skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Sejarah Search Engine

Sejarah Search Engine

Era Spam

Pada Tahun 1997 – 1999 adalah waktu disaat mesin pencari atau Search Engine baru saja terlahir pada era internet. Satu-satunya teknik yang digunakan pada waktu itu adalah pendaftaran pada mesin pencari atau Search Engine. Waktu itu adalah masa jayanya para spammer. Pada Jaman itu sangatlah mudah untuk mendapatkan rangking website yang tinggi dengan cara spamming. Situs-situs berisi spam dengan kata kunci tersembunyi, penjejalan meta tags digunakan untuk mendapatkan ranking yang tinggi. Saat ini, teknik Black Hat atau topi hitam tersebut tidak berfungsi lagi, tetapi masih dapat ditemukan pada beberapa situs yang optimistik. Sangat disayangkan bahwa perusahaan – perusahaan seperti ini masih menawarkan 1000 pendaftaran pada mesin pencari, yang tidak lagi diterima oleh Mesin – mesin Pencari atau Search Engine. Namun, pada waktu itu Yahoo sangatlah sulit untuk spam karena Yahoo merupakan direktori yang diindex oleh manusia.

Sejarah Search Engine

Via: wordstream.com

Faktor off-page (diluar halaman):

Pada tahun 1999 mesin pencari atau Search Engine memperkenalkan faktor off-page. Yaitu merupakan halaman-halaman ber-link menurut ketenaran suatu link. Hal ini menjadi sangat dikenal diantara mesin – mesin pencari. Faktor “off-page” menjadi bebas dari pengaruh spammer.

 

Tetapi mereka menjadi terpukul dengan adanya “linkfarm” (ladang link). Link farm menikmati ketenaran atau mendapat keuntungan yang baik bahkan sampai saat ini, sekarang mesin – mesin pencari atau Search Engine tidak peduli tentang berbagai macam halaman – halaman link saat merangking sebuah halaman.

Google:

Google adalah mesin pencari atau Search Engine nomor 1 di dunia. Mesin pencari atau Search Engine ini menjadi sangat dikenal pada Tahun 2000 – 2002. Yang mengusai pasar sekitar 70%. Google memiliki fitur – fitur tingkat lanjut seperti pencarian file PDF, file SWF, dan lain sebagainya. Tidak ada yang menawarkan sekian banyak alat – alat dan layanan seperti yang dilakukan Google. Mesin pencari atau Search Engine ini juga memperkenalkan Google Sitemap untuk mempercepat proses penyusuran. Google Analytics untuk menentukan darimana pengunjung berasal, jumlah link inbound dan outbound, keyword yang paling sering anda cari, dan lain-lain. Baru saja Google meluncurkan Page Creator.

Konsolidasi Global:

Pada tahun 2002 dan 2003, perombakan besar terjadi di mesin – mesin pencari: pada era ini Google membeli Blogger.com, Yahoo membeli Intktomi, Altavista dan semua web.

Pemasaran Search Engine Saat Ini:

Masyarakat masih membeli software pendaftaran otomatis untuk mendaftarkan situs, yang saat ini sudah tidak menyebabkan peningkatan pada ranking. Pemasaran mesin pencari memerlukan pendekatan yang lebih terintegrasi untuk meningkatkan isi dari suatu situs, kualitas, pembangunan link, dan lain sebagainya. Sebetulnya tidak ada metode spam yang dapat berfungsi. Spamming juga disebut sebagai “black hat” di SEO (tidak disenangi Search Engine). Pembuatan backlink yang natural dan organik, optimisasi konten, riset kata kunci, dan penempatan, dan lain sebagainya adalah cara terbaik dalam optimisasi mesin pencari atau Search Engine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top