skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Software Video Editing Terbaik Tanpa Watermark

Software video editing terbaik tanpa watermark

Untuk bisa membuat video yang bagus dan menarik Anda membutuhkan software untuk mengedit video. Tapi banyak yang bingung musti pakai software apa untuk bisa mengedit video, apalagi untuk mereka yang masih pemula. Sebenarnya untuk bisa mengedit video Anda bisa menggunakan software video editing manapaun. Cuma di artikel kali ini SUBMITClimb mau kasih tahu beberapa Software video editing terbaik tanpa watermark yang paling populer dan banyak digunakan oleh orang.

Apalagi sejak YouTube menjadi begitu populer di Indonesia dan konten-konten video banyak di sukai oleh orang, hampir semua orang baik tua maupun muda mencoba untuk membuat konten dalam bentuk video. Tanpa bantuan sebuah software video editing sebuah gambar bergerak tidak bisa di olah menjadi sebuah video yang menarik dan bercerita.

Dengan menggunakan software video editing terbaik untuk mengedit video YouTube, Anda bisa benar-benar meningkatkan kualitas video YouTube yang Anda buat. Apapun alasan yang Anda berikan, entah video itu hanya untuk bersenang-senang, untuk kenangan keluarga, atau mungkin untuk membangun audience dan kemudian memonetisasi dengan mengikuti program YouTube partner atau produk Anda – dengan software yang tepat, Anda bisa menampilkan kesan profesional di setiap video yang Anda buat.

Biasanya, banyak orang hanya ingin mengedit video mereka untuk memilih bagian-bagian yang penting dan membuang bagian yang tidak mereka inginkan, mengedit audio atau menambahkan audio, memberikan judul, musik, efek sehingga membuat video YouTube Anda berbeda dan menonjol dari video lainnya. Apakah Anda ingin menggunakan software yang berbayar atau yang gratis Anda harus menemukan software yang tepat dan cocok dengan semua kebutuhan Anda.

Percaya atau tidak menemukan software video editing yang tepat untuk mengedit video YouTube bisa sangat memusingkan dan membutuhkan banyak waktu. Seperti yang sudah saya katakan di atas saya akan menunjukkan kepada Anda software apa saja yang bagus yang biasanya digunakan oleh YouTuber favorit Anda.

Sebenarnya, semua software yang ada di Internet adalah software berbayar, tapi Anda bisa juga menggunakan semua software berbayar ini dengan cara gratis dan murah. Cara gratisnya adalah dengan mengunduh software ini yang versi jamu (bajakan). Cara murahnya adalah dengan membeli di marketplace yang ada di Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Sebenarnya software yang ada di marketplace ini kebanyakan juga software versi bajakan. Tapi tenang saja saya akan membagikan semua software ini secara gratis kepada Anda di halaman ini.

Jika Anda ingin mengetahui software video editing gratis tanpa watermark bisa mengunduh dan membacanya di artikel ini.

Berikut ini software video editing terbaik tanpa watermark untuk video YouTube.

01. Adobe Premiere

Adobe Premiere adalah software video editing yang sangat populer dan yang paling banyak digunakan oleh para profesional dan juga pemula. Banyak pemula yang merasa khawatir kalau mereka tidak bisa mengoperasikan software video editing ini. Memang kalau kita lihat sekilas saat membukanya pasti membingungkan, mau pilih pengaturan edit yang mana? Software ini sangat bagus dan mempunyai banyak fitur dan juga plugin yang bisa Anda tambahkan.

Dengan software ini Anda bisa mengedit warna, audio, memodifikasi video, dan segudang manfaat lainnya. Software ini lebih enak digunakan di PC atau menggunakan komputer Anda. Selain lebih mudah pandangan Anda juga lebih luas.

Premiere sering dijadikan sebagai software standar untuk video editing. Software ini bisa digabungkan dengan software lain seperti After Effect untuk melakukan pembuatan beberapa effect. Premiere Pro juga digunakan dalam dunia industri TV dan film. Banyak YouTuber terkenal yang mengedit video mereka dengan menggunakan Adobe Premiere Pro seperti PewDiePie, Zack dari Jerry Rig Everything. Theo Jo, Linus Tech Tips, Jake Paul, Smosh, Devinsupertramp, My Bali Food dan masih banyak lainnya.

Karena mempunyai banyak fitur, bahkan kadang-kadang menurut saya itu terlalu banyak. Terlepas dari itu semua, interface software ini mudah untuk Anda sesuaikan, dengan demikian Anda bisa menempatkan beberapa tool yang sering Anda gunakan dalam proses pengeditan. Tidak hanya itu saja Adobe mempunyai banyak sekali tutorial dalam bentuk video di Internet, baik yang di buat oleh tim Adobe sendiri atau orang-orang lain yang menggunakan software ini contohnya seperti saya. Semua tutorial itu bisa Anda akses secara gratis. (Silahkan lihat Tutorial Adobe Premiere Pro kami) jika Anda mengalami kendala saat mengedit video.

Perlu Anda tahu, Anda tidak bisa membeli software Adobe Premiere ini secara langsung dan bisa digunakan secara gratis untuk selamanya. Anda hanya bisa menyewanya dengan berlangganan Creative Cloud. Ini berarti software ini akan selalu di update dari waktu ke waktu.

Tapi tenang saja, kebanyakan orang termasuk di Indonesia banyak yang menggunakan software ini yang versi jamunya dengan cara mengunduh secara online atau membeli di marketplace yang ada di Indonesia.

Jadi Anda tidak perlu menyewanya. Di sini saya tidak sedang mengajarkan untuk menggunakan software versi jamu atau bajakan ya. Tapi saya sedang memberikan informasi sebenarnya tentang orang-orang yang menggunakan software ini.

02. WonderShare Filmora

Untuk Anda yang benar-benar baru pertama kali mengedit video maka software yang satu ini mungkin cocok untuk Anda gunakan. Saya yakin di Indonesia banyak YouTuber yang menggunakan software video editing ini untuk mengedit video mereka. WonderShare Filmora mempunyai tampilan yang sangat sederhana dan mudah untuk digunakan.

Sampai hari ini WonderShare Filmora terus mengalami update dan peningkatan softwarenya. Anda bisa memberikan efek dan juga transisi seperti para editor profesional dengan sangat mudah sekali. Kenapa saya bilang seperti itu? Karena software ini memang sangat mudah untuk digunakan oleh mereka yang masih baru dalam menggunakan software video editing. Beberapa efeknya harus Anda download terlebih dahulu sebelum Anda gunakan. Cara downloadnya juga sangat mudah, Anda hanya perlu klik instal.

Satu hal yang saya kurang suka dari software ini adalah saat akan membuat dan menambahkan teks. Kita tidak bisa menambahkan teks seleluasa software video editing lainnya meskipun Anda bisa menambahkan teks dengan menggunakan template yang sudah di sediakan oleh WonderShare.

03. Movavi Video Suite / Editor

Software video editing ini tidak mempunyai fitur-fitur atau tools seperti software video editor profesional seperti Adobe Premiere. Tetapi software software sederhana seperti ini bisa membantu banyak orang termasuk mereka yang masih pemula untuk mengedit dan membuat sebuah film dengan sangat cepat dan kemudian menguploadnya ke YouTube.

Software ini sudah bisa menggunakan green screen, beberapa efek video, stiker yang menarik dan lucu, efek suara dan pembuatan teks template yang sudah dilengkapai dengan animasi dan jenis font yang digunakan. Saran saya, gunakan Movavi Video Suite karena versi ini sudah bisa mengedit suara (audio), foto, convert video dan melakukan screen recorded dan juga beberapa fitur menarik lainnya.

 

04. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio juga merupakan software video editing yang cukup sederhana seperti Wondershare dan Movavi Video. Tetapi kalau kita bandingkan dengan Wondershare dan Movavi software Pinnacle Studio jauh lebih baik. Fiturnya bisa menunjang pekerjaan Anda dalam pembuatan video untuk YouTube.

Fiturnya juga cukup bagus kalau menurut saya. Beberapa fitur yang saya suka adalah color grading, multicam editing, stabilizer, screen recorder dan kalau Anda ingin mengedit video dengan menggunakan kamera 360 Anda juga bisa mengeditnya dengan menggunakan software ini.

Software tambahan pendukung editing video

After Effect

After effect adalah salah satu software untuk membuat efek visual dan juga grafik gerak. Software ini bisa dipadukan dengan Adobe Premiere. Banyak animasi dalam film dibuat dengan menggunakan After Effect.

Adobe Audition

Adobe Audition ini adalah software untuk pengeditan audio dan audio recording yang sekarang ini dikembangkan oleh perusahaan Adobe. Software ini banyak digunakan oleh para profesional audio editor untuk mengolah audio sesuai dengan kebutuhan. Biasanya kalau saya membuat video dengan memadukan voice over, biasanya saya menggunakan Adobe Audition dan Audacity.

Audacity

Audacity adalah software yang hampir sama seperti Adobe Audition. Audacity adalah software pengolahan audio dan recording yang bisa Anda gunakan secara gratis. Saya dan juga banyak orang di dunia ini menggunakan software ini untuk pengeditan dan perekaman audio. Download di sini.

Adobe Media Encoder

Adobe Media Encoder ini adalah sebuah software milik perusahaan Adobe untuk rendering video yang di buat di Adobe Premiere maupun di After Effect. Adobe media encoder juga digunakan untuk mengompresi file-file audio dan video. Setelah mengedit video di Adobe Premiere saya biasanya merender video menggunakan Adobe Encoder meskipun kita bisa merender di Premiere.

Wondershare UniConverter

Wondershare Uniconverter adalah software untuk melakukan konversi format video dan audio. Misalnya saja Anda ingin merubah file AVI menjadi MP4 atau lainnya. Software ini terbilang baru. Awalnya saya kurang begitu suka menggunakan software ini karena tampilannya yang kurang bagus. Tetapi sejak 2020 saya lebih sering menggunakan software ini untuk mengkonversi file-file video yang mau saya edit di Premiere.

Fungsi software ini sangat banyak misalnya untuk Burn CD, Download video, Transfer, dan masih banyak lainnya. Saya hanya menggunakan software ini untuk mengkonversi video saja. Misalnya Anda menggunakan dua kamera dan format serta settingannya beda, saya biasnya mengkonvertnya di sini baru setelah itu saya edit di Premiere. Meskipun di Premiere bisa melakukan hal itu saya lebih suka mengkonvertnya dengan menggunakan Wondershare Uniconverter – Simpel, mudah dan cepat.

Movavi Video Converter

Movavi Video Converter ini software yang sama seperti Wondershare Uniconverter yang bisa digunakan untuk mengkonversi atau untuk mengubah file video dan juga audio ke format yang berbeda sesuai dengan kebutuhan kita.

Bonus Info:

Nah, buat kalian yang benar-benar ingin menggunakan software video editing 100% gratis tanpa membeli atau berlangganan bisa menggunakan beberapa software yang saya sebutkan di bawah ini:

Shotcut

Shotcut merupakan software video editing yang sangat mudah digunakan. Dari pada menggunakan Movie maker atau video editor bawaan windows saya lebih menyarankan Anda untuk menggunakan software open source yang bernama Shotcut. Ini bisa menjadi software yang sangat cocok untuk Anda yang baru benar-benar ingin mengedit video untuk di upload ke YouTube.

Memang software gratisan seperti ini pengembangannya tidak secepat software video editing berbayar. Interface dari software ini mungkin tidak sebagus software berbayar. Meskipun begitu, software ini mempunyai keunggulan untuk software gratisan. Saat Anda mengedit dengan menggunakan software ini tidak ada watermark dalam video yang Anda buat.

Apa yang saya sebutkan di atas adalah software-software yang biasanya digunakan oleh banyak orang. Saya sendiri untuk mengedit video dan pendukungnya menggunakan software Adobe Premiere, Adobe Audition, Audacity, Wondershare Uniconverter, Adobe Media Encoder dan After Effect. Tapi semua software yang ada di atas saya instal di dalam komputer saya.

Untuk Wondershare, Movavi Video dan Pinnacle Studio biasanya saya gunakan hanya untuk mengedit beberapa klip video untuk mengambil efek tertentu. Kemudian finalnya saya gabungkan di Adobe Premiere.

Buat teman-teman yang punya pertanyaan seputar Adobe premiere atau suka nongkrong online bisa juga bergabung di komunitas ini buat tanya-tanya tentang Premiere. Formnya ada di sini (ini adalah forum kaskus).

iMovie

Jika Anda adalah pengguna Mac, iPad atau iPhone, Anda bisa menggunakan iMovie, yang kemungkinan sudah ada di dalam perangkat Anda. Anda bisa mencoba untuk mengedit video menggunakan aplikasi ini. Memang kalau mau di bandingkan dengan Final Cut Pro software ini kalah jauh. Tapi dengan menggunakan iMovie Anda sudah bisa mengedit video dan foto-foto Anda dengan cepat langsung dari perangkat yang Anda gunakan. Menurut saya ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang baru memulai menjalanakan YouTube. Selain itu video yang Anda buat tidak mempunyai watermark seperti software lain yang berbayar.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Software video editing terbaik tanpa watermark ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Artikel menarik lainnya:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top