skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Strategi Pemasaran Online Yang Mampu Meningkatkan Penjualan

Strategi Pemasaran Online Yang Mampu Meningkatkan Penjualan

Strategi Pemasaran Online. Siapapun Anda, apapun latar belakang Anda dan apapun bisnis Anda atau mungkin Anda belum mempunyai bisnis, Anda bisa memasarkan produk dan jasa Anda secara Online sekarang juga. Banyak orang yang tidak mengerti apa-apa tentang dunia online memiliki ketakutan kalau-kalau mereka tidak bisa memasarkan bisnis mereka secaea online.

Padahal menjalankan bisnis online itu gampang sekali. Anda bisa belajar di sini.

Dari sekian banyak orang yang memiliki usaha di Indonesia belum semuanya menerapkan Strategi Pemasaran Online. Strategi Pemasaran Online sebenarnya mudah untuk dilakukan oleh siapa saja termasuk Anda yang belum mengerti apa-apa.

Melakukan Pemasaran Secara Online akan memungkinkan Anda untuk bisa lebih banyak mendapatkan konsumen baru dari kota lain bahkan bisa juga dari negara lain.

Internet sekarang ini telah menjadi senjata radikal untuk membangun dan mempromosikan bisnis Anda: Anda bisa mendapatkan lebih banyak konsumen dan promosinya juga jauh lebih efisien daripada sebelumnya.

Buat Anda yang belum melakukan Strategi pemasaran Online atau mungkin malah mengabaikan peluang dan manfaatnya saya jadi bertanya-tanya mengapa Anda mengabaikan Pemasaran Secara Online?

Seperti yang sudah saya lihat dan dengar ada begitu banyak usaha yang tadinya menjadi perusahaan besar harus jatuh dan tersingkir hanya gara-gara mereka mengabaikan Pemasaran Online yang dari hari ke hari terus berkembang pesat. Baca beberapa perusahaan yang tadinya besar kini harus jatuh dan tutup di artikel yang berjudul Mengapa Mengubah bisnis offline menjadi online itu Penting.

Pilihan Yang Harus “dilakukan”

Apa yang saya maksud dengan pilihan yang harus “dilakukan” ini? Kita semua tahu pemasaran adalah sesuatu pilihan yang bisa dilakukan atau tidak. Banyak yang mengatakan membangun sebuah bisnis tanpa kehadiran online adalah mungkin dan bisa.

Secara teknis, memang iya.

Tetapi tahukah kalau Anda akan kehilangan potensi yang sangat besar jika tidak melakukan pemasaran secara online.

Strategi pemasaran ini menurut saya memang perlu dilakukan, mengapa?

  • Diharapkan. Orang-orang pasti berharap Anda memiliki pemasaran online, jika Anda tidak memilikinya atau tidak melakukannya mungkin mereka tidak akan mengenal atau malah tidak memerdulikan bisnis Anda.
  • Dapat diakses. Semua strategi pemasaran tidaklah rumit, memang mungkin Anda harus melakukan sedikit waktu untuk belajar, tetapi dalam tingkat tertentu strategi ini mudah dipelajari.
  • Terjangkau. Untuk melakukan dan menjalankannya strategi ini tidak perlu menghabiskan banyak uang dan waktu Anda. Bahkan buat mereka yang memiliki anggaran yang terbatas.
  • Berharga. Strategi ini mampu mengembalikan dana yang Anda keluarkan untuk melakukan promosi, karena semakin banyak waktu yang Anda investasikan dalam strategi ini akan membuat bisnis Anda semakin kuat, cepat dikenal dan memiliki peluang besar untuk mendapatkan hasil lebih banyak.

Dari melihat faktor-faktor yang saya sebutkan diatas, maka sangat penting sekali untuk melakukan Strategi Pemasaran Online sekarang juga tanpa harus menunda lagi. Untuk melakukan hal itu langkah yang harus Anda lakukan dan juga perlu adalah:

#1 Melakukan Personal branding

Suksesnya sebuah bisnis tidak lepas dari orang (pengusaha) yang memimpinnya. Branding diri Anda. Misalnya Anda berfoto di depan perusahaan Anda, ini bisa meningkatkan kepercayaan dan citra Anda lebih tinggi.

Selain itu ini juga akan memberi Anda banyak peluang untuk bertemu dan menemukan network baru, bisa mendapatkan mitra baru. Meskipun Ini gratis untuk dilakukan tetapi ada waktu yang harus Anda investasikan untuk melakukannya.

#2 Konten Marketing

Konten marketing bisa dilakukan dengan berbagai cara, ini bergantung dari bagaimana Anda melakukan strateginya. Misalnya Anda bisa menggunakan ebook, pembuatan konten yang bermanfaat kemudian mengarahkan mereka untuk mendownload dan melakukan pendaftaran. Anda juga bisa membuat artikel (konten) untuk blog Anda untuk menarik lebih banyak traffic ke website Anda.

Konten yang Anda buat untuk blog Anda ini haruslah konten yang benar-benar memberi manfaat, memecahkan solusi dan berisi pengetahuan yang di cari oleh orang. Ingat, saat membuat konten jangan meminikirkan uang dan pendapatan. Pikirkanlah bagaimana konten ini benar-benar sebuah solusi untuk mereka yang membutuhkannya. Karena jika mereka sudah merasa mendapat manfaat dari artikel-artikel yang Anda buat, nantinya mereka bisa diarahkan menjadi pelanggan yang potensial. Pelajari di sini caranya membuat blog yang sukses dan Cara Mudah Menulis Konten Berkualitas dengan Menggunakan Konten Visual.

#3 Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah sebuah proses jangka panjang yang bisa dirasakan manfaatnya dalam jangka pendek. SEO akan membuat website Anda mudah untuk ditemukan oleh orang lain yang mencari produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada mereka. Baca cara Meningkatkan Traffic Website dengan YouTube.

#4 SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah promosi berbayar. SEM hampir sama dengan SEO, hanya saja yang membuatnya berbeda adalah iklan dari website Anda akan berada di bagian paling atas mesin pencari atau pada bagian bawah mesin pencari Google. Ini akan semakin memberikan peluang iklan yang Anda pasang bisa dilihat oleh orang lain. Tentu biaya yang dikeluarkannya bergantung dari anggaran yang Anda miliki dan juga keyword yang ingin di target.

#5 Sosial Media Marketing

Sosial Media Marketing juga penting, tetapi yang perlu Anda ingat di sini adalah media sosial bukan media untuk membuat Anda cepat kaya. Ini untuk membagikan berita dan menjalin hubungan dengan orang-orang lain. Pelajari, sosial media mana yang cocok untuk menunjang bisnis Anda. Dengan pemilihan yang tepat Anda bisa memiliki peluang untuk mendapatkan para calon pelanggan baru sekaligus mengarahkan mereka ke website Anda. Pelajari di sini Perlukah Membuat Semua akun Sosial Media Untuk Bisa Menghasilkan.

Apa saja Manfaat Membuat Strategi Pemasaran Online?

Buka 24 Jam. Tidak ada satupun orang yang ada di dunia ini mau bekerja 24 jam nonstop untuk Anda. Tetapi dengan memiliki bisnis online Anda seolah-olah memiliki tenaga pemasar yang mampu bekerja 24 jam dengan biaya yang jauh lebih murah dan terjangkau. Website yang Anda miliki akan terus online selama 24 jam nonstop.

Tempat Tidak Lagi Menjadi Hambatan. Memiliki toko di pasar konvensional hanya bisa menghasilkan pendapat yang terbatas dan hanya bisa di beli oleh orang-orang yang ada di kota itu saja. Mungkin bisa juga di jual ke kota lain tapi pemasarannya bisa jadi lebih lambat jika dibandingkan dengan Pemasaran Online dengan menggunakan Website toko online. Bisa Anda bayangkan kalau Anda harus memasarkan produk Anda dengan berkeliling kota. Tentu akan butuh waktu dan tenaga kerja untuk memasarkannya.

Dengan Strategi pemasaran Online, misalnya dengan menggunakan website atau beriklan di Google Ads atau beriklan di Facebook Ads, iklan Anda bisa dilihat oleh sebanyak mungkin orang yang tinggal di Indonesia dan juga yang berada di luar negeri.

Sedikit Modal. Dengan membangun Toko Online biaya yang akan Anda keluarkan akan jauh lebih murah ketimbang Anda harus membuka toko konvensional yang harus mengeluarkan uang lebih banyak, untuk sewa toko, untuk membeli meja dan peralatan kantor dan lain sebagainya. Dengan memulai bisnis online hanya perlu mengeluarkan uang 3- 10 juta untuk memulainya.

Langkah Awal Yang Harus Anda Ambil Untuk Memulai Pemasaran Online

Setelah Anda memahami apa saja yang bisa Anda dapatkan dan lakukan dengan menjalankan bisnis Online kini saatnya Anda untuk melakukan action untuk memulai Strategi Pemasaran Online:

1# Membuat Website Dengan Nama Bisnis Anda (Amankan Domain)

Untuk bisa menjalankan bisnis online Anda harus melakukan langkah awal yaitu membuat website. Membuat website sangat mudah, dan ini bisa dipelajari oleh siapa saja, termasuk Anda yang belum pernah membuat sebuah website.

Belilah nama domain dengan nama bisnis Anda. Coba Anda bayangkan nama bisnis Anda sudah dibeli atau digunakan oleh Orang Lain, tentu ini akan membuat Anda rugi bukan?

Jadi mengamankan nama domain lebih awal jauh lebih penting, kemudian jika anda sudah siap, barulah Anda membuat website dengan menggunakan CMS WordPress.

Silahkan tonton video cara membeli domain di NameCheap ini:

Buat kalian yang sudah menonton video itu dan masih bingung atau takut untuk membeli domain, saya akan membantu Anda untuk membelikan domain Anda. Jangan takut dan ragu dengan saya. saya adalah orang yang bisa diandalkan dan dapat dipercaya. 100% saya hanya membantu Anda, dan tidak ada biaya tambahan jika Anda ingin meminta saya membelikan domain untuk Anda. Buat Anda yang mau dan ingin lebih kenal dengan saya bisa mengetahuinya di sini. Facebook saya dan ini Instagram saya.

Video di bawah ini adalah video cara membeli Hosting

 

Website ini bisa kita katakan seperti kantor atau tokonya Anda. Jadi tidak ada salahnya Anda membuat website dari sekarang karena ini akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan sehubungan dengan pembuatan website jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah atau silahkan menghubungi saya langsung, siapa tahu saya bisa membantu Anda.

2# Membuat Facebook Page Bisnis Anda

Buat juga nama Facebook Fanpage sekarang juga setelah Anda membaca artikel ini. Mengapa Anda harus membuat facebook page? Ingat ya ini berbeda dengan facebook profile yang sudah Anda buat. Karena facebook profile memiliki batasan untuk pertemanan. Sedangkan kalau Facebook Page tidak memiliki batasan pertemanan. Siapa saja bisa like akun facebook ini.

Apa saja manfaat Facebook Fanpage ini:

  • Banyak konsumen potensial di Facebook. Selain sebagai media sosial. Facebook telah berkembang menjadi media untuk mempromosikan bisnis kita secara online, mengingat jumlah pengguna yang terus bertambah dari waktu ke waktu.
  • Konsumen Anda bisa menemukan Anda. Pada saat ada orang yang mencari produk atau jasa yang anda tawarkan di mesin pencari facebook, produk dan jasa Anda memiliki harapan untuk ditemukan oleh mereka.
  • Ada fitur insights. Apa itu fitur insights? Ini adalah fitur dimana Anda bisa mengetahui segala macam informasi audiens Anda yang berhubungan dengan fanpage yang anda buat. Data ini akan sangat berguna untuk mengetahui perkembangan audience dan perspektif pemasaran yang Anda lakukan.
  • Bisa beriklan di Facebook Ads. Dengan membuat fanpage Anda bisa memasang iklan dan buat Anda yang belum mempunyai website dan ingin melakukan promosi online bisa memanfaatkan dan membuat facebook fanpage untuk mengarahkan konsumen ke yang harusnya ke website Anda bisa di arahkan ke fanpage. Pelajari Facebook Ads di sini.

3# Membuat Instagram

Melakukan pemasaran online tidak boleh melupakan Instagram. Kini instagram telah berkembang sebagai satu alat untuk mempromosikan produk dan jasa kita. Anda pasti ingin produk dan jasa anda bisa lihat dan dikenal luas oleh sebanyak mungkin orang bukan?

Itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan Instagram untuk memperkenalkan produk dan Jasa kepada para calon pelanggan.

Saya ingin mengingatkan kepada Anda sebelum saya melanjutkan tentang instagram, pemasaran memiliki tujuan untuk menarik audiens bukan tentang siapa kita dan tentang kita. Jadi pastikan, foto – fot selfies seperti foto pribadi dan memposting insta story yang berisi hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan bisnis Anda sebaiknya jangan di campur aduk, letakkan itu di akun instagram pribadi Anda sendiri, karena ini akan membuat penjualan menurun dan foto-foto pribadi sebenarnya tidak relevan dengan bisnis dan jasa yang Anda tawarkan.

Ingat itu ya, ok sekarang mari kita lanjutkan.

Mengapa harus Memanfaatkan dan menggunakan Instagram?

  • Mampu Meningkatkan Penjualan.
  • Gratis Memajang foto produk Anda
  • Mampu mengkonversi pengunjung pasif menjadi pelanggan yang loyal

Bagaimana caranya memanfaatkan Instagram untuk Pemasaran Online?

  1. Buat akun Instagram sesuai dengan nama bisnis Anda. Saya tidak akan menunjukkan bagaimana cara membuatnya karena sangat mudah, semudah seperti membuat email.
  2. Setel akun instagram Anda Menjadi Bussiness Profile. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu pergi ke setting dan kemudian klik Add a Business Account, kemudian silahkan pilih mau buat yang baru (Create New Account) atau Convert Existing Account. Saya biasanya pilih yang kedua ini.
  3. Nama dan Foto Profile Haruslah mencerminkan bisnis Anda. Saat membuat akun instagram untuk bisnis pastikan sesuai dengan nama bisnis Anda dan jangan pernah menggonta ganti nama dan juga foto profile instagram bisnis Anda. Karena ini akan membuat akun Anda tidak mudah dikenali oleh pelanggan Anda.
  4. Foto Produk yang baik. Membuat visual yang baik yang menggambarkan manfaat dari produk Anda bisa membantu pemasaran lebih mudah tanpa harus mengatakan manfaatnya untuk ini dan itu. Sehingga hanya dengan melihat gambar saja, orang yang melihat produk Anda bisa memutuskan sendiri untuk melakukan apa, membeli atau mengabaikannya.
  5. Gunakan Tagar atau Hashtags. Feed instagram akan selalu berubah dengan cepat, ini mengartikan apa? Ini mengartikan setiap postingan foto bisa terus berganti (terkubur) dengan cepat. Dengan menggunakan fitur tagar atau hashtags akan memungkinkan foto-foto kita bisa ditemukan. Tagar ini fungsinya seperti pengelompokan foto ke dalam kata kunci yang sama melalui fasilitas search.
  6. Posting 1000 Gambar. Apa maksudnya ini? Jika anda baru membuka akun instagram usahakan untuk rutin upload foto sebanyak 1000 foto ke instagram di sertai dengan hashtags nama bisnis Anda dan juga yang berhubungan dengan usaha Anda. Pelajari Tips Instagram Marketing di sini. Apakah setelah 1.000 gambar kita berhenti posting gambar? Tidak, kita akan terus psoting sebanyak mungkin. Dengan memiliki 1.000 gambar Anda memiliki harapan produk-produknya bisa dilihat oleh orang dan saat mereka mengunjungi instagram Anda, Akun Anda tidak terlihat kosong.

4# Buat Website dengan WordPress

Seperti yang sering saya katakan, membuat website itu sangat mudah bahkan mereka yang belum pernah membuat website bisa membuat website pertama mereka hanya dalam beberapa langkah sederhana saja (paling lama 2 jam kerja). Memang untuk membuat website yang sempurna membutuhkan waktu dan juga persiapan yang matang. Ingat ya ini bukan website wordpress yang gratisan ya, yang saya maksud bisa Anda baca di sini “Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com”. Dengan menggunakan WordPress Anda cukup drag and drop saja untuk membuat halaman yang keren.

5# Membuka Toko di Marketplace Indonesia (Tokopedia, Bukalapak dan Shoope)

Jika produk-produk yang Anda jual jumlahnya banyak Anda juga bisa membuka cabang di marketplace Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak dan juga Shoope. Untuk membuka toko di marketplace Indonesia tidak dibutuhkan biaya 100% Gratis.

Dengan membuka toko di marketplace Indonesia Anda bisa mendapatkan banyak manfaat:

  1. Marketplace adalah tempat berkumpulnya para pembeli dan penjual.
  2. Produk Anda bisa dilihat oleh banyak orang.
  3. Orang akan lebih percaya jika barang yang kita jual ada di marketplace Indonesia.
  4. Gratis dan bisa upload sebanyak mungkin produk yang mau di jual.
  5. Transaksi 100% Aman.

Mari Mulai Sekarang, Jangan Tunda Lagi.

Jika Anda saja mencari produk dan Jasa di Internet, mengapa Anda tidak mengonlinekan bisnis Anda?

Silahkan jawab pertanyaan yang saya ajukan itu ya, jangan terburu-buru untuk menjawabnya, coba Anda pikirkan dan renungkan terlebih dahulu.

Saya tahu mungkin banyak dari antara kalian yang masih bingung dan mungkin sama sekali asing dengan apa yang saya tulis di dalam artikel ini. Anda tidak usah terlalu khawatir dan takut. Melalui website ini saya akan terus membantu Anda dengan menulis artikel-artikel yang mungkin Anda cari, jadi pastikan untuk berlangganan email agar bisa mendapatkan artikel terbaru dari kami yang ada di halaman depan website ini.

Saya juga membuat panduan dalam bentuk video yang SELALU saya upload ke Channel YouTube SUBMITClimb dan Facebook Page Submitclimb, jadi pastikan untuk follow dan subscribe akun itu.

Saya juga mempersilahkan Anda untuk bertanya-tanya kepada saya soal pembuatan website, pembuatan Facebook fanpage dan toko online di marketplace Indonesia melalui kolom komentar yang ada di bawah. Jika memang saya bisa menjawabnya akan saya jawab dan bantu secara gratis.

Jika apa yang saya tulis ini, artikel dengan judul “Strategi Pemasaran Online” di rasa informasinya sangat bermanfaat, tolong bantu saya dengan share artikel ini ke akun sosial media kalian. Ini adalah bentuk penghargaan TERBESAR kalian kepada saya karena mendapatkan informasi yang biasanya hanya di dapat melalui seminar-seminar berbayar, tetapi di sini Anda bisa mendapatkannya secara gratis.

Pelajari Lebih Lanjut:

Apa itu SEO.
Strategi Digital Marketing.
Manfaatkan Sosial Media Untuk Mengembangkan Bisnis Online.
Apakah Bisa Media Sosial untuk Jualan Online.
Bisnis Online Modal Kecil Terpercaya yang bisa di jalankan Dari Rumah.
Ingin Membuat Website Gratis, Saya akan bantu membuatkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top