skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Penyedia Email Gratis Terbaik Dan Paling Banyak Di Gunakan

Penyedia Email Gratis Terbaik dan Paling Banyak di Gunakan

Email – Pemilik Bisnis Maupun Bukan email sangat penting untuk di miliki. Ini adalah cara berkomunikasi di zaman modern dengan semua orang baik di seluruh dunia. Emil memudahkan kita untuk bisa berkomunikasi dengan klien dan juga vendor.

Memang tidak soal siapa Anda, kita semua perlu mempunyai email untuk komunikasi. Tetapi yang menjadi peranyaan sekarang adalah Email apa yang akan kita gunakan karena ada begitu banyak sekali penyedia email gratis yang bisa kita temukan kalau kita mencarinya di Internet. Kita semua ingin memastikan untuk memilih dan menggunakan penyedia email gratis yang terbaik untuk kebutuhan kita.

Sebagai orang yang bekerja secara online saya memahami betul pentingnya email untuk usaha kecil yang sedang saya jalankan. Melalui artikel ini saya mencoba untuk membantu Anda untuk memilih dan berfokus kepada penyedia layanan email yang paling baik dan yang paling banyak digunakan oleh Orang, Yaitu Gmail.

Selain itu saya juga akan memberikan beberapa daftar email lain yang juga populer yang bisa Anda gunakan selain Gmail.

Ketika Anda ingin memilih sebuah email yang akan Anda gunakan, Anda perlu mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan email yang akan Anda gunakan dengan email layanan lain. Mengapa Anda harus memperhatikan kedua hal yang saya katakan itu?

Ini akan membantu Anda untuk mempermudah memilih layanan mana yang akan Anda gunakan. Memang setiap email account pasti memiliki keunggulan dan juga batasan storage yang diberikan. Selain itu tampilan (interface) email itu seperti apa, apakah mudah untuk menghubungkan email itu dengan perangkat lain contohnya aplikasi di Handphone dan di Tablet?

Sewaktu Anda hendak membuat email, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sehingga nanti akan mempermudah dan mempercepat Anda pada saat membuat email account baru.

  1. Siapkan nama Lengkap Anda
  2. Siapkan nama email yang ingin Anda gunakan
  3. Siapkan Alamat Email cadangan untuk pemulihan jika Anda lupa password
  4. Gunakan nama alternatif lain jika nama email yang Anda pilih sudah digunakan oleh orang lain.

Anda juga bisa menggunakan nama email dari bisnis Anda jika memang ingin digunakan untuk kepentingan dan urusan perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan.

Manfaat Email

Sebetulnya banyak sudah tahu tentang manfaat email, saya di sini hanya ingin mengulang dan mengingatkan saja tentang apa saja sih manfaat email:

  1. Mengirim Pesan
  2. Bermanfaat untuk komunikasi personal dan bisnis
  3. Email marketing

Definisi dari Email

Email adalah sebuah sarana untuk membantu Anda mengirim surat tanpa menggunakan perangko dan tanpa lewat kantor Pos, Anda mengirim surat melalui jaringan internet. Dalam bahasa Indonesia email di sebut dengan nama surel yang artinya surat elektronik.

Sejarah Singkat tentang Email

Konsep email yang pertama kali datang dari seorang karyawan Bolt Beranek dan Newman milik sebuah badan pertahanan di Amerika yang bernama Ray Tomlinson sekitar tahun 1971. Awal mulanya Ray melalukan sebuah eksperimen dengan menggunakan program komputer yang pada waktu itu di sebut SNDMSG, waktu itu program ini banyak sekali digunakan untuk meninggalkan pesan di sebuah komputer, Jadi kalau ada orang yang menggunakan komputer itu bisa melihat dan membaca sebuah pesan yang ditinggalkan.

Belakangan eksperimen yang dilakukan ini dilanjutkan dengan menghubungkan sebuah protokol CYPNET yang memungkinkan untuk mengirim pesan dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Eksperimen yang dilakukan ini berhasil dan ini adalah sebuah awal dari terciptanya apa yang sekarang ini kita gunakan dan kita sebut dengan email.

Sekarang kalian tidak hanya bisa menggunakan email tetapi juga mengetahui sejarah singkat dari terciptanya sebuah email yang sekarang kita gunakan. Selanjutnya saya akan sedikit mengulas apa saja yang harus Anda perhatikan saat akan memilih sebuah email, terutama dari beberapa fitur yang mereka miliki.

Beberapa Hal yang harus Anda perhatikan saat memilih penyedia layanan email.

Apapun email itu akan digunakan, entah untuk urusan bisnis atau personal ada beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan saat akan memilih menggunakan email, beberapa fitur yang harus Anda lihat adalah:

  1. Spam Filter: Pesan spam menurut saya adalah hal yang sangat menyebalkan dan sangat membuang-buang waktu jika kita menghapusnya secara manual. Oleh karena email yang akan Anda gunakan sebaiknya mempunyai fitur untuk menditeksi spam dan menyaring email spam yang masuk
  2. Integrasi: Jika Anda ingin mengakses email yang masuk Anda harus bisa membacanya kapan saja dan di mana saja di zaman seperti sekarang ini. Maka saat Anda akan memilih email sebaiknya perhatikan kemudahan dalam hal integrasi dengan software atau perangkat lain. Selain itu fitur kalender juga pasti akan sangat membantu Anda dalam bekerja.
  3. Kehandalan: Penyedia email yang akan Anda pilih harus Anda dan bisa Anda gunakan kapan saja. Email yang sering mati akan menyulitkan Anda untuk menerima setiap email yang masuk, ini bisa menyebabkan kerugian di pihak Anda seperti pelanggan yang hilang atau mereka tidak senang ketika mendapatkan jawaban yang lama.
  4. Keamanan Email: Peretasan email marak terjadi belakangan ini dan ini sudah menjadi berita umum yang sering kita lihat, saat memilih email kita tentu ingin penyedia layanan email yang dipilih mempunyai langkah-langkah yang sangat kuat untuk menjaga semua akun email Anda. Anda tentu ingin hanya Anda saja yang bisa membaca email Anda bukan orang yang tidak kenal yang secara diam-diam masuk untuk ke dalam email Anda.
  5. Kemudahan dalam Penggunaan: Email yang akan Anda gunakan sebaknya sangat mudah untuk digunakan, tidak perlu pelatihan khusus untuk bisa digunakan.
  6. Kemampuan Dalam Arsip: Email yang bagus biasanya mempunyai fitur untuk mengarsipkan, menyelamatkan dan menyimpan email Anda.
  7. Penyimpanan: Perhatikan juga kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh penyedia email

Ya jadi itulah kira-kira yang perlu Anda perhatikan saat memilih penyedia layanan email yang akan Anda gunakan. Berikut ini saya akan memberikan beberapa daftar penyedia layanan email gratis terbaik yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh orang.

Sebagai catatan, Para penyedia layanan email Gratis ini juga mempunya versi premium yang mempunyai fitur yang lebih bagus dan lebih banyak. Tetapi biasanya versi gratisnya saja sudah sangat bagus dan berguna untuk Anda.

1. Yahoo Mail

Yahoo mail menurut saya adalah email yang banyak digunakan oleh orang. saya pertama kali bisa menggunakan internet, yahoo Mail adalah email yang saya buat pertama kali dan sampai saat ini email ini masih saya gunakan, bahkan teman-teman saya yang belum pernah menggunakan internet saya ajarkan untuk menggunakan internet dan salah satu yang saya ajarkan adalah membuat email dengan menggunakan Yahoo Mail ini.

Yahoo memberikan email gratis yang bisa digunakan oleh semua orang yang ingin menggunakan Yahoo. Setiap penggunanya diberikan kapasitas 1 TB storage untuk menampung semua email yang masuk ke akun mereka.

Sekarang tampilan Email Yahoo sudah lebih bagus dan bisa saya katakan mirip dengan milik Gmail. Fitur yang mungkin Anda butuhkan di Yahoo adalah Anda bisa melampirkan file dari Dropbox tanpa harus keluar atau meninggalkan halaman pesan Anda.

Yahoo Mail bisa memberikan Anda akses ke kalender online, layanan olah pesan instan dan aplikasi pengambilan pesan. Anda bahkan dapat menghubungkan akun email lain ke Yahoo Mail sehingga ini bisa membantu Anda menggunakan satu interface saja untuk mengelola semua akun email yang Anda miliki yang Anda hubungkan ke Yahoo, contohnya seperti Gmail atau Outlook Mail.

2. Gmail

Gmail adalah layanan email yang terus berkembang dan belakangan paling banyak digunakan oleh orang, saya termasuk pengguna Gmail. Saya menyukai Gmail ketika melihat Bos saya mempunyai email Gmail waktu itu, sejak saat itu saya akhirnya mencoba menggunakan email Gmail sebagai email ke dua saya seetelah Yahoo. Sebenarnya email ke dua saya adalah Hotmail (Sekarang dikenal dengan Outlook). Karena Gmail banyak terhubung dengan akun social media dan juga YouTube, akhirnya saya juga mulai memungsikan Gmail sebagai email utama saya juga.

Gmail mempunya tema yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Gmail juga memiliki pengaturan lanjut yang akan membantu Anda membuat label dan juga melakukan filter, mengelompokkan email dan juga megimpor email yang masuk dari email lain yang kita miliki dan masih banyak fitur lain yang bisa kita gunakan.

Jika Anda menginstall aplikasi Gmail Offline di perangkat yang Anda gunakan Anda bisa membuka dan melihat email Anda tanpa harus terhubung dengan internet.

Gmail memberikan free storage 15 GN kepada setiap penggunanya. Bahkan Gmail bisa langsung Anda hubungkan dengan layanan Gmail lainnya seperti Google Drive tanpa harus keluar dari Gmail. File yang Anda kirim bisa langsung Anda kirim dari email Anda tanpa memberatkan email Anda. Pelajari di sini Cara Membuat Akun Gmail.

 

3. Outlook Mail

Penyedia email dari Microsoft adalah salah satu pilihan yang bagus yang bisa Anda gunakan. Anda bisa menggunakan email ini secara Gratis dan sangat mudah untuk Anda gunakan. Outlook akan memudahkan Anda untuk mengubah setelan warna email Anda dan mengatur panel untuk Anda baca. Bisa dikatakan tampilan dari Outlook sangat intuitif.

Dengan menggunakan Outlook Anda bisa terhubung dengan Skype, Facebook dan juga beberapa layanan pesan yang lainnya tanpa harus meninggalkan email account aoutlook yang Anda buat dan Anda hubungkan. Pelajari di sini Panduan Cara Membuat Email Hotmail.

4. AOL Mail

AOL adalah salah satu perusahaan awal internet seperti yahoo dan lainnya. Sekitar tahun 1980 perusahaan ini dulu dikenal dengan nama Ameica Online. Kemudian di beli oleh verizon tahun 2015. AOL adalah adalah salah satu layanan email yang paling populer

Mereka mempunyai fitur spam yang sangat canggih dan juga memiliki perlindungan virus. Email ini juga mampu untuk melakukan personalisasi alamat email Anda dengan menggunakan fitur MyAddress yang akan memungkinkan Anda untuk memilih nama domain yang sesuai dengan nama email Anda sendiri.

Mau tahu infor menarik lainnya?

AOL mempunyai ruang penympanan yang tidak dibatasi untuk para penggunanya. Jika perusahaan Anda mempunyai banyak email masuk maka AOL adalah solusi yang paling tepat untuk Anda gunakan.

5. Zoho Mail

Zoho memang terkenal sebagai email premium dengan beberapa pilihan. Meskipun begitu Anda bisa menggunakan Zoho secara gratis. Memang batas penyimpanan email yang diberikan Zoho lebih kecil dari penyedia email gratis lainnya, hanya sebesar 5 GB pada saat saya menulis artikel ini. Itu sudah termasuk fitur perlindungan antivirus dan spam filternya. Layanan email ini bisa terintegrasi dengan beberapa tool produktivitas Zoho lainnya, contohnya seperti kalender, catatan dan tugas.

Meskipun Anda menggunakan versi gratis dari email Zoho, mereka tidak menampilkan iklan seperti penyedia email lainnya.

6. Yandex Mail

Yandex adalah sebuah perusahaan milik Rusia yang memiliki banyak online tools selain email yang bisa Anda gunakan secara gratis. Yandex juga punya browser internet sendiri.

Untuk email gratisnya kita bisa menggunakan dengan kapasitas 10 GB. Tampilannya hampir sama seperti Google. Interface Yandex juga sangat bagus dan sangat sederhana sehingga enak untuk dilihat. Saat Anda mengirim email ke seseorang Yandex bisa memberitahu Anda kalau pesan yang Anda kirim tidak dibalas dari mereka.

Yandex juga memiliki banyak pilihan tema yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan keinginan Anda untuk di tampilkan di email account yang Anda buat di Yandex.

Hal lain yang menarik dari Yandex adalah saat kita menerima email dari orang lain, profil online yang mereka miliki juga akan di tampilkan di sini, misalnya seperti akun Facebook yang mereka miliki. Ini sangat-sangat membantu kita jika kita menerima dari orang yang tidak kita kenal dan ingin tahu siapa sebenarnya mereka yang mengirim email ke kita.

7. Proton Mail

Banyak yang belum dengan dan tahu email yang satu ini. Saya juga tahunya dari website luar yang saya baca dan akhirnya saya mencoba untuk membuat satu email di sini untuk keperluan tertentu saja. Hal yang sangat berbeda dengan email lainnya adalah email account dari ProtonMail ini berfokus di enkripsi. Jadi kalau Anda mengirim sebuah pesan baru kepada orang lain Anda tidak perlu merasa cemas kalau seandainya orang yang menerima email bisa melanggar privasi Anda, seperti misalnya mereka akan membaca pesan yang Anda kirimkan.

Di ProtonMail Anda bisa mengatur enkripsi pesan yang Anda buat dengan waktu kadaluarsa, sehingga ketika Anda mengirim pesan kepada saya pesan itu akan hancur seketika setelah durasi yang Anda tentukan. (Waktunya akan di mulai dari saat Anda mengirim pesan ke orang itu) keren ya, kaya di film mission impossible.

Nanti si penerima pesan dari email yang Anda buat di protonmail yang sudah terenkripsi akan membuka email melalui link yang di sertakan di dalam pesan Anda dan akan membukanya di browser mereka. Mereka yang menerima pesan Anda juga bisa membalas email yang Anda kirim tersebut tetapi si penerima tidak perlu mempunyai email di Proton Mail.

Mereka mempunyai versi premium dan memang tujuan mereka menjual email dengan versi premium. Meskipun begitu Anda bisa menggunakan email ini secara gratis dan di batasi dengan 500 MB untuk ruang penyimpanan dan Anda hanya bisa mengirim email sekitar 150 pesan untuk setiap harinya. (menurut saya ini sangat cukup untuk semua orang)

8. Mail.COM – Gratis dengan Domain Extensions

Mail.com salah satu email yang buat saya sedikit agak unik. Penyedia layanan ini memberikan Anda email Gratis yang memberikan beberapa fitur yang mungkin Anda suka untuk menjalankan usaha kecil Anda. Saat Anda membuat email di Mail.com Anda bisa memilih lebih dari 200 lebih domain yang beda-beda untuk alamat email Anda. Katakanlah Anda seorang desainer Grafis seperti saya, Anda bisa loh membuat email dengan alamat email akhiran seperti ini namaanda@graphic-designer.com.

Beberapa pilihan ekstensinya seperti ini: email.com, mail.com, usa.com, post.com, myself.com, dr.com, writeme.com dan masih banyak lainnya.

Email ini juga memberikan dukungan perlindungan untuk virus dan filter spam. Mereka punya fitur Mail Collector yang akan memungkinkan Anda untuk tetap bisa menerima pesan email dari penyedia email lain.

9. GMX Mail

GMX Mail buat saya cukup unik namanya, tetapi ini email yang bagus yang bisa Anda gunakan secara gratis. Tempat penyimpanan GMX tidak terbatas dan bisa digunakan secara gratis. Katanya sih mereka terkenal dengan tampilan antar muka mobile yang paling populer. Saya pernah menggunakan GMX tapi untuk membuat pendaftaran backlink saja. Buat saya secara pribadi email ini cuku bagus tetapi waktu itu agak berat, mungkin karena waktu itu saya menggunakan koneksi internet yang tidak bagus.

Mereka juga punya fitur yang sama seperti email-email lainnya, seperti fitur perlindungan untuk spam yang akan membantu dan menjaga kotak inbox Anda tetap bersih dari email-email sampah. Folder Spam atau tempat sampah juga bisa di setting untuk beberapa hari saja, jadi setelah melewati hari yang Anda tentukan email-email sampah akan di hapus secara otomatis.

Tugas Anda adalah memilih Penyedia Email Gratis Terbaik

Seperti yang saya katakan di awal – awal artikel ini mempunyai email dan juga memilih penyedia layanan email gratis adalah hal yang sangat penting. Memang agak sedikit membingungkan memilih dari beberapa daftar yang sudah saya sebutkan di atas. Daftar ini mungkin yang terbaik dan yang paling banyak digunakan oleh orang.

Mungkin ada yang ingin bertanya kepada saya. kalau masnya pakai email apa?

Saya menggunakan: Yahoo, Gmail, Hotmail dan Outlook sebagai email utama saya. sekarang semua kembali kepada Anda untuk memilih dan menentukan ingin menggunakan yang mana. Semoga informasi ini bisa berguna bagi Anda untuk memilih penyedia layanan email terbaik.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top