skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Penyebab Kenapa Pebisnis Coffee Shop Gagal – Bukan Karena Kopinya

Penyebab Kenapa Pebisnis Coffee shop Gagal – Bukan Karena Kopinya

Penyebab Kenapa Pebisnis Coffee shop Gagal – Bukan Karena Kopinya. Membuka sebuah bisnis Coffee Sop atau kedai kopi memang sangat menarik dan bisa snagat menguntungkan bagi mereka yang terjun di bisnis ini. Tetapi seringkali kita banyak menemukan sebuah Kedai Kopi – Coffee Shop mengalami kegagalan ketika mula dibuka atau dijalankan. Memang sayang sekali ketika seseorang mulai banting setir dan terjun di bisnis ini banyak yang tidak paham tentang bisnis kedai kopi akhirnya harus mengalami kegagalan.

Saya memperhatikan banyak sekali orang yang memang memiliki uang lebih atau karena memiliki mertua atau oarang tua yang kaya menggunakan uang yang lebih itu hanya supaya bisa membangun sebuah usaha kedai kopi saja. Menurut saya ini ada kesalahan yang fatal yang harus Anda hindari ketika membangun sebuah Coffe Shop yang sudah Anda impi-impikan.

Dengan meningkatnya permintaan akan minuman espresso yang memiliki kualitas tinggi dan penjualan yang sangat tinggi di pasar, seharusnya Kedai Kopi yang memiliki lokasi yang baik dan dikelola dengan baik bisa sukses dan terus berkembang.

Ditambah lagi… semua orang pasti suka minum kopi bukan?

Jadi pertanyaan yang ingin saya tanyakan adalah, mengapa ada beberapa kedai kopi yang gagal?

Bisnis Kopi bisa gagal karena sejumlah alasan. Tetapi secara umum yang bisa kami temukan alasannya bukan terletak atau karena kopi yang mereka milki.

Bahkan kedai kopi yang memiliki karyawan yang telah terlatih dengan baik bisa gagal. Jadi apa saja kesalah-kesalahan yang harus mereka hindari saat membangun sebuah kedai kopi mereka?

Alasan Paling Umum Mengapa Warung Kopi Gagal

1# Kurangnya Penelitian (Riset) yang diperlukan

Bukan hanya kopi memulai bisnis apapun memerlukan riset pasar yang baik, banyak sekali pemilik kedai kopi yang baru merintis melupakan hal dasar ini yaitu riset pasar untuk membuat bisnis mereka bisa meraih sukses.

Daya tarik bisnis Coffee shop yang membuat banyak pemilik kedai kopi hanya memikirkan bagaimana saya bisa cepat “membuka kedai kopi” tanpa melakukan penelitian dan perencanaan bisnis kopi mereka terlebih dahulu.

“Akhhh, ini kan Cuma kopi!” kata mereka di dalam diri sendiri, kenapa harus ribet dan begitu sulit sih untuk membuka Kedai Kopi?

Ya memang, ini hanya sebuah kopi, tetapi meskipun Anda suka minum kopi dan Anda juga tahu caranya membuat kopi Anda mungkin juga membayangkan bahwa Anda bisa membuka dan menjalankan bisnis kopi dengan sukses. Percayalah membuka Coffe shop lebih rumit dari yang Anda bayangkan sebelumnya.

Banyak orang yang terjun ke startup bisnis kopi tanpa lebih dahulu mempelajari apa yang mereka butuhkan untuk membuatnya bisa sukses.

Hal ini juga terjadi kepada orang – orang yang baru mengambil alih bisnis kedai kopi yang sudah berjalan tanpa harus melakukan penelitian dan riset tentang cara menjalankan kedai kopi, supaya bisa sukses dan cara menghadapi tantangan dalam bisnis saat ini. Memang kegagalan para pebisnis kopi yang paling sering terjadi adalah kepada orang-orang yang baru ingin memulai membangun Kedai Kopi dari nol

Melakukan riset sebelum membuka Kedai kopi sangat penting untuk kesuksesan sebuah bisnis, riset seperti apa yang harus dilakukan untuk membuka bisnis kedai kopi?

Riset bisa mencakup:

 
  • Membaca buku & sumber lain tentang bisnis kopi
  • Membaca dan mencari tahu tentang membuka sebuah badan usaha yang dapat meningkatkan keterampilan Anda dalam bidang akutansi, manajemen dll.
  • Riset tentang elemen biaya yang dibutuhkan
  • Belajar tentang kopi (roasting profiles, origin)

2# Salah Membuat Perencanaan

Setiap bisnis kopi yang dibangun berbeda dengan kedai kopi lainnya, Perencanaan yang tepat dan menyeluruh bisa menghemat waktu, uang dan sakit kepala karena gagal membangun bisnis. Coba luangkan waktu untuk memikirkan dan merencanakan tentang bidang-bidang ini:

  • Waktu yang Anda gunakan untuk usaha bisnis kedai kopi Anda
  • Sortir uang pribadi dan uang bisnis
  • Mengembangkan konsep bisnis kedai kopi yang Anda buat secara menyeluruh.
  • Tulislah rencana Anda (Rencana bisnis kedai kopi)
  • Mengembangkan Anggaran kedai kopi Anda.
  • Tetapkan jangka waktu

3# Salah Memilih dan Menempatkan Orang

Hampir semua pelanggan akan menuntut layanan yang terbaik, oleh karena itu sangat penting untuk mencari dan memilih orang yang tepat untuk Coffee shop Anda. Memiliki kedai kopi menurut saya bisa menjadi bisnis yang sangat kompetitif apalagi jika bisnis itu di lokasi yang ramai seperti perkotaan atau turis. Dengan memiliki seorang barista yang berpengalaman, hebat, unggul dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggan Anda setiap saat hal ini akan sangat penting bagi kesuksesa bisnis Kedai kopi Anda.

Pelanggan yang happy adalah pelanggan yang akan menjadi pelanggan tetap Anda. Saya secara pribadi bukan orang yang terlalu suka sekali dengan kopi, kopi apa saja akan saya minum sejauh itu aman untuk saya dan enak di mulut saya. Saya pernah ke tempat warung kopi yang bisa dikatakan bagus dengan rasa yang nikmat, tetapi semua itu menjadi hilang karena pelayanan mereka yang kurang bagus. Ini membuat saya tidak ingin kembali dan merekomendasikan kepada kenalan saya.

Memiliki seorang barista yang berpengalaman dan memiliki kepribadian yang baik adalah sebuah ide yang sangat bagus dan investasi. Tetapi memperkejakan seseorang yang jujur, handal dan memiliki kepribadian yang baik selalu mengalahkan pengalaman. Karena banyak pelanggan yang lebih suka minum kopi yang biasa saja ketimbang mendapat perlakuan yang kasar dari barista dan tim Anda.

4# Manajemen Yang Kurang Baik

Sebuah bisnis apapun termasuk kedai kopi yang sukses tentu tidak akan muncul dengan sendirinya atau begitu saja. Dibutuhkan sebuah manajemen yang baik sejak awal didirikan. Memang butuh banyak waktu untuk mengembangkan dan menjalankannya dengan baik.

Managemen yang buruk bisa segera dengan cepat memprburuk bisnis Coffee shop Anda. Seorang yang terampil dalam managemen akan melakukan beberapa hal dasar ini:

  • Inventory management
  • Mengelola karyawan
  • Mengelola penggajian dan yang berhubungan dengan SDM
  • Menjaga dan mengelola hubungan dengan vendor
  • Pelatihan
  • Manajemen Anggaran

Mengawali managemen bisnis kedai kopi Anda memang dibutuhkan waktu yang lama. Cara yang terbaik untuk meningkatkan keterampilan manajemen Anda dalam mengelola hal-hal di atas dengan belajar sebanyak mungkin tentang bagaimana menjalankan bisnis kedai kopi.

Cara lain yang juga menurut saya baik adalah dengan bertanya kepada orang-orang yang memang sudah sukses dalam menjalankan bisnis ini untuk membantu Anda lebih banyak memahami tentang apa yang diperlukan dan dalam menjalankan bisnis Coffee shop.

Tidak ada bisnis yang benar-benar aman dan terhindar dari resiko kegagalan, tetapi setiap bisnis dapat Anda kurangi resiko kegagalannya dengan memperoleh pengetahuan terlebih dahulu. Anda bisa melakukan riset pasar, keliling kota melihat kedai kopi lainnya dan terus belajar sebanyak mungkin tentang Industri kedai kopi, serta mempertahankan semangat Anda. Itu adalah ulasan dari kami tentang Penyebab Kenapa Pebisnis Coffee shop Gagal, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top