skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Pentingnya Tetap Berkomunikasi Dengan Karyawan Saat Pandemi

Pentingnya Tetap Berkomunikasi dengan Karyawan saat Pandemi

Berkomunikasi dengan Karyawan saat Pandemi – Pandemi Corona COVID-19 memaksa kita semua untuk tetap berada di rumah dan bekerja dari rumah sampai pandemi ini bisa di tangani. Memang sulit untuk bisa berkomunikasi dari jarak jauh saat pandemi seperti ini. kita tidak pernah tahu apakah situsai ini akan semakin membaik atau akan semakin membutuk?

Tebakan saya, situasi ini bukan semakin membaik malah akan semakin memburuk dan parah. Kita semua sekarang ini sedang berada dalam ketidakpastian.

Daripada pasrah dan diam saja ada baiknya tetap berjuang, menjalankan perusahaan dengan cara online dan segeralah beradaptasi dengan cepatdengan situasi yang terjadi. Buat keputusan-keputusan yang tidak hanya untuk mementingkan diri sendiri, menyelamatkan perusahaan, tetapi buatlah keputusan yang bisa menyelamatkan untuk semua yang menjadi bagian dari keluarga besar perusahaan yang Anda jalankan.

Melalui artikel ini saya akan membagikan tips bagaimana Anda dan keluarga besar Anda yang tergabung dalam perusahaan (Karyawan) bisa berjuang untuk menghadapi pandemi ini dan tetap berkomunikasi dengan baik agar bisa menghasilkan penjualan dan bekerja seperti biasanya.

Semua orang sedang berupaya untuk bisa beradaptasi dengan bisnis mereka, tetapi ada hal yang tidak boleh Anda lakukan adalah bisnis Anda terlihat memanfaatkan keadaan atau situasi krisis untuk meningkatkan daya jual. Meskipun tujuan kita berbisnis adalah menjual tetap Anda harus berhati saat melakukannya di tengah pandemi seperti ini misalnya menyesuaikan tone komunkita semuaikasi bisnis yang Anda jalankan supaya tidak terkesan tidak sensitif.

Kita semua pasti ingin mempromosikan produk atau jasa kita dalam situasi apapun, tetapi kita perlu memikirkan bagaimana cara kita untuk melakukannya dan menyampaikannya, termasuk cara kita berkomunikasi dengan semua karyawan kita. Mari kita bahas apa saja tips berkomunikasi yang bisa Anda lakukan untuk bisnis yang sedang Anda jalankan.

Berkomunikasi Online dengan Para Karyawan

Kita semua pasti merasakan sendiri kalau Pandemi COVID-19 ini tidak hanya mempengaruhi cara kita bekerja dan juga pengalaman bekerja dari jarak yang jauh. Setiap orang mempunyai ruangan dan kehidupan yang berbeda-beda, ada yang punya banyak ruangan termasuk ruang kerja di rumah, ada juga yang mempunyai anak yang masih kecil yang masih harus diperhatikan ketika mereka harus bekerja dari rumah.

Dengan memahami hal-hal kecil seperti ini Anda sebagai pemimpin harus bisa menunjukkan tolerasi dan memahami sekaligus menjaga komunikasi dengan karyawan Anda tetap berjalan dengan baik, fleksibel dan transparan.

Ya, sebisa mungkin Anda tetap menjaga komunikasi berjalan dengan baik, transparan dan memberikan dukungan kepada karyawan Anda ini akan menunjukkan mereka bukan hanya sebagai pekerja yang membantu perusahaan Anda bisa berjalan tetapi ini akan menunjukkan bahwa Anda dan mereka adalah bagian dari perusahaan itu, tanpa Anda dan mereka Perusahaan bukan apa-apa.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika Anda melakukan komunikasi dengan semua keryawan Anda:

  1. Membuat jadwal pertemuan online
  2. Adakan sesi tanya jawab
  3. Update Informasi terbaru melalui email meskipun WhatsAppp bisa tetapi email lebih cocok untuk menyampaikan pesan yang panjang
  4. Selalu pastikan menggunakan bahasa dan intonasi yang baik

Memberikan Pelatihan untuk Membantu Karyawan Bekerja dari Rumah

Cara lain untuk tetap bisa berkomunikasi dengan semua karyawan adalah dengan berkomunikasi dengan mereka semua di tengah – tengah wabah yang mematikan ini. satu cara untuk membantu mereka adalah dengan memberikan pelatihan jarak jauh dengan menggunakan bantuan video yang Anda upload ke YouTube.

 
  1. Memberikan pelatihan menggunakan aplikasi rapat online seperti Zoom dan tool lainnya. Tidak semua orang bisa menggunakan aplikasi yang baru, maka penting sekali memberikan pelatihan kepada mereka tentang cara menggunakan semua aplikasi yang akan Anda gunakan untuk menunjang pekerjaan jarak jauh.
  2. Adakan acara virtual bukan untuk bekerja, misalnya acara untuk bertemu hanya sekedar melihat keadaan mereka di rumah sambil ngobrol santai atau melakukan kegiatan lain. Bisa juga makan siang bersama dari rumah masing-masing, meski aneh ini akan menjadi sesuatu yang membangun semangat dan kebersamaan dengan semua tim kerja.
  3. Beli kursus online yang bisa membantu meningkatkan skill semua tim dan beritahu mereka akun perusahaan yang bisa di akses oleh mereka untuk belajar secara online, misalnya pelatihan di SkillShare atau Lynda.com, Anda juga bisa merekomendasikan beberapa video-video pelatihan gratis yang bisa mereka pelajari juga, contohnya seperti yang kami punya di halaman ini.

Perhatikan Keadaan Karyawan Anda Setiap Waktu

Meskipun keadaannya sangat sulit dan kita harus bekerja dari jarak jauh pastikan Anda untuk terus mengembangkan kepercayaan kepada semua tim Anda, minta semua untuk transparan dan sebisa mungkin untuk terus memberikan kabar terbaru tentang perkembangan pekerjaan dan yang lebih penting adalah tentang keadaan mereka.

Minta mereka untuk memberitahu apa yang menjadi keluhan merek selama ini dan apa yang harus di perbaiki bersama – sama untuk menjalankan perusahaan pada saat sulit seperti sekarang ini. Feedback yang baik dan buruk dari mereka adalah pondasi bagi Anda untuk tetap menjalankan perusahaan dengan cara-cara yang bijak dan tepat.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Berkomunikasi dengan Karyawan saat Pandemi ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top