Perbedaan Link Dofollow Dan Nofollow

Perbedaan Link dofollow dan nofollow

Setiap kali kita berbicara tentang search engine optimization, beberapa kata yang paling sering kita temui adalah “noindex”, “doindex”, “dofollow”, “nofollow”, “meta robots”, dan masih banyak yang lainnya. Semua kata itu memegang peranan yang sama pentingnya di dalam buku panduan SEO.

Dalam kesempatan kali ini saya ingin mencoba menjawab pertanyaan yang masuk melalui email dari salah satu teman saya yang ada di kalimantan barat. Apa sih yang dimaksud dengan dofollow link dan nofollow link?.

Bagi orang yang baru memulai SEO seperti saya pertanyaan ini akan sering diajukan, atau kita sudah sering mendengar kata-kata itu tetapi masih belum paham benar apa artinya dan juga perbedaan dari kedua kata itu. Semoga dengan adanya penjelasan yang ada di artikel ini akan sangat berguna dan bisa menjawab pertanyaan itu.

Yang Perlu Anda ketahui: Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow Link

Nofollow

Nofollow Link adalah sebuah link yang menggunakan atribut HTML nofollow yang digunakan untuk menginstruksikan atau memberitahu search engine untuk tidak mengikutsertakan hyperlink  atau backlink ke dalam index mesin pencari dan link target yang ditanam tidak mempengaruhi  saat proses kalkulasi baik itu jumlah maupun page rank (tidak seharusnya hal itu mempengaruhi peringkat target link dalam indeks mesin pencari ketika menemukan link itu)

Tujuannya untuk apa? Tujuannya adalah untuk mengurangi kemungkinan dari banyaknya orang yang menanam link untuk spam dan diharapkan hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas hasil pencarian (search engine) dan mencegah terjadinya spamdexing dari halaman pertama. Sebenarnya ini adalah konsep lama yang diperkenalkan oleh Matt Cutts dan Jason Shellen sekitar tahun 2005 (cukup lama ya).

Sebagai contoh dari kode nofollow link adalah:

<a href=”http://submitclimb.com/” rel=”nofollow”> Perpustakaan Online Pribadi </a>

Ingin Belajar Strategi Digital Marketing? Silahkan baca di sini.

Dofollow

Dofollow link adalah sebuah link atau backlink Anda yang menggunakan atribut HTML dofollow yang mengijinkan atau memungkinkan Google (termasuk semua mesin pencari) untuk mengikuti dan akhirnya menemukan website kita supaya diberikan index , link jus dan juga backlink. Jika ada seorang pemilik website yang memberikan backlink seperti ini kepada Anda maka backlink seperti ini sangat baik untuk website Anda. Dan cara terbaik untuk memberikan backlink kepada website seseorang adalah dengan menempatkannya di achor text.  Ini berarti ketika Anda terhubung dengan website atau halaman website lain, gunakan anchor text untuk target keywordnya.

Sebagai contoh dari kode dofollow link adalah:

<a href=”http://submitclimb.com/”>Strategi Digital Marketing </a>

Sebagai catatan: secara default semua hyperlink adalah dofollow. Jadi Anda tidak perlu melakukan apapun untuk membuat backlink do-follow.

Informasi tambahan penting:

Google memang pernah mengatakan mereka masih menghitung link nofollow sebagai link keluar dari website atau dari salah satu halaman website. Ini juga masih bergantung pada penempatan link tersebut, jika link nofollow ditempatkan di bagian bawah sebuah halaman katanya hal ini akan membawa efek yang kecil sedangkan jika link nofollow ditempatkan dihalaman atas sebuah website link ini akan membawa dampak yang besar juga.

Cara Membuat Link Dofollow dan nofollow link

Seperti yang saya sudah jelaskan di atas untuk memasang link dofollow kita tidak perlu menambahkan apa-apa karena secaea default link yang kita buat akan langsung menjadi dofollow link. Website atau blog dofollow dan forum dofollow menggunakan atribut HTML dofollow, link ini akan membantu Anda untuk meningkatkan website Anda dan salah satu backlink yang disukai mesin pencari. Link jus dari sebuah website atau forum yang memiliki PR bagus biasanya sangat bagus dan bisa membantu meningkatkan website Anda di mesin pencari. Khususnya jika Anda aktif di forum-forum besar yang mengijinkan untuk meletakkan dofollow link. Anda tidak hanya sekedar mendapat backlink yang berkualitas untuk situs Anda tetapi Anda juga akan mendapatkan traffic yang tertarget.

Berikut ini adalah beberapa daftar list backlink yang bisa Anda buat, website-website ini memiliki PR yang tinggi (sekarang PR sudah tidak bisa di lihat untuk umum, hanya internet Google saja) silahkan sign up di website itu dengan menempatkan link website Anda di bagian signature dan pastikan Anda aktif untuk berkomentar di forum-forum itu untuk mendapatkan backlink dan juga traffic.

  1. bersosial.com/forums
  2. Diskusi Web Hosting
  3. V7nForum
  4. Siteowners Forum
  5. Joomla Forum
  6. CNET Forum
  7. Mysql Forum
  8. Digital point Forum
  9. Affiliate Marketing Forum
  10. Site Point Forum
  11.  Warrior forum
  12. Deviantart
  13. File Sharing Forum
  14. Geek Village Forum
  15. HTML Forum
  16. MyGame Builder Forum
  17. PhpBB Forum
  18. Web-hosting Forum
  19. GardenWeb
  20. FileZilla Forum
  21. Antionline
  22. XDA developers forum
  23. What is my IP
  24. Ubuntu forums
  25. Audacity forum
  26. Chronicle Forum
  27. Photoshop designs
  28. Windows Forum
  29. Cheftalk forum
  30. Miui Android Forum
  31. Business Advice Forum
  32. IDPF

Berikut ini adalah Salah satu Video Cara Membuat Backlink di forum:


Dunia Tanpa no follow link adalah Spamalot

Memang, Kita hidup di dunia yang orang-orangnya tidak sempurna, dan seperti yang Anda ketahui, banyak sekali orang yang mengatakan diri mereka adalah para “ahli SEO”, ternyata mereka menjual backlink dengan teknik black hat, anehnya banyak orang yang mau membeli backlink semacam itu. Memang pada saat itu backlinknya aman, tetapi belakangan setelah Google melakukan bersih-bersih kena juga sama Google. Sebelum adanya atribut nofollow, membuat backlink sangatlah mudah guna meningkatkan peringkat halaman sebuah website.

Jika para pemain SEO black hat menemukan sebuah website dengan page rank yang bagus, ini bakalan seperti akan terjadi suatu bencana besar. Mereka hanya memikirkan link untuk SEO. Dan para pecinta dan pengguna black hat mungkin akan berlomba-lomba untuk membeli dan mendapatkan link itu sebanyak mungkin agar mendapatkan peringkat di mesin pencari.

Anda tahu backlink “blog comments?” menurut saya itu sebuah lelucon besar? Bagaimana tidak, mereka membuat backlink dengan memberi komentar yang tidak ada hubungannya? Komentar yang penuh omong kosong. Para pemain black hat merusak forum komentar dengan membuat link spam.

 

blog comments itu lelucon

 

Bahkan Wikipedia juga kena dampak serangan dari para pemain black hat ini. Banyak yang mencoba menyisipkan link mereka di ratusan halaman wikipedia.

Pada tahun 2005, untuk menghentikan serangan para spammers ini Google akhirnya memperkenalkan Atribut nofollow.

Bagaimana Cara Mengecek Link Dofollow atau Nofollow

Bagaimana Anda bisa membedakan antara link nofollow dan dofollow?

Jika Anda menggunakan Chrome, silahkan Tekan F12 atau blok anchor text atau linknya, kemudian klik kanan dan klik “Inspect” bisa juga menekan Ctr+Shift+I sampai di sini sebenarnya sudah bisa Anda lihat, tetapi supaya lebih jelas silahkan klik kanan link itu (yang di blok warna abu-abu atau warna lain, kemudian pilih “Edit as HTML”.

Jika Anda menggunakan Firefox, silahkan tekan Ctrl + U atau bisa juga klik kanan kemudian pilih “View page Source”.

Dari sana kemudian klik Edit > cari dan temukan untuk “nofollow” di kotak search box.

 

search nofollow link

 

Untuk cara terbaik yang lebih mudah dan yang takut melihat kode kode banyak, Anda bisa menggunakan ekstensi yang dibuat oleh para master Anda hanya perlu mencari dan mendownloadnya untuk Chrome dan Firefox, saat Anda telah menginstal ekstensi dan Add-ons Anda tidak perlu mencari link nofollownya karena sudah di kasih tanda dengan highlight dengan warna yang menonjol.

Add-ons untuk Firefox:
SEO Quake
Nodofollow
SearchStatus

Ekstension untuk Chrome:
NoFollow Simple
META SEO inspector