skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Pengertian Distributor Adalah, Arti Distributor Dan Fungsi Distributor

Pengertian Distributor Adalah, Arti Distributor dan Fungsi Distributor

Pengertian Distributor

Banyak orang yang masih belum tahu atau malah bingung dengan arti Distributor, sebenarnya apa sih yang di maksud dengan distributor? Arti yang sebenarnya distributor adalah orang yang membeli suatu produk secara langsung dari si pemilik atau pembuat produk (produsen) dan setelah itu menjual kembali produk yang dibelinya itu ke para pengecer atau retailer, ada juga yang menjual langsung ke konsumen.

Arti yang lain juga bisa memaksudkan seseorang atau perusahaan yang mendistribusikan atau yang menyalurkan produk yang mereka beli ke jasa dan juga retailer, Jadi Distributor adalah orang yang mengambil barang dari seseorang untuk dijual lagi tidak hanya pada barang jasa tapi bisa juga berupa jasa.

Dalam dunia perdagangan seorang distributor adalah orang pertama setelah si produsen. Dan seorang distributor bisa perorangan atau perusahaan yang membeli produk dalam jumlah yang sangat besar, sehingga mereka mendapatkan harga yang jauh lebih murah untuk bisa di jual kembali dengan harga yang lebih mahal.

Apa saja Tugas dan Fungsi seorang Distributor

Seorang Distributor biasanya bertugas sebagai seorang perantara antara si produsen dan para pembelinya (seorang pengecel/pembeli). Beberapa fungsi seorang distributor adalah:

  1. Membeli Produk atau Memasarkan Jasa. Seorang Distributor biasanya membeli barang atau jasa dari Seorang Produsen atau seorang pedang yang membuat produknya sendiri (bisa juga disebut dengan pedang yang lebih besar)
  2. Tempat Penyimpanan Barang (produk). Bisa saya katakan seorang Distributor adalah orang yang menyimpan barang dalam jumlah besar untuk pada akhirnya semua barang itu akan keluar dari gudang untuk di salurkan kepada para pembelinya.
  3. Orang Yang Memasarkan produk. Seorang Distributor juga berperan sebagai orang yang memindahkan barang dari si Produsen ke para pembeli dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga belinya.
  4. Memilah Barang. Seorang Distributor biasanya juga akan bertugas memilah atau mengelompokkan barang berdasarkan jenis ukuran dan juga kualitas dari masing – masing barang yang akan di jual.
  5. Memberikan Informasi. Seorang Distributor juga bisa berperan sebagao orang yang memberikan informasi tentang produk yang dia jual kepada para konsumen.
  6. Melakukan Promosi. Karena seorang Distributor adalah penjual ke dua setelah produsen maka mereka juga harus melakukan sebuah promosi untuk memasarkan produk-produk yang akan di jualnya.

Baca juga Caranya Memulai Bisnis Dropshipping

Jenis-Jenis Ditributor

Distributor sendiri bisa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang biasanya ini di dasarkan atas fungsi dari pendistribusionnya.

1# Perusahaan Distributor Barang

 

Dari namanya kita sudah bisa mengetahui ini adalah pendistribusion dalam bantuk barang. Biasanya seorang produsen akan memberikan kepercayaan penuh kepada seoorang distributor untuk memasarkan produk mereka kepada para pembeli atau biasanya di sebut juga dengan pengecer dan kemudian pengecer ini akan langsung menyalurkannya kepada konsumen yang terakhir atau yang membeli barang untuk digunakan.

2# Perusahaan Distributor Jasa

Perusahaan Distributor jasa biasanya menyalurkan produk yang dalam bentuk jasa. Ini bisa jasa dalam bentuk apa saja, desain grafis, arsitek, juru gambar dan lain sebagainya. Contoh perusahaan ini adalah Sribulancer, UpWork dan lainnya.

3# Distributor Perorangan

Distributor perorangan bisa saya katakan berveda dengan ke dua macam distributor yang sudah saya sebutkan di atas. Tetapi ada kesamaan dalam bidang kerja, misalnya saja kesamaan dalam proses ditribusi. Memang ini biasanya banyak kita temukan pada bisnis MLM. Saya tidak perlu menjelaskan bisnis ini karena banyak dari antara kalian yang sudah paham hal ini.

Kunci Sukses Menjadi Distributor

Untuk bisa sukses menjadi seorang Distributor Anda harus aktif untuk mencari ide-ide baru untuk memasarkan barang Anda.

Kunci untuk bisa memutar barang dengan cepat Anda harus bisa melakukan strategi pemasaran yang baik.

  1. Mempunyai Rantai Distributor. Anda bisa melakukan perluasan pemasaran produk yang Anda ambil dari produsen dengan memiliki beberapa Distributor dibawah Anda, karena ini akan membantu memutar barang dan memasarkan produk dengan cepat.
  1. Berikan Harga yang Terbaik dari Pemasar lainnya. Memang untuk bisa mendapatkan harga yang jauh lebih baik dari produsen tidaklah mudah. Karena ini perlu melakukan banyak hal yang musti dibicarakan dengan si produsen. Setelah mendapatkan harga yang terbaik sebagai seorang distributor sebaiknya Anda tidak menaikkan harga yang terlalu tinggi. Karena harga barang yang akan Anda jual kembali nantinya akan secara otomatis naik saat di jual lagi oleh para pemasar Anda berikutnya.
  1. Memutar Produk Hal yang paling sulit adalah untuk memutar barang dengan cepat. Pastikan Anda memberikan penawaran-penawaran yang menarik kepada para distributor Anda, mulailah coba melakukan kerjasama dengan para distributor dibawah anda, dropshipper dan bisa juga membuka Affiliate program. Ini akan membantu barang Anda cepat keluar dan berputar.

Ya jadi itu yang bisa kami bagikan hari ini tentang Pengertian Distributor mulai dari arti, fungsi dan juga fungsi dari distributor. Dengan membaca artikel ini semoga banyak dari Antara teman-teman yang bisa mendapatkan manfaat dan membedakan arti dan juga posisi seorang distributor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top