skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Riset Keyword Menggunakan Ahrefs Untuk Website

Riset keyword menggunakan Ahrefs untuk Website

Halo selamat datang di SUBMITCLimb, di Artikel sebelumnya kita sudah sama-sama mempelajari tentang Cara Riste Keyword dengan KWFInder. Dalam panduan kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan kita tentang riset keyword menggunakan ahrefs, tool berbayar yang sangat populer di dunia. Di dalam panduan ini, saya akan menjelaskan apa itu ahrefs dan mengapa keyword tool yang satu ini juga sangat penting untuk Anda gunakan.

Memang kalau kita cari di internet ada begitu banyak SEO tools yang bisa digunakan untuk membantu Anda melakukan riset keyword. Sebenarnya, fungsi utama dari semua keyord tools itu menurut saya sama semua, tetapi masing-masing tools itu mempunyai kelebihan dan juga kekurangan.

Ahrefs adalah tool SEO yang paling banyak digunakan oleh para profesional untuk melakukan riset dan juga pengecekan optimasi SEO website.

Apa itu Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu dari sekian banyak digital marketing analysis tool yang paling sering dan direkomendasikan oleh para profesional.

Ahrefs merupakan powerful SEO research yang sudah terbukti kehandalannya untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan SEO. Ahrefs melakukan crawls website, menyimpan banyak data yang ada di internet, dan kemudian membuat semua data itu mudah di akses oleh siapa saja melalui halaman websie mereka. Pasti semua itu akan mempermudah Anda untuk melakukan riset analisis kompetitif, riset keyword, riset backlink, memahami sebuah konten, melakukan pelacakan peringkat sebuah website dan sekaligus memonitoring atau memantau sebuah website.

Ini memang tool yang sangat powerful, dan seperti yang bisa kita lihat langsung dari website mereka, pada saat video ini di buat di sana dikatakan “Dengan menggunakan Ahrefs, Anda tidak harus menjadi seorang SEO profesional (SEO Pro) untuk bisa mendapatkan peringkat website yang baik di mesin pencari”.

Sangat menarik ya!

Apakah ini benar? Menurut saya ini benar, tetapi semua itu kembali lagi bergantung kepada diri Anda, konten yang Anda buat dan juga faktor lain yang bisa mempengaruhi peringkat sebuah website muncul di mesin pencari. Tetapi secara keseluruhan tool ahrefs ini memang sangat powerful dan sesuai dengan apa yang mereka katakan, bahwa Anda tidak perlu menjadi seorang Seo yang pro untuk merangking sebuah website di mesin pencari.

Fitur – fitur Ahrefs

Apa saja sih fitur – fitur yang mereka tawarkan kepada kita kalau kita menggunakan ahref? Sebenarnya tool yang mereka tawarkan sangat banyak dan sangat luar biasa, dan tidak mungkin akan saya jelaskan semuanya satu persatu di dalam panduan ini, pada intinya, ahrefs melakukan pekerjaannya dengan sangat luar biasa dan tool mereka sendiri sudah cukup jelas dan mudah untuk kita gunakan.

1 Site Explorer

Site Explorer ini merupakan tool utama yang dibanggakan oleh ahrefs, tool ini mempunyai fungsi mencari dan memata-matai backlink yang ada di website pesaing atau yang ada di website kita.

Riset keyword menggunakan Ahrefs Site Explorer

Ahref Site Explorer sebenarnya penggabungan dari berbagai macam SEO tools yang akan membantu kita mendapatkan semua data penting yang berhubungan dengan SEO, dan semua itu bisa Anda dapatkan hanya di ahrefs

  • Organic traffic research – ini akan membantu Anda untuk bisa mengetahui keyword-keyword apa saja sih yang bisa kita gunakan dari website pesaing kita.
  • Backlink checker – fitur ini juga merupakan fitur penting yang paling sering dilihat orang, jadi Anda bisa mengetahui ada berapa sih backlink di website pesaing Anda dan kemudian Anda juga bisa menggunakan atau membuat backlink yang sama yang menuju ke website Anda. Tetapi biasanya tidak mudah, butuh waktu, keahlian dan biaya.
  • Paid traffic research – Anda juga bisa mengetahui apakah website pesaing Anda menggunakan paid traffic apa tidak.

2 Keyword Explorer

Dengan menggunakan tool ini Anda bisa menemukan banyak sekali ide-ide keyword yang nantinya bisa Anda gunakan di dalam website Anda, ahref juga bisa membantu menganalisa traffic yang menuju ke website yang Anda miliki atau website pesaing Anda.

Ahrefs Keywords Explorer

Backlink Data

Backlink merupakan bagian terpenting untuk sebuah website, jika Anda ingin mengetahui jumlah backlink yang ada di sebuah website tertentu Anda cukup memasukkan alamat URL websitenya ke dalam site explorer ahref dan hanya dalam beberapa menit saja Anda sudah bisa mendapatkan semua data dan metrik SEO lain yang akan berguna untuk membantu Anda meningkatkan popularitas sebuah website di mesin pencari.

Content Explorer

Untuk bisa mengetahui konten apa saja yang bagus dan masuk dalam social buzz, jumlah backlink dan juga traffic pencarian organik yang baik dengan menggunakan tool ini. Selain itu tool ini juga bisa membantu Anda mengetahui konten apa saja sih yang menautkan link ke website Anda.

Rank Tracker

Tool ini membantu Anda untuk mengetahui peringkat website Anda untuk keyword-keyword apa saja yang merangking di mesin pencari yang menggunakan mobile atau desktop, Anda bisa mengetahui dari mana saja mereka yang mengunjungi website. Pokoknya tool ini sangat mudah digunakan dan dipahami oleh Anda yang baru pertama kali menggunakannya.

Harga untuk menggunakan Ahref

Satu hal yang membuat berbeda ahrefs dengan yang lainnya adalah mereka tidak mempunyai paket untuk free tial, jika Anda ingin menggunakan free trial maka Anda akan dikenakan biaya sebesar $7 selama tujuh hari, berarti satu hari $1. Tetapi dengan harga itu, ini sudah sangat cukup bagi Anda untuk melakukan riset secara menyeluruh karena hanya dengan $7 Anda sudah bisa menggunakan semua fitur yang ada di ahrefs.

Harga yang diberikan ahrefs mungkin hampir sama seperti yang diberikan oleh SEMrush.com, sekitar $99 untuk setiap bulannya, atau kalau Anda ingin memilih paket yang langsung satu tahun, Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada Anda harus menggunakan biaya bulanan.

Tetapi semua kembali kepada Anda, apakah Anda ingin menggunakan tool ini atau ingin menggunakan tool lainnya yang lebih murah atau yang gratis saja.

Panduan Gratis Cara Menggunakan Ahrefs

Sekarang saya ingin menunjukkan satu hal penting kepada Anda adalah bahwa ahrefs mempunyai halaman kursus khusus yang akan membantu Anda memahami semua hal tentang ahrefs. Kursus gratis ini akan membantu Anda cara menggunakan semua aspek dari tool merea, dan panduannya ini sangat mendalam sekali. Jadi jika Anda ingin menggunakan tool ini, saya menganjurkan Anda untuk mengunjungi langsung halaman kursus gratis mereka ini.

Cara Riset keyword dengan Ahrefs

Saya tidak mengharuskan Anda untuk menggunakan keyword tool ini karena ini adalah keyword tool yang berbayar dan tidak ada free trialnya. Untuk bisa menggunakan keyword tool ini, kita harus membayar $7 untuk tujuh hari (seminggu), jadi kalau kita kurskan Rp.10.000 maka satu harinya kita hanya akan dikenakan biaya $1 saja atau Rp.10.000 saja. Ini termasuk murah dan dengan $7 kita sudah bisa merasakan semua fitur yang di miliki oleh Ahrefs.

Harga paket Ahrefs

Di dalam contoh video ini, saya menggunakan akun $7, untuk tujuh hari masa uji coba, untuk menunjukkan kepada Anda seberapa hebat sih tool yang satu ini sampai-sampai sekarang ini dia tidak mempunyai Free trialnya.

 

Saya akan mulai saja dengan memilih dan menggunakan keyword explorer yang bisa Anda pilih di bagian atas menu website dan kemudian kita akan menggunakan keyword yang sudah saya pilih. Anda juga bisa memasukkan beberapa kata kunci sekaligus ke dalam kotak ini, tetapi di sini saya hanya akan menggunakan satu kata kunci “coffee roasting”.

coffee roasting dengan Ahrefs

Setelah kita memasukkan kata kuncinya, kita langsung bisa melihat hasil pencarian yang sangat luar biasa, kita langsung bisa melihat tingkat kesulitan keyword ini di mesin pencari, dan Ahref juga memberikan perkiraan berapa backlink yang Anda butuhkan untuk bisa merangking di keyword ini, Ahref memberik perkiraan sebanyak 17 link yang menuju website Anda agar bisa masuk dalam peringkat sepuluh besar di mesin pencari untuk kata kunci ini. Pasti tidak terlalu sulit untuk mendapatkan backlink sebanyak itu.

Kita juga bisa melihat search volume, seberapa banyak klik yang akan kita dapatkan untuk Paid atau Oraganik traffic, pencarian Global volume. Di sini kita juga bisa melihat parent topik dan juga hasil pencarian yang merangking di nomor satu dan masih banyak ide lainya untuk kata kunci yang akan kita gunakan ini.

Di sini kita juga bisa mendapatkan istilah yang sama (having same term), Question, dan kita juga bisa melihat website lain yang merangking dengan topik ini, dan juga termasuk kata kunci yang baru ditemukan di topik ini, dan gambar grafik ini, mungkin trend yang sedang berkembang saat ini yang bisa Anda ikuti.

Di sini kita juga bisa melihat position history, semua hasil pencarian yang ditemukan oleh mesin pencari, dan pada bagian menu yang berada dibagian kiri Anda, di sini Anda bisa menggali lebih dalam lagi misalnya kita akan memilih Phrase match sebagai contoh, semua informasi yang kita dapatkan ini sangat kaya, dan bisa membuka ide baru ketika Anda mulai berpikir bagaimana Anda bisa menyelaraskan dan membuat konten Anda dengan upaya SEO yang akan Anda lakukan.

Phrase match Ahrefs

Menganalisa Website Pesaing dengan Ahrefs

Dengan menggunakan Ahrefs kita juga bisa menganalisa sebuah website, biasanya cara ini di kenal dengan Menganalisa Website Pesaing. Ahrefs punya punya fitur hebat yaitu kumpulan data komprehensif yang akan memungkinkan Anda untuk melihat apa saja yang dilakukan oleh pesaing Anda.

Sebagai contoh di sini saya akan menggunakan site explorer dan kemudian saya akan memasukkan domain Lynda.com kemudian klik search. Ini hanya sebagai contoh saja.

menganalisa website pesaing kita dengan ahrefs

Tidak lama setelah kita mengklik search kita bisa melihat data yang diberikan dari waktu ke waktu, kita bisa melihat backlink, reffering domains, jumlah organik keyword yang di rangking, dan perkiraan nilai jumlah traffic yang akan di dapat.

Kita juga bisa melihat trend untuk traffic dari waktu ke waktu serta pola pencarian, kita juga bisa melihat kata kunci yang mereka rangking. Dan masih banyak data lainnya yang bisa kita pelajari untuk meningkatkan peringkat kita di mesin pencari.

Dan kalau kita lihat di menu bagian kiri, Kita bisa mengetahui halaman teratas mereka (top pages), top sub domain dan kita juga bisa melihat backlink internal yang mereka buat dan masih banyak lainnya.

Saya tidak bisa memberitahu Anda semua hal tentang keunggulan tool yang satu ini. Saya yakin ini sangat mudah untuk dipelajari sendiri oleh siapapun termasuk Anda. Saya hanya ingin memberitahu kepada Anda, apakah dengan menggunakan tool seo seperti ini bisa membantu kita untuk meningkatkan SEO website kita?

Saya akan jawab ya, tetapi semua kembali lagi dari cara kerja Anda masing-masing. Jadi Anda bisa mempertimbangkan sendiri, apakah saya harus menggunakan tool yang berbayar atau yang gratis saja?

Jika Anda ingin menggunakan Ahref tetapi tidak ingin menggunakan paket bulanan yang mereka tawarkan, Anda bisa menggunakan pilihan Free trial selama tujuh hari dengan harga $7.

Buat saya menggunakan tool ini selama tujuh hari untuk melakukan penelitian SEO sudah jauh lebih daripada cukup. Dengan menggunakan tool berbayar seperti ini Anda bisa menganalisa website pesaing Anda dan mempraktekkan startegi yang sama atau mencari kelemahan mereka dan kemudian meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari.

Silahkan kunjungi halaman ini untuk mengetahui keyword tool gratis dan berbayar yang bisa Anda gunakan kapan saja untuk melakukan riset keyword, membuat laporan dan mengaudit backlink, melihat rangking website, analisis kompetitif dan masih banyak kegunaan lainnya.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Riset Keyword Menggunakan Ahrefs ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb

Pelajari juga:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top