skip to Main Content
Software Alternatif Selain Photoshop Yang Bisa Anda Gunakan

Software Alternatif Selain Photoshop Yang Bisa Anda gunakan

Photoshop adalah program yang sangat powerful dan juga terkenal sangat mahal. Sebenarnya ada program yang sama seperti photoshop  yang bisa Anda gunakan secara gratis dan juga ada yang berbayar dengan harga yang sangat murah. Anda bisa mencoba beberapa Software Alternatif Selain Photoshop yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto. Anda bisa belajar lebih banyak dari beberapa alternatif photoshop yang sangat populer yang ada di bawah ini:

Aplikasi Pengolah Gambar Selain Adobe Photoshop (GRATIS)

#. GIMP.

GIMP atau Gnu Image Manipulation Program adalah program yang mirip seperti Adobe Photoshop, sangat terkenal di kalangan pengguna linux, jika sistem Anda menggunakan Linux maka program ini adalah solusi untuk Anda. Selain itu GIMP juga tersedia untuk sistem OS X, Windows dan masih banyak yang lainnya. Meskipun fiturnya tidak sebanyak dan sehebat photoshop tetapi program ini mampu membantu Anda untuk mengedit foto Anda dengan mudah dan profesional.

#. Adobe Photoshop Express

Adobe Photshop Express adalah software gratis dari Adobe yang bisa Anda gunakan juga untuk mengedit foto. Dengan menggunakan program ini Anda bisa menggunakan fitur-fitur utama yang ada di photoshop. Bukan fitur tambahannya ya.

#. Paint.NET

Jika Anda pernah menggunakan program paint bawaan windows Anda pasti akan terbiasa juga dengan program yang satu ini PAINT.NET. Program ini pada awalnya adalah dikembangkan untuk program Paint windows yang lebih maju dan memiliki fitur dari program windows hanya saja lebih bagus. Anda juga bisa menginstal plugin yang dikembangkan oleh komunitas pengguna yang menyukai dan mendukung platform ini. Programnya mudah untuk digunakan, Anda bisa mencobanya.

#. Seashore

Jika Anda adalah pengguna Mac dan merasa banyak software yang bukan untuk Mac, jangan khawatir. Seashore adalah program pengedit gambar open source untuk pengguna Mac. Program ini menggunakan pemformatan yang sama seperti program GIMP, ya bisa saya katakan alat ini serupa seperti yang ditawarkan pada program GIMP. Pokoknya mudah untuk Anda gunakan

  • Supported Platforms: Mac OS X
  • Key Features: Layers, Alpha channel support, gradients, transparency, Anti-aliased brushes and Plugin support.
  • Supported File Formats: JPEG, PNG, TIFF, XCF.
  • Price: Gratis.


 
#. Pixlr

Jika Anda bisa online dan senang untuk menggunakan aplikasi secara online mungkin Anda bisa mencoba Pixlr. Pixlr adalah software pengedit gambar berbasis website terbaik yang bisa Anda gunakan. Tampilan yang bagus bisa saya katakan mirip dengan photoshop dan memiliki fitur yang sangat lengkap. Memang ada beberapa kelemahan jika Anda menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda harus selalu terhubung dengan internet jika ingin menggunakan aplikasi ini.

#. Acorn

Acorn adalah salah satu program untuk para pengguna Mac. Fitur dasarnya hampir sama dengan yang dimiliki oleh photoshop. Anda bisa mencoba program ini selama 14 hari. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya Anda bisa membeli program ini seharga $29.99. Menurut saya harganya jauh lebih murah ketimbang kita membeli photoshop.

#. PicMonkey

PicMonkey adalah salah satu program untuk mengedit gambar yang bisa Anda gunakan secara langsung dari browser Anda. Fitur yang dimiliki juga cukup handal. Program ini ada versi berbayar dan juga ada versi gratisnya. Tapi saya kurang suka program yang harus dijalankan secara online.

#. Apple Aperture

Dari namanya saja saya yakin banyak yang mengetahui kalau program yang satu ini dikembangkan oleh Apple khusus untuk para pengguna Apple. Program ini banyak digunakan oleh para fotografer, memang lebih banyak yang menggunakan photoshop. Memang tidak semua fitur yang ada di Photoshop ada di dalam program ini. Saya yakin fitur yang ada di program ini pasti bisa membuat para penggunanya puas.

#. Canva

Canva adalah aplikasi yang baru menurut saya. Saya pernah dihubungi oleh mereka untuk memasukkan ke dalam daftar artikel yang saya buat. Aplikasi ini masuk dalam kategori aplikasi web yang bisa Anda gunakan secara online. Anda bisa menggunakan template yang mereka sediakan atau membuatnya sendiri.

Apakah ada alternatif Adobe Photoshop yang Anda gunakan yang belum saya sebutkan di sini? Jangan ragu-ragu untuk membagikannya di bagian komentar yang ada di bawah ini.

Back To Top