memiliki Banyak follower

Siapapun Anda jika ingin meningkatkan jumlah follower di social media dan ingin menggunakan social media untuk mempromosikan bisnis Anda maka jangan pernah pelit untuk memasang iklan, baik itu beriklan langsung di Facebook, Instagram dan di akun yang memiliki banyak follower.

Ini penting dan sangat perlu sekali buat Anda yang ingin meningkakan jumlah follower dan like di social media.

Membuat Artikel Tentang Hal Yang Populer di Bidang Tertentu

Ini khusu buat mereka yang mempunyai web blog, jika Anda tidak mempunyai web blog maka Anda tidak bisa mempraktekkan cara ini. Saran saya jika Anda belum mempunyai web blog silahkan membuatnya dalam waktu dekat, sekarang ini membuat website sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk Anda yang masih pemula dan belum tahu tentang cara membuat webite. Selain itu biaya untuk pembuatan website juga sangat murah.

Buat saja artikel tentang orang-orang yang sukses, orang-orang yang menginspirasi dan pemilik akun social media terpopuler.

Setelah Anda membuat artikel-artikel dari masing masing bidang, kemudian coba beritahu orang-orang yang ada dalam artikel Anda itu, siapa tahu mereka mau share artikel Anda itu ke akun social media milik mereka sendiri.

Optimalkan Call to action

Saya ingin bertanya kepada Anda yang membaca artikel ini.

Tujuan Anda membuat akun social media untuk apa?

Mengapa Anda ingin sekali meningkatkan jumlah follower Anda?

Apakah ingin bisa berjualan?

Apakah ingin mengarahkan traffic ke website Anda?

Jika Anda menjawab “IYA”, maka Anda perlu mencaritahu dan mempelajari materi tentang call to action.

Jadi setiap postingan yang ingin mengajak orang (follower) untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan Anda…

…lalu kalau mereka melakukan tindakan sesuai dengan apa yang Anda inginkan, apa yang akan mereka dapatkan dari tindakan itu?

Kalau Anda ingin menyuruh mereka membeli dari Anda coba ajak mereka untuk membeli dan beritahu mereka mengapa mereka harus membeli dari Anda.

Sebagai seorang marketer yang baik Anda sebisa mungkin harus memiliki pemahaman tentang ini, semua target pasar Anda tidak tahu betul tentang produk Anda, maka buatlah mereka bisa memperoleh informasi sejelas-jelasnya tentang produk Anda dan mengapa harus membeli dan melakukan seperti yang Anda inginkan.

Buat Post yang memberitahu tentang larangan dan juga Anjuran

Seringkali di internet banyak tindak kejahatan dan spam yang bisa menyebar secara luas karena ketidak pahaman pemilik akun social media.

Mungkin Anda masih ingat di Facebook pernah terjadi sebuah spam yang kalau seseorang mengklik link itu tiba-tiba akun mereka secara otomatis akan memposting foto atau link porno di timeline mereka.

Jika Anda melihat hal-hal seperti ini segeralah buat postingan atau artikel yang membahas tentang bahayanya sembarangan mengklik link yang ada di Facebook atau yang di bagikan melalui Direct message, intinya bantu mereka untuk menghindari terkena spam ini.

Jika ini Anda lakukan maka bisa jadi mereka akan secara sukarela men-share psotingan Anda ke timeline mereka agar orang-orang lain tidak terkena juga.

Pelajari Setiap Post yang akan Anda buat

Dulunya saya tidak paham dan tidak tahu kalau setiap status (post) yang kita buat di social media itu mempunyai tujuan yang berbeda-beda:

  1. Ada post yang bertujuan untuk Menghibur
  2. Ada post yang bertujuan untuk memberikan informasi
  3. Ada post yang bertujuan untuk mengatasi sebuah masalah
  4. Ada post yang bertujuan untuk menjawab setiap pertanyaan
  5. Ada post yang bertujuan untuk menjual produk atau jasa
  6. Ada post yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan (mendidik)
  7. Ada post yang bertujuan untuk mendapatkan klik atau share

Jadi setiap akan membuat sebuah post Anda harus ingat, Satu Post yang Anda buat hanya punya satu tujuan saja.

Kalau di dalam satu post yang Anda buat berisi ketujuah hal yang saya sebutkan di atas ini akan membuat post Anda tidak mempunyai nilai (kacau) jadi pastikan setiap post yang Anda buat hanya untuk satu tujuan saja, untuk tujuan ke dua dan seterusnya silahkan buat terpisah.

Apakah Akun saya sudah layak untuk di follow

Coba Anda membayangkan menjadi Orang lain, bukan pemilik akun yang sedang Anda kelola.

Kira-kira dengan melihat akun Anda itu, kalau Anda menjadi orang lain apakah Anda mau mem-follow akun itu atau tidak?

Jika jawabannya tidak maka ada yang harus Anda perbaiki.

Jujur saya secara pribadi paling malas melihat akun yang isinya itu hanya produk jualan, diskon dan ajakan untuk membeli.

Aya rasa Anda juga sama seperti saya, tidak suka dengan page dan akun social media yang hanya mempromosikan jualan saja.

Ingat Anda, saya dan juga orang lain mengunjungi sebuah halaman Facebook, Twitter dan juga instagram biasanya untuk mendapatkan informasi bermanfaat bukan mendapatkan informasi produk atau jasa.

Meskipun ada yang mencari produk dan jasa tetapi kebanyakan orang lebih suka mencari sebuah informasi penting selain produk dan Jasa.

Jangan Menjual di akun Social Media Anda sampai…

Kok kita tidak boleh menjual atau menawarkan produk dan jasa di akun social media kita? bukannya tujuan kita membuat akun ini awalnya adalah untuk mempromosikan produk dan jasa kita?

Itu betul sekali, tetapi jangan coba-coba menjual atau menawarkan apapun sampai follower Anda mencapai target yang Anda tentukan.

Buat mereka yang ingin mempunyai akun social media populer dan banyak followernya hukumnya haram berjualan langsung di social media.

Tidak setuju dengan saya?

Mari saya tunjukkan bukti, coba Anda ingat-ingat semua akun bisnis social media yang memiliki follower di bawah 1.000, kebanyakan postingan di akun mereka hanya berisi produk atau jasa yang mereka tawarkan (di jual)

Sudah nawarin barang dagangan saja terus ditambah foto produknya jelek dan tidak menarik.

Siapa yang mau follow mereka coba?

Contohnya adalah akun Instagram di bawah ini, kira-kira apakah menarik?

instagram isinya jualan mulu

Saya kalau melihat akun seperti itu, sudah pasti tidak akan like dan follow. Selain itu kalau saya lihat lebih detail sepertinya akun ini adalah akun spam atau akun yang digunakan untuk menipu.

Jadi jangan dulu menjual dan menawarkan apapun di halaman akun social media Anda sampai Anda mencapai target follower yang sudah Anda tentukan, misalnya 4.000 follower atau lebih. Jika belum mencapai jangan Anda menjual dan menawarkan produk apapun.

Anda harus menahan diri dan benar-benar meluangkan waktu dan tenaga Anda untuk membangun akun Anda mencapai titik yang Anda sudah tentukan.

Setelah akun social Anda mendapatkkan jumlah follower yang Anda tentukan bahkan lebih, barulah Anda bisa menawarkan barang atau jasa Anda kepada mereka.

Dan jangan senang dulu, meskipun sudah mendapatkan jumlah followe yang banyak, jualan Anda juga harus dibatasi. Sebagai contoh misalnya Anda membuat 10 postingan, dari 10 post itu hanya satu saja yang boleh menawarkan produk atau jasa.

Menggunakan click to tweet untuk meningkatkan share di Twitter

Ini adalah adalah sebuah tool berbasis web yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan jumlah share artikel di website Anda, dan kabar baiknya adalah tool ini gratis. Sebetulnya tidak gratis 100%, Click to tweet punya versi yang pro juga, tapi kalau Anda mau menggunakan yang gratisannya juga bisa kok. Contohnya coba silahkan Anda klik satu link yang ada di bawah ini:

  1. Mau Tahu Kesalahan Apa saja yang banyak dilakukan Orang Saat Melakukan Social Media Marketing?
  2. Lagi Baca Strategi Instagram Marketing untuk mengembangkan Bisnis Online
  3. Ini dia cara mencari nama domain yang bagus untuk bisnis online yang cepat meghasilkan

Bagaimana, sangat keren kan?

Saya selalu menggunakan cara-cara sperti ini di beberapa website yang saya kelola. Kalau kita gunakan ikon share tingkat sharenya lebih besar dengan menggunakan cara seperti ini.

Mau tahu caranya?

  1. Silahkan pergi ke Google dan ketikkan ClicktoTweet
  2. Isikan pesan yang mau di tampilkan di twitter
  3. Masukkan juga URL yang mau di tuju di dalam pesan itu
  4. Copy link yang di berikan oleh ClicktoTweet
  5. Silahkan Anda letakkan URL-nya di artikel yang ada di website Anda sperti contoh saya yang di atas

Follow akun lain tetapi jangan terlalu banyak

Saya sudah menyinggung masalah ini di atas. Orang yang akunnya aktif untuk mem-follow akun orang lain lebih cepat untuk mendapatkan jumlah follower. Dari 10 orang yang Anda follow mungkin hanya akan ada 2 – 3 orang yang akan mem-follow balik akun Anda. Jadi kemungkinan berhasil untuk menambah jumlah follower setiap harinya sekitar 20%. Cukup tinggi bukan?

Meskipun Anda tidak suka melakukan ini karena alasan tertentu, Anda perlu tahu ini adala cara yang paling cepat dan yang banyak dilakukan oleh orang-orang untuk meningkatkan jumlah follower mereka.

Jadi Anda harus melakukan hal ini, kecuali Anda artis Anda tidak perlu melakukan cara ini, karena follower akan datang dengan sendirinya.

Ingat ya saat Anda mem-follow orang jangan terlalu berlebihan dalam satu harinya. Mentang-mentang Anda harus mem-follow orang sebanyak mungkin Anda melakukannya dengan membabibuta. Saya biasanya dalam satu jam mem-follow sekitar 25-30 orang sekaligus.

Nanti di jam – jam berikutnya saya akan follow mereka lagi sekitar 25-30 orang. tetapi biasanya dalam sehari saya hanya membatasi sampai 30 orang saja, berjaga-jaga agar akun saya tidak di tutup karena saya melakukan kegiatan yang dianggap tidak wajar, mem-follow dan unfollow.

…satu hal lagi jangan menggunakan software otomatis untuk melakukan hal ini. Karena banyak sekali software otomatis yang tidak bekerjasama langsung dengan pihak social media. Jika Anda ingin menggunakan software otomatis, gunakan secara wajar dan gunakan dari perusahaan yang bisa di percaya.

Buat Daftar List Akun Populer yang relevan dengan bisnis Anda

Saya biasanya mencari orang-orang yang mempunyai akun dengan follower yang cukup banyak dengan konten dan konten yang bagus.

Tujuannya apa?

Supaya saya bisa meniru cara mereka bekerja dan mencari ide-ide konten yang akan di posting sekaligus mengambil follower mereka. Saya memasukkan daftar list ini ke dalam Excel.

Untuk Twitter ada satu fitur yang mungkin jarang digunakan dan ditahu orang. apa itu? Fitur “LIST”.

fitur list di Twitter

Di fitur list ini Anda bisa memasukkan akun-akun yang mempunyai follower dalam jumlah banyak atau yang ingin Anda follow dan nanti tweetnya akan muncul di dalam halaman list ini.

Kalau saya bisa katakan ini seperti sebuah folder untuk mengelompokkan orang-orang yang penting bagi kita.

Meskipun memang itu tujuan kita untuk menyimpan orang-orang yang punya banyak follower ada hal lain yang akan menguntungkan Anda.

Ketika orang-orang ini dimasukkan ke dalam daftar list ini, mereka akan mendapatkan sebuah notifikasi dari orang yang memasukkan mereka ke dalam list. Dari situ mereka bisa tahu kalau Anda memasukkan mereka ke dalam daftar itu.

Meskipun kadang kita tidak bisa mendapatkan perhatian dari mereka, tetapi cara ini setidaknya bisa membantu untuk memberitahu orang lain tentang keberadaan akun Anda.

Membuat gambar sesuai ukuran dengan menggunakan software

Hampir semua social media berlomba-lomba untuk bisa menampilkan foto dan video karena jenis post yang seperti inilah yang paling banyak di sukai oleh orang dan yang paling banyak mendapatkan engagement.

Biasanya kalau Anda menggunakan gambar atau video kemungkinan sharenya akan jauh lebih besar daripada tanpa gambar, mereka yang menggunakan gambar jumlah followernya juga terus bertambah dari hari ke harinya.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat desain dan tulisan di foto yang akan Anda post coba gunakan beberapa tool gratis berbasis web ini untuk membuat gambar hanya dalam beberapa menit saja.

Pertama. Gunakan Pablo.

Tool yang satu ini mungkin banyak yang belum tahu dan mendengarnya. Fungsi dari tool ini sangat membantu Anda untuk membuat tulisan di atas foto-foto yang akan Anda potsing ke akun social media Anda. Ini adalah strategi yang biasanya banyak diajarkan untuk meningkatkan jumlah follower dengan cepat. Cara menggunakannya sangat mudah kok.

Sebagai contoh ini adalah gambar dengan tulisan yang dibuat dengan menggunakan Pablo.

aplikasi pablo

Tool lain yang sering saya gunakan dan saya rekomendasikan untuk teman-teman yang belajar bareng di SUBMITClimb TV adalah Canva.

Canva mungkin jauh lebih populer jika dibandingkan dengan Pablo. Menurut saya tool ini jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan tool sejenis lainnya. Anda bisa menggunakan icon, mengatur ukuran fotonya dan masih banyak lainnya

Kalau Anda ingin membuat gambar-gambar yang lebih bagus layaknya seorang Juru Desain Grafis profesional, cobalah untuk menggunakan Canva.

Lihat video cara membuat thumbnail YouTube dengan canva ini:

Bagaimana menurut kalian? sangat bagus kan?

Anda bisa menggunakan ribuan template yang sudah mereka sediakan, untuk yang versi gratisnya memang tidak semua template bisa kita gunakan, tetapi menurut saya hanya dengan menggunakan versi gratisnya saja kita sudah bisa membuat berbagai macam desain keren yang siap untuk menarik perhatian orang lain.

Gunakan Hashtag Populer seperlunya, Jangan Membombardir dan Analisa

Mungkin dulu saat hashtag pertama kali digunakan oleh Twitter banyak orang yang menganggap ini cuma digunakan untuk orang-orang yang mau terkenal, hiasan dan mungkin sebagai sesuatu yang gaul dan lucu.

Padahal jika kamu tahu hashtag tidak seperti itu.

Hashtag dibuat untuk membantu setiap post yang dibuat di kelompokkan berdasarkan kategori tertentu dan untuk memudahkan mesin pencari (orang lain) menemukan konten Anda dalam kata tertentu.

Mungkin setelah adanya Instagram sudah banyak orang yang mulai mengerti tentang pentingnya menggunakan hashtag sekaligus manfaatnya.

Saya selalu memperhatikan di internet (social media) banyak orang Indonesia yang menggunakan hashtag secara membabibuta dan tidak tepat.

Contohnya, coba Anda perhatikan status beberapa orang di social media sekarang juga, lihat hashtag yang mereka gunakan, banyak sekali bukan? bahkan mereka juga menggunakan hashtag yang tidak ada hubungannya dengan foto yang di posting.

Mungkin bagi mereka algoritma social media tidak bisa membaca gambar dan kebiasaan interaksi orang ya?

Jika itu yang ada dalam pikiran Anda maka Anda salah besar.

Mulai hari ini cobalah menggunakan hashtag yang sesuai saja dan yang berhubungan dengan foto yang Anda posting. Jika anda ingin orang lain melihat foto Anda di kategori yang lain silahkan post foto yang sesuai dengan kategori (hashtag) yang ingin Anda gunakan.

Contohnya kalau Anda ingin memposting foto pantai kuta maka sebaiknya gunakan Hashtag yang sesuai seperti ini misalnya: #kuta #bali #pantaikuta #kutabeach #liburanbali #badung #beach kira-kira itu yang harus Anda gunakan. Gunakan kata atau hashtag yang menunjukkan lokasi foto dan hashtag yang agak luas tetapi masih masuk dalam area dan tema foto yang Anda post.

Jangan Anda tambahkan hashtag yang tidak ada hubungannya, misalnya #sanur #ubud #singaraja dan lain-lain. Jika Anda menambahkan hashtag itu di foto Kuta, maka penambahan hashtag itu tidak ada hubungannya sama sekali.

Melakukan cara yang salah seperti ini akan membuat foto Anda tidak fokus.

Selain itu coba analisa hashtag yang akan Anda gunakan, seberapa besar popularitas dan penggunaan hashtag itu di social media? Salah satu alat bantu yang bisa Anda gunakan adalah RiteTag.

Coba kunjungi websitenya lalu install extensionya untuk chrome dan juga Firefox. Nanti Anda bisa mendapatkan informasi tentang seberapa populer sih hashtag – hashtag yang akan Anda gunakan itu di Facebook, Twitter dan juga Instagram.

Jangan Membeli follower

Membeli follower mungkin jalan pintas untuk bisa memancing orang lain untuk memfollow akun Anda.

Jangan percaya dan jangan tergiur oleh mereka.

Mengapa?

Ingat tujuan awal Anda apa?

Mungkin ada yang ingin jualan produk dan menawarkan jasa bukan? coba Anda bayangkan kalau Anda membeli follower bukan manusia sungguhan yang sering aktif di akun social media mereka.

Apakah akan memberi manfaat untuk perkembangan bisnis Anda?

Sekali lagi saya ingatkan, tujuan utama Anda bukan untuk mengejar jumlah follower dengan cepat.

Anda mencari orang-orang yang benar-benar tertarik dengan apa yang akan Anda jual dan tawarkan. Buang waktu, buang uang dan PERCUMA Anda mempunyai followe dalam jumlah banyak tetapi semuanya bukan manusia (tidak aktif)

Jika Anda melakukan promosi kepada akun tidak aktif ini sama saja Anda berbicara kepada ANGIN.

Bukan hanya itu, jika Anda membeli follower, ini akan membawa dampak buruk untuk Anda. Karena banyak orang yang menggunakan jasa penambah follower pada akhirnya membuat akun Anda memfollow orang-orang yang tidak berminat kepada bisnis Anda, mem-follow orang yang tidak dikenal dan kemungkinan yang parah adalah akun Anda akan di tutup.

Gunakan lokasi saat posting Status

Hampir semua akun social media menyediakan lokasi tempat foto itu berada. Manfaatkan fitur ini untuk menampilkan foto-foto Anda di kategori lokasi foto. Jika ada orang yang mencari foto Anda, maka post Anda kemungkinan akan jauh lebih mudah untuk ditemukan orang lain dan berharap akun Anda akan di follow mereka.

Manfaatkan Jasa Endorsement

Yang satu saya rasa sudah banyak yang tahu dan sangat populer sekali terutama di Indonesia. Buat Anda yang mau jualan produk atau jasa juga bisa menggunakan mereka.

Kira-kira begini cara kerja menggunakan endorsement

  1. Cari artis atau orang yang memiliki akun instagram dengan follower yang sangat banyak.
  2. Lihat dan tanyakan apakah mereka mau menerima Endorsement atau tidak
  3. Coba cari kontak mereka dan hubungi
  4. Silahkan kirimkan produk Anda jika memang mereka menereima
  5. Setelah beberapa hari mereka kemungkinan baru akan mengupload produk Anda beserta dengan kata-kata-nya.

Setelah itu bisa jadi Anda akan mendapatkan follower. (meskipun kadang-kadang tidak banyak yang mem-follow akun Anda)

Coba pelajari cara endorsement dengan mengikuti panduan yang ada di thread kaskus ini.

Usahakan menggunakan foto yang menampilkan wajah manusia

Dari data dan riset yang dilakukan oleh para pelaku social media marketing. Akun yang paling banyak mendapatkan interaksi dan juga like adalah post yang menggunakan foto wajah manusia.

Aplikasi tambahan untuk Memperindah foto dan berkreasi

Filter bawaan Instagram menurut saya tidak terlalu efektif dan cocok untuk semua foto dan tidak begitu bagus juga untuk meningkatkan jumlah like di Instagram. Maka saya akan menganjurkan Anda untuk mengunakan filter dari aplikasi lain yang jarang dibagikan oleh website lain:

VSCO: App yang paling banyak digunakan untuk mengedit foto

Layout: App yang mampu menggabungkan foto lebih dari satu gambar

Adobe Photoshop Express: Photo editor collage maker

Adobe Spark Post: Membuat desain tanpa perlu mempunyai keahlian dan skill desain

PicLab: Photo editor untuk membuat typography dan artwork dengan indah

PLOTAVERSE: Aplikasi yang bisa membantu kamu dengan mudah membuat animasi untuk foto

Ripl: Ripl akan membantu Anda dengan mudah untuk membuat dan berbagi video yang eye-catching di social media.

VideoShop – Video Editor

Quic: Free Video Editor for photos, clips, music

Boomerang: App yang bisa membantu Anda membuat gambar begerak

Legend: Add Animated Text to Photos and Videos

Silahkan Anda install semua aplikasi wajib itu dan silahkan berkreasi, Anda pasti akan tertarik dan postingan Anda akan jauh lebih bagus dan terlihat profesional.

Jangan Malu menggunakan hashtag milik sendiri

Setiap brand punya nama dan logo sendiri yang unik. Di social media Anda juga mempunyai hashtag sendiri sesuai dengan nama bisnis Anda. Jangan malu dan sungkan untuk menggunakan hashtag itu di setiap post yang Anda gunakan.

Post ulang foto follower Anda

Percaya atau tidak, hampir semua orang yang menggunakan social media pasti akan bangga dan senang jika nama mereka di-mention, postingan mereka di like dan dikomentari oleh orang lain (termasuk perusahaan yang mereka follow). Hal seperti ini yang mungkin sering dan banyak diabaikan oleh orang-orang TERMASUK PERUSAHAAN dan ARTIS yang sudah BESAR.

Jangan tiru mereka!

Jika ada orang yang menggunakan produk Anda dan membuat post dengan produk Anda atau bisnis Anda, coba post ulang apa yang mereka post itu di akun social media Anda, tag atau mention mereka.

Semoga dengan demikian Anda bisa berharap ada orang lain yang mau membeli produk Anda kemudian mengupload foto-foto produk yang mereka beli dari Anda dan menguploadnya ke akun social media mereka.

Ya, jadi itulah yang bisa saya share hari ini tentang Strategi untuk meningkatkan Follower dan Like di social Media. Cukup panjang saya menulisnya dan saya juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menulis sepanjang ini. Saya juga sudah membuatkan panduan dalam bentuk video yang saya upload ke Facebook Page dan Channel YouTube SUBMITClimb, jadi pastikan Anda follow dan subscribe akun social media kami. Semoga apa yang saya tulis ini bisa menambah pengetahuan Anda terutama tentang cara yang benar dalam menjalankan strategi untuk meningkatkan follower dan like di social media.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb. * Akun klonengan dan meragukan tidak akan di Approve.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top