skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Pentingnya Membuat Kantor Virtual Saat Pandemi COVID-19

Pentingnya Membuat Kantor Virtual Saat Pandemi COVID-19

Pentingnya Membuat Kantor Virtual Saat Pandemi COVID-19 – Kita semua tidak ingin adanya Pandemi virus Corona COID-19. Kita semua juga tidak siap untuk Pandemi yang terjadi saat ini, bahkan Perusahaan dan sekolah-sekolah di Indonesia dan juga negeri-negeri yang mirip dengan Indonesia belum siap untuk membangun dan Membuat Kantor Virtual Saat Pandemi COVID-19. Banyak karyawan yang tidak memiliki peralatan komputer di rumah mereka, banyak anak-anak sekolah yang juga tidak siap dan memiliki peralatan komputer serta koneksi internet yang cukup baik untuk bisa bekerja dan bersekolah dari rumah.

Terlepas dari siap atau tidak siap Pentingnya Membuat Kantor Virtual Saat Pandemi COVID-19 jika perusahaan Anda ingin tetap bisa berjalan dan bertahan di tengah pandemi seperti ini. kantor virtual yang saya maksud di sini adalah memindahkan pekerjaan yang biasa kita lakukan dari kantor ke rumah kita secara online dengan menggunakan bantuan peralatan komunikasi online seperti Zoom dan lainnya.

Bekerja dari kantor memang terbukti mampu menjaga produktivitas tim kita tetap berjalan dengan baik. Tetapi pada saat work from home bagi mereka yang tidak mempunyai disiplin yang tinggi bisa menjadi sebuah tantangan berat.

Penyebaran Corona COVID-19 di beberapa negeri termasuk Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan. Ini diperparah dengan ketidaktaan orang-orang untuk tetap bekerja dan melakukan kegiatan dari rumah. Saya sendiri menyadari ini sulit untuk dilakukan karena memang negara juga sulit untuk mengatur warga yang tidak taat dan negera sendiri juga tidak bisa mengatur untuk membagikan apa yang menjadi kebutuhan warga saat mereka tetap di rumah saja.

Terlepas dari taat dan ketidakmampuan sebuah negara, Anda sebagai pemilik bisnis harus siap dan bisa menjaga perusahaan yang Anda pimpin untuk bertahan dan berjalan pada saat pandemi, yaitu dengan Membuat Kantor Virtual.

Sekali lagi saya ingin tekankan, ketika Anda ingin membangun kantor virtual Anda, ada tantangan yang harus Anda hadapi yaitu produktivitas, komunikasi, pelacakan, kolaborasi dan penyelesaian hasil kerja. Saya akan memberikan beberaa tips sederhana yang bisa Anda gunakan untuk membangun kantor visual Anda tetap berjalan dengan baik pada saat pandemi berlangsung.

Beri Karyawan Anda Fasilitas yang Cukup dan Mendukung

Sebagai pemimpin dan pemilik bisnis Anda tahu tidak semua karyawan Anda mempunyai teknologi yang mendukung untuk bisa bekerja dari rumah mereka masing-masing, karena biasanya mereka menggunakan peralatan kerja yang sudah di sediakan oleh kantor. Jika ini yang terjadi maka hal ini menjadi sebuah masalah tambahan bagi Anda. Anda perlu mengajar (memberikan pelatihan), menyediakan peralatan untuk mereka bisa bekerja dari rumah.

Untuk mereka yang belum banyak mengenal program-program baru yang bisa mendukung rapat online dan kerja online sebagai pemimpin atau manager, Anda bisa membantu mereka untuk mengenal dan belajar menggunakan peralatan baru yang mendukung pekerjaan secara online, misalnya menggunakan Zoom, Trello dan lain sebagainya. Baca di artikel Aplikasi Terbaik untuk Bekerja Online dari Rumah Tahun ini untuk menambah informasi lebih lanjut tentang hal ini.

Pelatihan juga bisa di berikan dalam bentuk video dan di upload ke YouTube supaya karyawan Anda bisa mempelajarinya kapan saja. Untuk membuat video panduan atau tutorial bisa menggunakan Camtasia atau kamera handphone. Pelajari di sini tentang Camtasia.

Beri Kepercayaan Penuh kepada Karyawan Anda

Membiarkan karyawan Anda bekerja dari rumah dengan membentuk kantor virtual berikan kepercayaan kepada mereka untuk bekerja tanpa harus di pantau. Banyak orang khususnya manager atau pemilik bisnis yang menganggap bekerja dari rumah itu sulit untuk memantau karyawan Anda bekerja atau tidak.

 

Anda harus terbiasa mulai hari ini untuk memberikan kepercayaan penuh kepada mereka untuk bekerja dari rumah. Memang kita tidak sepenuhnya bisa tahu apakah mereka bekerja sepenuh waktu atau tidak, yang penting di sini adalah pekerjaan yang bisa di selesaikan hari ini sebisa mungkin di selesaikan hari ini sehingga Anda bisa melihat hasilnya. Percayalah work from home adalah pekerjaan yang akan dilakukan di masa di depan dan sudah menjadi tren sebelum pandemi corona ada. Jadi kalau Anda tidak mulai dari sekarang Anda akan tertinggal selangkah lebih maju dari yang lainnya. Banyak perusahaan yang sudah lama menggunakan cara kerja seperti ini salah satunya adalah saya, pekerja online yang sudah bekerja lebih dari 6 tahun dari rumah.

Selain itu pastikan untuk memberikan pujian kepada karyawan Anda yang berprestasi dan yang sudah berupaya untuk melakukan pekerjaan dengan baik meskipun dari jarak yang jauh.

Belajar dari yang Lain atau Ikuti Program Pelatihan Online

Saya yakin banyak perusahaan yang belum pernah menjalankan pekerjaan dari rumah, hampir semua menjalankan pekerjaan dari kantor. Jika Anda belum pernah menjalankan pekerjaan dari jarak jauh ada baiknya Anda belajar lebih dulu dari yang lain yang sudah pernah menjalankan hal ini. Dengan melakukan hal ini bisa membantu Anda untuk bertukar pikiran dengan teman atau perusahaan yang sudah lebih dulu menjalankan cara bekerja dari rumah.

Selain itu Anda juga bisa mengikuti program pelatihan di tempat kursus online luar yang banyak membahas tentang hal ini. jujur dengan mempelajari dan mengikuti kursus online seperti ini ada banyak hal dan juga tips tentang manfaat dan menjalankan WFH.

Perhatikan Keamanan Kerja Online dan Ketaatan Karyawan

Hal lain yang juga menjadi sangat penting adalah mengenai keamanan saat bekerja dari jarak jauh dengan kantor virtual. Latih karyawan Anda bahayanya ketika menggunkan internet dan harus hati-hati saat menerima tautan link melalui email atau pesan dari sosial media mengingat banyak jebakan dari penjahat di dunia maya. Selain itu hal lain yang juga harus diingatkan adalah ketaatan para karyawan Anda saat mereka bekerja dari jarak jauh. misalnya saja mereka harus bekerja dari rumah pada saat wabah, semua tugas-tugas yang diberikan sebisa mungkin harus menggunakan fasilitas kantor, seperti komputer, internet dan lain sebagainya. Buat juga peraturan lain yang menurut Anda itu penting dan jangan sungkan untuk memberikan hukuman kepada setiap karyawan yang ketahuan melakukan pelanggaran.

Ya, mulai hari ini kita semua, perusahaan dan organisasi harus siap untuk bisa bekerja remote (dari jarak jauh). jadi seandainya pandemi ini sudah berlalu Anda wajib memberikan pelatihan tentang cara-cara work from home kepada semua karyawan Anda. Percayalah sistem kerja remote atau work from home ini sudah lama menjadi tren di kalangan pekerja milenial, jadi siapkan Kantor Virtual Anda mulai sekarang juga.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Membuat Kantor Virtual Saat Pandemi ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top