skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Mau Tahu Apa Saja Software Perekam Layar PC Dan Laptop

Mau Tahu Apa Saja Software Perekam Layar PC dan Laptop

Sekarang ini Software Perekam Layar PC sudah banyak digunakan oleh semua orang, mulai dari anak remaja yang masih duduk di bangku sekolah sampai orang tua. Masing-masing mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda ketika menggunakan software Perekam layar PC atau Laptop. Mungkin ada yang menggunakan software ini hanya untuk merekam kegiatan yang sedang dia lakukan saat ini di layar komputernya, contohnya seperti membuat tutorial atau panduan.

Kalau Anda membuka internet, khususnya di YouTube sekarang ini banyak bermunculan video-video tutorial yang membahas tentang sesuatu yang sedang kita cari dan semua tutorial itu di berikan secara gratis alias Anda tidak perlu membayar.

Selain digunakan untuk membuat panduan atau tutorial. Software Perekam Layar PC atau Laptop ini juga banyak digunakan untuk merekam kegiatan gaming khususnya mereka yang menjadi YouTuber Gaming.

Ya, semakin maju zaman semakin maju juga cara mendapatkan penghasilan (uang) dari Internet. Mungkin dulu banyak yang belum tahu kalau seseorang yang bermain game kok bisa mendapatkan uang? Padahal kegiatan bermain game itu kan sesuatu kebiasaan yang di nilai banyak orang sebagai kegiatan yang malas dan bodoh, tidak berguna.

Meskipun dulunya kegiatan ini dianggap sebagai kegiatan yang tidak ada gunanya sekarang sudah banyak orang yang tahu kalau kegiatan bermain game dan juga bekeja dari rumah hanya dengan menggunakan komputer dan internet juga bisa menghasilkan uang. Anda bisa membaca tentang cara menghasil uang dari Internet di artikel yang berjudul “Belajar Bisnis Online Gratis dengan SUBMITClimb”.

Untuk merekam layar monitor komputer, Anda bisa menggunakan software khusus yang memang dibuat untuk merekam layar komputer. Ada begitu banyak software perekam layar monitor komputer yang bisa Anda temukan di Internet. Bisa jadi saat Anda mulai mencari dan ingin menggunakannya, Anda bingung harus memilih software mana yang akan Anda gunakan, karena memang ada begitu banyak software perekam layar PC.

Mungkin Anda ingin bertanya, Software Perekam Layar PC apa saja yang paling sering dan yang paling banyak digunakan oleh orang?

Melalui artikel kali ini saya akan mengumpulkan daftar software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di komputer Anda. Saya tidak ingin menyebutnya dengan kata “Aplikasi” karena ini bukan aplikasi untuk Smartphone, ini adalah sebuah software yang hanya bisa diinstal dan digunakan di komputer, bukan di Smartphone atau HP.

Daftar Software Perekam Layar PC Terbaik

1. Camtasia Screen Recorder

Camatasia Menurut saya adalah software terbaik untuk perekam layar monitor yang pernah saya gunakan. Jujur dari awal pertama menggunakan software ini sampai hari ini saya tidak bisa pindah ke lain hati. Ini adalah software utama dan Andalan saya untuk setiap video tutorial yang saya buat.

Camtasia sangat mudah untuk digunakan, tampilan software ini juga sangat bagus dan tidak rumit. Simpel dan mudah digunakan oleh siapa saja. Area pengambilan gambar bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, mikrofon apapun yang akan Anda gunakan bisa langsung digunakan dengan sooftware ini.

Setelah Anda berhasil merekam kegiatan layar monitor, Anda bisa langsung mengedit video itu atau kalau mau langsung di Upload ke YouTube, Vimeo atau ke Komputer lokal juga bisa. Saya sih biasanya hanya untuk di edit lalu di Export ke hardisk komputer saya.

Selain itu, Camtasia mempunya video tutorial yang bisa Anda akses secara gratis di website mereka. Untuk panduan dalam bahasa Indonesia SUBMITCimb sendiri sudah membuatkannya dan bisa di akses secara gratis di halaman ini. Anda juga bisa menggunakan template intro dan outro yang sudah di sediakan untuk dimasukkan ke dalam video yang Anda buat.

Software ini adalah software berbayar. Anda bisa menggunakan software ini secara gratis dengan masa percobaan selama 30 hari kalau saya tidak salah ingat. Ini adalah software no 1 yang digunakan oleh semua pembuat video Tutorial termasuk video-video panduan yang ada di Indonesia.

Saya tahu banyak diantara Anda yang ingin tahu cara mendapatkan software ini secara gratis, termasuk saya. buat Anda yang ingin mendapatkan software ini bisa membaca panduannya yang ada di halaman ini dengan judul, “Apa itu Camtasia”. Saya sangat menyarankan Anda untuk bergabung di Facebook group SUBMITClimb untuk bisa mengunduh Camtasia versi Jamunya.

2. Movavi Screen Recorder Studio (Bisa digunakan untuk Mac dan Windows)

movavi screen recorder

Movavi Screen Recorder Studio adalah software Prekam Layar monitor tingkat menengah yang juga banyak digunakan oleh orang-orang. Saya secara pribadi juga menggunakan software ini sebagai software cadangan ke dua Andalan saya untuk membuat semua video tutorial. Software ini juga dilengkapi dengan editor bawaan seperti Camtasia. Jadi saat Anda selesai membuat video Anda bisa langsung mengeditnya dengan software ini secara langsung. Ada satu fitur yang menurut saya paling keren dari software ini daripada software yang lainnya, scheduled captures.

Tool ini akan memungkinkan Anda dan saya untuk merekam webinar atau live stream ketika Anda sedang tidak ada di meja kerja Anda atau karena kesibukan yang mengharuskan Anda untuk keluar rumah atau dari kantor Anda. Caranya cukup mudah, cukup Anda jalankan software Movavi kemudian pilih capture area di screen recording interface, kemudian silahkan klik icon alarm clock yang berada dibagian sudut kanan atas, dan jadwalkan pengambilan gambar. Anda bisa memulainya secara manual dan berakhir sesuai dengan durasi yang ditentukan atau Anda juga bisa mengaturnya untuk memilih memulai merekam sesuai dengan waktu dan berakhir berdasarkan jam yang ada di sistem komputer Anda. Tidak hanya itu, kerennya lagi Anda juga bisa mengatur komputer Anda shuts down atau sleep setelah selesai pengambilan atau perekaman video.

 

Semua bisa dilakukan dengan sangat mudah jika Anda menggunakan software Movavi ini. Jika Anda ingin merekam webinar yang ingin Anda share kepada orang lain atau kenalan Anda, software Movavi bisa membuat video Anda terlihat lebih bagus.

Movavi adalah software yang sangat bagus, Anda bisa menggunakan software ini untuk merekam aktifitas layar monitor Anda sekaligus mengeditnya. Movavi adalah software yang berbayar, tetapi memiliki versi gratis dan bisa Anda download dan gunakan di komputer Anda. Untuk Anda yang ingin mendapatkan versi Jamunya bisa mengunjungi link yang ada di atas, pada bagian software Camtasia atau ke Facebook Group SUBMITClimb.

3. Screencast-O-Matic (bisa digunakan untuk Mac dan Windows)

Screencast-O-Matic juga salah satu software yang menurut saya paling banyak digunakan, mengingat software yang satu ini bisa berjalan di sistem windows dan Mac. Jujur saya secara pribadi jarang menggunakan Screencast-O-Matic untuk kegiatan perekam layar monitor dan juga editing video, karena saya sangat mengandalkan dan lebih sering menggunakan Camtasia.

Screencast-O-Matic bisa merekan seluruh aktifitas di layar komputer Anda dan juga webcam. Software ini juga memungkinkan Anda untuk meng-upload video Anda ke YouTube secara langsung dan juga pilihan yang lain misalnya ke server Screencast-O-Matic.com atau ke data lokal yang ada di komputer Anda.

Meskipun software ini bisa digunakan secara gratis. Sayangnya untuk versi gratisnya video yang Anda buat akan ada watermark logo mereka. Keuntungan dari software Screencast-O-Matic yang versi berbayarnya tidak terlalu mahal jika kita bandingkan dengan software lain. Sedangkan untuk versi gratisnya Anda bisa merekam video lebih dari 15 menit.

4. Bandicam (Windows)

Menurut saya ini software wajib ada di masing-masing komputer orang yang menggunakan sistem windows dan yang senang bermain game.

Dengan semakin meningkatnya penonton video di internet. Software screen capture ini cocok dan ada fitur untuk gamecasting. Untuk Anda yang bekerja di bidang kreatif, software ini sangat bermanfaat untuk Anda.

Ingin membuat tutorial apapun atau webinar, 144 frame per detik dengan resolusi 4K akan membuat konten Anda lebih baik dari video yang lain. Bandicam mampu menghasilkan video dengan kualitas yang baik. Meskipun kebanyakan software yang sejenis mempunyai interface yang modern, terlihat keren dan mungkin sangat kompleks. Software ini mempunyai tampilan yang sangat sederhana tetapi bisa menghasilkan video dengan kualitas yang sangat baik. Sayangnya software ini tidak dilengkapi dengan video editor bawaan seperti software video yang lainnya. Saya punya versi jamunya, jadi silahkan mengunduh di tempat yang biasanya saya letakkan.

5. ScreenFlow (hanya untuk Mac)

Telestream ScreenFlow dirancang khusus untuk mereka yang menggunakan Mac, ini adalah software yang bagus untuk pengguna Mac. Menurut saya meskipun software ini memiliki tampilan yang minimalis, menurut saya Anda masih harus belajar untuk bisa menggunakan software ini dengan lebih leluasa.

Sejauh ini menurut saya yang paling berharga dari tool Telestream ScreenFlow adalah stock media library nya yang memiliki lebih dari 500.000 gambar, klip audio, dan video (beberapa dalam format 4K) untuk memberikan efek profesional sheen di hasil screen recording Anda. Untuk bisa mengakses media library Anda Anda diharuskan membayar biaya sekitar $60 untuk per tahunnya. Apakah biaya ini murah atau mahal bagi Anda, itu bergantung dari keuangan dan kebutuhan Anda. Sebetulnya Anda bisa menggunakan Camtasia di Mac.

Fitur lain yang juga sangat bagus menurut saya adalah kemampuan untuk merekam desktop Anda pada resolusi retina (i.e., very high resolution) serta beberapa pilihan templating yang sangat membantu untuk mengurangi waktu produksi.

Tool style dan template akan membantu Anda untuk mengelompokkan settings dan komponen video sehingga bisa diterapkan hanya dengan beberapa klik saja. Dengan Style, Anda bisa save audio atau visual setting pilihan Anda seperti color filter atau drop shadow untuk segment video. Template akan memungkinkan Anda untuk menyisipkan (insert), mengatur, dan mengkonfigurasi grup elemen, seperti branded intro atau outro, text placeholder dan background musik.

6. Open Broadcaster Software (OBS Studio)

Ini adalah software yang sepenuhnya gratis karena bersifat open source dan multi-platform. Software ini bisa digunakan untuk Windows, OSX dan Linux/GNU. Menurut saya tampilannya sangat-sangat sederhana sekali. Sayang banget kalau saja tampilannya bisa dibuat lebih keren lagi pasti yang menggunakan software ini akan merasa lebih puas.

Meskipun sederhana bukan berarti kemampuan dari software ini biasa saja. Software ini mempunyai kelebihan dibandingkan dengan software berbayar lainnya yaitu bisa streaming/live broadcast.

Memilih dan Menggunakan Software Screen Recording Terbaik

Jika kita bisa menemukan dan menggunakan software screen recording yang bagus dan cocok untuk kita, ini akan menghemat waktu kita untuk mulai membuat konten-konten yang akan kita bagikan kepada audiens kita. Pastikan Anda sudah mengetahui siapa target audiens Anda sehingga Anda bisa memilih dan menggunakan software yang tepat. Semua daftar software yang kami cantumkan di sini adalah gratis atau dengan trial versions. Jadi silahkan mencoba dan kemudian pilih mana yang paling cocok untuk Anda gunakan. Meskipun kami juga menyediakan software ini dalam versi jamu (full version versi tanpa harus membayar untuk Anda gunakan sebagai uji coba) kami menyarankan Anda untuk membeli software ini secara resmi melalui website resmi mereka.

Disclaimer: PERTAMA: Di dalam artikel ini, SUBMITClimb hanya memberikan sebuah informasi yang berhubungan dengan cara merekam layar monitor dengan menggunakan komputer atau laptop. SUBMITClimb sama sekali tidak bertanggung jawab dengan resiko apapun yang berhubungan dengan pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pihak-pihak lain. Selain itu Setiap software yang diunduh tanpa seijin pemiliknya atau tanpa membayar sudah dipastikan adalah sebuah pembajakan software. Meskipun mungkin peluang terkena masalah hukumnya sangat kecil, SADARLAH bahwa resiko terkena hukuman itu akan selalu ada. KEDUA: Perlu Anda ketahui bahwa semua software Screen Recorder yang kami sebutkan di daftar ini tidak boleh digunakan untuk meng-capture video dan audio stream yang dilindungi.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link
tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online
dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan
online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem
pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top