skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Strategi Instagram Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis Online

Strategi Instagram Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis Online

Strategi Instagram Marketing. Semua orang sudah banyak yang bisa menggunakan Internet dan tahu caranya belanja online di Internet, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana caranya memanfaatkan Internet untuk menghasilkan uang secara online melalui akun sosial media yang sering mereka gunakan setiap harinya.

Pengguna sosial media di Indonesia sendiri sudah sangat banyak sekali mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua, bahkan ayah saya saja yang masa kecilnya belum pernah tahu dan pegang HP sekarang sudah bisa menggunakan internet langsung dari handphone yang dipegangnya.

Sayang sekali banyak orang tidak memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram untuk menghasilkan uang secara online. Ada juga yang sudah mulai menggunakan Facebook dan Instagram untuk menghasilkan uang dari Internet. Tetapi masih banyak yang belum bisa mendapatkan hasil dari sana meskipun setiap hari sudah melakukan posting ke akun sosial media mereka, tetapi hasilnya masih nihil alias tidak ada penjualan, jika ada itupun hanya kepada orang-orang yang dikenal saja.

Saya perhatikan tidak sedikit orang yang akhirnya mengatakan Sosial media itu tidak bisa menghasilkan uang dan itu hanya pekerjaan yang sia-sia.

Betul, orang-orang yang menggunakan sosial media memang sedang melakukan pekerjaan yang sia-sia dan sekedar mengisi waktu kosong saja.

Hal itu bisa terjadi jika Anda belum tahu dan belum bisa memanfaatkan sosial media dengan baik dan benar. Artikel ini memang khusus saya buat untuk Anda yang sudah menggunakan instagram tetapi masih belum mendapatkan hasil yang maksimal dari Instagram, buat Anda yang baru akan memulai menggunakan instagram untuk membantu pemasatan artikel ini pasti akan sangat membantu Anda untuk memulai dan mengembangkan bisnis Anda.

Atau mungkin Anda yang baru mendengar instagram bisa digunakan untuk melakukan penjualan untuk bisnis yang sedang dan akan Anda jalankan mempunyai pertanyaan seperti ini “Bagaimana mungkin hanya dengan bermodalkan foto dan video-video yang disertakan dengan caption dan deskripsi yang singkat tentang produk saja sudah bisa membuat orang mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan di instagram?

Tema artikel ini adalah tentang Strategi Instagram Marketing. Strategi yang akan saya bahas di sini mungkin akan sangat membantu Anda untuk mulai membangun bisnis online sekaligus mengembangkannya.

Agar bisa membantu mengembangkan bisnis dengan menggunakan instagram Anda perlu memanfaatkan fitur-fitur yang ada di instagram seperti misalnya Caption, post, hashtag, followers dan mengisi bagian bio dengan seoptimal mungkin bisa membantu untuk meningkatkan jumlah orang yang followers dan kemudian berharap mereka ini menjadi calon pembeli baru Anda. Selain memanfaatkan semua itu ada satu cara lagi yang bisa Anda manfaatkan yaitu beriklan di Instagram sesuai dengan kemampuan Anda dan juga kebutuhan Anda. Misalnya mengiklankan timeline Anda atau instagram story Anda.

Berikut ini beberapa Strategi yang harus Anda lakukan untuk Instagram Marketing.

Buat Instagram For Business bukan Instagram Profile Pribadi.

Saat Anda membuat instagram, biasanya instagram yang Anda buat itu adalah instagram profile (Pribadi). Jika Anda ingin berjualan atau menjalankan bisnis maka Anda perlu membuat instagram baru khusus untuk bisnis.

Dengan menggunakan Instagram bisnis Anda bisa melakukan pemasangan iklan di Instagram dan juga sekaligus membuat tombol halaman kontak, email atau SMS di Instagram Anda. Selain itu profile bisnis (instagram bisnis) bisa membantu Anda melihat Insights dan beberapa hal penting lainnya saat Anda melakukan promosi.

1# Instagram Insights

Buat saya secara pribadi ini satu fitur yang paling membantu untuk mengembangkan bisnis Anda adalah fitur Insights Instagram. Ini akan membantu Anda memberitahu semua informasi penting yang akan Anda butuhkan seperti followers dan juga postingan mana yang biasanya di sukai oleh para pengunjung yang mampu menciptakan engagement atau keterlibatan dengan pengunjung. Semua informasi penting yang kita dapatkan ini bisa Anda gunakan untuk melihat dan mengenal perilaku (behavior) dan juga demografis setiap audience Anda. Setelah mengetahui ini semua langkah selanjutnya adalah Anda tinggal membuat konten-konten yang relevan untuk audience Anda.

2# Fitur Promote

Kalau Anda menggunakan akun instagram profile bukan Instagram for business maka fitur ini tidak akan pernah muncul di instagram Anda. Jadi usahakan untuk mengubah akun Instagram profile Anda menjadi akun instagram for business atau membuat satu akun instagram lagi yang khusus untuk mempromosikan produk Anda. Semua postingan Anda bisa di iklankan menggunakan aplikasi Instagram secara langsung, tetapi saran saya sebaiknya lewat Facebook Manger, nanti kita akan membahas tentang hal ini di lain waktu. Silahkan Anda memilih salah satu postingan yang sudah Anda posting di instagram Anda kemudian mengklik promote kemudian silahkan Anda pilih action button apa yang cocok untuk iklan Anda itu? Anda juga bisa memilih dengan sangat spesifik tentang target audience Anda, selain itu Anda juga bisa menggunakan dan mempersilahkan instagram untuk menyarankan siapa saja target audience yang cocok untuk Anda. Setelah melakukan semua itu postingan Anda tadi akan langsung berubah dan mulai dipromosikan ke semua target audience Anda untuk jangka waktu yang sudah Anda tentukan sendiri.

Tanpa beriklan Anda juga bisa mengembangkan bisnis Anda dengan menggunakan instagram, tetapi akan jauh lebih lama dan membutuhkan trik dan strategi yang jitu. Maka itu saya sangat menyarankan Anda untuk beriklan di Instagram

Dengan bantuan tool seperti ini, Instagram berharap Anda bisa mulai mengembangkan bisnis Anda dan bersaing dengan perusahaan besar dengan lebih mudah.

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Sekarang Anda mungkin bertanya bagaimana caranya membuat akun instagram bisnis? Jawabannya sangat mudah sama seperti Anda membuat akun instagram untuk profile Anda. Jika memang bisnis yang sedang Anda jalankan belum mempunyai akun instagram maka saran saya sebaiknya Anda segera membuat akun instagram bisnis sekarang juga.

Membuat Akun Instagram:

Langkah 1: Download Aplikasi Instagram

Untuk bisa menggunakan dan membuka akun instagram Anda perlu mendownload dan menginstall aplikasinya di handphone atau tablet yang Anda gunakan. Untuk iOS App Store, untuk Android menggunakan Google Play jika Anda yang menggunakan Windows Phone bisa ke Bursa Windows Phone

Langkah 2: Sign Up (Mendaftar Instagram)

Silahkan klik Sign Up, lalu silahkan isi data-data yang diminta selengkap mungkin sesuai dengan data asli atau bisnis Anda. Anda juga bisa mendaftar menggunakan akun Facebook Anda, saran saya sebaiknya menggunakan akun email Anda saja.

Langkah 3: Rubah Akun Profile Menjadi Akun Bisnis

Setelah selesai membuat akun instagram langkah selanjutnya adalah Anda tinggal mengubahnya menjadi akun bisnis. Di dalam akun instagram Anda itu silahkan klik settings, lalu Anda scroll ke bawah dan kemudian silahkan klik Account, kemudian silahkan pilih atau klik “Switch to Professional Account” Silahka pilih Creator atau Business. Silahkan pilih Business.

Sangat mudah bukan untuk membuat dan merubah akun instagram Anda ke bisnis? Tentu ada hal lain lagi yang harus Anda lakukan setelah Anda mengubah akun instagram Anda ke bisnis agar lebih optimal dan Anda bisa mendapatkan hasil dari kerja keras Anda.

Mengisi Usernama dan Bio Instagram Anda

Mungkin banyak sekali yang mengabaikan masalah ini, bahkan banyak yang tidak mengisi halaman BIO ini dengan baik dan seoptimal mungkin padahal dengan mengisi halaman bio ini Anda bisa membantu memberikan banyak manfaat, mengenal siapa Anda, menambah followers dan meningkatkan kepercayaan orang.

Di halaman publik profile Anda selain username ada juga informasi lain yang bisa muncul dan dilihat oleh orang lain adalah alamat Website Anda (Isi kolom URL website Anda, bisa alamat URL website, Facebook page, YouTube atau halaman lainnya yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda)

Pastikan Anda mengisi halaman bio Anda sejelas mungkin untuk menjelaskan apa sih sebenarnya bisnis Anda dan apa yang orang bisa dapatkan saat mengunjungi akun instagram Anda? Di halaman bi Anda juga bisa memasukkan beberapa hashtags yang ingin Anda gunakan untuk promosi biasanya disebut juga dengan branded hashtags.

Sekarang timbul sebuah pertanyaan, Apa itu branded hashtags?

Branded hashtags adalah sebuah hashtags yang biasanya digunakan untuk mengelompokkan sebuah foto atau video untuk aktivitas promosi, kontest, product launching, quiz dan juga events. Dengan menggunakan hashtags di setiap postingan foto dan juga video Anda bisa memudahkan orang-orang untuk menemukan setiap konten Anda. Jadi jangan anggap sepele soal penggunaan hashtgas ini. Hashtags awalnya digunakan oleh Twitter.

Profile Photo Instagram Bisnis

Menggunakan photo profile untuk bisnis juga harus dipikirkan dengan baik. Untuk bisnis yang Anda jalankan sebaiknya menggunakan log dari perusahaan Anda atau produk yang mencirikan produk yang Anda jual. Anda bisa menggunakan photo profile jika yang di jual adalah diri Anda (artis, seniman dll)

Saya banyak memperhatikan orang-orang yang tidak menggunakan cara ini, masih banyak yang menggunakan photo profile pribadi untuk photo profile bisnis, meskipun ini bisa dilakukan tetapi tidak cocok dan bukan pada tempatnya. Ingat Anda sedang membangun sebuah bisnis (brand bisnis Anda) jadi gunakan logo bisnis Anda saat mengisi di bagian photo profile.

Memfollow Akun Instagram Lain

Bagian ini adalah bagian yang sangat menyebalkan buat saya, tetapi harus Anda lakukan jika Anda ingin menggunakan instagram sebagai sarana promosi bisnis Anda. Tujuan promosi Anda tidak akan pernah terjadi jika tidak mempunyai followers, semua pasti akan setuju tentang hal ini!

“Silahkan follow akun instagram orang lain”

Jangan pernah menunggu untuk di follow oleh orang lain, itu tidak akan pernah terjadi, meskipun bisa saja Anda mendapatkan followers tanpa terlebih dahulu Anda yang memfollow, tetapi cara ini pasti akan memakan waktu yang sangat lama.

Jadi sekali lagi silahkan Anda lakukan sekarang juga, follow akun instagram orang lain.

Ingat pastikan untuk memperhatikan demografis spesifik Anda karena demografis di sosial media itu sangat luas, jadi pastikan untuk menentukan yang sangat sepesifik dan yang hanya mendekatai target dalam Industri Anda. Gunakan juga hashtags untuk mengelompokkan foto-foto yang Anda posting di instagram dan untuk ditemukan oleh orang lain.

Kenapa di atas saya bilang bagian ini adalah bagian yang paling menyebalkan dan membosankan apalagi kalau Anda harus mengerjakannya seorang diri tanpa bantuan seorang karyawan. Saya sudah mencobanya sendiri (praktek) jadi saya tahu betul betapa BERAT dan MEMBOSANKAN sekali pekerjaan ini, baik menggunakan bantuan seorang karyawan ataupun tanpa menggunakan karyawan. Pekerjaan bosan selanjutnya yang juga harus Anda lakukan adalah ikut berpatisipasi dalam percakapan untuk meninggalkan komentar di foto atau video instagram lain dan memfollow akun instagram setiap orang yang aktif memberikan komentar di instagram pesaing Anda. Ini adalah salah satu langkah cepat untuk menambah followers Anda.

Saya akan kasih tahu kepada Anda bagaimana caranya Anda bisa meningkatkan hubungan dengan orang lain melalui instagram dan menambah followers setiap harinya dengan mengikuti panduan yang sudah saya lakukan untuk beberapa akun instagram yang sudah saya kelola dengan cara ini, apa yang saya tunjukkan ini bisanya juga di ajarkan di dalam kursus-kursus online berbayar, tetapi apa yang diajarkan di dalam kursus online ada yang sedikit berbeda dengan apa yang akan saya kasih tahu kepada Anda di artikel “Cara Cepat menammbah Followers Instagram dengan baik dan benar”.

Kelola Instagram Anda agar tetap Aktif

Percaya atau tidak ini juga adalah bagian yang paling penting untuk memiliki akun instagram yang sukses, Anda harus sebisa mungkin mempertahankan keaktifan Instagram Anda. Tentu saja cara terbaik untuk melakukan ini adalah Anda harus terus aktif setiap harinya di instagram.

Coba bayangkan dua hal ini mana yang menurut Anda akan lebih cepat berkembang akun instagramnya. Pertama. Anda hanya melakukan posting foto sebulan sekali dan tidak pernah mem-follow instagram orang lain dan tidak pernah memberikan komentar di instagram orang lain.

Kedua. Anda hampir setiap hari melakukan posting foto atau video (sedikitnya 1 foto setiap hari) selain itu Anda juga rajin sekali melakukan komunikasi di instagram orang lain dengan meninggalkan komentar, memberikan like dan mem-follow akun instagram lain.

Sudah pasti jawabannya yang ke dua bukan?

Kalau Anda kesulitan untuk mendapatkan konten baru setiap harinya Anda bisa me-repost atau re-gram foto atau video dari akun instagram orang lain yang tentunya relevan dan sangat berkaitan dengan bidang Anda. Contohnya seperti akun Instagram @mybalistory yang di kelola oleh SUBMITCLimb ini.

Oh ya satu lagi yang kadang membuat saya akhirnya kesal dan melakukan un-follow akun yang sudah saya follow adalah saya jenuh dan bosan dengan banyaknya postingan dari orang itu, ingat jangan terlalu berlebihan saat posting foto di instagram cukup sehari satu kali atau 3 kali dalam sehari (ini jumlah yang ideal di Instagram).

Percayalah sama saya, jika Anda terlalu sering memposting foto setiap harinya ini akan membuat followe Anda kesal dan bosan untuk melihatnya, apalagi jika yang Anda psoting gambar-gambarnya ORA MUTU.

 

Lebih baik Anda perbanyak likes, memberi komentar dan follow di akun instagram lain daripada berlebihan posting foto.

Merancang Strategi Konten Instagram

Instagram itu menurut saya sama seperti cara kita melakukan marketing untuk hal lainnya, maka kita tidak bisa asal menggunakan instagram lalu memposting hal apapun yang kita inginkan meskipun itu sah-sah saja untuk dilakukan, tetapi mengingat tujuan kita adalah membangun dan mengembangkan bisnis dengan menggunakan Strategi Instagram Marketing maka sudah pasti segala sesuatunya membutuhkan pemikiran dan langkah yang tepat. Semua strategi yang kita lakukan harus bisa diintegrasikan dengan objektifitas semua bisnis Anda, contohnya adalah:

  • Konten yang mampu meningkatkan penjualan
  • Konten yang mampu meningkatkan traffic ke website yang Anda miliki
  • Konten yang mampu meningkatkan brand awarness
  • Konten yang mampu meningkatkan kepuasaan para pelanggan
  • Konten yang bisa mengajak komunikasi dengan follower
  • Anda perlu menjalin kerjasama dengan influencers

Selain memikirkan hal-hal di atas strategi selanjutnya yang juga tidak kalah pentingnya menurut saya yang harus Anda pikirkan juga adalah

Memiliki Waktu Posting yang Tepat

Memposting foto atau video harus dilakukan di waktu yang tepat dan harus secara rutin dan tidak juga mengganggu atau membuat follower Anda merasa jenuh dengan jumlah update yang terlalu banyak. Cara untuk melakukannya adalah tentu saja Anda harus melakukan serangkaian tes posting di jam-jam yang berbeda dan melihat sendiri hasil yang Anda dapatkan dari serangkaian tes yang sudah Anda lakukan itu. Amati mana postingan yang paling banyak mendapatkan engagement (keterlibatan dengan followers Anda, ini bisa berupa likes dan juga komentar) yang paling banyak. Setelah tahu kemudian silahkan Anda catat waktunya dan silahkan gunakan waktu itu untuk melakukan posting berikutnya.

Membuat Konten Yang Mempunyai Tema

Setiap konten yang akan kita psoting harus mempunyai tema yang harus sama dengan produk atau jasa kita. Usahakan juga untuk membuat konten yang berbeda-beda agar follower tidak bosan dan konten yang berbeda juga bisa membantu untuk mencapai objektif yang berbeda-beda juga, tetapi kontennya masih harus berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sebagai contoh akun Instagram Anda adalah sebuah Tour Information atau Tour and Travel yang ingin meningkatkan brand awareneess dan mencari pengunjung website dan pelanggan baru Anda bisa menggunakan kontes, tempat wisata, tempat makan, kehidupan di Bali dan pengalaman pengguna.

Buat Style yang berbeda untuk Instagram Anda

Pastikan untuk membuat beda akun instagram Anda dengan akun yang lainnya agar mudah di ingat oleh orang lain. Coba pikirkan apa yang ingin Anda lakukan untuk membuat beda setiap postingan instagram Anda. Apakah ingin menggunakan bahasa formal atau informal untuk caption di setiap postingan Anda? Apakah Anda ingin membuat ilustrasi vector untuk setiap postingan Anda? Atau lainnya? Dengan membuat dan merancang panduan seperti ini akan membuat konten Anda selalu di ingat, berbeda dan tertarget. Memang konten-konten yang seperti ini akan sangat membutuhkan waktu untuk membuatnya.

Tips Jitu Membangun dan Mengembangkan Instagram Bisnis

Instagram sebuah platform yang sedikit berbeda dengan Facebook. Instagram platform yang dirancang khusus untuk menampilkan konten-konten visual, jadi Anda perlu membuat dan membangun Intagram yang mudah diingat. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk membangun dan mengembangkan Instagram yang baik.

Visual yang mudah dikenali dan konsisten

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh WebDam tentang sebuah visual di sosial media bahwa lebih dari 60% dari banyak brand terkenal di Instagram selalu menggunakan filter yang sama sebelum benar-benar memposting setiap konten mereka.

Apaka ini membantu brand tersebut mudah dikenali?

Ya follower Anda akan mengenali style dari brand Anda. Karena salah satu tujuan yang diharapkan semua pemilik akun Instagram adalah mendapatkan likes dan komentar bukan?

Nah dengan semakin dikenalinya setiap foto yang Anda posting di Instagram, tentu akan semakin besar juga kemungkinan foto Anda di komentari dan di likes.

Banyak Orang termasuk saya menggunakan bantuan aplikasi untuk edit foto seperti VSCOcam dan Enhance. Biasanya aplikasi membantu banyak orang untuk menemukan style yang mereka inginkan untuk brand mereka.

Tetapkan Subjek Foto yang akan ditampilkan

Karena menampilkan konten-konten visual di Instagram maka setiap konten yang mau kita posting harus sesuai dengan tema bisnis kita. kalau Anda mau menjual dan memberikan informasi tentang wisata, sudah pasti foto-foto yang nanti akan Anda upload yang berhubungan dengan itu, misalnya tempat wisata, tempat makan, tempat menginap, tiket promo, diskon tempat menginap, giva away dan lain sebagainya. Apakah boleh Anda memposting foto yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan tema bisnis Anda?

Sesekali tentu saja boleh kalau Anda ingin memposting foto-foto yang tidak ada hubungannya dengan bisnis Anda. Sebagai contoh foto binatang peliharaan yang sering ada di kantor, foto-foto kegiatan staff kantor atau kegiatan kantor yang akan membuat akun instagram Anda lebih menarik dan lebih personal juga.

Menggunakan Branded Hashtags

Instagram memang sosial media yang mengutamakan posting visual tetapi ada satu elemen yang menurut saya dari hari ke hari menjadi sangat penting, penggunaan branded hashtags. Saya banyak memperhatikan di setiap postingan instagram selalu menggunakan sebanyak mungkin hashtags ke dalam foto yang mereka upload.

Apakah cara ini salah?

Tidak!

Tetapi jika Anda melakukan cara ini terus menerus ini akan membuat foto-foto Anda menjadi tidak fokus. Saya biasanya hanya menggunakan hashtags untuk nama merek saya dan beberapa hashtags yang sesuai dan cocok dengan foto yang saya upload, paling banyak total hashtags yang sata gunakan adalah 4 sampai 10 hashtags saja.

Perhatikan Audience Anda

Jangan pernah meniru strategi merek lain!

Kenapa?

Karena Anda tidak akan pernah berhasil jika meniru dengan sembarangan. Contohnya seperti ini. Strategi yang diterapkan oleh KFC kemungkinan besar tidak akan pernah bisa berjalan dan cocok untuk sebuah perusahaan kerajinan tangan atau perusahaan lainnya. Lihat dari sosial media lainnya, konten-konten seperti apa sih yang paling di sukai dan yang paling banyak di share oleh audience dalam bidang Anda di Instagram dan seperti apa mereka melakukan interaksi dengan merek pesaing Anda atau merek-merek yang masih satu bidang dengan usaha Anda.

Jadilah sekreatif mungkin untuk konten Anda

Banyak orang akan melakukan tiga langkah ini, mengambil foto, kemudian menambahkan sebuah efek atau filter di foto itu lalu yang ke tiga mereka posting!

Setuju ya kalau itu yang mungkin akan Anda lakukan juga, karena ini adalah step-step dasar yang selalu digunakan oleh para pengguna instagram di seluruh dunia.

Apakah ini salah? Jawabannya tidak.

Memang mungkin pada awalnya itu akan berhasil, tetapi tahukah Anda kalau algoritma mesin pencari dan juga instagram selalu di update dan selalu berubah dari waktu ke waktu untuk tujuan hasil yang lebih baik.

Oleh karena itu melakukan tiga langkah dasar yang sudah saya sebutkan di atas tadi tidak cukup. Buatlah konten yang lebih kreatif, lebih unik untuk instagram bisnis Anda.

belajar dari instagram joger bali

Buatlah Caption dan Jangan Menganggap Remeh Fungsi Caption

Buat apaan capek-capek mikirin buat caption untuk setiap foto yang mau di upload ke Instagram, toh gambar sudah bisa menceritakan sendiri kisah di balik gambar. Kata-kata itu yang paling banget dan sering saya dengar dan baca di internet. Anda juga mungkin memperhatikan kalau di Instagram banyak sekali orang yang posting foto tetapi tidak menyertakan caption di akun instagram mereka.

Tahukah Anda, sebuah caption yang Anda buat sedemikian rupa juga bagian dalam strategi marketing di Instagram, Anda di sana bisa menceritakan kisah di dalam gambar yang Anda upload, ini bisa membantu follower lebih memahami apa makna dan pesan di balik foto dan juga termasuk pesan yang ingin Anda sampaikan kepada mereka. Saya secara pribadi sering tertawa kalau membaca sebuah caption dari akun instagram lain dengan kata-katanya yang konyol tapi masih santun (jangan lupa tambahkan emoji)

Manfaatkan foto dan Video Album

Instagram mempunyai fitur untuk bisa mengupload sampai 10 foto dalam satu kali posting. Fitur ini akan sangat membantu follower Anda untuk mengetahui secara keseluruhan dari situasi tertentu, misalnya Anda ingin menampilkan makanan, Anda juga bisa menyertakan beberapa foto lainnya seperti minuman, situasi cafe dan lain sebagainya.

Bekerjasama dengan Influencer atau pihak Luar

Meskipun kadang hasilnya juga bisa tidak kita rasakan tetapi peran dari para influencer yang relevan dengan merek Anda bisa akan sangat membantu. Bekerjasamalah dengan mereka dalam bentuk seperti sponsor di akun mereka sendiri, dengan cara seperti ini merek Anda akan lebih di tahu dan di lihat oleh pengguna instagram.

Jujur ini harus mengeluarkan biaya yang kadang tidak sedikit. Kalau Anda memiliki dana yang terbatas coba Anda cari influencer yang memiliki follower lebih sedikit dan bisa Anda ajak kerjasama dengan dana yang Anda miliki. Ini adalah cara yang baik karena akun Instagram bisnis Anda akan diperkenalkan oleh akun lain kepada semua orang yang menjadi followersnya, tentu bisnis Anda akan semakin dikenal dan ditahu oleh banyak orang. Ingat jangan asal mengajak kerjasama, pilih yang hanya benar-benar sesuai.

Meskipun awalnya instagram dibuat hanya untuk menampilkan foto-foto yang sangat sederhana, sekarang instagram terus mengembangkan diri menjadi platform sosial media terdepan yang mampu membantu siapa saja yang ingin mempromosikan produk, jasa atau personal branding.

Sekarang ini sudah banyak sekali pengguna instagram yang menyukai konten-konten atau foto-foto yang memiliki kualitas yang bagus dan dibuat dengan perancangan yang matang. Jadi sebisa mungkin buatlah konten yang unik, kreatif dan mampu menghibur serta mendorong untuk meningkatkatkan engagement (keterlibatan para pengguna).

Jujur untuk membangun instagram yang sukses butuh kerja keras dan perjuangan yang pantang menyerah, banyak sekali yang menyerah ditengah jalan dan ada juga yang berjuang dengan cara-cara yang kurang baik, misalnya saja menampilkan anggota tubuh yang seharusnya tidak untuk menjadi tontonan publik, melakukan pembelian follower (sama sekali tidak ada manfaatnya) bahkan ada yang melakukan teknik spam dan lain sebagainya.

Ingat pesan saya, jika Anda ingin menghasilkan uang dari internet maka gunakan cara-cara yang benar agar Anda bisa menuai hasil dengan puas dan menikmati untuk selamanya. Kerja keras Anda tidak akan pernah sia-sia meskipun itu harus berjalan dengan sangat lambat. Saya memulai semuanya dengan sangat lambat, saya menjalankan bisnis online seperti kura-kura yang berjalan, meskipun itu lambat tetapi saya terus berjalan, berjalan dan menerapkan cara-cara yang benar dan kini saya menuai hasilnya.

Semoga apa yang saya uraikan di artikel “Strategi Instagram Marketing untuk bisnis Online” ini bisa memberikan sedikit pengetahuan dan panduan yang benar untuk Anda. Dengan mengikuti panduan yang benar dan mengawali dengan cara yang benar, mudah-mudahan hasilnya juga benar.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb. * Akun klonengan dan meragukan tidak akan di Approve.

Pelajari Lebih Lanjut:

Cara Upload Foto di Instagram Lewat Komputer Tanpa Ribet
Mau Jualan Menggunakan Instagram, Baca Buku Mahir Jualan di Instagram
Tips Instagram Marketing
Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top