Perbedaan WordPress.org Dan WordPress.com

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com





Hampir semua Orang yang baru mulai mengenal dan ingin membuat website dibingungkan dengan Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com dan pertanyaan inilah yang akan selalu muncul dalam pikiran mereka, mana yang lebih bagus kita gunakan untuk membuat website? Self Hosted WordPress.org atau lebih baik menggunakan WordPress.com yang Gratis? Meskipun keduanya sama-sama milik WordPress tetapi ada perbedaan yang sangat jauh menurut saya terutama dari segi kebebasan dan fitur.

Dalam beberapa menit kedepan kami akan membantu Anda menjelaskan perbedaan WordPress.org dan WordPress.com secara berdampingan kiri dan kanan agar hal ini bisa membantu Anda untuk mudah melihat dengan jelas perbedaan dari keduanya. Kami juga akan memberitahu Anda pada akhir artikel yang mana sebaiknya yang Anda pilih (berdasarkan kebutuhan Anda)

WordPress.org Benefits

  • Ini Free dan super duper mudah untuk menggunakannya.
  • Data yang Anda masukkan ke dalam website sepenuhnya milik Anda. 100% Anda akan sepenuhnya yang akan mengontrol website Anda karena itu memang website Anda.
  • Anda bisa upload dan menggunakan berbagai macam plugin
  • Anda bisa mengupload custom themes, memodifikasi file theme jika Anda memerlukannya.
  • Anda bisa mendapatkan uang dari website atau blog yang Anda bangun dengan mamasang iklan Adsense, Affiliate atau iklan-iklan lain yang ingin Anda pasang di website Anda.
  • Anda bisa memasang Google Analytics atau Visitor counter.

Kelemahan WordPress.org

  • Seperti website-website pada umumnya kita sangat membutuhkan hosting yang baik untuk menempatkan file-file website kita. Ini akan sedikit memakan biaya sekitar $3 – $7 per bulan (semakin besar website Anda akan semakin besar juga cost yang akan Anda keluarkan) tetapi saya yakin jika website Anda besar uang yang Anda dapatkan dari website Anda juga besar pastinya
  • Anda harus rajin-rajin untuk update dan upgrade file WordPress Anda sendiri. Untungnya ini sangat mudah sekali, hanya cukup dengan 1 klik saja.
  • Anda bertanggung jawab untuk file-file Anda sendiri, oleh karena itu Anda harus backup file Anda paling sedikit 1 bulan 1 kali. (atau Anda bisa menggunakan WordPress Backup Plugin dari backupbuddy)
  • Anda bertanggung jawab untuk menjaga SPAM, tetapi jika Anda mengakitfkan akismet maka Anda tidak perlu khawatir soal SPAM. (Ada versi berbayar dan Gratis) atau bisa juga install Anti-spam by webvitaly.

WordPress.com Benefits

  • Gratis sampai 3GB. Jika melebihi dari itu kita diharuskan untuk membayar sekitar ($19.95 setahun hanya untuk 5GB atau $289.97 pertahunnya untuk 100GB)
  • Anda tidak perlu membackup file Anda sendiri karena WordPress akan rutin membackup file Anda.

Kelemahan WordPress.com

  • Mereka meletakkan iklan di semua situs web gratis yang dibuat. Jadi bisa kita katakan itu benar-benar bukan gratis karena ada iklannya. Jadi jika Anda ingin di website Anda tidak ada iklannya maka Anda harus membayar mereka $29.97 per tahun untuk menjaga website Anda bebas dari iklan.
  • Anda sama sekali tidak boleh memasang iklan di website yang Anda buat, kecuali Anda mempunyai pengunjung sebanyak 25.000 setiap bulannya. Anda bisa mencoba untuk menggunakan Ad control milik mereka tanpa dikenakan biaya, tetapi Anda harus membagi hasil pendapatan Anda dengan mereka sebesar 50/50 *Aduuh*
  • Anda tidak bisa menggunakan plugin khusus.
  • Anda tidak bisa menggunakan theme khusus. Anda hanya bisa menggunakan theme yang ada di Gallery mereka saja. Anda akan dikenakan biaya sekitar $30 pertahun untuk bisa mengubah warna website Anda, itu tidak termasuk permintaan kustom khusus.
  • Anda tidak bisa memasang Google Analytics dan juga Statcounter.
  • Mereka bisa menghapus website Anda kapan saja mereka mau jika memang itu benar-benar melanggar Persyaratan Layanan.
  • Mereka bisa mengubah theme website Anda tanpa pemberithuan.
  • Jika kita membayar mereka untuk UpGrade website kita ke versi yang berbayar, mereka (WordPress) tetap meminta kita untuk mencantumkan kata – kata ini: powered on WordPress.com di bagian bawah website kita.

Apakah sekarang Anda sudah melihat perbedaan yang sangat jelas dari keduanya? dan sudah yakin kalau WordPress.org lebih menguntungkan Anda?

Jadi bisa dikatakan yang Gratis sebenarnya belum tentu semuanya Gratis dan Bebas!

Jika saat ini Anda sudah mempunyai blog atau website di wordpress.com dan ingin beralih untuk menggunakan WordPress.org berikut ini adalah tutorial tentang bagaimana kita bisa memindahkan blog Anda dari wordpress.com ke wordpress.org.

Seperti yang sudah kami jelaskan dalam artikel sebelumnya Cara Membuat Website dengan WordPress. WordPress.org adalah layanan selft hosted, apa itu maksudnya? Ini mengartikan website yang Anda miliki adalah milik Anda sepenuhnya dilahan (tanah) yang Anda miliki sendiri.

WordPress.com adalah layanan hosted, apa maksudnya? Ini mengartikan website yang Anda miliki lahannya (tanahnya) bukan milik Anda sendiri, Anda membangun sebuah website dilahan orang lain (WordPress.com)

WordPress Sangat Populer

WordPress baik itu hosted maupun self-hosted memang sangat populer, saat ini WordPress berada dalam urutan no satu sabagai CMS yang paling banyak digunakan dari pada CMS lain. Bahkan banyak orang yang tadinya menggunakan CMS lain pindah untuk mulai menggunakan WordPress.

WordPress Mudah dibuat.

Jika Anda ingin membuat website dengan WordPress.com Anda hanya cukup memiliki email saja untuk proses pendaftaran di website resmi WordPress.com kemudian mulai mengisikan data-data pendaftaran yang mereka minta.

Get Started WordPress

pilih nama domain wordpress



Untuk membuat website dengan WordPress.org memang sedikit agak sulit dan rumit dibandingkan kita menggunakan WordPress.com, karena di WordPress.org Anda perlu menyiapkan beberapa hal sebelum memulainya. Tenang saja ini tidak serumit yang kami katakan, selain itu kami juga siap untuk membantu Anda jika Anda bingung atau kesulitan untuk setup website WordPress Anda.

Mana yang lebih baik WordPress.com VS WordPress.org

Jika Anda adalah seorang blogger yang tidak perduli dengan penghasilan uang dari website Anda maka Anda sebaiknya menggunakan WordPress.com. tetapi jika Anda adalah seorang blogger yang pekerjaan utama atau penghasilannya dari website yang Anda miliki atau website menjadi jalan hidup Anda maka menggunakan self hosted wordPress.org adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Seringnya banyak orang yang mengatakan WordPress self-host butuh uang untuk biaya hostingnya dan domain. Sebenarnya biayanya untuk membangun website ini sangat kecil dan murah.

Mari kita lihat hitung-hitungannya, katakanlah saat ini Anda sedang menggunakan WordPress.com, kemudian belakangan Anda ingin upgrade dengan membeli domain di tempat mereka ($17 per tahun), kemudian Anda membayar lagi untuk menghilangkan iklan dari website Anda sebesar $30 per tahun) dan Anda juga upgrade untuk bisa memasukkan kostum desain ($30 per tahun) kira-kira total yang harus Anda keluarkan adalah $76,97, dan Anda masih belum sepenuhnya memiliki website itu. *Mau seperti ini?* (kalau saya mah ogaaaah).

Untuk WordPress.org, Anda diharuskan membeli domain dan hosting. Untuk hosting Anda bisa menggunakan penyedia hosting yang saya rekomendasikan ini:

  1. BlueHost (WordPress secara resmi merekomendasikan BlueHost)
  2. HostGator
  3. HawkHost
  4. Stablehost
  5. Siteground

Katakanlah kita memilih Bluehost, biayanya sekitar $3,95 per bulan sehingga kalau kita langsung berlangganan selama 1 tahun kira-kira $47,4 pertahunnya, ini sudah termasuk nama domain di Bluehost. Saya biasanya nama domain saya pisah. Atau katakanlah Anda ingin menggunakan jasa penyedia hosting dari HawkHost, disana Anda juga akan dikenakan biaya yang sama atau hampir sama tetapi Anda belum mendapatkan Domain bedanya hanya itu saja. Saran saya gunakan dan tempatkan nama domain yang terpisah dari penyedia jasa hosting. Sebagai informasi saja, Anda bisa membeli domain seharga $11 di GoDaddy atau NameCheap. Total dari pengeluaran Anda mungkin hanya sekitar $58.4 untuk satu tahun dan Anda akan memiliki kontrol penuh atas website Anda.

Berikut ini adalah Panduan langkah demi langkah tentang cara untuk memulai sebuah blog WordPress.

Apakah salah satu dari keduanya sangat mudah untuk kita gunakan? Nggak. Tampilan dari kedua WordPress itu sangat mirip bisa saya katakan itu sama. Saya telah membuatkan video langkah demi langlah Cara Membuat Website dengan WordPress, dari video itu Anda bisa melihat tampilan dashboard dari keduanya. The final choice is always yours

Kami selalu dan ingin sekali menyarankan Anda semua untuk menggunakan WordPress.org, sehingga Anda bisa membuat website Anda dan memiliki kendali penuh dari situs Anda. Selain itu dengan menggunakan WordPress.org website Anda juga akan terlihat lebih professional.

Sekali lagi Kami berharap Anda suka dengan semua penjelasan kami tentang Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com. Jika Anda menyukai Artikel ini, pastikan untuk Share artikel ini di Twitter, Facebook, Linkedin, Google Plus atau website lain yang Anda sukai. (ofcourse with a credits link back to SUBMITClimb – preferably this article).

Ooh iya jangan lupa untuk subscribe YouTube Channel kami untuk melihat lebih banyak Tutorial Gratis.